Manfaat Buah Strawberry

manfaat buah strawberry

Manfaat Strawberry – Tentu sudah tidak asing lagi ketika kita mendengar salah satu buah yang bernama strawberry, jenis buah yang banyak sekali digemari oleh masyarakan untuk dijadikan jus, salad, selai, dan masih banyak lagi.

Buah strawberry biasanya hanya ditemukan di dataran dengan suhu yang cukup tinggi.

Tahukah anda bahwa buah strawberry ini memiliki banyak sekali manfaat, ini karena kandungan antosianin yang memberikan warna merah pada buah strawberry.

Ingin tahu apa saja manfaat yang terkandung dalam buah strawberry? yuk simak artikel berikut ini.

Kandungan Nutrisi Strawberry

Berikut ini kandungan nutrisi dan nilai gizi dalam setiap 100 gram buah strawberry:

Kandungan NutrisiNilai GiziRDA
Kalori32 (134 kJ)2%
Karbohidrat7,7 g3%
Air90,9 g
Protein0.7 g1%
Gula4,9 g
Serat2 g8%
Lemak0,3 g1%
Vitamin A12 IU0%
Vitamin C58,8 mg98%
Vitamin D
Vitamin E0,3 mg1%
Vitamin K2,2 mcg3%
Vitamin B1 (Thiamine)0,03 mg2%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,03 mg1%
Vitamin B3 (Niacin)0,4 mg2%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,1 mg1%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,1 mg2%
Vitamin B9 (Folat)24 mcg6%
Vitamin B12
Cholin5,7 mg
Kalsium16 mg2%
Zat Besi0,4 mg2%
Magnesium13 mg3%
Fosfor24 mg2%
Potassium (Kalium)153 mg4%
Sodium1 mg0%
Seng (Zinc)0,1 mg1%
Tembaga (Copper)0,0 mg2%
Manganese0,4 mg19%
Selenium0,4 mcg1%

Manfaat Buah Strawberry

manfaat buah strawberry bagi tubuh

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah strawberry mengandung banyak sekali vitamin, terutama vitamin C, yang dipercaya mampu memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu Vitamin C ini juga bisa berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel darah putih yang berperan penting dalam menangkal virus dan bakteri yang bisa menyerang sistem imun tubuh.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan kita membutuhkan banyak nutrisi seperti serat dan juga vitamin. Nah buah strawberry ini banyak sekali mengandung serat dan vitamin yang bisa membantu dalam menyehatkan pencernaan.

Baca Juga: Manfaat Buah Manggis

3. Menjaga kesehatan jantung

Tahukah kalian bahwa strawberry ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi namun rendah akan kalori, nah kandungan ini tentu sangat cocok sekali untuk menjaga kesehatan jantung dalam mengatasi penyakit seperti kolesterol, stroek, dan masalah kardiovaskuler lainnya.

Tidak cukup sampai disitu, kandungan vitamin B yang te rdapat di dalam strawberry juga bisa memperkuat otot jantung, sehingga jantung dapat bekerja lebih baik.

4. Menurunkan tekanan darah

Sangat direkomendasikan bagi kalian yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi untuk mengkonsumsi buah strawberry. Ini karena buah ini mengandung zat polifenol dan juga kalium yang dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular.

5. Mengontrol kadar gula darah

Selain menurunkan tekanan darah buah strawberry juga bisa mengontrol kadar gula darah aga bisa stabil, tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Banyak dokter yang menyarankan bagi para penderita diabetes untuk menkongsumsi strawberry, karena buah ini bisa memperlambat metabolisme glukosa dan juga insulin yang biasanya terjadi ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat.

Baca Juga: Manfaat Buah Melon

6. Menjaga kesehatan mata

Kalian semua tentu sudah tahu bahwa dalam menjaga kesehatan mata, kita membutuhkan yang namanya vitamin A. Nah, buah strawberry sendiri selain kaya akan vitamin C ternyata ia juga memiliki kandungan vitamin A yang bisa membantu mejaga kesehatan mata kita.

7. Mencegah penyakit arthritis atau radang sendi

Penyakit arthritis atau radang sendi disebabkan oleh adanya degenerasi jaringan dan otot, pengeringan cairan, dan akumulasi racun serta radikal bebas. Antioksidan yang terkandung di dalam strawberry dapat menangkal radikal bebas tersebut secara alami. Antioksidan juga dapat mendetoksifikasi tubuh agar terhindar dari penyakit-penyakit.

Selain itu, zat antiinflamasi yang terdapat di dalam buah strawberry juga dapat mencegah terjadinya radang sendi. Zat antiinflamasi tersebut berfungsi untuk meredakan peradangan dan rasa sakit akibat radang sendi dan asam urat.

8. Meningkatkan fungsi otak

Salah satu penyebab utama menurunnya fungsi otak adalah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Radikal bebas dapat ,menyebabkan penuaan dini pada otak beserta saraf yang bekerja di dalamnya.

Di dalam buah strawberry terkandung antioksidan dan vitamin C yang dapat melawan radikal bebas. Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga berfungsi menetralkan efek oksidan dan meremajakan sistem yang dapat meningkatkan fungsi otak.

9. Menurunkan risiko kanker

Zat antioksidan yang terdapat dalam buah strawberry dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Antioksidan yang terdapat di dalam strawberry adalah vitamin C, folat, antosianin, kuersetin, Ellagic acid, dan kaempferol. Antioksidan tersebut berfungsi menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan muncul dan berkembangnya sel kanker dan tumor.

Baca Juga: Manfaat Buah Merah

10. Mencerahkan wajah yang kusam

Buah strawberry selain bagus untuk kesehatan tubuh, teryata ia juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Karena itulah banyak sekali produk kecantikan yang menjadikan strawberry sebagai bahan utamanya.

Sebab strawberry sangat bagus untuk melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit.

Untuk cara pengolahannya anda bisa menggosokkan buah strawberry yang sudah dibelah menjadi dua pada kulit wajah setiap malam. Selain itu, Anda juga bisa memarutnya terlebih dahulu kemudian menjadikannya sebagai masker.

11. Membantu melawan jerawat

Tahukah anda bahwa strawberry ini memiliki fungsi yang tidak kalah penting dari lemon dalam mengatasi masalah jerawat pada kulit. Kandungan minyak yang berlebih pada wajah dapat menimbulkan jerawat.

Nah, untuk mengatasinya bisa dengan Vitamin C serta kandungan asam yang terdapat dalam buah strawberry untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Untuk cara pengolahannya anda bisa menjadikan buah strawberry menjadi bahan masker.

12. Mengatasi kerutan halus pada wajah

Munculnya kerutan halus pada wajah biassanya disebabkan oleh zat radikal bebas yang terserap oleh kulit wajah. Buah strawberry  sendiri memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan munculnya kerutan halus pada wajah.

Selain itu juga, kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya juga dapat meregenerasi kulit sehingga dapat dijadikan anti-aging secara alami.

Sumber Referensi: Kandungan nutrisi buah strawberry di kutip dari Authority Nutrition.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
tanaman toga
Selengkapnya

Tanaman Obat Keluarga

Tanaman toga – Kita semua tau bahwa indonesia ini memiliki banyak ke aneka ragaman. Mulai dari hewan, tumbuhan,…
masker putih telur
Selengkapnya

Manfaat Masker Putih Telur

Masker Putih Telur – Sering kali kaum hawa merasa minder karena dirinya merasa kurang cantik. Dimana, banyak yang…
manfaat kurma muda
Selengkapnya

Manfaat Kurma Muda

Manfaat Kurma Muda – Sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat baik kaum adam maupun kaum hawa dengan…
manfaat daun salam
Selengkapnya

Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam – Jika Anda sering mengamati masakan-masakan khas nusantara, tentunya daun salam ini hampir selalu ada…