Manfaat Buah Manggis

manfaat buah manggis

Manfaat Buah Manggis – Manggis atau orang barat sering menyebutnya dengan sebutan mangosteen, merupakan buah yang berasal dari daerah tropika dan diakini dari Semenanjung Malaya.

Buah manggis memiliki rasa manis bercampur asam, dengan daging buah yang lembut.

Siapa sangka dibalik rasa buah manggis yang manis dan asam, ternyata manggis ini mempunyai kandungan zat antiinflamasi dan juga antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah Manggis

Berikut ini kandungan nutrisi sekaligus nilai gizi dari buah manggis setiap 196 gramnya:

Kandungan NutrisiNilai GiziRDA
Kalori143 (559 kJ)7%
Karbohidrat35,1 g12%
Air159 g
Protein0,8 g2%
Gula
Serat3,5 g14%
Lemak1,1 g2%
Vitamin A68,6 IU1%
Vitamin C5,7 mg9%
Vitamin D
Vitamin E
Vitamin K
Vitamin B1 (Thiamine)0,1 mg7%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,1 mg6%
Vitamin B3 (Niacin)0,6 mg3%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,1 mg1%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,0 mg2%
Vitamin B9 (Folat)60,8 mcg15%
Vitamin B12
Cholin
Kalsium23,5 mg2%
Zat Besi0,6 mg3%
Magnesium25,5 mg6%
Fosfor15,7 mg2%
Potassium (Kalium)94,1 mg3%
Sodium13,7 mg1%
Seng (Zinc)0,4 mg3%
Tembaga (Copper)0,1 mg7%
Manganese0,2 mg10%
Selenium

Manfaat Buah Manggis Bagi Tubuh

manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun, membutuhkan banyak sekali nutrisi yang berbeda-beda agar sistem imun berfungsi normal.

Nah, salah satu nutrisi yang dibutuhkan dalam meningkatkan sistem imun adalah zat antioksidan vitamin C yang terdapat dalam buah manggis.

Ada sebuah penelitian dari Yanjing Medical School yang menunjukkan bahwa manggis ini dapat meningkatkan jumlah sel kekebalan tubuh dan juga mampu mengurangi peradangan.

Baca Juga: Manfaat Buah Anggur

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Manggis termasuk jenis buah yang kaya akan kandungan serat, dimana dalam 196 gram atau setara 1 gelas buah manggis terdapat 14% kebutuhan harian kita akan kandungan serat.

Serat ini Sangatlah penting dalam meningkatkan sistem pencernaan dan juga bisa membantu menjadi menu tambahan diet yang bisa meningkatkan kinerja usus.

3. Menyehatkan jantung

Selain bermanfaat bagi pencernaan, ekstrak manggis juga dapat menjaga kesehtan jantung. Seperti sebuah penelitian yang menggunakan hewan menunjukkan bahwa ekstrak manggus secara efektif dapat mengurangi faktor risiko penyakit seperti LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan HDL (kolesterol baik).

4. Memiliki sifat anti kanker

Manggis memiliki senyawa yang memiliki efek antioksidan sekaligus anti inflamasi yang dapat membantu melawan perkembangan dan juga penyebaran sel kanker.

Seperti sebuah penelitian dari i’an Jiaotong University terhadap tabung reaksi yang terdapat hewan mengungkapkan bahwa kandungan xanthones dapat menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara, perutm dan juga kanker paru-paru.

5. Sebagai anti inflamasi

Selain memiliki sifat anti kanker senyawa xanthone yang terdapat dalam buah manggis juga memiliki efek anti inflamasi yang berperan dalam mengurangi peradangan.

Seperti penelitian dari National Autonomous University of Mexico (UNAM) pada penelitian uji tabung hewan menunjukkan bahwa xanthones mempunyai efek anti inflamasi yang bisa mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Baca Juga: Manfaat Buah Mangga

6. Membantu mengontrol kadar gula darah

Serat dan juga senyawa xanthone dalam buah manggis juga mampu membantu menyeimbangkan gula garah sekaligus berkontribusi dalam mengurangi kadar gula darah.

Sebuah studi dari University Campus Bio-Medico of Rome dan Sapienza University of Rome, melakukan sebuah penelitian selama 26 minggu terhadap wanita gemuk yang mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap harinya mengalami pengurangan resistensi insulin yang signifikan.

7. Membantu menjaga kesehatan kulit

Bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan kulit bisa mencoba dengan mengonsumsi buah manggis.

Ini karena manggis memiliki sanyawa antioksidan dan juga anti inflamasi yang mampu melindungi sel kulit dari kerusakan yang berkaitan dengan paparan sinar matahari seperti penuaan dini.

Ada sebuah penelitian kecil dari Matsuyama University dan Tokai University yang menemukan bahwa orang yang diobati dengan 100 mg ekstrak manggis setiap harinya mengalami peningkatakn elastisitas pada kulit yang berkaitan dengan penuaan dini.

8. Menyehatkan otak

Sebuah studi dari University of Melbourne menunjukkan bahwa kandungan ekstrak manggis dapat membantu mengurangi peradangan otak dan juga mencegah penurunan mental yang bisa menyebabkan depresi.

9. Membantu penurunan berat badan

Selain menyehatkan otak kita, ternyata buah manggis ini juga bisa membantu dalam penurunan berat badan sekaligus mencegah obesitas pada tubuh, bahkan ada sebuah industri kesehatan dan kebugaran yang mengklaim bahwa buah manggis ini memiliki potensi yang besar dalam penurunan berat badan.

Hal ini juga dibenarkan dengan sebuah studi dari Institute of Chinese Medical Sciences, University of Macau yang mengungkapkan bahwa efek anti inflamasi dalam ekstrak buah manggis mampu meningkatkan metabolisme lemak dan juga mencegah penembahan berat badan.

Baca Juga: Manfaat Buah Kiwi

10. Kaya akan antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang berperan penting dalam menetralisir efek kerusakan dari molekul yang berpotensi membahayakan tubuh atau yang sering disebut radikal bebas.

Nah, buah manggis ini memiliki jenis antioksidan xanthones yang termasuk dalam kelas unik, karena antioksidan ini menghasilkan efek anti inflamasi, anti kanker, anti penuaan, dan juga anti diabetik.

Demikian itu tadi ulasan mengenai manfaat buah manggis, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat daun bawang
Selengkapnya

Manfaat Daun Bawang

Manfaat Daun Bawang – Bawang adalah salah satu tumbuhan yang banyak digunakan sebagai bumbu utama dapur. Siapa sangka…