Manfaat Buah Merah Papua

manfaat buah merah papua

Manfaat Buah Merah Papua – Pernahkah anda mendengar buah yang bernama buah merah? Jika belum, maka artikel ini sangat cocok sekali untuk anda simak.

Buah merah (Pandanus conoideus) atau kuansu adalah jenis buah yang banyak sekali di budidayakan dan timbuh di wilayah papua. Buang ini sangat terkenal di kalangan masyarakat papua, karena ia dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Orang papua sendiri biasanya mengolah buah merah ini dengan cara dimakan langsung atau bisa dengan dipotong kemudian direbus. Selain itu buah merah ini juga memiliki ekstra kandungan minyak yang bisa dijadikan sebagai pewarna dan penyedap makanan.

Kandungan Nutrisi Buah Merah Papua

Sebelum kita masuk ke pembahasan manfaat dari buah merah, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu nutris apa saja yang ada pada buah merah, berikut ini kandunganya:

  • Karoten.
  • Beta-karoten.
  • Alfa-kariten
  • Antioksidan.
  • Tokoferol.
  • Asam oleat.
  • Asam linoleat.
  • Asam linolenat.
  • Dekanoat.
  • Omega 3.
  • Omega 9.
  • Beta-cryptoxanthin
  • Kalsium.
  • Protein.
  • Natrium.
  • Lipid.
  • Vitamin A, C, dan E.

Manfaat Buah Merah Papua

manfaat buah merah papua bagi tubuh

1. Kaya akan antioksidan beta karoten

Tahukah kalian, bahwa buah merah papua ini merupakan jenis buah yang banyak mengandung antioksidan beta karoten yang bermanfaat dalam menghambat oksidasi dan melindungi tubuh dari serangan-serangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, beta karoten juga dipercaya bisa mengurangi kepekaan pada cahaya matahari terutama bagi orang yang menderita protoporphyria erythropoietic.

Tidak cukup sampai disitu, kandungan buah merah ini juga bisa mengurangi resiko gejala asma saat sedang melakukan aktivitas seperti olahraga, mencegah komplikasi dari penyakit paru-paru atau bronchitis, bahkan dapat mencegah sesak nafas pada perokok yang menjadi penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik atau yang biasa disebut PPOK.

Kandungan antioksidan beta karoten ini juga bisa menurunkan gejala seperti oral leukoplakia, mencegah radang pada sendi agar tidak semakin parah, mengurangi resiko kulit terbakar dari sinar matahari, meningkatkan performa fisik, mencegah kanker ovarium pada wanita menopause, dan juga mencegah komplikasi ketika sedang mengandung.

2. Memiliki sifat antiperadangan

Selain itu buah merah ini juga memiliki sifat anti oksidan yang bisa mengurangi peradangan, dengan adanya ini buah merah menjadi pontensi sebagai alternatif obat dalam mengatasi penyakit radang usus penyebab berkembang nya kanker usus.

Baca Juga: Manfaat Buah Cermai

3. Memiliki sifat antivirus dan antimikroba

Buah merah ini ternyata juga kaya akan kandungan seperti antioksidan, asam lemak omega-3 dan omega-9 yang bisa dijadikan antivirus dan juga menghambat pembentukan membran kipid virus.

Sealin itu, kandungan tersebut juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa menurunkan risiko terkena virus HIV/AIDS dan juga TBC.

4. Memiliki sifat antikanker

Kanker terkenal sebagai salah satu jenis penyakit yang mematikan tetapi masih dapat disembuhkan. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah merah papua ini. Hal ini karena kandungan tokferol dan juga betakrotennya yang sangat tinggi sehingga buah satu ini direkomendasikan sekali untuk orang-orang yang menderita kanker.

Selain itu, senyawa yang terkandung itu merupakan salah satu jenis antioksidan yang berguna mencegah pertumbuhan pada sel-sel kanker dan juga memperbaiki sel pada tubuh yang sudah rusak. Sehingga, akan memicu pertumbuhan sel-sel tubuh yang baru.

5. Meningkatkan Stamina

Berdasarkan sebuah penelitian salah satu dosen dari Universitas Cendrawasih yang bernama Drs. I Made M.Sc. Yang dengan melakukan pengamatan pada penduduk yang tinggal di sekitar Wamena yang mengkonsumsi sari buah ini.

Hasilnya banyak warga masyarakat di daerah tersebut khususnya lelaki mempunyai badan yang kekar, stamina yang kuat, dan juga tidak mudah terserang dari penyakit degenratif. Penyakit degenratif adalah salah satu penyakit yang menyerang ketika alam sedang pada mengalami perubahan cuaca yang ekstrim.

Maka dari penelitian tersebut membuktikan bahwa sari buah merah papua berkhasiat untuk meningkatkan stamina, agar tubuh tetap kuat dan sehat ketika sedang melakukan aktivitas walau ditempat dengan kondisi terbuka sekalipun.

Baca Juga: Manfaat Buah Manggis

6. Mengatasi hipertensi

Bila anda yang memiliki masalah dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi sari dari buah merah papua ini. Tentunya, sari merah pada buah papua dapat berfungsi sebagai penurun tekanan darah tinggi.

Caranya adalah dengan memperlancar aliran pada darah dan juga mencegah terjadinya penumpukan pada flek-flek aliran darah pada arteri.

7. Menurunkan Kadar Kolestrol

Bila anda sering mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak dan kadar kolestrol yang tinggi. Sebaiknya mulai dari sekarang cobalah untuk menghindarinya. Karena bila kadar lemak jenuh yang terkandung melebihi batas ambang normal maka akan menyebabkan penipisan pada pembuluh darah di dalam jantung, ginjal, bahkan otak.

Tentunya juga akan berakibat fatal seperti kematian. Oleh karena itu, untuk mencegahnya anda perlu mengkonsumsi sari dari buah merah papua ini karena kandungan nutrisi atau antioksidannya dapat menangkal berbagai serangan kolestrol jahat dan juga meningkatkan kolestrol baik di dalam tubuh.

8. Mengobati Asam Urat

Asam urat biasanya disebabkan oleh kondisi hati yang memproduksi asam urat yang berlebihan sekali. Gejala yang ditimbulkan juga bermacam-macam seperti rasa nyeri, ngilu, linu bahkan kesemutan pada area sekitar persendian. Tentunya jika ini dibiarkan akan terjadi pembengkakan pada persendian dan mengganggu aktivitas anda pastinya.

Untuk mengobatinya anda bisa mengkonsumsi sari buah merah ini karena dipercaya dapat mengobati asam urat. Caranya dengan mengencerkan pada darah dan juga memulihkan sistem kerja pada hati menjadi normal kembali

9. Mengobati Diabetes Mellitus

Penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya jumlah kadar gula darah dalam tubuh, membuat tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan baik. Dimana insuin tersebut berguna menjaga kadar gula darah agar tetap dalam kondisi normal.

Untuk memulihkannya anda bisa menggunakan sari buah merah papua. Hal ini karena terdapat kandungan tokoferol yang akan meningkatkan kerja pada pankreas sehingga produksi insulin pada tubuh berfungsi secara optimal.

Baca Juga: Manfaat Buah Strawberry

10. Mencegah penyakit mata

Apakah anda memiliki masalah dengan penglihatan? Anda bisa mengkonsumsi sari buah ini sebagai solusinya. Karena kandungan Betakaroten dan juga vitamin A dalam buah merah ini bisa menjaga kesehatan mata sekaligus mencegah sel-sel radikal bebas yang bisa menimbulkan penyakit mata.

11. Menurunkan risiko osteoporosis

Di dalam sari buah merah papua ini juga mengandung kalsium yang berlimpah, nutrisi ini tentu sangat dibutuhkan oleh tulang. Sehingga, bila anda mengkonsumsi sari buah ini dapat membantu tubuh anda terhindar dari osteoporosis.

12. Membantu mengobati penyakit lupus

Penyakit lupus merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi manusia karena dapat menyebabkan kematian bila tidak ditangani dengan benar. Ini disebabkan karena penyakit ini menyerang sistem kekebalan pada manusia sehingga mengganggu kesehatan dan kesulitan bernafas.

Demikian itu tadi artikel tentang manfaat buah merah papua, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel paling Disukai
manfaat buah bit dalam melawan kanker
Read More

Manfaat Buah Bit

Manfaat Buah Bit – Mungkin sebagian dari Anda belum pernah mengenal atau pun mendengar tentang buah bit. Kerena…