Fathi Muhammad Seorang santri yang tertarik dengan dunia jaringan komputer dan Internet marketing terutama di bidang SEO, sekarang menjadi penulis di Lintar Media.

7 Manfaat Masker Madu Untuk Perawatan Wajah Beserta Cara Membuatnya

3 min read

manfaat masker madu

Manfaat Masker Madu – Penampilan dan kebersihan seseorang akan sangat berpengaruh terhadap persepsi orang lain terutama dalam hal gaya hidupnya. Oleh karena itu hal ini mengarahkan para pria dan wanita agar berusaha untuk mendapatkan ketampanan dan kecantikan yang sempurna.

Terutama pada wanita yang cenderung mengedepankan kecantikan fisik. Usaha pencapaian kecantikan fisik inilah, membuat wanita menaruh perhatian lebih pada kecantikan kulit.

Kulit wajah secara umum terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan kandungan air dan minyak yang terdapat pada kulit, yaitu :

  1. Kulit kering, bagian kulit yang kadar air-nya kurang atau rendah.
  2. Kulit normal, bagian kulit dengan kadar air tinggi dan kadar minyak rendah sampai normal.
  3. Kulit berminyak, bagian kulit yang kandungan air dan minyak yang tinggi.

Kulit wajah yang sehat memiliki kriteria diantaranya yaitu:

  • Halus dan lembut.
  • Kenyal dan kencang.
  • Warna kulit merata.
  • Bebas dari noda, flek dan bekas luka.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat seperti kriteria diatas perlu dilakukannya perawatan wajah salah satunya dengan menggunakan masker wajah.

Masker biasanya digunakan pada tahap akhir dalam rangkaian perawatan kulit wajah. Salah satu perawatan yang bagus untuk kulit ialah penggunaan masker madu.

Manfaat Masker Madu Untuk Perawatan Wajah

Masker Madu untuk Melembabkan Kulit Wajah

Madu ini memiliki zat yang bisa melembabkan kulit dan menguragi minyak pada wajah sehingga kulit bisa menjadi lebih halus dan cerah.

Sekedar saran jika anda tinggal ataupun berada di tempat yang memiliki kelembapan yang rendah, sebaiknya mencampurkan bahan masker madu dengan bahan alami seperti daun binahong.

Nanti akan saya ulas untuk membuat masker madu dengan campuran bahan alami daun bina hong beserta cara penggunaannya.

Mengangkat Sel Kulit Mati dan Flek Hitam Pada Wajah

Manfaat masker madu kedua, yakni bisa mengatasi flekhitam, dimana madu mengandung zat khusus yang lengket sehingga bisa mengangkat kotoran seperti bintik hitam dan debu dari permukaan kulit wajah.

Menghilangkan Jerawat Sedang Maupun Berat

Berdasarkan penelitian Umah dan Herdanti (2017) Setelah dilakukan pemakaian masker madu selama 1 bulan, hasilnya sebagian besar mahasiswa yang semula berjerawat berat/sedang menjadi ringan.

Ini dikerenakan madu memiliki zat anti-inflamasi dan anti-bakteri, dimana  zat dalam madu ini bisa menormalkan kulit dari gangguan jerawat.

Tak hanya itu saja madu juga memiliki zat probiotik alami dan anti-oksidan yang bisa mengurangi jerawat dan menghentikan kemungkinan tumbuh jerawat baru.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dianjurkan untuk pemakaian masker madu secara rutin serta menguragi makan gorengan dan ayam yang banyak mengandung lemak yang bisa menyebabkan jerawat.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat masker madu lainnya yakni bisa mencegah penuaan dini, dimana kandungan vitamin C dan anti-oksidan yang bisa membantu dalam membuat wajah menjadi cerah dan berseri tampak seperti lebih muda.

Menyembuhkan Luka Pada Wajah

Madu memiliki kandungan antiseptik alami dan sifat osmotik sehingga bisa membersihkan luka, menyerap air pada luka jerawat dan melepaskan hidrogen peroksida yang berfungsi untuk mengeringkan luka jerawat.

Ia juga memiliki sifat asam sehingga sangat efektif untuk mencegah dan mengurangi pertumbuhan bakteri dan juga mengandung zat anti inflamasi yang berfungsi untuk menghentikan peradangan pada luka.

Terdapat 4 faktor yang bertanggung jawab terhadap aktivitas antibakteri pada madu yaitu:

  1. Kadar gula madu.
  2. Tingkat keasaman madu yang tinggi (pH 3,65).
  3. Senyawa radikal hidrogen peroksida yang bersifat dapat membunuh mikroorganisme patogen.
  4. Adanya senyawa organik yang bersifat antibakteri seperti flavonoid.

Baca Juga: Manfaat Buah Zuriat

Campuran Alami Masker Madu dengan Daun Binahong

Daun binahong dapat berguna untuk menyamarkan bekas luka pada kulit. Dimana, berdasarkan penelitian pada tanaman binahong terdapat:

  • Senyawa saponin.
  • Triterpenoid.
  • Flavonoid.
  • Minyak atsiri.
  • Asam askorbat (vitamin C).

Cara Pembuatan dan Penggunaan Masker Madu

Proses pembuatan masker daun binahong dan madu sebagai berikut:

  1. Pilih daun binahong muda segar, setelah itu cuci daun tersebut hingga bersih.
  2. Potong daun binahong (pisahkan antara batang dan daunnya).
  3. Keringkan daun binahong (dengan dijemur dibawah sinar matahari s/d kering (agar kadar airnya berkurang) atau dengan oven listrik dengan suhu 60°c selama 4-5 jam).
  4. Haluskan daun binahong yang telah kering menggunakan grinder/mesin giling/blender.
  5. Ayak kembali daun binahong kering sampai benar-benar halus.
  6. Bubuk kering daun binahong siap digunakan.

Prosedur pencampuran masker daun binahong dan madu dengan cara mencampur bubuk kering daun binahong, madu murni, dan air lalu, diaduk hingga rata. Maka masker daun binahong sudah siap untuk digunakan.

Penggunaan Masker Madu Campuran Daun Binahong

Berikut ini langkah-langkah penggunaan masker madu pada tubuh dan wajah :

  1. Sediakan masker campuran daun binahong dan madu.
  2. Bersihkan kulit (badan/wajah) terlebih dahulu, bisa dengan tissue basah.
  3. Usapkan scrub pada badan khususnya bagian betis dan kaki (untuk penggunaan badan), diamkan hingga setengah kering lalu gosok secara perlahan sampai scrub jatuh dan bilas dengan air.
  4. Untuk penggunaan wajah yaitu dengan mengoleskan masker campuran daun binahong dan madu pada kulit wajah dengan teknik pemakaian secara berulang hingga merata, diamkan selama 15-25 menit sampai masker mengering.
  5. Usap wajah menggunakan washlap/spon yang direndam air, hal ini bertujuan agar mempermudah pengangkatan masker. Lakukan pengangkatan masker sampai bersih.
  6. Keringkan wajah menggunakan handuk/tissu.
  7. Lakukan perawatan masker daun binahong dan madu 3 kali dalam seminggu selama 1 bulan agar mendapatkan hasil yang optimal.
Tips Penggunaan Masker Madu Pada Wajah

Penggunaan masker madu untuk tahap pertama, menggunakan madu murni tanpa campuran apapun sebagai masker wajah. Gunakan mangkuk wadah kecil sebagai tempat madu dengan takaran 10 ml.

Sebelum memakai masker, wajah dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan lotion atau pembersih wajah dan tidak lupa menggunakan bandana/bando terlebih dahulu agar rambut tidak terurai ke depan (supaya rapi).

Kemudian cuci wajah menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka setelah itu diaplikasikan masker ke wajah secara merata lalu, ditunggu selama 15-20 menit, selanjutnya basuh wajah dengan menggunakan handuk kecil dengan air biasa atau bisa juga dengan air dingin.

Pemakaian masker madu dilakukan selama 15-20 menit, ulangi pemakaian masker sebanyak 2-3 kali per minggu secara rutin.

Selamat Mencoba… 😊😊😊

Referensi :

Rahma, Ariani Nur Asifa. 2017. Pengaruh Proporsi Daging Kurma dan Madu Pada Sifat Organoleptik Masker Wajah Tradisional. E-journal. Vol. 6. No. 1.

Sari, Nining Riana dan Setyowati, Erna. 2014. Pengaruh Masker Jagung dan Minyak Zaitun Terhadap Perawatan Kulit Wajah. Journal of Beauty and Beauty Health Education. Vol. 3. No. 1.

Syamsi, Nur dan Widodo, Slamet. 2018. Pemanfaatan Daun Binahong dan Madu Sebagai Masker Untuk Menyamarkan Bekas Luka. Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Vol. 1. ISSN: 2622-0520.

Umah, Khoiroh dan Herdanti, Oriza. 2017. Masker Madu Berpengaruh Pada Penyembuhan Acne Vulgaris. Journals of Ners Community. Vol. 8. No. 2.

Fathi Muhammad Seorang santri yang tertarik dengan dunia jaringan komputer dan Internet marketing terutama di bidang SEO, sekarang menjadi penulis di Lintar Media.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.