Manfaat Buah Nangka

Manfaat Buah Nangka – Kita semua tentu sudah sangat familiar dengan salah satu buah yang biasanya tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti di Negara kita ini.

Biasanya masyarakat Indonesia dalam mengolah buah nangka yang masih mentah menjadi sayuran, sedangkan buah nangka yang sudah matang biasanya sering dijadikan bahan es buah, kripik nangka, nangka goreng, dan berbagai macam olahan lainnya.

Terlepas dari itu semua, apakah anda semua tahu kalau buah nangka ini kaya akan kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, mulai dari vitamin, kalsium, antioksidan, zat besi, fosfor, dan lain sebagainya.

Nah, pada pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang manfaat buah semangka, langsung saja kita simak artikel berikut ini!

Kandungan Nutrisi Buah Nangka

Berikut ini nilai kandungan nutrisi buah nangka dalam 1 cup atau 165 gram:

Kandungan NutrisiNilai GiziRDA
Kalori155 (649 kJ)8%
Karbohidrat39,6 g13%
Air121 g
Protein2,4 g5%
Gula
Serat2,6 g11%
Lemak0,5 g1%
Vitamin A490 IU10%
Vitamin C11,1 mg18%
Vitamin D
Vitamin E
Vitamin K
Vitamin B1 (Thiamine)0,03 mg3%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,2 mg11%
Vitamin B3 (Niacin)0,7 mg3%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,2 mg9%
Vitamin B9 (Folat)23,1 mcg6%
Vitamin B12
Cholin
Kalsium65,1 mg6%
Zat Besi1 mg6%
Magnesium61,1 mg15%
Fosfor59,4 mg6%
Potassium (Kalium)500 mg14%
Sodium5 mg0%
Seng (Zinc)0,7 mg5%
Tembaga (Copper)0,3 mg15%
Manganese0,3 mg16%
Selenium1 mcg1%

Manfaat Buah Nangka

manfaat buah nangka bagi tubuh

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Buah nangka merupakan baung yang mengandung banyak antioksidan dan juga zat fitonutrien termasuk vitamin C yang mampu meningkatkan sistem imun, hingga tubuh menjadi netral dan terhindar dari sel-sel radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit ringan maupun kronis.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Selain bisa meningkatkan sistem imun, buah nangka juga bisa memperlancar sistem pencernaan lho. Ini karena nangka mengandung serat yang cukup tinggi, selain itu juga buah ini tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebih.

Tidak cukup sampai disitu saja, buah nangka ini juga bisa mengangkat zat kimia karsinogenik dengan cara mengeluarkannya dari usus besar.

Baca Juga: Manfaat Buah Manggis

3. Mengontrol kadar gula darah

Tahukah anda dibalik rasa manis dari buah nangka ini ternyata tidak berbahaya lho bagi kita. Ini karena nangka termasuk buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah sekaligus mengandung serat, protein, dan juga antioksidan flavonoid yang dapat mengontrol kadar gula darah.

Ini juga diperkuat dengan penelitian dari University of Ruhuna yang mengungkapkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi ekstrak buah nangka ternyata mampu meningkatkan kontrol kadar gula dalam darah.

4. Menurunkan risiko kanker

Nangka termasuk buah yang banyak mengandung antioksidan dan zat fitonutrien seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang bisa menetralkan radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker.

Selain itu dalam jurnal Karsinogenesis juga mengungkapkan bahwa kandungan vitamin C dalam nangka ini mampu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan yang dapat mencegah kanker payudara.

5. Menjaga kesehatan jantung

Buah nangka juga memiliki banyak kandungan potassium, zat besi, dan juga antioksidan yang sangat bagus sekali untuk menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya itu saja, kandungan kalium dan juga vitamin B6 dalam buah nangka ini dapat membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Kabarnya juga nangka ini mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan mata yakni vitamin A, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang sangat penting sekali untuk penglihatan, termasuk juga meningkatkan fungsi normal kornea dan membran konjungtiva.

Kandungan lutein dan zeaxanthin juga merupakan karotenoid yang berperan dalam menyaring cahaya berbahaya dan melindungi fungsi sel-sel baik yang berada di sekitar mata.

Baca Juga: Manfaat Buah Kiwi

7. Membantu mengobati insomnia

Tahukah anda bahwa insomnia atau gangguan tidur itu ternyata bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi nangka lho. Ini karena kandungan zat besi dan juga magnesium yang bisa meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

8. Aman untuk penderita diabetes

Walaupun buah nangka ini memiliki rasa yang manis, akan tetapi rasa manis yang dihasilkan nangka ini adalah rasa manis yang alami sehingga tidak akan menyebabkan naiknya kadar gula darah.

Jadi sangat aman untuk penderita diabetes, bahkan ada sebuah penelitian dari Beijing Normal University and Hong Kong Baptist University yang mengungkapkan bahwa kandungan ekstrak buah nangka ini mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

9. Menjaga kesehatan kulit

Buah nangka ini mempunyai kandungan antioksidan dan juga nutrisi seperti vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan kulit sekaligus mencegah masalah pada kulit.

Bahkan ada bukti anekdotal dari University of Mauritius yang mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi buah nangka ini mampu memperlambat penuaan pada kulit kita.

10. Menyehatkan tulang

Anda tentu sudah tahu bagai amna cara menyehatkan tulang, salah satunya yakni dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, fosfor, dan juga magnesium.

Nah, buah nangka sendiri ternyata juga kaya akan kandungan kalsium yang berperan penting dalam meningkatkan kesehatan tulang.

Baca Juga: Manfaat Buah Sawo

11. Meningkatkan kesehatan sistem saraf

Manfaat buah nangka yang terakhir yakni bisa menyehatkan sistem saraf yang biasa terjadi karena kelelahan, stres, dan juga lemahnya otot.

Nangka sendiri memiliki kandungan vitamin B kompleks seperti thiamin dan niacin yang dapat menjadi sumber energi sekaligus menyehatkan saraf.

Cara Mengolah Buah Nangka Goreng

cara mengolah nangka goreng

Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat nangka gorang:

  • Buah nangka yang sudah matang.
  • Gula.
  • Garam.
  • Air.
  • Tepung Terigu.
  • Vanilli secukupnya.

Langkah-langkah:

  1. Kupas nangka dan sisihkan daging buahnya saja, tuang tepung terigu,vanili,dan gula aduk jadi 1 tambah air sampai adonan cukup kental aduk lagi, jika air kurang bisa ditambah lagi (air jangan terlalu banyak nanti kalau encer tepungnya jadi tipis banget).
  2. Goreng dengan api sedang,bolak balik (jangan ditinggal soalnya cepat matang). Nangka goreng siap disajikan.

Sumber Referensi: Data kandungan nutrisi buah nangka di kutip dari Authority Nutrition.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat masker spirulina
Selengkapnya

Manfaat Masker Spirulina

Manfaat Masker Spirulina – Hampir setiap wanita pasti menginginkan kulit wajah yang sehat dan cerah merona. Salah satu…
manfaat buah bidara
Selengkapnya

Khasiat Buah Bidara

Khasiat Buah Bidara – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu manfaat daun bidara, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang…
masker putih telur
Selengkapnya

Manfaat Masker Putih Telur

Masker Putih Telur – Sering kali kaum hawa merasa minder karena dirinya merasa kurang cantik. Dimana, banyak yang…
manfaat buah kiwi
Selengkapnya

Manfaat Buah Kiwi

Manfaat Buah Kiwi – Siapa yang tidak kenal buah kiwi, salah satu buah yang memiliki rasa manis sekaligus…