Cara Ampuh Mengecilkan Pipi dengan Latihan Wajah

cara mengecilkan pipi

Cara Mengecilkan Pipi – Memiliki pipi yang tirus dan badan yang ramping merupakan salah satu body goals atau target bentuk badan yang ingin dicapai. Tentunya semua daerah tubuh harus terlihat menarik dan proporsional, termasuk daerah pipi.

Bagi sebagian orang, pipi yang membulat atau tembam dapat mengganggu penampilan. Salah satu cara mengecilkan pipi yang dipercaya adalah dengan melakukan latihan wajah yang akan membantu mengencangkan otot-otot muka.

Apakah latihan wajah efektif sebagai cara mengecilkan pipi?

Latihan wajah diyakini tidak hanya ampuh sebagai cara mengecilkan pipi, tetapi juga dapat mengencangkan kulit wajah yang kendur. Namun, bila Anda ingin membuat pipi terlihat tirus, Anda tidak hanya perlu melatih otot wajah, tetapi juga menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Latihan wajah mungkin dapat membantu mengencangkan otot, tetapi latihan wajah yang berulang tidak sesuai untuk dijadikan cara mengecilkan pipi. Cara mengecilkan pipi yang paling efektif adalah dengan berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan.

Banyak faktor juga yang dapat memengaruhi bentuk pipi dan wajah seseorang, terkadang pipi tembam bukan karena lemak, tetapi karena struktur tulang di wajah.

Anehnya, latihan wajah justru dikatakan mampu membuat pipi lebih berkerut, karena latihan wajah justru menarik otot dan bukannya mengencangkan otot. Meskipun demikian, sebuah studi kecil menemukan bahwa latihan wajah dapat membantu membuat wajah terlihat lebih awet muda.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas otot wajah dalam mengencangkan otot dan mengecilkan pipi.

Cara Mengecilkan Pipi dengan Latihan Wajah

Tidak ada salahnya mencoba berbagai alternatif, tetapi latihan wajah belum tentu efektif sebagai cara mengecilkan pipi dan bahkan berpotensi untuk memicu kemunculan kerutan di wajah.

Namun, jika Anda tetap tertarik ingin mencoba latihan wajah, berikut adalah beberapa latihan wajah yang dapat dilakukan berdasarkan daerah wajah yang ingin ditingkatkan:

1. Menguruskan permukaan pipi

Cara mengecilkan pipi dengan latihan wajah dapat dilakukan duduk ataupun berdiri dan dimulai dengan mengarahkan kepala menghadap ke atas sambil mendorong dagu keluar dan menghisap pipi ke dalam.

Tahan posisi tersebut selama lima detik dan kemudian lepaskan. Setelahnya, Anda dapat mengulangi gerakan tersebut 10-15 kali.

2. Menghilangkan double chin

Double chin atau lipatan lemak di bagian bawah rahang dapat dihilangkan dengan latihan wajah yang menggunakan otot leher dan lidah. Latihan wajah ini harus dilakukan di tempat tidur dalam posisi terlentang dan kepala menggantung di pinggir ranjang.

Tekan lidah Anda ke langit-langit mulut sambil secara perlahan mengangkat kepala dan mengarahkan dagu ke arah dada. Tahan posisi tersebut selama lima detik sebelum melemaskan tubuh dan mengulangi gerakan tersebut sampai 10 kali.

3. Merampingkan dan menegaskan rahang

Latihan wajah untuk daerah rahang juga dapat dilakukan sambil duduk ataupun berdiri serta diawali dengan mengarahkan kepala ke belakang dan wajah menghadap ke atas.

Saat Anda melakukan posisi tersebut, Anda akan merasakan pengencangan pada otot leher dan rahang di dekat telinga. Tahan posisi tersebut selama 10 detik sebelum melemaskan diri dan mengulanginya sampai 15 kali.

4. Mengecilkan wajah bagian bawah

Wajah bagian bawah meliputi daerah mulut dan dagu. Anda dapat memulai latihan wajah dengan menggunakan dua jari di kedua tangan untuk menarik bagian ujung bibir secara perlahan dan membentuk ekspresi sedih.

Setelahnya, tarik bagian ujung bibir ke atas sampai membentuk senyuman. Pastikan bibir tetap terkatup rapat. Lakukan gerakan-gerakan tersebut selama lima detik sebelum diulangi kembali.

5. Menonjolkan tulang pipi

Latihan wajah untuk menonjolkan tulang pipi dapat dilakukan sambil duduk ataupun berdiri. Letakkan jemari Anda pada masing-masing tulang pipi dan tarik kulit pada tulang pipi secara perlahan sampai di atas tulang pipi.

Selanjutnya buka mulut sampai membentuk bentuk lonjong yang memanjang. Tahan posisi tersebut selama lima detik dan ulangi kembali gerakan yang sebelumnya dilakukan.

Apakah ada cara mengecilkan pipi yang efektif?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara mengecilkan pipi yang terbukti ampuh adalah dengan menurunkan berat badan secara keseluruhan. Anda dapat menurunkan berat badan sebagai cara mengecilkan pipi dengan melakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Memiliki pola pikir diet yang benar

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi penurunan berat badan, Anda tidak dapat serta merta mengharapkan penurunan berat badan yang instan ataupun menginstruksikan tubuh untuk membakar lemak di bagian pipi.

Faktanya tiap orang memiliki durasi penurunan berat badan dan daerah tubuh yang terlebih dahulu mengecil yang berbeda-beda.

Selain itu, bila Anda memiliki struktur wajah yang bulat, maka Anda tidak boleh memaksa untuk memiliki wajah tirus yang lonjong. Secara genetik, tiap orang juga memiliki struktur tulang dan bentuk wajah yang berbeda-beda.

2. Konsumsi makanan yang sehat

Menjaga pola makan meliputi memilih jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Sebaiknya konsumsilah buah-buahan, sayur-mayur, biji-bijian utuh, dan protein rendah lemak.

Atur juga porsi makan Anda dengan memenuhi setengah piring Anda dengan sayur-mayur yang berserat, seperti brokoli, bayam, dan sebagainya. Kemudian, isi seperempat piring dengan biji-bijian utuh, seperti nasi coklat, dan sebagainya.

Sisa seperempat piring yang kosong diisi dengan protein rendah lemak, seperti daging ikan, ayam, telur, dan sebagainya. Anda juga perlu mengurangi konsumsi garam dan makanan yang diproses. Jangan lupa untuk meminum air agar terhindar dari dehidrasi yang dapat memicu tersimpannya air dalam tubuh yang membuat tubuh terlihat membengkak.

4. Mengonsumsi kalori yang rendah

Defisit kalori atau mengonsumsi kalori lebih rendah dari kalori yang dibutuhkan tubuh dalam sehari dapat dilakukan dengan menghitung kalori harian Anda terlebih dahulu dan menentukan berapa kalori yang ingin dipotong dari kalori harian Anda.

Misalnya, jika kalori harian yang dibutuhkan adalah 1.500 kalori, maka Anda dapat memotongnya menjadi 1.300 kalori per harinya. Namun, jangan memotong kalori terlalu rendah karena dapat memicu penurunan massa otot, terhambatnya metabolisme tubuh, malnutrisi, dan kelaparan.

Umumnya, wanita sebaiknya tidak memotong kalori hingga di bawah 1.200 dan pria disarankan tidak memotong kalorinya di bawah 1.800. Namun, kalori harian tiap orang berbeda-beda, sehingga tidak ada standar kalori yang pasti pada tiap orang.

5. Rutin berolahraga

Membakar kalori berlebih dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur. Anda dapat mengkombinasikan olahraga kardio dan olahraga yang fokus pada kekuatan. Sebaiknya lakukanlah olahraga kardio selama 250 menit per minggunya, seperti berjalan, bersepeda, dan sebagainya.

Olahraga yang fokus pada kekuatan dapat membantu untuk membentuk dan menjaga massa otot dalam tubuh yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Lakukanlah setidaknya dua kali olahraga yang fokus pada kekuatan tiap minggunya.

Referensi:

https://www.healthline.com/health/facial-exercises-are-they-bogus#1

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat buah cermai
Selengkapnya

Manfaat Buah Cermai

Manfaat Buah Cermai – Mungkin sebagian dari anda belum pernah mengenal tentang buah cermai, karena memang buah ini…
manfaat buah merah papua
Selengkapnya

Manfaat Buah Merah Papua

Manfaat Buah Merah Papua – Pernahkah anda mendengar buah yang bernama buah merah? Jika belum, maka artikel ini…
manfaat buah bit dalam melawan kanker
Selengkapnya

Manfaat Buah Bit

Manfaat Buah Bit – Mungkin sebagian dari Anda belum pernah mengenal atau pun mendengar tentang buah bit. Kerena…
manfaat buah bidara
Selengkapnya

Khasiat Buah Bidara

Khasiat Buah Bidara – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu manfaat daun bidara, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang…