Manfaat Buah Kiwi

manfaat buah kiwi

Manfaat Buah Kiwi – Siapa yang tidak kenal buah kiwi, salah satu buah yang memiliki rasa manis sekaligus menyegarkan. Karena itulah buah ini menjadi populer saat dijadikan jus dan salad oleh masyarakat Eropa.

Buah kiwi adalah jenis buah beri yang berasal dari dataran Cina Utara dan mulai dibudidayakan pada abad 20 di Selandia Baru.

Karakteristik buah kiwi sendiri bentuknya menyerupai telur ayam dengan warna kulit coklat keabu-abuan dan memiliki bulu-bulu halus di permukaan luarnya.

Daging buah kiwi sendiri memiliki warna hijau dan keemasan cerah dengan biji-bijian hitam lunak yang bisa dikonsumsi secara bersamaan.

Rasa dari buah kiwi sendiri bercampur manis dengan sedikit asam dan tekstur yang lembut, sehingga sangat cocok sekali jika dikonsumsi oleh anak-anak maupun dewasa.

Kandungan Nutrisi Buah Kiwi

Berikut ini jenis kandungan nutrisi atau gizi dalam 100 gram buah kiwi:

Kandungan NutrisiNilai GiziRDA
Kalori61 (255 kJ)3%
Karbohidrat14.7 g5%
Air83.1 g
Protein1.1 g2%
Gula9 g
Serat3 g12%
Lemak0,5 g1%
Vitamin A87 IU2%
Vitamin C92,7 mg155%
Vitamin D
Vitamin E1,5 mg7%
Vitamin K40,3 mcg50%
Vitamin B1 (Thiamine)0,03 mg2%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,03 mg1%
Vitamin B3 (Niacin)0,3 mg2%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,2 mg2%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,1 mg3%
Vitamin B9 (Folat)25 mcg6%
Vitamin B12
Cholin7,8 mg
Kalsium34 mg3%
Zat Besi0,3 mg2%
Magnesium17 mg4%
Fosfor34 mg3%
Potassium (Kalium)312 mg9%
Sodium3 mg0%
Seng (Zinc)0,1 mg1%
Tembaga (Copper)0,1 mg6%
Manganese0,1 mg5%
Selenium0,2 mcg0%

Manfaat Buah Kiwi

manfaat buah kiwi

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu faktor mengapa buah kiwi ini banyak digemari dan juga dianggap sebagai makanan super adalah karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Antioksidan yang berperan sebagai penangkal radikal bebas sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh ini bernama vitamin C.

Vitamin C merupakan nutrisi penting dalam meningkatkan sistem imun dan juga mencegah penyakit seperti flu, batuk, radang dan lainnya.

Sebuah studi dari Canadian Journal of Physiology and Pharmacology, mengungkapkan bahwa kandungan vitamin C dalam buah kiwi dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dalam mencegah penyakit terutama pada anak-anak dan orang dewasa.

Baca Juga: Manfaat Buah Nangka

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Selain itu buah kiwi juga kaya akan kandungan serat yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa buah kiwi ini dapat bertindak sebagai prebiotik, yaitu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik (lactobacilli dan bifidobacteria) dalam usus.

Tidak cukup sampai disitu, kandungan serat dan juga prebiotik dalam kiwi ini sangat bagus untuk memelihara kesehatan pencernaan dan mencegah konstipasi.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin merupakan zat fitokimia yang bisa mencegah berbagai macam penyakit mata, salah satunya degenerasi makular atau kebutaan yang disebabkan bertambahnya usia.

Buah kiwi sendiri memiliki 171 miligram lutein dalam satu buahnya, dengan jumlah sebanyak ini tentu bisa membendu melindungi mata dalam menyaring sinar ultraviolet.

Selain kandungan lutein, buah kiwi juga memiliki kandungan karotenoid yakni vitamin A yang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

4. Menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan

Kolagen merupakan jenis protein yang paling banyak dalam tubuh manusia, selain itu ia juga zat yang turut membangun kulit, otot, tulang, dan tendon.

Tahukah kalian, salah satu kandungan yang mampu merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen adalah vitamin C dan juga polisakarida.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cellular Physiology, polisakarida yang ditemukan dalam buah kiwi bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh hingga dua kali lipat dibandingkan dengan kondisi normal di mana aktivitas penggandaan ini berkurang seiring pertambahan usia.

5. Mengurangi risiko pembekuan darah

Ada sebuah studi dari University of Oslo yang mengunkapkan, bahwa ketika seseorang mengkonsumsi dua sampai tiga buah kiwi dalam sehari ternyta mampu menurunkan risiko pembekuan daran dan juga penurunan jumlah lemak dalam darah.

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa efek mengkonsumsi buah kiwi ini mirip dengan dosis aspirin harian yang bisa menyehatkan jantung.

Baca Juga: Manfaat Kurma Muda

6. Mengontrol tekanan darah

Manfaat buah kiwi selanjutnya yaitu mampu mengontrol tekanan darah, seperti studi tahun 2014 dari Oslo Universiti Hospital yang mengungkapkan bahwa zat bio aktif dalam buah kiwi ini mampu menurunkan tekanan darah sekaligus mengontrol tekanan darah.

Hal ini tentu bisa menurunkan risiko terkena penyakit seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi, stroke, dan juga serangan jantung.

7. Membantu mengobati asma

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa buah kiwi ini kaya akan antioksidan dan juga vitamin C yang dapat meredapakn gejala asma.

Ada sebuah penelitian pada tahun 2000, yang menyatakan bahwa mengkonsumsi buah kiwi secara teratur dapat memperbaiki fungsi paru-paru dan juga bisa mengurangi mengi dan sesak napas pada penderita asma.

8. Memperbaiki sistem kardiovaskuler

Kandungan potassium dalam buah kiwi ini dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan juga sebagai vasodilator (merileksasikan pembuluh darah pada tubuh).

Selain itu juga kandungan serat dan vitamin K dalam buah kiwi dapat mencegah penumpukan kalsium pada arteri sehingga risiko terkena penyakit jantung seperti stroke, darah tinggi, dan masalah kardiovaskuler  lainnya bisa berkurang.

9. Memiliki sifat anti kanker

Tahukah kalian ternyata buah kiwi ini merupakan salah satu jenis buah yang dipakai sebagai pengobatan tradisional oleh masyarakat Tiongkok sejak ribuan tahun yang lalu.

Ini karena kiwi memiliki kandungan polisakarida dan juga anti oksidan yang memiliki efek dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker tenggorokan, hati, dan paru-paru.

10. Memiliki sifat anti jamur dan antibakteri

Ada beberapa penelitian yang juga memnunjukkan bahwa buah kiwi ini dapat mengatasi jamur serta bakteri dengan antibiotik yang ditemukan dalam kandungan biji buah kiwi.

Selain itu juga, pada kandungan buah kiwi kuning terdapat sebuah protein yang bernama aktinkinin yakni zat yang mempunyai sifat anti jamur.

11. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat buah kiwi lainnya yakni mampu memberikan efek agar tidur menjadi lebih nyenyak, ini karena kandungan buah kiwi yang bernama serotonin.

Serotonin dalam buah kiwi telah terbukti dapat meningkatkan waktu tidur sebanyak 135 dan dapat mengefisiensi tidur hingga 5%.

Tidak hanya itu saja kandungan serotonin ini juga sudah pernah diteliti oleh pera ilmuan, bisa meningkatkan daya ingat dan juga meningkatkan fungsi kardiovaskuler.

Baca Juga: Manfaat Buah Manggis

12. Nutrisi tambahan ibu hamil

Kita semua tahu bahwa ibu hamil ini perlu sekali yang namanya folat. Nah, buah kiwi sendiri selain kaya akan antioksidan seperti vitamin C ternyata ia juga mengandung folat yang bisa membantu perkembangan janin.

Tentu dengan semua gizi yang terkandung dalam buah kiwi bisa membantu kebutuhan nutrisi harian ibu hamil.

13. Menjaga kesehatan tulang

Selain banyak mengandung anti oksidan ternyata buah kiwi ini juga banyak mengandung zat seperti fosfor, kalsium, vitamin E, dan vitamin K yang dipercaya bisa meningkatkan kesehatan tulang sehingga bisa menurunkan risiko terkena penyakit seperti osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Cara Mengkonsumsi Buah Kiwi

cara mengkonsumsi kiwi

Jus buah kiwi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jus buah kiwi:

  • 2 buah kiwi yang sudah dibersihkan.
  • 2 sachet susus kental manis putih.
  • 400 ml air e.

Langkah-langkah:

  1. Masukkan semua bahan mulai dari buah kiwi, susu, dan air es kedalam blender.
  2. Blender semua campuran tersebut hingga halus, jika kurang manis bisa tambahkan gula.
  3. Jus buah kiwi siap disajikan.

Puding cup kiwi

puding cup buah kiwi

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 bungkus agar-agar plain.
  • 1 bungkus nutrijel plain.
  • 1 liter susu cair indomilk.
  • 150 gr gula pasir.
  • 1 bungkus vanila.
  • Sejumput garam (diambil sedikit dengan ujung jari tangan).
  • 2 buah kiwi segar.
  • 1500 ml air.

Langkah-langkah:

  1. Masukan agar-agar plain dan nutrijel, gula, Vanila dan sejumput garam
  2. Lalu pisahkan menjadi 2 bagian.
  3. Bagian 3/4 ditambahkan susu cair indomilk lalu masak sampai mendidih, tuang dlm cup wadah setengah cup, diamkan selama 10menit.
  4. Iris kiwi sesuai selera (me 0,3cm) lalu masukan kedalam cup yg sudah berisi puding susu yg sudah agak mengeras.
  5. Bagian 1/4 tanpa tambahan susu (bening) masak sampai mendidih, tunggu sampai tidak terlalu panas, lalu tuangkan diatasnya dan masukan kedalam kulkas.

Eskrim kiwi

eskrim buah kiwi

Untuk membuat eskrim buah kiwi, anda bisa menyiapkan bahan-bahan di bawah ini:

  • 240 gram daging buah kiwi.
  • 60 gram gula pasir.
  • 120 ml air putih.

Langkah-langkah:

  1. Haluskan daging buah kiwi dan taruh dalam mangkuk.
  2. Tuang gula dan air dalam mangkuk dan campur dengan daging.
  3. Tuang campuran ke dalam cetakan es krim silikon.
  4. Biarkan 24 jam di freezer.

Demikian itu tadi pembahasan tentang manfaat buah kiwi, semoga artikel ini bisa menjawab semua keraguan anda tentang buah kiwi.

Sumber referensi: Kandungan nutrisi buah kiwi per 100 gramnya dikutip dari Autority Nutrition.

Apa boleh mengkonsumsi kulit buah kiwi?

Boleh saja, ini karena dalam kulit buah kiwi banyak mengandung serat, antioksidan, vitamin E dan juga folat. Akan tetapi jika anda memiliki riwayat penyakit seperti alergi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat buah merah papua
Selengkapnya

Manfaat Buah Merah Papua

Manfaat Buah Merah Papua – Pernahkah anda mendengar buah yang bernama buah merah? Jika belum, maka artikel ini…
manfaat daun bawang
Selengkapnya

Manfaat Daun Bawang

Manfaat Daun Bawang – Bawang adalah salah satu tumbuhan yang banyak digunakan sebagai bumbu utama dapur. Siapa sangka…
manfaat buah sawo
Selengkapnya

Manfaat Buah Sawo

Manfaat Buah Sawo – Teruntuk masyarakat Indonesia, mungkin sudah sangat familiar dengan buah yang satu ini. Buah yang…