Manfaat Buah Melon – Bagi kalian yang sering mengonsumsi esbuah segar, tentu sangat familiar dengan berbagai macam campuran buah-buahan salah satunya yakni buah melon.

Melon sendiri merupakan nama buah sekaligus tanaman yang termasuk dalam kategori labu-labuan. Itu artinya tanaman ini termasuk jenis tanaman merambat.

Buah yang satu ini sangat banyak disukai oleh masyarakat, karenan memang daging buahnya yang empuk dan juga kandungan airnya yang cukup membantu mengatasi dehidrasi.

Tahukan, kalian dibalik manisnya buah melon ternyata ia juga banyak memiliki khasiat lho. Ingin tahu apa saja manfaat buah melon?

Yuk, simak ulasan berikut ini.

Kandungan Nutrisi Buah Melon

kandungan nutrisi buah melon

Berikut kandungan nilai gizi sekaligus nutrisi buah melon dalam 177 gram atau setara dengan 1 cangkir:

Kandungan NutrisiNilai GiziRDA
Kalori63,7 (267 kJ)3%
Karbohidrat16,1 g5%
Air159 g
Protein1 g2%
Gula14,4 g
Serat1,4 g6%
Lemak0,2 g0%
Vitamin A88,5 IU2%
Vitamin C31,9 mg53%
Vitamin D
Vitamin E
Vitamin K5,1 mcg6%
Vitamin B1 (Thiamine)0,1 mg4%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,0 mg1%
Vitamin B3 (Niacin)0,7 mg4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,3 mg3%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,2 mg8%
Vitamin B9 (Folat)33,6 mcg8%
Vitamin B120 mcg0%
Cholin13,5 mg
Kalsium10,6 mg1%
Zat Besi0,3 mg2%
Magnesium17,7 mg4%
Fosfor19,5 mg2%
Potassium (Kalium)404 mg12%
Sodium31,9 mg1%
Seng (Zinc)0,2 mg1%
Tembaga (Copper)0,0 mg2%
Manganese0,0 mg2%
Selenium1,2 mcg2%

Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh

1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Saat tubuh kalian dehidrasi, tentu hal pertama yang terlintas dalam fikiran kalian adalah air. Akan tetapi faktanya untuk mengatasi dehidrasi tersebut tubuh kita ini juga membutuhkan banyak cairan elektrolit.

Buah melon sendiri hampir 90% nya mengandung air dan juga mengandung elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium, dan juga kalsium.

Nah, dengan kombinasi antara air dan cairan elektrolit tentu bisa mengatasi dehidrasi dengan mencukupi cairan tubuh yang hilang.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain memiliki banyak kandungan elektrolit, buah melon juga memiliki banyak sekali kandungan vitamin C yang memiliki peran penting dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh lho.

Dibalik manisnya buah melon, ternyata ia memiliki 50% lebih kebutuhan harian vitamin C untuk tubuh.

Bahkan ada sebuah penelitan yang menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang terkandung dalam buah melon ini mampu mencegah sekaligus mengobati berbagai macam infeksi pernafasan dan juga sistemik.

Baca Juga: Manfaat Buah Manggis

3. Melancarkan sistem pencernaan

Kalian semua tentu sudah tahu donk tentang kandungan serat, yang mampu mendukung sistem pencernaan. Nah, dalam 177 gram daging buah melon memiliki sekitar 1,5 gram serat atau sekitar 5% dari kebutuhan asupan serat harian kita.

Walaupun kandungan serat dari buah melon ini sedikit, akan tetapi nutrisi lain dari melon ini juga mampu membantu dalam melancarkan sistem pencernaan lho.

4. Meningkatkan penglihatan dan menyehatkan mata

Kabarnya, buah melon ini juga bisa meningkatkan penglihatan lho. Seperti sebuah journal penelitian dari British Journal of Ophthalmology mengungkapkan bahwa melon memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin.

Kedua senyawa karotenoid ini dipercaya mampu mendukung kesehatan mata dan juga mencegah kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh usia.

5. Membantu mengurangi tekanan darah

Manfaat yang tidak kalah pentingnya dalam buah melon ini ternyata ia juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. hal ini dibuktikan karena melon sendiri memiliki kandungan potassium atau kalium yang cukup tinggi sekaligus rendah akan kadar natrium.

6. Membantu mengontrol kadar gula darah

Tahukah kalian ternyata dengan mengonsumsi buah-buahan seperti melon secara teratur itu bisa mengontrol kadar gula darah lho.

Bahkan ada beberapa penelitian seperti studi yang dilakukan selama tujuh tahun baru-baru ini dari setengah juta orang menghungkapkan bahwa mereka yang mengonsumsi buah segar setiap harinya memiliki kadar gula 12% lebih rendah dari pada mereka yang jarang mengonsumsi buah.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat selanjutnya dari buah melon yakni dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini karena melon memiliki beberapa kandungan yang penting untuk menunjang kesehatan tulang, seperti folat, vitamin K, dan juga mahnesium.

Yang mana ketiga kandungan ini memiliki peranan masing-masing mulai dari meningkatkan kepadatan mineral pada tulang, memperbaiki jaringan tulang, dan juga mempertahankan sehatnya tulang.

Baca Juga: Manfaat Buah Sawo

8. Membantu menyehatkan kulit

Melon merupakan salah satu jenis buah yang bisa memenuhi asupan vitamin C tubuh kita, pasalnya memang setiap 177 gram dalam buah melon menyediakan 53% asupan harian vitamin C.

Nah, dengan adanya asupan vitamin C yang memadai, tubuh akan banyak memproduksi kolagen yang dipercaya mampu memperbaiki dan juga memelihara jaringan kulit.

Disamping itu juga, kandungan vitamin C ini sangat bisa melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari atau yang biasa disebut Sinar UV.

9. Cocok untuk program diet

Dengan rendahnya kalori dan juga kaya akan nutrisi, buah melon ini sangatlah cocok untuk menjadi menu diet buah-buahan anda. Sebab melon ini bisa dijadikan berbagai menu tambahan seperti salad, makanan penutup, makanan pembuka, dan lain sebagainya.

10. Nutrisi tambahan untuk ibu hamil

Tadi sudah disebutkan bahwa buah melon ini mengandung folat setidaknya 33 mcg atau setara dengan 8% asupan harian ibu hamil.

Selain itu juga kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah melon ini mampu meningkatkan sistem imun ibu hamil dari sel radikal bebas.

Nah, dengan begini lengkap sudah manfaat buah melon bagi tubuh dan juga ibu hamil. Jika artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa di share ya biar teman kalian yang lain bisa mendapat pengetahuan tentang buah melon.

Baca Juga: Manfaat Buah Strawberry

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat masker spirulina
Read More

Manfaat Masker Spirulina

Manfaat Masker Spirulina – Hampir setiap wanita pasti menginginkan kulit wajah yang sehat dan cerah merona. Salah satu…
manfaat buah anggur
Read More

Manfaat Buah Anggur

Manfaat Buah Anggur – Anda tentu sudah sangat familiar dengan buah yang satu ini, yakni anggur merupakan buah…