Manfaat Buah Jeruk

manfaat buah jeruk

Manfaat Buah Jeruk – Sudah tak asing lagi jika buah jeruk ini sering dijadikan buah favorit untuk semua khalangan, karena itu hampir disetiap toko buah, pasar ataupun swalayan sudah pasti buah ini di-perjual belikan.

Sebab buah jeruk ini bisa dijadikan wewangian/parfum dan bisa juga menjadi bahan pangan yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C untuk tubuh kita setiap harinya.

Ingin tau apa saja manfaat buah ? Yuk simak ulasan berikut ini!

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Apa kalian semua tahu, asupan harian vitamin C untuk tubuh?

Berikut ini asupan vitamin C berdasarkan kelamin dan usia:

  • Usia 1-9 tahun: 40-50 mg/hari.
  • Laki-laki usia 10-15 tahun: 50-75 mg/hari.
  • Laki-laki usia 16 tahun ke atas: 90 mg/hari.
  • Perempuan usia 10-15 tahun: 50-60 mg/hari.
  • Perempuan usia 16 tahun ke atas: 75 mg/hari.

Rincian diatas tadi hanya batas minimal, jadi tidak apa-apa jika melebihi batas. Untuk 100g buah jeruk ini mengandung vitamin C sebesar 53,2 mg.

Nah sekarang kita sudah bisa menghitung berapa asupan vitamin C yang harus kita penuhi setiap harinya. Selanjutnya kita menuju ke manfaat dari buah jeruk.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah jeruk ini mempunyai serat yang cukup tinggi,  dimana serat dari buah jeruk ini sangat berpengaruh untuk saluran pencernaan kita.

Serat yang terkandung dalam buah jeruk ini bisa membantu mengeluarkan sisa dari ampas makanan yang yang tertinggal dalam pencernaan.

Tidak cukup sampai disitu, buah jeruk ini juga bisa merangsang produksi cairan yang ada dalam pencernaan sehingga sistem pencernaan anda menjadi lancar.

2. Menurunkan Kadar Kolestrol

Banyak sekali jenis buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol, seperti jambu biji, delima, alpukat dan lainnya.

Tapi apakah anda tahu bahwa jeruk ini bisa menurunkan kadar kolesterol?

Perlu anda ketahui serat larut dan vitamic C yang terkandung dalam buah jeruk juga bisa menurunkan kadar kolesterol berlebih. Nah, jika kolesterol anda normal itu artinya tekanan darah anda juga normal.

Ini disebabkan kandungan flavonoid yang ada pada buah jeruk ini berperan besar dalam mengontrol tekanan darah.

3. Melindungi Tubuh dari Sel Kanker

Kita semua tahu bahwa kanker adalah sebuah penyakit yang sangat menyeramkan pada kebanyakan orang. Sebab penyakit kanker ini memiliki resiko kematian yang terbilang cukup tinggi.

Maka dari itu lebih baik kita mencegah penyakit ini sebelum penyakit ini datang menggerogoti tubuh kita.

Salah satu langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah kanker ini dengan mengkonsumsi jeruk secara rutin, sesuai kebutuhan harian tubuh kita.

Ini disebabkan buah jeruk memiliki senyawa seperti asam galat, astragalin, isoquercitrin, fisetin, limonene, likopen dan masih banyak lagi enzim yang terdapat dalam buah jeruk.

Dalam sebuah penelitian senyawa diatas tadi mampu melindungi tubuh dari serangan sel kanker usus besar, prostat dan payudara.

Tidak cukup sampai disitu, ternyata senyawa limonene yang ada pada jeruk dapat memperhambat pertumbuhan kanker.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Buah jeruk ini kaya akan antioksidan yang sudah diteliti dapat melawan radikal bebas dan mencegah kolesterol berlebih.

Ini karena kolesterol yang sering menempel dan menjadi plak didalam arteri pembuluh darah, akibatnya supply darah ke dalam jantung menjadi berkurang. Nah hal inilah yang menyebabkan adanya serangan jantung.

5. Mengatasi Penyakit Wasir

Wasir atau ambeien biasanya disebabkan adanya pembuluh darah disekitar anus atak rektum (bagian akhir dari usus besar sebelum anus) yang meradan dan membengkak.

Hal ini juga sering disebabkan karena terlalu lama ketika mengenjan saat BAB (Buang Air Besar), wasir sendiri juga terbagi menjadi 2 yakni :

  • Internal hemorrhoid, adalah wasir yang muncul didalam saluran rektum. Biasanya wasir ini tidak memiliki rasa nyeri akan tetapi ketika BAB ada darah yang keluar.
  • External hemorrhoid, adalah wasir yang muncul diluar anus. Biasanya terasa sangat nyeri dan gatal, ini bisa menyebabkan robek dan berdarah.

Jeruk lemon sendiri bisa mengatasi wasir bagian luar dan juga bagian dalam. Sebab kandungan vitamin C dan senyawa flavonoid dalan lemon ini bisa membuat pembuluh darah menjadi tidak tegang dan bisa mengurangi rasa radang.

Untuk bagian luar anda bisa mengoleskan air perasan jeruk lemon kebagian wasir (ambeien). Untuk bagian dalam anda cukup rutin meminum air perasan jeruk lemon .

6. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal biasanya disebabkan karena kurangnya minum air putih, dan berat badan berlebih. Ini menyebabkan adanya endapan dari sari makanan ataupun hal lain.

Ada beberapa gejala yang ditandai jika anda sudah mengalami penyakit batu ginjal. Pertama, Seringnya buang air kecil dengan jumlah urine yang sedikit. Kedua, akan terasa sakit dan nyeri ketika buang air kecil.

Ada sebuah studi yang memaparkan bahwa jika seseorang teratur dalam mengkonsumsi jus jeruk, maka bisa mencegah adanya endapan atau batu ginjal pada tubuh.

Ini karena buah jeruk bisa mengurangi kelebihan sitrat dalam air urine dan juga mengurangi tingkat keasamannya.

7. Mengatasi Sariawan

Untuk mengatasi sariawan ini dianjurkan menggunakan jeruk nipis dan jeruk bali. Karena dua jenis jeruk ini sangat tinggi akan vitamin C nya dan kaya akan antioksidan.

Jeruk nipis juga mampu mengatasi batuk berdahak dan flu. Untuk rasa nya juga lumayan asam, jadi bagi anda yang kurang suka dengan rasa asam bisa dicampurkan jengan jus buah lain.

8. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Anda semua pasti sudah tau hipertensi atau tekanan darah tinggi ini bisa menjadi salah satu penyebab datangnya stroke dan penyakit jantung.

Buah jeruk memiliki senyawa flavonoid dan magnesium yang bisa pengontrol tekanan darah. Jadi sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk bagi anda yang memiliki penyakit hipertensi.

Manfaat Kulit Buah Jeruk

Tidak hanya buah nya saja ternyata jeruk juga memiliki kulit yang bermanfaat untuk kesehatan dan perawatan tubuh kita juga.

Ingin tau apa saja manfaat kulit jeruk? Berikut ini manfaat-nya.

1. Mengatasi Jerawat Berlebih

Mengutip dari laman Mercola, kulit jeruk ini ternyata juga memiliki manfaat yang dapat mengatasi jerawat berlebih pada wajah.

Sebab kulit jeruk memiliki senyawa antimokroba, antibakteri, dan antiradang yang sangat ampuh untuk mengatasi jerawat pad wajah.

Tidak hanya itu saja, ternyata kulit jeruk juga memiliki vitamin A, vitamin B, serat dan mineral lainnya. Yang mana vitamin dan mineral yang terkandung dalam kulit jeruk dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

2. Memutihkan dan Menguatkan Gigi

Selain mengatasi jerawat, kulit jeruk juga bisa memutihkan sekaligus menguatkan gigi. Dikutip bellatory bahwa kulit jeruk ini memiliki senyawa d-limonene yang dapat membantu menghilangkan plak kuning pada gigi.

untuk cara penggunaaan nya, sangat mudah anda cukup siapkan kulit jeruk, kemudian gosokkan kulit jeruk ke bagian gigi anda yang bewarna kuning selama 2-3. Kemudian bilas dengan air hangat ataupun air biasa.

Untuk anda yang ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan hal ini secara rutin 2 kali dalam sehari.

Video Manfaat Buah Jeruk Mandarin

Source: fitOne
Apa efek samping jeruk, jika dikonsumsi secara berlebihan?

Sebetulnya kandungan vitamin C yang ada pada buah jeruk ini sangatlah bagus. Akan tetapi ada beberapa gejala yang ditimbulkan jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti:
gatal-gatal, kulit memerah, asma, diare, mual, dan muntah.

Seberapa banyak batasan dalam mengkonsumsi buah jeruk?

Perlu anda ketahui asupan vitamin C untuk orang dewasa tidak boleh melebihi 2000mg per hari. Dalam 100 gram buah jeruk mengandung 53,28 mg vitamin C. Sehingga anda harus membatasi konsumsi jeruk maximal 28 jeruk /hari.

Apa gejala yang ditimbulkan jika memiliki alergi jeruk?

Ada beberapa tanda/gejala yang umum terjadi jika anda memiliki alergi buah jeruk, seperti:
1. Adanya sensasi kesemutan pada bibir, lidah, dan tenggorokan.
2. Gejala kulit melepuh, gatal, dan terasa seperti terbakar.
3. Gejala kulit kering dan mengelupas.
4. Kulit terlihat merah dan mengalami pembengkakan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka
manfaat daun bidara
Selengkapnya

Manfaat Daun Bidara

Manfaat Daun Bidara – Negara Indonesia ini memiliki ribuan jenis tumbuhan yang tersebar di berbagai daerah. Keanekaragaman hayati…
tanaman toga
Selengkapnya

Tanaman Obat Keluarga

Tanaman toga – Kita semua tau bahwa indonesia ini memiliki banyak ke aneka ragaman. Mulai dari hewan, tumbuhan,…
manfaat buah bidara
Selengkapnya

Khasiat Buah Bidara

Khasiat Buah Bidara – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu manfaat daun bidara, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang…