Manfaat Buah Sawo – Teruntuk masyarakat Indonesia, mungkin sudah sangat familiar dengan buah yang satu ini. Buah yang memiliki warna coklat, berdaging lunak dengan cita rasa manis yang khas sehingga banyak sekali orang yang menyukainya.

Buah sawo merupakam jenis buah tropis yang termasuk dalam famili Sapotaceae dengan nama ilmiah Manikara zapota. Sawo ini banyak tumbuh di negara Asia Tenggara dan juga negara Amerika bagian tengah seperti Meksiko dan Karibia.

Selain memiliki cita rasa manis yang khas, ternyata buah ini kaya akan kandungan serat dan sama sekali tidak mengandung kolesterol lho. Jadi sangat cocok untuk kalian yang sedang melakukan program diet.

Kandungan Nutrisi Buah Sawo

Berikut ini nilai gizi dan nutrisi dalam buah sawo setiap 241 gramnya:

Kandungan NutrisiNilai GiziRDA
Kalori200 (837 kJ)10%
Karbohidrat48,1 g16%
Air188 g
Protein1,1 g2%
Gula
Serat12,8 g51%
Lemak2,7 g4%
Vitamin A145 IU3%
Vitamin C35,4 mg59%
Vitamin D
Vitamin E
Vitamin K
Vitamin B1 (Thiamine)0,0 mg0%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,1 mg3%
Vitamin B3 (Niacin)0,5 mg2%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,6 mg6%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,1 mg4%
Vitamin B9 (Folat)33,7 mcg8%
Vitamin B12
Cholin
Kalsium50,6 mg5%
Zat Besi1,9 mg11%
Magnesium28,9 mg7%
Fosfor28,9 mg3%
Potassium (Kalium)465 mg13%
Sodium28,9 mg1%
Seng (Zinc)0,2 mg2%
Tembaga (Copper)0,2 mg10%
Manganese
Selenium1,4 mcg2%

Manfaat Buah Sawo

manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah sawo:

1. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Radikal bebas merupakan molekul yang bisa menyebabkan kerusakan sel tubuh jika dibiarkan terlalu lama. Ia juga sering menjadi penyebab datangnya penyakit seperti kanker, penyakit jantung, kurangnya penglihatan, dan lain sebagainya.

Nah, untuk menangkal radikal bebas ini diperlukan yang namanya antioksidan seperti vitamin C dan lainnya. Buah sawo sendiri dalam sebuah studi dari mesir, menunjukkan bahwa sawo mengandung banyak zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Tahukah kalian, kalau ternyata buah sawo ini juga baik sekali lho untuk mengatasi masalah sistem pencernaan seperti sembelit, diare, ambeien, dan masih banyak lagi.

Ini karena sawo memiliki kandungan serat dan juga tanin yang mampu meringankan sekaligus mencegah gangguan pencernaan. Tak hanya itu saja, kandungan serat dalam buah sawo ini juga sudah melalui berbagai macam penelitian sehingga kalian tidak perlu meragukannya.

Baca Juga: Manfaat Buah Nangka

3. Membantu menurunkan berat badan

Buat kalian yang masih berjuang dengan program penurunan berat badan bisa mencoba menambahkan sawo dalam menu buah-buahan diet anda. Sebab, buah sawo ini memiliki banyak kandungan serat dengan kalori yang terbilang masih normal.

Akan tetapi tetap harus diimbangi dengan nutrisi buah lainnya, karena walau pun sawo memiliki banyak kandungan serat namun ia juga memiliki fruktosa, yang mana jika dikonsumsi secara berlebih bisa meningkatkan kadar gula.

4. Membantu menurunkan risiko anemia

Anda semua tentu sudah tahu donk tentang penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Nah, buah sawo ini ternyata juga bisa menurunkan risiko terkena gejala anemia lho.

Sebab, sawo ini memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah.

5. Meredakan demam dan radang

Sebuah studi Asian Pacific Journal of Tropical Disease dari University of Dhaka, mengungkapkan bahwa buah sawo memiliki sifat antiradang dan juga anti piretik yang bisa membantu dalam meringankan demam sekaligus peradangan.

Akan tetapi penelitian ini baru bisa dibuktikan pada hewan saja dan masih membutuhkan penelitian lanjutan untuk memastikan bahwa buah sawo ini mampu mengatasi peradangan bagi tubuh manusia.

6. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium, magnesium, dan juga fosfor yang terkandung dalam buah sawo ini ternyata juga bisa meningkatkan kesehatan tulang dan gigi lho. Sebab memang jenis-jenis kandungan ini yang paling dibutuhkan oleh tulang dan juga gigi kita.

Baca Juga: Manfaat Buah Melon

7. Menyehatkan mata

Manfaat buah sawo berikutnya yajni mampu menjaga kesehatan dan fungsi mata. Pada pembahasan kandungan nutrisi buah sawo diatas sudah saya jelaskan bahwa sawo ini mempunyai kandungan vitamin A dan juga vitamin C yang bisa meningkatkan kinerja fungsi mata dan melindungi mata dari sinar radikal bebas.

8. Menjaga kesehatan jantung

Kabarnya selain baik sekali untuk penglihatan, buah sawo ini juga bagus untuk kesehtan jantung lho. Ini karena buah sawo memiliki banyak kandungan antioksidan dan juga kandungan kalium yang bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

9. Baik untuk fungsi saraf tubuh

Sistem saraf di tubuh fungsinya menyampaikan pesan antara otak dan tubuh Anda. Pesan-pesan ini disampaikan dalam bentuk impuls saraf. Salah satu contoh fungsi saraf adalah membantu mewujudkan adanya kontraksi otot tubuh, untuk jantung berdetak, dan banyak fungsi lainnya.

Impuls saraf ini dihasilkan oleh ion natrium yang bergerak ke dalam sel dan ion potasium yang bergerak keluar dari sel.Pergerakan kedua ion ini dapat mengubah tegangan sel untuk mengaktifkan impuls saraf. Apabila kadar kalium dalam darah menurun, alhasil kemampuan tubuh dalam menghasilkan impuls saraf jadi menurun.

10. Nutrisi tambahan untuk ibu hamil

Kita semua tahu bahwa ibu hamil ini memerlukan banyak sekali nutrisi seperti kalori, vitamin, dan juga folat. Nah, buah sawo sendiri ternyata juga memiliki kandungan folat sekaligus berbagai macam vitamin yang dapat membantu asupan tambahan bagi ibu hamil.

Baca Juga: Manfaat Buah Manggis

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat buah kiwi
Read More

Manfaat Buah Kiwi

Manfaat Buah Kiwi – Siapa yang tidak kenal buah kiwi, salah satu buah yang memiliki rasa manis sekaligus…
manfaat daun bidara
Read More

Manfaat Daun Bidara

Manfaat Daun Bidara – Negara Indonesia ini memiliki ribuan jenis tumbuhan yang tersebar di berbagai daerah. Keanekaragaman hayati…
manfaat kurma muda
Read More

Manfaat Kurma Muda

Manfaat Kurma Muda – Sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat baik kaum adam maupun kaum hawa dengan…