Manfaat Buah Cermai – Mungkin sebagian dari anda belum pernah mengenal tentang buah cermai, karena memang buah ini jarang sekali diketahui karena banyak masyarakan yang menganggap sepele buah ini.

Padahal jika diteliti lebih dalam buah ini ternya kaya akan nutrisi yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah cermai sendiri merupakan jenis tumbuhan tropis yang mudah sekali titemukan di kawasan Asia Tenggara.

Buah cermai atau dalam bahasa inggrisnya star gooseberry merupakan buah yang berasal dari pohon cermai berjenis perdu. Buah cermai sendiri juga memiliki nama ilmiah yakni Phyllanthus Acidos yang termasuk dalam golongan buah beri.

Nah, buah cermai ini ternyata memiliki banyak manfaat yang tak kalah dengan jenis buah beri lainnya. Ingin tahu apa saja manfaat buah cermai? Yuk simak ulasan berikut ini.

Kandungan Nutrisi Buah Cermai

Berikut ini kandungan nilai gizi pada buah cermai setiap 100 gram:

Kandungan NutrisiNilai GiziRDA
Kalori44 (184 kJ)2%
Karbohidrat10,2 g3%
Air87,9 g
Protein0,9 g2%
Gula
Serat4.3 g17%
Lemak0,6 g1%
Vitamin A290 IU6%
Vitamin C27,7 mg46%
Vitamin D
Vitamin E0,4 mg2%
Vitamin K
Vitamin B1 (Thiamine)0,04 mg3%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,03 mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,3 mg1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,3 mg3%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,1 mg4%
Vitamin B9 (Folat)6 mcg1%
Vitamin B12
Cholin
Kalsium25 mg2%
Zat Besi0,3 mg2%
Magnesium10 mg2%
Fosfor27 mg3%
Potassium (Kalium)198 mg6%
Sodium1 mg0%
Seng (Zinc)0,1 mg1%
Tembaga (Copper)0,1 mg4%
Manganese0,1 mg7%
Selenium0,6 mcg1%

Manfaat Buah Cermai

manfaat buah cermai bagi tubuh

1. Kaya akan antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang berperan penting bagi tubuh dalam melawan efek radikal bebas yaitu molekul reaktif yang bisa menyebabkan kerusakan sel yang berakibat stres oksidatif.

Nah, buah cermai ini mengandung vitamin C, vitamin E, dan juga beberapa jenis fionutrien yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga menyehatkan jantung.

Fitonutrien yang terkandung dalam buah cermai ini bermacam-macam, mulai dari flafonol, antosianin, asam aromatik, dan asam organik.

Tidak cukup sampai disitu saja, kandungan antioksidan dalam buah cermai ini juga banyak loh. Mulai dari kaempferon, myricetin, quercetin, dan juga isorhamnetin yang berguna dalam melawan kanker, menurangi efek stroke, dan juga efek anti virus.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Buah cermai memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh dalam menangkal racun dan sel radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit tubuh.

Anda bisa menggunakan buah cermai ini sebagai antioksidan alami dengan cara lengsung mengkonsumsinya atau bisa juga dengan meminum air rebusan buah cermai yang sudah dipotong-potong.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Buah cermai ini termasuk jenis buah yang kaya akan serat, ada sebuah penelitian dari Loughborough University yang menyatakan bahwa bauh cermai ini banyak sekali mengandung serat yang bisa melancarkan pencernaan sehingga terhindar dari sembelit.

4. Mengontrol kadar gula darah

Selain menyehatkan pencernaan, ternyata buah cermai ini juga bisa mengontrol kadar gula darah loh. Sebuah penelitian dari University of Wollongong mengungkapkan bahwa ekstrak buah cermai terdapat enzim inhibitor alpha-glukosidase yang mencegah pemindahan gula dari usus ke aliran darah.

Tidak hanya itu saja, buah cermai ini mengandung asam klorogenat yang bisa memperlambat penyerapan karbohidrat dan membantu mengurangi kadar gula dalam aliran darah.

5. Menjaga kesehatan otak

Buah cermai juga ternyata juga kaya akan asam sitrat, fenol, dan antioksidan yang sering dikaitkan dengan berkurangnya risiko terkena penyakit otak yang berkaitan dengan usia seseorang, seperi penyakit Alzheimer dan stroke.

Ada sebuah penelitian dari Monash University yang mengungkapkan bahwa buah cermai ini merupakan sumber asam organik yang menyediakan setidaknya 11-14 mg asam sitrat yang telah terbukti mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan stroke jika dikonsumsi secara teratur.

6. Memiliki sifat antikanker

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, bahwa buah cermai ini memiliki banyak kandungan antioksidan dan juga polifenol yang bisa membantu melawan sekaligus mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Tongji University School of Medicine, bahwa kandungan antosianin dalam ekstrak buah cermai ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan juga menurunkan risiko kanker usus besar, payudara, dan kanker pankreas.

7. Baik bagi kesehatan jantung

Buah cermai selain memiliki sifat antikanker, ternya ia juga memiliki banyak kandungan seperti fitonutrien, polifenol, antioksidan, dan juga kalium yang baik untuk kesehatan jantung sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.

Kandungan-kandungan diatas tadi juga memiliki fungsi masing-masing, seperti antioksidan yang bisa mencegah oksidasi kolesterol buruk (LDL).

Lalu, kandungan fitonutrien seperi flavonol dan antosianin yang bisa mengurangi tekanan darah dan juga meningkatkan fungsi pembuluh darah. Kemudian, kandungan kalium yang bisa menurunkan risiko penyakit stroke.

8. Baik bagi penderita diabetes

Bagi penderita diabetes tentu sangatlah penting dalam menjaga kadar gula darah terutama pasa saat mengkonsumsi makanan. Karena hampir setiap makanan banyak sekali mengandung gula berlebih.

Nah, buah cermai ini sangatlah baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena cermai ini mengandung banyak serat dan antioksidan dalam menjaga kadar gula dalam darah.

9. Cocok untuk program diet

Tahukah anda buah cermai ini selain banyak mengandung serat, ternyata dia juga rendah akan kalori yang bisa dijadikan opsi sebagai buah tambahan dalam program diet.

Bagi anda yang sedang melakukan program diet bisa menikmati buah cermai dengan dimakan langsung, atau bisa dijadikan salad.

10. Menyehatkan mata

Dalam menjaga kesehatan mata kita memerlukan banyak sekali nutrisi, salah satunya nutrisi yang paling populer yakni vitamin A. Buah cermai sendiri ternyata juga kaya akan kandungan vitamin A yang baik sekali bagi kesehatan mata.

Selain itu juga kandungan antioksidan dalam buah cermain ini juga bisa menangkal radikal bebas yang bisa merusak mata.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat masker spirulina
Read More

Manfaat Masker Spirulina

Manfaat Masker Spirulina – Hampir setiap wanita pasti menginginkan kulit wajah yang sehat dan cerah merona. Salah satu…
Read More

Manfaat Buah Nangka

Manfaat Buah Nangka – Kita semua tentu sudah sangat familiar dengan salah satu buah yang biasanya tumbuh di…
manfaat buah plum
Read More

Manfaat Buah Plum

Manfaat Buah Plum – Mungkin agak asing di telinga Anda para laki-laki dengan keberadaan buah plum. Karena memang…