Komunikasi Daring

komunikasi daring

Komunikasi Daring – Kita semua adalah mahluk yang diciptakan oleh Allah yang memiliki kelebihan dari pada mahluk lainnya seperti jin dan binatang. Karena kita adalah mahluk sosial yang secara alami membutuhkan komunikasi antara satu sama lain.

Karena tanpa komunikasi kita serasa tidak hidup, walaupun ada sebagian manusia yang memiliki kekurangan dalam komunikasi. Akan tetapi dibalik kekurangan tersebut pasti ada kelebihan.

Jika kita ketahui pekembangan digital pada zaman ini sudah sangat pesat sekali, bahkan melebihi era teknologi tahun 1800-an. Jika dahulu kita hanya bisa berkomunikasi antar lokal saja, akan tetapi sekarang kita sudah bisa berkomunikasi antar negara bahkan benua lewat komunikasi daring.

Apa itu komunikasi daring ?… komunikasi daring adalah salah satu jenis komunikasi yan g paling banyak digunakan pada era atau zaman ini. Karena memang sesuai dengan istilah nya, komunikasi ini merupakan komunikasi yang terjadi pada jaringan atau yang siring kita sebut Online.

Dengan adanya komunikasi ini kita bisa mengetahui berbagai macam informasi baik dari nasional maupun internasional, tanpa harus bepergian keluar kota dan negri.

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan

pengertian komunikasi daring
pexels.com

Komunikasi adalah sebuah proses pengiriman dan penerimaan data baik itu berupa informasi maupun file antar dua bahkan lebih dari banyak user. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, “komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan berita ataupun  pesan dari dua orang atau lebih agar pessan yang diberikan mudah difahami”.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
Anwar Arifin: Komunikasi merupakan suatu konsep yang multi makna. Makna komunikasi dapat dibedakan berdasarkan komunikasi sebagai proses sosial. Komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. Dimana para ahli ilmu sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi yang secara umum. Dengan Memfokuskan pada kegiatan manusia dan kaitannya terhadap pesan dengan perilaku.

Djenamar. SH: Komunikasi adalah seni untuk menyampaikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain.

Komunikasi Daring

Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) adalah cara kita berkomunikasi yang mana dalam penyampaian dan penerimaan pesan menggunakan koneksi jaringan internet (online). Komunikasi ini juga sering juga disebut komunikasi dunia maya.

Pengertian Komunikasi Daring Menurut Para Ahli
Istilah komunikasi dalam jaringan ini mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan jaringan komputer. (Warschauer, M. 2001 pp. 207-212)

Sejarah Komunikasi Daring

komunikasi dalam jaringan (daring) diawali pada tahun 1960-an, oleh para pakar penelitian amerika. Mereka mengembangkan beberapa protokol yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan informasi maupun pesan melalui komputer.

Protokol tersebut dinamakan ARPANET, yang di launching pada tahun 1969, sampai akhirnya ARPANET ini berkembang menjadi istilah Internet yang saat ini sering kita gunakan.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring

Nah ini yang perlu kita fahami baik-baik agar nantinya kita tidak salah mengambil kesimpulan bahwa sepenuhnya daring ini sangat bermanfaat. Tanpa mengetahui kekurangan yang ada didalamnya. Berikut ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari komunikasi ini.

Kelebihan Komunikasi Daring
Mudah: kita bisa melakukan komunikasi kapanpun dan dimanapun kita berada dengan syarat dan ketentuan yaitu memiliki koneksi internet.

Hemat biaya: komunikasi ini tidak memerlukan biaya yang besar, seperti harus menemui orang yang kita tuju, sehingga sangat menghemat kita dalam biaya perjalanan.

Hemat waktu: kita bisa melakukan komunikasi daring ini dengan lebih cepat tanpa harus menggunakan sisa waktu kita didalam perjalanan.

Menghidupkan partisipasi: komunikasi ini menghidupkan pertisipasi dari banyak orang terhadap diskusi maupun topik yang ada, karena terbukanya jalur komunikasi jaringan internet ini.

Meningkatkan interaksi: Komunikasi daring ini membuat orang-orang yang terbiasa diam di dunia nyata menjadi orang yang aktif dalam dunia maya.

Terintegrasi perangkat dan layanan TIK: dengan adanya daring ini kita bisa leluasa dalam pelaksanaan interaksi dalam berkomunikasi. Salah satu contohnya adalah adanya layanan ataupun alat yang bisa membantu kita dalam presentasi dan lain sebagainnya.

Kekurangan Komunikasi Daring
Memerlukan perangkat khusus: dalam eksekusinya, komunikasi ini membutuhkan perangkat perangkat khusus baik itu dari software maupun hardware.

Menghilangkan konsentrasi: ketika kita melakukan komunikasi dalam jaringan ini terkadang kita tidak menyadarinya bahwa ada waktu maupun kegiatan kita yang terabaikan. Bahkan bisa juga kita mendapatkan kerugian yang lebih besar lagi dari ini.

Banyak informasi yang tidak penting: terkadang informasi yang terdapat dalam informasi daring ini tidak bisa difahami oleh orang awam, sehingga banyak informasi yang membingungkan.

Tidak mewakili emosi: terkadang komunikasi daring ini tidak bisa mewakili gerakan maupun ungkapan raut wajah, akan tetapi sekarang sudah ada video call, sehingga bisa menutup sebagian dari kekurangan daring tersebut.

baca juga: pengertian routing

Jenis-jenis Komunikasi Daring

Dalam komunikasi ini terbagi dari dua jenis berikut pembahasannya.

1. Komunikasi Daring Sinkron (Bersamaan)

Komunikasi dalam jaringan sinkron merupakan komunikasi yang biasa menggunakan software dan lainnya, sebagai media dalam pengiriman / penyampaian di waktu yang sama. Berikut ini contoh-contohnya :

Contoh Daring Sinkron
1. Teks chat adalah sebuah layanan, program ataupun aplikasi yang terintegrasi dengan jaringan internet untuk berinteraksi dan berkomunikasi langsung ke sesama pengguna.

2. Video Chat adalah layanan teknologi yang bisa berinteraksi baik itu dengan suara / audio maupun video secara langsung antar pengguna, dimanapun lokasinya.

2. Komunikasi Daring Asinkron (Tidak Bersamaan)

Sedangkan daring asinkron adalah komunikasi yang diperuntukan dengan menggunakan perangkat seperti komputer atau dengan layanan khusus. Berikut ini beberapa contoh komunikasi daring asinkron :

  • Forum dan komunitas.
  • Email, rekaman visual dan membaca.
  • Menulis informasi di internet lewat World Wide Web.

Komponen Pendukung Daring

komponen komunikasi daring
jurnalponsel.com

Sebenarnya tadi sudah saya sebutkan beberapa komponen yang mendukung jalannya komunikasi ini, tapi menurut saya itu masih kurang. maka dari itu saya ingin menambahkan agar lebih jelas lagi komponen apa saja yang musti kita sediakan.

Pada komunikasi dalam jaringan terdapat tiga ketegori perangkat pendukung, berikut ini rinciannya :

Komponen Perangkat Keras (Hardware)
Komponen ini adalah komponen yang bentuk dan jenisnya bisa kita lihat dan rasakan dengan bagian tubuh kita secara langsung. Salah satu contoh perangkat keras pendukung daring adalah komputer, handphone, heatset danlainsebagainya.
Komponen Perangkat Lunak (Software)
Komponen ini biasa disebut dengan program ataupun aplikasi yang bisa membantu kita dalam berkomunikasi. Software ini diibaratkan sebagai jembatan antara brainware dengan hardware, salah satu contohnya adalah google+, whatsapp, line, dll.
Komponen Perangkat Ide (Brainware)
Selain dua komponen diatas ada komponen yang tidak kalah penting nya yaitu komponen braineware. Diamana komponen ini bekerja dalam sistem untuk bisa mengatur perangkat lunak maupun keras aga bisa digunakan untuk komunikasi dalam jaringan.

Tujuan Komunikasi Daring

Tujuan dibuatnya komunikasi daring antara lain adalah untuk menyediakan tempat atau media untuk kita bersosialisasi dan berbagi dalam hal informasi maupun data.

Sebenarnya sangat banyak sekali tujuan komunikasi ini, seperti penghematan waktu, biaya, tenaga dan pikiran. Karena dengan komunikasi daring ini kita bisa berintraksi dengan orang yang jauh bahkan diseluruh dunia ini. Asal kan lokasi tersebut sudah menjangkau internet.

Fungsi Komunikasi Daring

Berikut ini fungsi dari komuikasi dalam jaringan (daring) :

  • Informasi: sebagai media penyampai pesan dan informasi kepada penerima informasi.
  • Kendali: bertindak mengendalikan dan mengatur suatu informasi sebagai kewenangan individu atau kelompok.
  • Motivasi: komunikasi daring dapat memacu suatu pekerjaan dan semangat karyawan dalam pekerjaannya.
  • Ekspresi Emosional: komunikasi daring bisa mewakili suatu perasaan individu atau kelompok.
  • Penghemat waktu: komunikasi dapat dilakukan dengan efisien.
  • Penghemat biaya: harga kuota internet yang relatif murah mendukung komunikasi daring berjalan.
  • Dilakukan dimana saja: pagi, siang, sore, malam, tidak masalah untuk melakukan komunikasi daring.
  • Ilmu teknologi: komunikasi daring bermula dari ilmu pendidikan yang saat itu dijadikan bahan penelitian.
  • Intensitas komunikasi: kemudahan berkomunikasi menyebabkan intensitas komunikasi bertambah tanpa batas.
  • Partisipasi: komunikasi daring menyebabkan meningkatnya partisipan dalam artian menambah individu atau kelompok dalam proses komunikasi.
  • Informasi: informasi yang dilakukan di dalam jaringan bisa dilakukan selengkap dan seakurat mungkin.
  • Kontrol: proses komunikasi juga bisa diawasi oleh Menteri Komunikasi sebagai badan pengawan komunikasi dalam negeri.
  • Dorongan: contohyna seorang penulis yang terdorong untuk menulis tulisan yang bermanfaat karena mudahnya akses komunikasi.
  • Penyalur ide: tulisan-tulisan di dalam jaringan internet dapat menjadi sumber ide-ide untuk individu yang membacanya.
  • Sosialita: contohnya yaitu facebook sebagai media komunikasi sosial yang bisa membantu kita dalam melakukan kegiatan sosial.
  • Fungsi negara: komunikasi daring membantu pemerintahan untuk menyampaikan informasi kepada publik.

baca juga: pengertian komputer

Manfaat Komunikasi Daring

  1. Sebagai sarana Komunikasi.
  2. Sebagai sarana E-Commerce atau perdagangan online.
  3. Sebagai sarana E-Learning.
  4. Sebagai sarana E-Banking.
  5. Sebagai Sarana Riset.
  6. Mempermudah peserta didik dan guru dalam berinteraksi dan berkomunikasi.
  7. Akses ke informasi yang berada di tempat yang jauh.
  8. Media hiburan interaktif.

Contoh Komunikasi Daring

  1. Text chat dan video call melalui Line.
  2. Text chat dan video call melalui BBM.
  3. Text chat dan video call melalui Whatsapp.
  4. Video chat melalui Skype.
  5. Text chat melalui Facebook.
  6. Text chat melalui Messenger.
  7. Video call dengan google+ hangout.
  8. dan banyak lagi yang lainnya yang mungkin kamu gunakan juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.