Manfaat Buah Markisa

manfaat buah markisa

Manfaat Buah Markisa – Hai sobat lintar, apakah kalian termasuk penggermar buah markisa? Buah yang memiliki cita rasa yang khas dengan rasa asam yang dipadukan dengan rasa manis sehingga memberikan sensasi kesegaran bagi yang mengonsumsinya.

Buah markisa ini bisa anda temukan di daerah yang beriklim tropis dan sub tropis seperti di Negara Amerika dan Negara Asia Tenggara.

Nah, di Indonesia sendiri terdapat dua jenis markisa yakni jenis markisa ungu dan markisa kuning, kedua jenis buah markisa ini hanya berbeda pada warna kulit dan juga rasanya saja, jika markisa ungu ini cendrung lebih manis sedangkan markisa kuning rasanya cendung lebih kecut bercampur manis.

Kandungan Nutrisi Buah Markisa

Berikut nilai kandungan nutrisi buah markisa dalam setiap 100 gramnya:

Kandungan NutrisiNilai GiziRDA
Kalori97 (406 kJ)5%
Karbohidrat23,4 g8%
Air72.9 g
Protein2,2 g4%
Gula11,2
Serat10,4 g42%
Lemak0,7 g1%
Vitamin A1272 IU25%
Vitamin C30 mg50%
Vitamin D
Vitamin E0 mg0%
Vitamin K0,7 mcg1%
Vitamin B1 (Thiamine)0,0 mg0%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,1 mg8%
Vitamin B3 (Niacin)1,5 mg7%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,1 mg5%
Vitamin B9 (Folat)14 mcg3%
Vitamin B120 mcg0%
Cholin7,6 mg
Kalsium12 mg1%
Zat Besi1,6 mg9%
Magnesium29 mg7%
Fosfor68 mg7%
Potassium (Kalium)348 mg10%
Sodium28 mg1%
Seng (Zinc)0,1 mg1%
Tembaga (Copper)0,1 mg4%
Manganese
Selenium0,6 mcg1%

Manfaat Buah Markisa

manfaat buah markisa bagi tubuh

1. Kaya akan sumber antioksidan

Buah markisa adalah jenis buah yang banyak sekali mengandung antioksidan, khususnya antioksidan seperti vitamin C, beta karoten, dan polifenol.

Antioksidan sendiri bermanfaat dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel baik dalam tubuh. Selain itu kandungan vitamin C juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi penuaan.

Kemudian kandungan beta karoten dalam markisa ini juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit seperi kanker prostat, usus besar, lambung, dan payudara.

Sedangankan kandungan polifenol ini berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat menurunkan risiko perangan kronis dan penyakit jantung.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa markisa ini kaya akan antioksidan terutama vitamin C, dimana kandungan ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu kandungan antioksidan ini juga berperan dalam menangkal radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh ketika molekul tersebut bertambah banyak.

Baca Juga: Manfaat Buah Mangga

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Buah markisa ini juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak, terutama pada serat larutnya yang sangat penting dalam menjaga sistem pencernaan, sehingga usus menjadi bersih dan terhindar dari penyakit seperti sembelit.

4. Mencegah tumbuhnya sel kanker

Ada sebuah studi dari Brigham & Women’s Hospital dan Harvard Medical School, yang mengungkapkan bahwa ekstak buah markisa ini mengandung zat karotenoid termasuk juga beta karoten yang bisa menurunkan risiko terkenya kanker payudara, prostat, lambung dan usus besar.

Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan dalam buah markisa ini jug amampu meperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung

Dalam menjaga kesehatan jantung kita selalu dianjurkan oleh dokter untuk sering berolahraga dan juga menjaga makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Nah, pada pembahasan pertama sudah saya sebutkan bahwa markisa ini mengandung antioksidan yang bernama polifenol. Kandungan ini ternyata mampu menjaga tersumbatnya sirkulasi darah yang menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Baca Juga: Manfaat Buah Manggis

6. Menyehatkan sistem pernafasan

Ada sebuah studi dari University of Arizona yang meneliti bahwa didalam kulit dari buah markisa ungu ini mempunyai efek yang dapat mengatasi gejala asma.

Selain itu ini juga diperkuat dengan kandungan polifenol dalam buah markisa yang bisa menjadi anti inflamasi dalam menjaga sistem pernafasan, bagi penderita asma bisa mengonsumsi buah markisa dalam meredakan gejalanya.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Selain bisa mengatasi gejala asma, manfaat buah markisa juga bisa menjaga kesehatan mata. Ini karena markisa mengandung vitamin A dan juga beta karoten yang cukup banyak.

Dengan adanya kandungan vitamin A dan juga beta karoten dalam buah markisa mampu meningkatkan kualitas penglihatan sekaligus menjaga kesehatan mata dari sinar matahari ultraviolet yang ditakegorikan sebagai radikal bebas.

8. Mengatasi insomnia

Bagi anda yang memiliki masalah susahnya tidur bisa mencoba jus buah markisa sebagai salah satu obat alternatif lain. Karena markisa ini memiliki efek rileksasi yang bisa menenangkan saraf yang sangat berguna pada penderita insomnia, sehingga penderita insomnia bisa tidur lebih nyeyak.

9. Membantu menurunkan berat badan

Dalam menurunkan berat badan diperlukan mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat akan tetapi rendah kalori, selain itu juga kita dianjurkan untuk sering berolahraga.

Nah, buah markisa ini termasuk buah yang banyak sekali mengandung serat dan nutrisi yang bisa memenuhi asupan energi setelah berolah raga.

10. Membantu mengurangi peradangan

Disisi lain ternyata ektrak kulit buah markisa ungu dalam meredakan peradangan terhadap seseorang yang terkena osteoarthritis lutut.

Seperti strudi yang dilakukan oleh McMaster University, mengungkapkan bahwa kandungan ekstrak markisa ungu memiliki zat anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan rasa sakit dan kekakuan pada persendian.

Baca Juga: Manfaat Buah Cermai

11. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Saat mengonkonsumsi buah markisa kita dianjurkan memakan bersama dengan bijinya. Nah, ternyata setelah dilakukan penelitian dari Kanazawa Medical University mengungkapkan bahwa biji markisa ini mengandung zat piceatannol dan polifenol.

Kedua kandungan ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada pria yang memiliki berat bada berlebih dan sangat berpotensi mampu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Efek Samping Buah Markisa

Sebetulnya buah markisa ini sangat aman untuk dikonsumsi masyarakat pada umumnya. Akan tetapi ada sebagian orang yang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah markisa yakni orang yang alergi terhadap zat lateks atau getah.

Seperti studi yang di ungkapkan oleh University of Münster, bahwa markisa ini memiliki protein nabati yang strukturnya mirip dengan protein lateks yang bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang.

Selain itu juga kulit dari markisa ungu ini mengandung zat kimia glikosida sianogen yang bisa membentuk racun sianida jika terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya, akan tetapi ini hanya berlaku pada kulit buah markisa ungu saja yang umumnya tidak dimakan.

Sumber referensi: Data kandungan nutrisi dan nilai gizi buah markisa diambil dari Authority Nutrition

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel paling Disukai
manfaat masker alpukat dengan madu
Read More

Manfaat Masker Alpukat

Manfaat Masker Alpukat – Banyak sekali masyarakat yang belum mengetahui ternyata buah alpukat ini bisa dijadikan alternatif lain…
manfaat buah bidara
Read More

Khasiat Buah Bidara

Khasiat Buah Bidara – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu manfaat daun bidara, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang…