Manfaat Masker Teh Hijau (Green Tea)

manfaat masker teh hijau atau green tea

Masker Teh Hijau – Era saat ini, banyak sekali kaum hawa yang mulai memperhatikan kecantikan fisik salah satunya wajah. Berbagai perawatan dilakukan demi mendapatkan wajah yang bersih dan sehat.

Tak heran, banyak yang beralih ke perawatan alami untuk mendapatkan wajah yang bersih dan sehat.

Salah satu perawatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah yaitu dengan menggunakan masker green tea/teh hijau. Dimana, daun teh mengandung 30-40% polifenol yang sebagian besar dikenal dengan katekin.

Katekin adalah zat aktif yang berfungsi sebagai antibakteri Staphylococcus aureus yang dapat menghambat pertumbuhan jerawat. Katekin (polifenol) adalah antioksidan yang kuat, lebih kuat daripada vitamin E, C dan β-karoten.

Antioksidan juga dapat menghasilkan efek yang lebih baik apabila diformulasikan dalam bentuk sediaan topikal pada wajah karena, zat aktif dapat lebih lama berinteraksi pada wajah.

Manfaat Masker Teh Hijau atau Green Tea

Masker teh hijau merupakan salah satu jenis masker peel-off. Masker peel-off ini adalah masker yang dapat mengangkat semua kotoran dan tidak meninggalkan residu pada wajah.

Tak hanya itu, kabarnya masker peel-off juga dapat membuat rileks otot pada wajah, membersihkan, menyegarkan, melembabkan dan membuat kulit wajah menjadi lebih lembut. Berikut ini manfaat dari masker teh hijau

1. Mengatasi Jerawat Berlebih

Selain daun teh hijau, ternyata ampas daun teh masih memiliki aktivitas antioksidan dan polifenol. Dimana, fraksi etil asetat ampas teh hijau memiliki aktivitas anti jerawat dalam menghambat pertumbuhan Propionibacterium acne dan Staphylococcus epidermidis.

Caranya yaitu dengan membalurkan ampas teh hijau ke wajah lalu, didiamkan selama 10-15 menit dan dibilas dengan air bersih.

2. Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Noda/bekas jerawat dapat dikurangi dengan menggunakan air seduhan teh hijau. Dimana, teh hijau berguna sebagai astrigen (pengecil pori) sehingga mampu mengurangi dan menghilangkan bekas jerawat.

Zat antioksidan pada teh hijau sangat berguna dalam menangkal radikal bebas yang terdapat dalam kotoran dan minyak yang menempel pada pori-pori kulit wajah sekaligus dapat membuat wajah tampak bersih bersinar. Berikut cara pengaplikasiannya:

  1. Masukkan kantong teh ke dalam air hangat selama 3 menit.
  2. Letakkan kantong teh pada bekas jerawat, biarkan selama 10 menit dan jangan dibilas.

3. Mengobati Luka Ringan/Goresan

Manfaat lain dari masker teh hijau atau green tea ini bisa mengobati sekaligus mengurangi luka ringan/goresan. Berikut cara pengaplikasiannya:

  1. Basuhkan luka dengan menggunakan kapas yang telah diteteskan air the.
  2. Diamkan kapas pada daerah luka selama 5 menit.
  3. Ulangi dan jangan bilas wajah. Dapat dilakukan sebanyak 4 kali sehari.

4. Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata (Mata Panda)

Lingkaran hitam pada mata (mata panda) biasanya disebabkan karena kuranya jam istirahat untuk mata atau karena begadang. Untuk mengatasinya anda bisa mengunakan masker green tea karena masker ini bisa mengembalikan kesegaran wajah anda. Berikut cara pengaplikasiannya:

  1. Rendam kapas ke dalam air teh dan bubuhkan pada kelopak mata. Biarkan selama 10-20 menit.
  2. Dapat pula dilakukan dengan cara mendiamkan kantong teh celup yang sudah dipakai ke dalam kulkas selama semalam kemudian, kompres pada kelopak mata.

Baca Juga: Manfaat Masker Spirulina

5. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Teh hijau memmiliki kandungan vitamin C dan senyawa anti oksidan yang dapat melawan tanda-tanda penuaan dini pada kulit seperti keriput, kulit yang kusam dan bintik hitam akibat paparan radikal bebas dari pengaruh buruk sinar UV. Cara ny :

  1. Basuhkan sepotong kain katun yang telah direndam dalam air teh dingin pada kulit yang tersengat sinar matahari.
  2. Biarkan selama 15 menit atau hingga kulit yang terbakar/tersengat mulai dingin.
  3. Ulangi hingga 4 kali dalam sehari.

6. Mengurangi Peradangan Pada Kulit

Teh hijau mengandung pelembab yang mampu mengurangi peradangan akibat sengatan sinar matahari.

Kandungan polifenol pada teh hijau berguna sebagai antioksidan saat pemakaian tubuh bagian luar yang berkhasiat sebagai antiperadangan dan antikanker.

Dimana, antioksidan pada teh hijau mampu mencegah kerusakan pada kulit yang terpapar sinar UV dari matahari.

Kandungan tannin pada teh hijau juga bisa untuk memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari. Untuk cara pengaplikaiannya sama seperti list nomer 5 yakni:

  1. Basuhkan sepotong kain katun yang telah direndam dalam air teh dingin pada kulit yang tersengat sinar matahari.
  2. Biarkan selama 15 menit atau hingga kulit yang terbakar/tersengat mulai dingin.
  3. Ulangi hingga 4 kali dalam sehari.

7. Mengikis Sel-sel Kulit Mati

Teh hijau juga bisa dibuat masker dengan tekstur pasta yang mana dapat mengikis sel-sel kulit mati sehingga dapat meremajakan kulit wajah.

Cara pembuatannya yaitu dengan mencampurkan air teh dengan susu bubuk hingga membentuk tekstur pasta kemudian, balurkan pada kulit wajah dan biarkan s/d mengering lalu, dibilas dengan air bersih.

Baca Juga: Manfaat Masker Madu

8. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit Wajah

Teh hijau dapat dibuat scrub yang berkhasiat untuk menghaluskan dan melembutkan kulit. Berikut cara pembuatannya:

  1. Campurkan 1 sdt (sendok teh) tepung jagung dengan air teh hijau hingga membentuk scrub.
  2. Balurkan scrub pada kulit wajah dengan lembut.
  3. Keringkan hingga scrub dapat terlepas dari wajah. (Ramuan ini tidak cocok/tidak disarankan untuk kulit sensitif) .

9. Mengencangkan dan Membuat Wajah Tampak Glowing (Bercahaya)

Campuran masker teh hijau dengan putih telur dapat berkhasiat untuk mengencangkan sekaligus membuat wajah tampak bercahaya/glowing. Berikut cara pembuatan masker tersebut:

  1. Campurkan 2/3 sdt (sendok teh)bubuk teh hijau dengan 1 sdt air dan 1 sdt putih telur ke dalam wadah/mangkuk kecil.
  2. Aduk hingga bertekstur pasta.
  3. Oleskan masker tersebut pada wajah dengan menggunakan cotton bud/kuas. Hindari daerah lingkaran mata.
  4. Biarkan selama 10 menit lalu, bilas wajah dengan air hangat.

10. Menjaga Kesehatan Kulit dan Wajah

Kandungan antioksidan pada teh hijau mampu mencegah kulit dari sengatan sinar ultraviolet matahari yang mana dapat mencegah terjadinya pengeriputan dan lipatan pada kulit, dan membuat kulit tampak lebih cerah serta lebih segar.

Sehingga, perawatan kulit dan wajah dapat dilakukan secara rutin dengan cara membuat masker teh hijau. Masker tersebut dapat dibuat dari campuran beberapa sendok air teh hijau dengan sedikit jeruk lemon dan oatmeal.

Efek Samping Masker teh Hijau

Untuk efek samping dari masker teh hijau atau green tea ini sebetulnya tidak ada yang di timbulkan. Hanya saja memang ada beberapa pengguna yang mungkin kulitnya tidak cocok dengan masker teh hijau. Maka dari itu jika anda memiliki riwayat kulit yang bermasalah disanran kan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit.

Sedikit tips agar manfaat dari masker teh hijau ini bisa maksimal, perlu dibarengi dengan pola hidup sehat, yaitu menerapkan pola makan sehat, menjaga kebersihan tubuh, rutin berolahrga, istirahat yang cukup, berhenti merokok, serta menghindari paparan asap rokok.

Baca Juga: Manfaat Masker Kopi

Video Cara Membuat Masker Green Tea

Sumber:

Andaryekti, Rufi, dkk. 2015. Pengaruh Basis Gel Sediaan Masker Ekstrak Daun Teh Hijau (Camellia sinensis Linn.) Pada Karakteristik Fisik dan Aktivitas Bakteri Staphylococcus aureus ATCC 25923. Majalah Farmaseutik, Vol. 11 No. 2.

Arianto, Yusuf CK. 2018. 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Venom Publisher.

Herwin, dkk. 2018. Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Daun dan Ampas Teh Hijau (Camellia sinensis L.) Terhadap Bakteri Penyebab Jerawat (Propionibacterium acne dan Staphylococcus epidermidis) Secara Difusi Agar. As-Syifaa. Vol. 10. No. 2. Hal. 247-254.

Nurwaini, Setyo dan Sari, Dhiah Ayu Permata. 2019. Masker Gel Peel-Off Ekstrak Daun Teh Hijau (Camellia sinensis L.): Sifat Fisik dan Aktivitas Antioksidannya. The 9th University Research Colloqium.

Soraya, Noni. 2007. Sehat & Cantik Berkat Teh Hijau. Depok: Penebar Swadaya.

Surtiningsih. 2005. Cantik dengan Bahan Alami Cara Mudah, Murah dan Aman Untuk Mempercantik Kulit. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sutarna, Titta H. dkk. 2013. Formulasi Sediaan Masker Gel dari Ekstrak Etanol Daun Teh Hijau (Camellia sinensis L.) dan Madu Hitam (Apisdorsata) Sebagai Antioksidan. Kartika Jurnal Ilmiah Farmasi. Vol. 1. No.1. Hal. 17-23.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka
manfaat daun bidara
Selengkapnya

Manfaat Daun Bidara

Manfaat Daun Bidara – Negara Indonesia ini memiliki ribuan jenis tumbuhan yang tersebar di berbagai daerah. Keanekaragaman hayati…
tanaman toga
Selengkapnya

Tanaman Obat Keluarga

Tanaman toga – Kita semua tau bahwa indonesia ini memiliki banyak ke aneka ragaman. Mulai dari hewan, tumbuhan,…
manfaat buah bidara
Selengkapnya

Khasiat Buah Bidara

Khasiat Buah Bidara – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu manfaat daun bidara, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang…