Manfaat Buah Mangga – Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah yang memiliki berbagai macam karakteristik mulai dari warna kulit, bentuk, tekstur, ukuran, dan juga rasanya.

Walaupun mangga ini hanya memiliki beberapa variasi warna kulit seperti hitau, oranye, kuning, hingga warna merah. Akan tetapi ternyata ia memiliki kandungan dan manfaat yang pada semua jenis mangga.

Buah mangga ini merupakan buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara, ia juga termasuk buah yang rendah akan kalori namun memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Kandungan Nutrisi Buah Mangga

Berikut ini kandungan nilai gizi dan nutrisi buah mangga dalam setiap 165 gramnya:

Kandungan NutrisiNilai GiziRDA
Kalori107 (448 kJ)5%
Karbohidrat28,1 g9%
Air135 g
Protein0,8 g2%
Gula24,4 g
Serat3 g12%
Lemak0,3 g1%
Vitamin A1262 IU25%
Vitamin C45,7 mg76%
Vitamin D
Vitamin E1,8 mg9%
Vitamin K6,9 mcg9%
Vitamin B1 (Thiamine)0,1 mg6%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,1 mg6%
Vitamin B3 (Niacin)1 mg5%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,3 mg3%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,2 mg11%
Vitamin B9 (Folat)23,1 mcg6%
Vitamin B12
Cholin12,5 mg
Kalsium16,5 mg2%
Zat Besi0,2 mg1%
Magnesium14,8 mg4%
Fosfor18,2 mg2%
Potassium (Kalium)257 mg7%
Sodium3,3 mg0%
Seng (Zinc)0,1 mg0%
Tembaga (Copper)0,2 mg9%
Manganese0,0 mg2%
Selenium1 mcg1%

Manfaat Buah Mangga Bagi Tubuh

manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Zat antioksidan adalah kandungan yang memiliki peranan penting bagi tubuh kita dalam mencegah dari sel-sel radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel pada tubuh dan berdampak pada penuaan dini sekaligus munculnya penyakit kronis.

Nah, buah mangga sendiri memiliki banyak sekali kandungan antioksidan yang berjenis polifenol. Mulai dari mangiferin, katekin, antosianin, quercetin, kaempferol, rhamnetin, serta asam benzoat.

Jadi sangat disarankan sekali untuk anda yang memiliki segudang aktifitas diluar untuk rutin mengonsumsi buah mangga.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Selain meningkatkan sistem imun, ternyata buah mangga ini juga berfungsi dalam melancarkan sistem pencernaan. Karena mangga memiliki enzim pencernaan yang bernama enzim amilase.

Enzim amilase ini berperan dalam memecah molekul makanan besar yang ada dilaman pencernaan, sehingga nutrisi makanan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Ada sebuah penelitian dari Texas A&M University terhadap beberapa orang dewasa yang memiliki sembelit kronis dengan mengonsumsi buah mangga setiap harinya ternyata mampu meredakan gejala sembelit.

Baca Juga: Manfaat Buah Manggis

3. Mencegah penyakit asma

Asupan tinggi beta-karoten bisa menurunkan risiko terkena penyakit asma. Karena itu, manfaat buah mangga juga berperan dalam mencegah asma.

Selain mangga, jenis nutrisi ini juga banyak terkandung dalam buah serta sayur lain yang berwarna oranye. Contohnya, papaya, wortel, waluh, serta aprikot.

4. Menyehatkan mata

Mengonsumsi tiga porsi buah mangga per hari dapat membantu dalam mengurangi risiko degenerasi makula, yaitu penyakit mata progresif yang berkaitan dengan usia lanjut.

Ini karena buah mangga mengandung banyak sekali vitamin A dan antioksidan zeaxanthin yang mampu meningkatkan kesehatan penglihatan. Zeaxanthin sendiri mampu menyaring jenis sinar biru yang mengganggu kesehatan mata. Antiksodan ini juga dapat mencegah kerusakan yang bisa ditimbulkan penyakit degenerasi makula.

5. Menurunkan tekanan darah

Tidak cukup sampai disitu, ternyata buah mangga ini juga bisa menurunkan tekanan darah lho. Jika kita sering mengonsumsi makanan-makanan manis, maka bisa menyebabkan gula darah kita naik.

Namun, bagi anda yang suka buah mangga tidak perlu khawatir. Karena mangga ini mengandung senyawa gula yang alami atau bisa dikatakan gula baik.

Ada sebuah penelitian di Oklahoma State University terhadap partisipan yang mengonsumsi 10 gram buah mangga kering yang kadar gulanya setara dengan setengah mangga besar, ternyata terjadi penurunan kadar gula darah yang cukup drastis.

Ini disimpulkan oleh para peneliti karena buah mangga memiliki senyawa aktif dan antioksidan yang mampu menurunkan kadar gula tersebut.

Baca Juga: Manfaat Buah Anggur

6. Menurunkan risiko penyakit jantung

Tahukah Anda bahwa buah mangga ini ternyata memiliki kandungan magnesium, kalium, potassium dan juga antioksidan mangiferin yang semua ini memiliki peranan masing-masing dalam mendukung fungsi jantung.

Misalnya kandungan magnesium dan kalium yang berperan dalam menjaga kestabilan denyut nadi dan membuat rileks pembuluh darah sehingga bisa menurunkan tekanan darah anda.

Selain itu juga kandungan antioksidan mangiferin juga mampu menurunkan kolesterol darah, trigliserida, dan kadar asam lemak bebas yang semua ini berkaitan dengan kesehatan jantung, seperti yang di ungkapkan pada jurnal penelitian dari University of Madras.

7. Membantu menjaga kesehatan tulang

Buah mangga juga memiliki kandungan vitamin K, magnesium, dan juga fosfor yang memiliki peranan penting dalam penyerapan kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan kesehatan tulang.

8. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa buah mangga ini kaya akan kandungan vitamin C dan juga vitamin A. yang mana kedu vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehtan kulit dan juga rambut.

Vitamin C sendiri berperan penting dalam membut protein kolagen yang menjadi sumber zat dalam memperbaiki struktur kulit, sehingga kulit bisa menjadi elastis dan juga bisa mengatasi penuaan dini seperti kerutan pada kulit.

Lalu vitamin A yang memiliki peranan dalam mendorong pertumbuhan rambut dan juga produksi sebum atau cairan yang membantu melembabkan kulit kepala agar rambut tetap dalam keadaan sehat.

Selain itu juga vitamin A dan retinoid dalam buah mangga juga bisa menlindungi kulit dari radikal bebas sinar matahari .

9. Menurunkan risiko penyakit kanker

Menurut sebuah penelitian di Harvard School of Public Health, pola makan kaya asupan beta-karoten kemungkinan bermanfaat dalam mencegah kanker prostat. Sementara menurut suatu penelitian di Jepang, beta-karoten juga berkhasiat dalam menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

Pada penelitian di Texas, para ilmuwan menguji efek polifenol pada usus besar, payudara, paru-paru, dan kelenjar prostat yang terkena kanker. Polifenol dalam mangga memperlihatkan efek pada semua jaringan kanker, tetapi lebih signifikan pada kanker payudara dan kanker usus besar.

Namun masih butuh penelitian lanjutan untuk memastikan bahwa polifenol dalam buah mangga memang berkhasiat mencegah terjadinya kanker atau tidak.

Baca Juga: Manfaat Buah Markisa

10. Membantu menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, buah mangga ini bisa menjadi menu tambahan dalam program diet anda. Akan tetapi walaupun mangga ini memiliki rasa manis yang alami tetap ada batasan agar berat badan tubuh bisa terjaga.

Yakni dengan mengonsumsi buah mangga tidak lebih dari dua cangkir atau setara dengan 330 gram dalam sehari. Hal ini di batasi semata-mata untuk menjaga kebutuhan asupan nutrisi anda saat menjalani program diet.

Demikian itu tadi sedikit penjelasan mengenai manfaat buah mangga, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua

Referensi:

https://www.healthline.com/nutrition/mango

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat daun bawang
Read More

Manfaat Daun Bawang

Manfaat Daun Bawang – Bawang adalah salah satu tumbuhan yang banyak digunakan sebagai bumbu utama dapur. Siapa sangka…
manfaat buah semangka untuk darah rendah
Read More

Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka – Anda semua pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang mampu memberikan rasa manis…