5+ Doa Untuk Mendatangkan Rezeki Paling Ampuh

1
3247
doa mendatangkan rezeki

Doa Mendatangkan Rezeki – Kita semua sering kali bingung bagaimana cara mendatangkan rezeki dengan cepat, padahal sudah melakukan banyak cara.

Akan tetapi tetap saja rizki tidak kunjung datang.  Ataupun anda yang sedang terlilit hutang dengan bank dan masih belum bisa melunasinya, karena belum mendapatkan rezeki lebih.

Maka dari itu disini saya ingin sedikit menjelaskan kepada anda tentang doa untuk mendatangkan rezeki. perlu anda fahami baik-baik tentang masalah rezeki, agar setelah kita mengamalkan doa tersebut rezeki bisa lancar kembali.

Pada hakikatnya harta itu hanya sebagian dari rezeki yang Allah berikan kepada manusia, akan tetapi banyak manusia yang lalai akan rezeki yang telah diberikan, yang dipikaran nya hanya sebatas dunia yang fana saja. Coba anda fahami baik-baik.

Dalam pemahaman para ulama rezeki itu dibagi menjadi dua jenis, pertama rezeki yang bersifat umum dan rezeki yang bersifat khusus.

doa mendatangkan rezeki
pixabay.com

Rezeki yang bersifat umum adalah segala sesuatu yang kita dapatkan baik itu harta, rumah, kesehatan tubuh dan seterusnya. Rezeki ini Allah berikan kepada seluruh makhluknya baik itu hewan dan manusia, non-muslim dan muslim.

Kedua, rezeki khusus adalah segala sesuatu yang diberikan oleh Allah berupa keimanan seseorang di dalam agamanya.

Dimana rezeki ini berupa ilmu yang bermanfaat, amalan shalih yang biasa dikerjakan dan seterusnya. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mendapatkan rezeki ini, karena Allah memberikan rezeki ini kepada manusia pilihan.

Dan disini saya hanya akan membahas rezeki model pertama yaitu rezeki yang bersifat umum . Setelah kita mengetahui jenis rezekinya saatnya kita memperdalam lagi agar rezeki kita bisa terarah dengan baik.

Salah satu agar rezeki kita bisa kita dapatkan adalah dengan doa. karena doa adalah pamungkas seorang muslim. Oleh karena itu silahkan disimak baik-baik tentang doa untuk mendatangkan rezeki.

“Baca Juga: Doa Memohon Kemudahan

Doa Mendatangkan Rezeki

doa untuk mendatangkan rezeki
pixabay.com

Banyak dari kita yang sering lupa akan doa, padahal doa ini adalah salah satu kunci utama anda dalam mendatangkan rezeki.

Dan doa ini juga bisa kita buat sendiri sesuai kebutuhan kita, cuma yang jadi eprmasalahan nya banyak dari kita yang tidak bisa berbahasa arab. Dimana bahsa arab ini adalah bahasa yang paling baik sebagai komunikasi kita dengan Allah.

Nah, disini saya akan memberikan beberapa doa, yang insya Allah bisa melancarkan rezeki anda beserta dengan bahsa arab dan artinya. Silahkan disimak, bertikut doa-doa yang bisa mendatangkan rezeki :

Do’a Pertama

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

“Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii”.

Artinya :

“Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

Do’a Kedua

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak”.

Artinya :

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.”

Do’a Ketiga

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

“Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa”.

Artinya :

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik)”.

Bacaan-bacaan yang Dianjurkan Sebelum Berdoa

Untuk bacaan-bacaan yang dianjurkan oleh nabi sebelum berdoa adalah membaca istighfar, kemudian dilanjutkan dengan membaca surat al-ikhlas, setelah itu baru anda bisa meinta ataupun memohon kepada allah dengan asmaul husna.

“Hanya milik Allah asmaulhusna, maka berdoalah kepada-Nya dengan menyebut asmaaulhusna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan”. [QS. Al A’raaf : 180].

“Baca Juga: Keutamaan shalat Hajat

Amalan untuk Mendatangkan Rezeki

amalan mendatangkan rezeki
pixabay.com

Banyak sekali amalan yang bisa kita lakukan agar bisa  mendatangkan rezeki dengan cepat, sayang nya banyak amalan tersebut yang tidak disertai dengan dalil. Kenapa harus disertai dengan dalil sih ?

Karena, jika amalan tersebut jika tidak ada dalil yang menguatkan, maka amalan tersebut tertolak. Atau bisa dikata amalan itu jika dikerjakan sia-sia (ditolak). seperti hadist nabi yang berbunyi,

مَنْ أَحْدَثَ فِى أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ

“Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam urusan kami ini (urusan agama) yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak” (HR. Bukhari dan Muslim). Dikutip dari muslim.or.id

Maka dari itu kita tidak ingin kan amalan yang kita kerjakan sia-sia, nah disini saya akan memeberikan anda sedikit infornamasi amalan yang sudah jelas akan hadist dan Al quran. Amalan tersebut ialah membaca istighfar. dimana Allah ta’ala berfirman,

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّاراً . يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَاراً . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَللَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَاراً

Artinya:

“Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu” (QS. Nuh: 10-12).

amalan mendatangkan rezeki (2)
pixabay.com

Lalu ada juga hadist dari nabi, yang menyatakan secara gamblang seperti Al quran dimana jika kita memperbanyak istighfar, maka allah akan memberikan kita rezeki yang tidak disangka-sangka. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ ,جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas). Dikutip dari muslim.or.id

Selain mendatangkan rezeki istighfar juga bisa menggugurkan dosa-dosa kita yang pernah kita lakukan semasa hidup sampai saat ini.

Dan untuk masalah istighfar ini tidak ada batasan, jadi anda bisa melakukan nya sebanyak mungkin. Asalkan jika anda yakin dengan anda melakukan amalan ini allah akan memberikan rezeki.

Jadi biasakan lah setiap anda memiliki waktu luang sempatkanlah istighfar, baik ketika anda sedang dikantor, ditoko taupun sedang berjualan dan seterusnya. lanjut ke pembahasan terakhir.

Penghalang Doa

penghalang doa pintu rezeki
unsplash.com

Banyak dari kita yang tidak sadar, bahkan sampai tidak mau lagi beribadah kepada Allah hanya karena doa yang tidak dikabukan.

Perlu anda ketahui jika anda sudah berdo’a kemudian sudah mengamalkan istighfar juga, akan tetapi do’a anda masih belum dikabulkan. Maka solusinya adalah mencari tahu apa yang menyebabkan do’a anda tidak dikabulkan.

Berikut ini beberapa penyebab do’a yang tidak dikabulkan :

  1. Masalah pada hati,  jika anda tidak yakin bahwa Allah akan mengabulkan do’a anda, maka jangan pernah berharap do’a anda dikabulkan.
  2. Penghalang yang paling besar yaitu memakan harta ataupun barang haram, ini adalah penghalang yang sering terjadi pada diri kita.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang seorang laki-laki yang telah menempuh perjalanan jauh. Sehingga rambutnya menjadi kusut dan berdebu. Lalu lelaki tersebut mengangkatkan kedua tangannya ke langit seraya berdo’a, ‘Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku.’ Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari hasil yang haram dan diberi makan dari yang haram, maka bagaimanakah Allah akan mengabulkan do’a nya (HR. Muslim).

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa do’a yang kita lakukan selama ini mungkin ada tata caranya yang salah ataupun dirikita pribadi yang salah.

Maka dari itu saya mengajak kepada anda sebanyak apapun do’a yang anda panjatkan jika anda masih mendapatkan barang ataupun makanan dari hasil yang haram, mohon tinggalkanlah.

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk anda semua, terima kasih.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.