Doa Agar Diberikan Kemudahan

doa memohon kemudahan

Doa Memohon Kemudahan – Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit membahas tentang doa-doa agar dimudahkan dalam segala urusan. Banyak dari kita yang sering lupa akan berdoa, padahal salah satu faktor paling penting dalam menyelesaikan masalah adalah dengan berdoa.

Kita semua pasti memiliki berbagai masalah ataupun urusan dalam kehidupan kita sehari-hari, tinggal cara kita menyikapi nya saja yang kadang tidak sesuai dengan hukum Allah.

Banyak sekali orang yang mendapatkan ujian, akan tetapi ia tidak bisa menyikapinya dengan bijak. Sehingga ia malah memilih jalur merah untuk menghadipi permasalahan tersebut.

Semisal, ada seorang yang ditimpa musibah memiliki anak yang buta sejak lahir, kemudian ia masih bisa bersabar. Lalu ketika ia mendapatkan calon anak kedua yang diharapkan sempurna akan tetapi sama seperti anak pertama buta.

Hingga akhirnya ia berkata : “Allah itu tidak adil”. Justru inilah yang membuat dia terjerumus dalam kesesatan.

Padahal Allah itu sudah berfirman, bahwasanya kita sebagai hambanya tidak akan ditimpa musibah, kecuali kita bisa menghadapi musibah tersebut.

Disitulah titik dimana kita membutuhkan pertolongan Allah, karena tanpa pertolongannya kita tidak bisa apa-apa.

Insya Allah selagi kita yakin bahwa Allah akan mendengarkan doa kita, pasti akan dikabulkan.

Lalu bagaimana cara berdoa yang benar agar doa kita bisa dikabulkan dan bisa dimudahkan dalam melawati ujian tersebut. Mari kita simak beberapa doa yang sudah saya rankum lengkap dengan latin dan bahasa arab nya.

Kumpulan Doa Memohon Kemudahan

doa memohon kemudahan segala urusan
pixabay.com

Sebelum kita ke pembacaan doanya, ada baiknya kita intropeksi diri kita terlebih dahulu. Apakah seluruh makanan, pakaian dan lainnya sudah kita dapatkan dengan cara halal.

Jika anda masih memiliki beberapa pakaian ataupun barang-barang yang berasal dari uang haram seperti riba, maka ada baiknya dibersihkan terlebih dahulu.

Karena inilah salah satu penyebab utama doa seseorang yang tidak akan pernah dikabulkan. Jika anda sudah faham dan bersih dari barang-barang haram, saatnya kita masuk ke kumpulan doa memohon kemudahan.

Doa Pertama

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”.

Doa Kedua

ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِي

Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘ala al qaumilkaafiriin”.

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

“Baca Juga: Doa Mendatangkan Rezeki

Doa Ketiga

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa”.

“Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”.

Doa Keempat

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

“Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”.

Doa Kelima

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ

yaa hayyu ya qoyyum birohmatika astagist

“Wahai Yang Maha Hidup Kekal, Yang terus menerus mengurus ( mahluk-Nya ), hanya dengan rahmat-Mu saja, saya meminta pertolongan”.

Doa Keenam

أَللّٰهُمَّ أَصْلِحْ لِىْ دِيْنِىَ الَّذِىْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ دُنْيَاىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَاشِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ آخِرَتِىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَادِىْ وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَهً لِّىْ فِىْ كُلِّ خَيْرٍ وَّ اجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِّىْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Allahumma ashlih lii diini al ladzii huwa ishmatu amri, wa ashlih lii dunyaa al latii fii haa ma’aa syii. Wa ash lih lii akhirotii al latii fii haa ma’aa dii, waj’ali al hayatu dziyaadatan lii fii kulli kahir, waj’ali al mauta raa hatan lii min kulli syarri“.

“Ya Allah mohon kebaikan pada urusan agamaku karena itu adalah penjaga semua urusanku. Aku mohon kebaikan pada urusan duniaku karena itu tempat hidupku. Aku mohon kebaikan pada urusan akhiratku karena itu tempat kembaliku. Jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku waktu istirahat bagiku dari segala keburukan”.

Doa ketujuh

رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Robbanaa atmim lanaa nuuronaa waghfirlanaa innaka ‘alaa kulli sayaiin qadiir“.

“Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Faedah Doa Diatas

Pada doa-doa diatas banyak sekali kalimat yang mengandung meminta pertolongan dan kemudahan. Agar kita lebih memahami isi-isi doa diatas. Saya sarankan untuk membaca faedah-faedah berikut ini:

  1. Sudah seharusnya hati kita ini selalu bergantung kepada Allah, karena jika kita bergantung pada diri sendiri ataupun orang lain itu tetap saja rendah dimata Allah. Jika hati kita yakin akan doa kita yang bisa memudahkan permasalah, Insya Allah doa kita tidak akan sia-sia.
  2. Ingatlah walaupun kita ini memiliki kehendak sendiri, jangan pernah lupa dengan kehendaknya Allah. Karena tanpa kehendak Allah usaha kita tidak akan terealisasi dengan baik.
  3. Pentingnya mengimani takdir yang Allah berikan, agar ketika hati dan jiwa raga ditimpa musibah kita bisa membuat itu adalah sebuah rintangan yang mana kita sanggup melewatinya.
  4. Ingatlah dibalik takdir yang kita dapatkan, Allah pasti memiliki rencana yang lebih baik untuk kita, boleh jadi yang kita anggap itu baik tapi dimata Alllah itu tidak baik. Dan boleh jadi yang kita anggap itu tidak baik tetapi di mata Allah itu baik untuk kita.
  5. Pentingnya mendekatkan diri kepada Allah agar seluruh masalah yang kita hadapi bisa memberikan manfaat untuk masa depan yang lebih baik. Banyak cara untuk mendakatkan diri kita kepada Allah salah satunya dengan sholat dan berdoa.

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, semoga artikel doa memohon kemudahan ini bisa kita amalkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Baik itu ketika kita di berikan cobaan ataupun tidak diberikan cobaan, intinya satu yaitu selalu mengingat Allah. Sekian dan terima kasih.

2 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka
doa mendatangkan rezeki
Selengkapnya

Doa untuk Mendatangkan Rezeki

Doa Mendatangkan Rezeki – Kita semua sering kali bingung bagaimana cara mendatangkan rezeki dengan cepat, padahal sudah melakukan…
cara sholat hajat
Selengkapnya

Tata Cara Shalat Hajat

Cara Sholat Hajat – Setiap manusia itu memiliki jalan hidupnya masing-masing, ada yang belum sempat melihat dunia ini…
keutamaan sholat hajat
Selengkapnya

Keutamaan Shalat Hajat

Keutamaan Shalat Hajat – Setiap manusia pasti mempunyai kebutuhan ataupun tujuan yang diinginkan.  Dalam mewujudkan kebutuhan ataupun tujuan…