Jenis-Jenis Pohon Bidara Sidr, Putsa, Upas, Cina dan Laut

2
4603
jenis pohon bidara

Jenis Pohon Bidara – Siapa sih yang tidak kenal bidara ? apa lagi jika anda seorang penjual pastinya anda harus mengetahui informasi barang yang ingin anda jual donk.

Pada pembahasan kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang jenis-jenis pohon bidara yang biasa di gunakan oleh kalangan pada umumnya.

Dimana daun bidara saat ini mulai dilirik oleh para ibu-ibu ataupun para remaja, yang mana bidara ini memiliki manfaat yang cukup banyak dan juga merupakan sunnah yang diajarkan oleh nabi.

Oleh karena itu sangat disayangkan jika kita tidak mengetahui nama dan jenis daun tersebut, sebab bagi kalian para penjual pasti pertanyaan ini lah yang sering dilontarkan oleh para pembeli daun bidara.

Belum lagi ada artikel yang menjelaskan tentang jenis daun bidara akan tetapi tidak valid informasinya, atau bisa disebut informasi bodong hanya sekedar memposting artikel tanpa menjelaskan nya dengan detil.

Oke langsung saja kita masuk ke dalam pembahasan nya.

Berikut Jenis-jenis Pohon Bidara

Dalam pengelompokan jenis daun bidara rata-rata termasuk dari Rhamnaceae yang mana adalah jenis tumbuhan yang berbunga dan ada juga yang berjenis Convolvulaceae.

Perlu diketahui daun bidara ini memiliki jenis yang berbeda beda, maupun dalam penamaan nya. Mulai dari daun bidara yang sering dicari seperti bidara sidr yang berasal dari negara arab sampai bidara yang berasal dari cina.

Silahkan disimak agar anda bisa menjawab pertanyaan yang sering kali dilontarkan oleh para konsumen.

Bidara Sidr dari Negara Arab

jenis pohon bidara arab
steemit.com

Jenis bidara sidr atau yang biasa disebut bidara arab, daun ini sering dicari sebagai metode penyembuhan dari gangguan jin. Kebetulan saya juga sering memakai daun bidara ini untuk ruqyah mandiri.

Karena bidara sidr ini adalah salah satu daun yang sudah jelas akan informasinya baik itu dari al quran maupun dalam hadist nabi yang mengarah tantang daun bidara.

Ada seorang ulama yang memberikan fatwa menghilangkan sihir dengan daun bidara, Syaikh Rajihi berkata,

حل السحر بأدعية شرعية ودعوات وأدوية مباحة فهذا لا بأس به، والسدر من الأمور المباحة، فإذا وجد فيه فائدة من حل السحر وغيره فلا بأس باستعماله

Menghilangkan sihir dengan doa-doa yang disyariatkan atau dengan pengobatan yang mubah, hukumnya boleh. Dan daun bindara termasuk sesuatu yang mubah. Sehingga jika di sana ada manfaat, seperti untuk mengobati sihir atau yang lainnya, tidak masalah menggunakannya.” dikutip dari konsultasisyariah.

Selain daun yang memiliki banyak manfaat, pohon bidara sidr ini juga memiliki buah yang bisa kita olah menjadi minuman yang segar dan tentunya menyehatkan.

Saat ini juga sudah banyak yang menjual bibit daun bidara sidr dan ada juga perusahaan yang menjadikan daun bidara ini sebagai sabun loh. karena memang daun ini memiliki khasiat mempercantik dan menghaluskan kulit.

Bidara Upas

jenis daun bidara upas
daunbidara.com

Pohon bidara upas adalah jenis bidara yang tidak berduri, tidak seperti bidara lainnya yang memiliki duri yang berjejer pada batang nya. Asal mula bidara upas ini dari negara fhilipina.

Untuk karakteristik nya daun ini berbentuk lebar seperti pangkal hati, berwarna hijau tua dan tanaman ini memiliki umbi yang dapat dimakan.

Kemudian warna bunga umum nya adalah putih dan warna umbinya kuning kecoklatan. Juga tinggi tanaman ini bisa mencapai 5 meter, yang mana memiliki batang yang kecil dan tumbuh secara menjalar.

Daun bidara ini biasa digunakan untuk pengobatan diabetes, mengobati kencing batu, mengobati syphilis dan lain-lain.

Bidara Cina

jenis pohon daun bidara cina
kinisehat.com

Bidara Cina atau biasa disebut ziziphus jujuba (dari bahasa Yunani) adalah salah satu jenis pohon bidara yang rindang dan berbuah seperti apel saat masih muda umur buah nya.

Pohon daun bidara ini bisa mencapai ketinggian antar 5-10 meter dengan ranting kayu uyang berduri berduri.

Tanaman ini ketika sedang berbunga ia menampilkan 5 kelopak bunganya yang berwarna hijau kekuningan. dia juga memiliki buah yang berwarna hijau berbentuk oval dan  dapat dimakan.

Jika buah sudah matang maka akan berwarna coklat dan hitam yang akan keriput, seperti kurma berbiji satu akan tetapi keras seperti biji zaitun.

Bidara Laut

jenis daun bidara laut
daunbidara.com

Habitat bidara laut adalah hutan yang berada di dekat pantai, dengan batang pohon yang kecil dan struktur kayunya keras. Pohon bidara laut pada umumnya bengkok, dengan cabang yang menyebar dan rantingnya mempunyai rambut pendek.

Bentuk daun bidara laut adalah cenderung oval, tidak bergerigi di pinggirnya. Panjang daun dapat mencapai 29 cm dan lebarnya sekitar 2 cm. Permukaan daun bagian atas mengkilap.

Tanaman perdu ini memiliki bunga yang muncul dari ketiak daun. Bentuk bunganya adalah payung menggarpu, berwarna kuning dan aromanya cukup harum.

Sedangkan buah bidara laut berbentuk bulat dengan garis tengah terbesar 4 cm, warnanya kuning agak kemerahan. Buah ini akan berwarna kehitaman setelah tua (matang).

Umumnya masyarakat mengolah daun bidara ini dengan cara direbus dan kegunaan kayu bidara ini untuk pengobati pemyakit rematik, sariawan, penyakit kulit, demam, malaria dan sebagain pencuci darah alami.

Putsa (Apel India)

jenis bidara putsa atau apel india
kinisehat.com

Putsa ini adalah tanaman yang sejenis dengan daun bidara yang mana bentuk pohon putsya dan bidara ini sangat mirimsekali sampai agak sulit untuk dibedakan.

Biasanya pohon bidara ini di pakai atau dicangkokkan sebagai batang bawah jika ingin menyambungkan bibit apel putsta.

Untuk perbedaan nya ada beberapa yang menonjol antara pohon putsa dengan daun bidara. Pertama, pohon bidara ini lebih banyak durinya daripada pohon putsa yang cendrung tidak berduri.

Kedua, buah apel putsa jauh lebih besar dari pada buah bidara. Ketiga, bidara ini cendrung pertumbuhannya lebih cepat, daun nya juga lebih lebar, dan berwarna hijau muda.

Sedangkan pohon apel putsa  pertumbuhannya cendrung lebih lambat, daun nya yang kecil dan berwarna hijau tua.

Sekedar mengingatkan jika anda sudah menanam pohon putsa Lalu, tiba-tiba saja muncul batang yang tumbuh dari bagian bawah pohon. Yang mana sangat mirip akan tetapi berduri dan daun nya lebih lebar, Itu artinya tumbuh pohon bidara.

Jadi jangan panik ya.

Kesimpulan

Nah, sekarang sudah bisa membedakan jenis-jenis pohon bidara, itu artinya bagi anda para penjual bibit daun bidara tidak perlu kawatir lagi akan pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para konsumen.

Mungkin nanti konsumen anda hanya akan bertanya manfaat dari buah bidara dan  daun bidara saja. Untuk pertanyaan tersebut anda bisa jawa sendiri sebenarnya.

Atau jika anda masih belum mengetahui dan bingung akan manfaat daun bidara anda bisa baca salah satu artikel yang sudah saya siapkan untuk anda yaitu manfaat daun bidara.

Jika kurang jelas pembahasaan nya anda bisa berkomentar di bawah ini, Insya Allah saya akan jawab semaksimal mungkin.

Dan untuk anda yang ingin memesan bibit pohon bidara silahkan chat WA saya :

Hubungi Sekarang

****

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.