Manfaat Buah Anggur – Anda tentu sudah sangat familiar dengan buah yang satu ini, yakni anggur merupakan buah yang berasal dari tanaman yang berjenis perdu atau merambat.

Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di daerah Timur Tengah, akan tetapi proses pengolahan buah anggur untuk dijadikan minuman baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir.

Banyak penelitian tentang buah anggur, dimana penelitian tersebut mengkaji dan mengolah kulit serta biji anggur menjadi ekstrak resveratrol, yang bisa berguna bagi kesehatan.

Buah anggur memiliki beragam jenis dan warna, yaitu merah, hitam, ungu, dan biru. Ada juga anggur hijau, merah muda dan kuning. Akan tetapi hanya anggur merah dan anggur biru (anggur concord) yang memiliki kandungan flavonoid dan resveratrol paling tinggi.

Kandungan Nutrisi Buah Anggur

Berikut ini kandungan nutrisi sekaligus nilai gizi buah anggur merah maupun hijau setiap 100 gramnya:

Kandungan NutrisiNilai GiziRDA
Kalori67 (281 kJ)3%
Karbohidrat17,1 g6%
Air81,3 g
Protein0,6 g1%
Gula16,2 g
Serat0,9 g4%
Lemak0,4 g1%
Vitamin A100 IU2%
Vitamin C4 mg7%
Vitamin D
Vitamin E0,2 mg1%
Vitamin K14,6 mcg18%
Vitamin B1 (Thiamine)0,1 mg6%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,1 mg3%
Vitamin B3 (Niacin)0,3 mg1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0 mg0%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,1 mg6%
Vitamin B9 (Folat)4 mcg1%
Vitamin B12
Cholin5,6 mg
Kalsium14,5 mg1%
Zat Besi0,3 mg2%
Magnesium5 mg1%
Fosfor10 mg1%
Potassium (Kalium)191 mg5%
Sodium2 mg0%
Seng (Zinc)0 mg0%
Tembaga (Copper)0,0 mg2%
Manganese0,7 mg36%
Selenium0,1 mcg0%

manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh

1. Menjaga kesehatan jantung

Polifenol dan resveratrol dalam anggur dipercaya memiliki kekuatan antioksidan, efek menurunkan kadar lemak darah, dan antiperadangan. Manfaat buah anggur inilah yang diyakini bisa membantu dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Efek kesehatan jantung didapat berkat polifenol yang bekerja untuk mencegah penumpukan keping darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko terjadinya detak jantung tak teratur.

Buah anggur juga mengandung serat dan potasium. Keduanya punya efek positif dalam menjaga kesehatan jantung.

Meningkatkan asupan potasium sambil mengurangi konsumsi garam, bisa menurunkan tekanan darah tinggi sehingga mengurangi risiko sakit jantung serta stroke. Tak hanya itu, asupan potasium yang tinggi juga mampu mencegah hilangnya massa otot serta membantu menjaga kepadatan mineral tulang.

2. Menurunkan risiko sekaligus mencegah kanker

Buah anggur mengandung antioksidan kuat yang disebut polifenol. Salah satu jenisnya adalah resveratrol.

Penelitian di laboratorium mengindikasikan bahwa resveratrol kemungkinan bisa mencegah atau setidaknya memperlambat pertumbuhan tumor pada hati, perut, payudara, usus besar dan kulit.

Resveratrol juga terkandung dalam produk olahan buah anggur, yaitu minuman anggur merah (red wine). Namun masih dibutuhkan penelitian yang lebih luas terhadap manfaat red wine ini. Apa alasannya?

Sejumlah riset yang mengkaji hubungan antara konsumsi red wine dan risiko kanker pada manusia, justru telah membuktikan bahwa konsumsi alkohol secara terus-menerus justru meningkatkan risiko kanker. Jadi, manfaat buah anggur ini masih menjadi perdebatan.

Zat antioksidan dan antiperadangan lain yang banyak terdapat dalam buah anggur adalah flavonoid quersetin. Berdasarkan beberapa riset, kandungan ini diindikasikan bisa memperlambat pertumbuhan kanker.

Baca Juga: Manfaat Buah Manggis

3. Membantu mengobati jerawat

Salah satu manfaat buah anggur bagi kecantikan juga muncul berkat kandungan resveratrolnya. Sebuah penelitian menyatakan bahwa antibakteri resveratrol juga bisa membantu dalam mengobati jerawat saat dipadukan dengan benzoil peroksida sebagai obat oles.

4. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah anggur dalam menjaga kesehatan mata berasal dari kandungan antioksidannya, yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis antioksidan ini diyakini bisa menetralisir molekul radikal bebas yang merusak sel-sel pada mata.

Dengan demikian, asupan lutein dan zeaxanthin dari buah anggur berpotensi mencegah kerusakan retina mata serta terbentuknya katarak. Penelitian lain juga mengindikasikan bahwa antioksidan dari buah anggur juga melindungi mata dari degenerasi makula akibat usia lanjut dan mencegah glaukoma.

Meski begitu, masih butuh penelitian lebih luas untuk memastikan hal tersebut dan bagaimana memanfaatkan kedua antioksidan di atas untuk kesehatan manusia.

5. Mencegah neuropati diabetik dan retinopati diabetik

Neuropati diabetes dan retinopati diabetes adalah komplikasi yang bisa terjadi bila penyakit diabetes tidak terkendali. Misalnya, kadar gula darah yang terus-menerus tinggi dan tidak ditangani dengan benar.

Neuropati diabetik merupakan komplikasi diabetes yang berkaitan dengan fungsi saraf. Sedangkan retinopati diabetik adalah penyakit yang memengaruhi kemampuan penglihatan.

Beberapa penelitian ilmiah mengindikasikan adanya potensi resveratrol dalam anggur untuk mencegah terjadinya neuropati diabetik dan retinopati diabetik. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji manfaat buah anggur ini pada manusia.

Baca Juga: Manfaat Buah Mangga

6. Meningkatkan memori dan mood

Buah anggur mengandung senyawa resveratrol yang bermanfaat bagi kesehatan otak seperti meningkatkan daya ingat, suasana hati, dan juga mencegah penyakit Alzheimer.

Sebuah penelitian pada orang dewasa yang masih muda, memunjukkan bahwa dengan meminum 8 ons atau sekitar 230 ml jus anggur ternyata mampu meningkatkan kecepatan keterampilan yang berhubungan dengan memori dan mood.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya abhwa anggur ini mengandung banyak sekali nutrisi yang bisa menjaga kesehatan tulang mulai dari kalsium, magnesium, fosfor, dan juga vitamin K.

8. Mencegah penuaan dini

Tidak hanya itu saja, kandungan resveratrol dalam buah anggur ini juga sudah terbukti mampu mengaktifkan gen yang berkaitan dengan penuaan yang lebih lambat dan juga umur yang lebih lama.

Seperti sebuah studi dari Université de Strasbourg yang mengungkapkan bahwa senyawa resveratrol dapat mencegah penuaan.

9. Membantu mengontrol kadar gula darah

Walaupun anggur ini memiliki banyak akndungan gula, akan tetapi kandungan gula dalam buah anggur ini termasuk kandungan yang baik bagi penderita diabetes, karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Bahkan ada sebuah studi yang mengungkapkan bahwa senyawa dalam buah anggur ini dapat menurunkan kadar gula darah.

Seperti studi dari Pontificia Universidad Católica de Chile yang mungungkapkan bahwa dalam studi selama 16 minggu pada 38 pria yang mengonsumsi 20 gram ekstrak anggur setiap harinya mengalami penurunakn kadar gula darah.

Baca Juga: Manfaat Kurma Muda

10. Mengatasi radikal bebas

Buah anggur merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C yang sudah terkenal dengan manfaatnya dalam mengatasi radikal bebas dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan dalam sebuah studi dari University of Otago, mengungkapkan bahwa ekstrak kulit anggur mampu melindungi tubuh terhadap virus flu dan juga menghentikan penyebaran virus herpes.

Referensi:

https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-grapes#section2 https://www.medicalnewstoday.com/articles/271156.php

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat buah manggis
Read More

Manfaat Buah Manggis

Manfaat Buah Manggis – Manggis atau orang barat sering menyebutnya dengan sebutan mangosteen, merupakan buah yang berasal dari…
manfaat daun bidara
Read More

Manfaat Daun Bidara

Manfaat Daun Bidara – Negara Indonesia ini memiliki ribuan jenis tumbuhan yang tersebar di berbagai daerah. Keanekaragaman hayati…
manfaat masker spirulina
Read More

Manfaat Masker Spirulina

Manfaat Masker Spirulina – Hampir setiap wanita pasti menginginkan kulit wajah yang sehat dan cerah merona. Salah satu…