Keutamaan Shalat Hajat

keutamaan sholat hajat

Keutamaan Shalat Hajat – Setiap manusia pasti mempunyai kebutuhan ataupun tujuan yang diinginkan.  Dalam mewujudkan kebutuhan ataupun tujuan tersebut salah satunya dilalui dengan usaha dan mendekatkan diri kepada Allah. Sebab tanpa izin Allah maka tujuan tersebut tidak akan bisa berjalan dengan sempurna.

Cara yang paling baik untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan shalat. Ini sama seperti yang diajarkan oleh Rosulullah, ketika beliau mendapatkan masalah ataupun kesulitan. Beliau menghadapinya dengan bersabar dan mengadukan nya kepada Allah melalui shalat.

Dimana dalam shalat itu kita diperintahkan untuk bermunajat kepada Allah (berdo’a). Seperti hadist nabi yang diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu bahwa Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ فِي الصَّلاَةِ فَإِنَّهُ يُنَاجِي رَبَّهُ

“Ketika salah seorang dari kalian sedang mengerjakan shalat maka sesungguhnya (saat itu) dia sedang bermunajat (berkomunikasi/berbisik-bisik) dengan Rabbnya (Allâh Azza wa Jalla)”.

Dalam hadist diatas sudah jelas bahwa doa yang paling tepat adalah ketika sedang melaksanakan shalat. Dan salah satu cara untuk mengkhususkan do’a dalam shalat adalah dengan melakukan shalat hajat.

Nah, pada pembahasan kali ini saya ingin sedikit mengulas, akan manfaat dan keutamaan melaksanakan shalat hajat.

Manfaat dan Keutamaan Shalat Hajat

manfaat sholat hajat
pixabay.com

Banyak sekali yang bertanya, karena tidak tahu akan manfaat shalat hajat yang ia lakukan. Padahal jika anda mengetahui manfaat tersebut Insya Allah anda akan merasakan nikmatnya ketika berdo’a dan langsung diijabah oleh Allah.

Berikut ini ulasan akan manfaat dan keutamaan melaksanakan shalat hajat yang perlu anda ketahui, terkhusus bagi anda yang memiliki hajat ataupun harapan dalam kehidupan sehari-hari.

Mendapatkan Jalan Petunjuk

jalan petunjuk
pixabay.com

Banyak dari kita yang kebingungan akan mansalah yang sedang dihadapi malah berpaling dari Allah, dalam artian malah meminta petunjuk dan saran dari pada orang ataupun pada dukun.

padahal Allah sudah menurunkan ayat ketika kita dalam kesulitan ataupun kebingungan maka rujuk kembali mendekatkan diri kepada Allah.

Bayangkan jika Allah tidak mau membantu kita, semua yang anda lakukan pasti akan terasa sulit.

Karena apa yang kita jadikan rujukan bukan Allah, melainkan orang lain terlebih dahulu. Anda bisa melihat contoh pada rumah sakit yang ada di arab saudi.

Dimana rumah sakit tersebut sangat sepi akan pasien, padahal hakikatnya rumah sakit identik memiliki banyak pasien. Kenapa ini bisa terjadi, ini karena mereka mengamalkan perkataan ataupun hadist rasulallah.

Yang mana ketika seseorang terkena penyakit yang di lakukan pertama itu adalah mendekatkan diri kepada allah, kemudian ruqyah mandiri, lalu sedekah dan barulah jika penyakit tersebut masih belum bisa disembuhkan maka mereka akan merujuk ke rumah sakit.

“Baca Juga: Doa Mendatangkan Rezeki

Tempat Jalan Terkabulnya Do’a

Jika diartikan lewat istilah dalam bahasa arab Shalat itu adalah do’a. Yang mana dalam shalat tersebut kita di anjurkan (diminta) untuk berdoa apapun kebutuhan dan keluhan kita kepada Allah.

Apalagi jika kita menkhususkan shalat tersebut, seperti shalat hajat.

Insya Allah sepua yang kita harapakan dan kita inginkan pasti akan terkabul, karena Allah itu maha mengetahui semua kebutuhan hambanya.

Terhindar dari Persoalan yang menyulitkan

terhindar dari persoalan
pixabay.com

Dalam mendapatkan sutu tujuan pasti akan ada rintangan yang menghadang. Baik itu nampak maupun tak nampak dan salah satu manfaat shalat ini juga bisa terhindari dari selurh persoalan yang bisa menyulitkan kita dalam menggapai tujuan.

Asal anda yakin bahwa Allah selau ada untuk anda dan jika memang yang anda dapatkan itu sebuah keburukan dimata anda, akan tetapi tidak dimata Allah.

Bisa jadi tujuan yang anda inginkan itu tidak baik dimata anda, akan tetapi baik dimata Allah. Salah satu contohnya seperti Allah memberikan kemudahan dalam menggapai tujuan anda tersebut.

Ataupun bisa jadi itu baik dimata anda akan tetapi tidak baik dimata Allah untuk anda.

Seperti Allah memberikan kesulitan yang bisa menggagalkan tujuan anda, karena bisa jadi ketika anda sudah mendapatkan tujuan tersebut anda malah akan mendapatkan musibah.

“Baca Juga: Doa Memohon Kemudahan

Mendekatkan Diri Kita kepada Allah

mendekatkan diri kepada allah
pixabay.com

Shalat merupakan salah satu sarana ibadah yang bisa mendekatkan diri kita kepada Allah. Perlu anda ketahui tidak hanya shalat sunnah saja yang bisa mendekatkan diri kita.

Apalagi jika kita mengerjakan shalat fardhu tentu ini bisa mendekatkan diri kita kepada Allah dan dengan dekatnya kita kepada Allah, maka segala urusan kita akan dipermudah oleh Allah.

Maka dari itu jadikan shalat ini sebagai sarana tercapainya tujuan ataupun terpenuhinya kebutuhan yang anda inginkan. karena ketika kita menjadikan shalt ini sebagai kebutuhan kita, maka Allah akan lebih perhatian kepada kita.

Terhindar dari Marabahaya

terhindar dari marabahaya
pixabay.com

Selain Bisa mendekatkan dirikita kepada Allah, sshala ini juga bisa menghindarkan kita dari marabahaya yang bisa mencelakai kita. Baik itu manusia ataupun jin, sama hal nya dengan shalat tahajud dan dhuha.

jika anda masih meragukan hal tersebut anda bisa mencoba untuk berdo’a dalam solat. Berikut ini do’a agar terhindar dari marabahaya :

بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit dan dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Diberikan Ketenangan dan Kemudahan

mendapat ketenangan
pixabay.com

Kita semua ingin ketenangan, baik itu ketenangan hati maupun ketenangan jiwa. Dan jika anda orang yang meyakini akan iman kepada Allah pasti mengerti bahwa sumber ketenangan adalah dzikir, berdoa dan sholat. sebagaimana firman Allah Ta’ala yang berbunyi,

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (QS ar-Ra’du:28).

Dalam masalah ketenangan ini juga pernah dijelaskan oleh nabi, “jika kalian dalam keadaan marah maka berwudhulah dan lakukanlah shalat”.

Allah Ta’ala berfirman,

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْراً

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya kemudahan dalam (semua) urusannya” (QS. ath-Thalaaq:4).

Meningkatkan Iman kita Kepada Allah

Selain manfaat diatas, tidak kalah penting dengan manfaat yang paling penting ini yaitu meningkatkan keimanan kita kepada Allah.

Mengapa bisa seperti itu, ini karena sholat yang kita lakukan adalah sebuah keyakinan antara diri kita kepada Allah, dimana kita yakin semua hajat dan kebutuhan kita pasti akan terkabulkan.

Perlu difahami baik-baik dalam melakukan sholat sunnah seperti sholat hajat ini bisa kita lakukan kapanpun asal tidak melanggar aturan waktu yang dimana dilarang sholat sunnah tanpa sebab.

Demikian itu beberapa hal terkait manfaat yang bisa kita dapatkan melalui shalat hajat ini, semoga kedepannya kita bisa lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah.

Terakhir mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan dan jika anda masih bingung dengan artikel ini, anda bisa langsung menanyakan nya lewat kolom komentar dibawah ini. Sekian Terima kasih, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.