Jenis Ikan Air Tawar

Jenis Ikan Air Tawar – ikan adalah salah satu dari banyak jenis makanan yang kaya akan protein. selain itu ikan juga terbagi menjadi dua golongan yang pertama golongan ikan air asin dan yang kedua golongan ikan air tawar.

Masing masing golongan ini memiliki keunggulannya tersendiri, contohnya ikan air tawar yang lebih mudah didapatkan karena ikan ini biasa hidup di sungai-sungai.

Selain itu ikan air tawar juga memiliki harga yang cukup untuk isi kantong anda, atau biasa diartikan dengan kata murah.

ya dengana kata murah ini membuat ikan air tawar menjadi lebih banyak diminati dibandingkan ikan air asin. Agar tidak bertele-tele langsung saja kita masuk ke pembahasan nya.

Jenis Ikan Air Tawar Layak Konsumsi

Perlu anda ketahui sebelumnya ada banyak sekali jenis ikan air tawar, akan tetapi hanya beberapa saja jenis ikan air tawar yang layak untuk dikonsumsi.

Ini disebabkan banyak dari jenis ikan air tawar tersebut yang sulit didapatkan di daerah tropis dan juga susah untuk diolah.

Maka dari itu disini saya hanya memberikan sedikit white list untuk jenis ikan air tawar yang layak untuk dikonsumsi saja, beserta cara mengolah ikan tersebut. Oke kita langsung masuk ke jenis ikan yang pertama.

1.Ikan Bawal (Bramidae)

ikan air tawar bawal
tabloidpeluangusaha.com

Ikan bawal atau bahasa ilmiahnya bramidae merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki postur tubuh seperti ikan piranha. Dan unuk membedakan ikan bawal dengan ikan piranha yaitu dengan melihat corak warna sisik ikan.

Ikan bawal memiliki corak wana campuran antara oranye dengan hitam, dengan postur tubuh yang pipih dan lebar. Ikan bawal sendiri juga memiliki daging yang cukup tebal akan tetapi banyak duri halus dalam daging tersebut.

Jadi disarankan untuk hati-hati jika anda mengkonsumsi ikan bawal. Ikan bawal bisa anda nikmati dengan cara dibakar dan dibumbui dengan saus tiram.

Baca Juga: Jenis Ikan Koi

ikan bawal saus tiram

2.Ikan Lele (Clarias)

ikan air tawar lele

Nah, untuk yang satu ini saya pastikan anda pernah mengkonsumsinya, Ikan yang memiliki tubuh yang licin dan berkumis panjang. Ikan lele adalah ikan yang paling populer diantara ikan iar tawar lainnya.

Karena lele ini mudah sekali didapatkan dengan harga yang relatif murah, dan juga banyak petani yang membudidayakannya. Daging lele juga tak kalah gurih dan lebih lembut dari ikan bawal, oleh karena itu banyak peminatnya.

Lele sendiri juga mudah untuk diolah, umumnya masyarakat mengolah ikan lele untuk dijadikan pecel lele (lele goreng) dengan tambahan tahu, tempe, sambal dan lalapan lainnya.

pecel lele
cookpad.com

3.Ikan Gurame (Osphronemus goramy)

ikan air tawar gurame
ephedra-niby.blogspot.com

Jenis ikan air tawar selanjutnya adalah ikan gurame, ikan yang memiliki fisik yang pipih dan melebar, dengan sisik yang besar dan rapat. Gurame sendiri juga memiliki ciri khas warna kecoklatan dan memiliki daging yang cukup banyak dan padat.

Sehingga tidak jarang, banyak restoran yang menyajikan menu ikan gurame, ini disebabkan besarnya ukuran dan banyaknya daging yang ada pada ikan ini.

Perlu anda ketahui ikan gurame ini biasanya 1 ikan gurame dewasa bisa disantap hingga 4 sampai 6 orang.

Untuk penyajian ikan gurame sendiri, biasanya saya cendrung memilih menu ikan gurame saus mentega… yummmy!

gurame saus mentega
selerasa.com

4.Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

ikan air tawar nila
dictio.id

Jenis ikan selanjutnya yaitu ikan nila, ikan ini merupakan ikan yang memiliki keunikan tersendiri diantara ikan air tawar lainnya.

Dimana ikan ini memiliki kebiasaan setelah kawin kemudian menyimpan telur-telur yang sudah dibuahi ke dalam rongga mulut induk ikan. Kebiasaan yang dilakukan ikan ini disebut mouth breeder (pengeram telur dalam mulut).

“Baca Juga: Jenis Ikan Nila”

Ikan ini biasanya memiliki panjang antara 20-30 cm dengan corak sisik yang berwarna hitam ke abu-abuan, ikan ini juga sangat mudah didapatkan karena banyak sekali pengusaha yang membudidayakan ikan ini.

JIka anda tertarik untuk menikmati ikan ini, coba pilih menu nila bakar bumbu kecap.

nila bakar bumbu kecap
selerasa.com

5.Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus)

ikan air tawar mujair
wartakota.com

selanjutnya adalah ikan mujair, ikan ini merupakan saudara ikan nila, makanya ikan ini mirip sekali dengan ikan nila. Akan tetapi ikan ini justru lebih unggul dari ikan nila, karena ikan ini bisa mencapai panjang 40 cm sedangkan ikan nila hanya 30 cm.

Ikan ini juga tidak memiliki banyak duri sehingga cocok untuk di olah dan dimasak, lagi pula ikan ini juga memiliki cita rasa daging yang gurih cocok untuk disajikan dengan sambal.

Keunggulan ikan ini dibandin ikan nila, yaitu kandungan fosfornya. Untuk penyajian menu ikan ini saya cendrung memilih menu mujair bakar bumbu rica-rica.

mujair bakar rica-rica
tripadvisor.com

6.Ikan Mas (Cyprinus carpio)

ikan air tawar ikan mas
bibitikan.net

Jenis ikan berikutnya adalah ikan mas, salah satu ikan yang dikategorikan menjadi 2 bagian, yang pertama ikan hias dan yang kedua ikan konsumsi.

Karakteristik ikan mas sendiri memiliki bentuk tegak pipih, dengan sisik yang normas dan sirip yang sedikit memanjang. Tekstur daging ikan mas sendiri terbilang cukup lembut dengan duri halus agak banyak.

“Baca Juga : cara Budidaya Ikan Koi

Jadi ikan ini cocok sekali untuk dikonsumsi dengan dipepes atau bisa juga digoreng. Kalau saran dari saya sih dipresto karena nantinya tidak perlu kawatir dengan duri halus dari ikan mas.

ikan mas pepes
bukumasakan.com

7.Ikan Patin (Pangasius)

ikan patin
booksidonlike.wordpress.com

Ikan air tawar selanjutnya adalah ikan patin, ikan ini masih termasuk keluar ga dari ikan lele yang memiliki ciri khas berkumis. Akan tetapi ikan ini ukuran nya lebih besar dan berlendir seperti ikan lele.

Selain itu ikan ini juga memiliki tekstur daging yang lembut dengan sedikit duri halus. Selain daging yang lembut ikan patin juga memiliki kandungan DHA dan omega 3 yang cukup tinggi.

Sehingga cocok sekali untuk dikonsumsu anak-anak maupun orang dewasa, saya sendiri lebih sering menyajikan ikan patin dengan dijadikan presto dan di bumbui kuning.

patin bumbu kuning

8.Ikan Bandeng (Chanos chanos)

Siapa yang tidak kenal ikan bandeng, ikan yang paling sering dikonsumsi masyarat asia tenggara. ikan ini juga memiliki fakta yang cukup untik yaitu bisa hidup di air laut dan juga di air tawar.

Jadi bandeng yang baru menetas selama 2 sampai 3 bulan dia hidup dilaut, kemudian bulan ke 4 ikan ini berpindah ke perairan bakau dan bisa juga ke danau.

Karakteristik dari ikan ini pertama memiliki bentuk yang cendrung memanjang dan memiliki warna sisik abu-abu bercampur putih. ikan bandeng juga memiliki duri yang lumayan banyak dan cukup tajam, jadi disaran kan untuk mengkonsumsinya dengan dijadikan bandeng presto.

ikan bandeng presto

9.Ikan Belut (Monopterus albus)

ikan belut

Selanjutnya adalah ikan belut, jenis ikan ini cukup unik karena bentuknya yang seperti ular sawah akan tetapi licin. karakteristik belut ini memiliki sirip, ekor yang memanjang dan juga tidak memiliki tulang rusuk, sehingga mudah diolah.

Selain itu dagingnya juga sangat lebut dan gurih. Jadi cocok sekali untuk di ditumis ataupun dijadikan pepes.

belut rica rica

10.Ikan Gabus (Channa striata)

ikan gabus

ikan gabus merupakan ikan yang sering kita jumpai terutama di perairan rawa, sungai dan danau. Ikan ini bisa mencapai panjang hingga 1 meter dan juga memiliki tubuh yang memnjang seperti peluru kendali.

karakteristik lain dari ikan ini adalah dari warna dan sisik nya, warna dari ikan ini hitam kecoklatan ada juga yang kehijauan loreng, dengan sisik yang agak besar.

Biasanya ikan gabus ini dijadikan ikan asin dan juga bisa ditumis bumbu balado, ini dikarenakan daging nya yang tebal, hal ini yang membuat ikan gabus ini menjadi mahal.

gabus bumbu balado

11.Ikan Tawes (Barbonymus gonionotus)

ikan tawes

Terakhir, ikan air tawar yang bisa anda konsumsi ini adalah jenis ikan herbovora atau pemakan tumbuhan, seperti lumut dll. ikan ini banyak tersebar di sungai-sungai.

Selain itu ikan ini juga mudah untuk dibudidayakan, walau pun di indonesia sangat jarang sekali yang berminat, akan tetapi di asia tenggara ikan ini termasuk dari lima jenis ikan yang banyak peminatnya, dimana tercatat ada lebih dari 50.000 ton produksi ikan tawes per tahun 2014.

Umumnya orang asia menyajikan ikan ini dengan cara dibakar dan dibumbui kecap.

ikan tawes bakar

***

0 Shares:
1 comment
  1. Ikan betok nmax klok di ntb juga min merupakan ikan tawar bertubuh seperti ikan lele tapi bersisik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka
jenis pohon bidara
Selengkapnya

Jenis Pohon Bidara

Jenis Pohon Bidara – Siapa sih yang tidak kenal bidara ? apa lagi jika anda seorang penjual pastinya…
jenis ikan nila
Selengkapnya

Jenis Ikan Nila Unggulan

Jenis Ikan Nila – Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang budidaya ikan nila. Kali ini saya ingin sedikit berbagi infomasi…