Cara Menanam Kunyit

cara menanam kunyit
pixabay.com

Cara Menanam Kunyit – Siapa sih yang gak kenal akan bumbu dapur yang satu ini, kunyit atau yang sering disapa kunyit merupakan salah satu jenis tanaman akar-akaran. Dimana kunyit ini sangat sering dijadikan sebagai bumbu makanan.

Selain dijadikan bumbu makanan, kunyit juga punya banyak manfaat lain loh, antara lain bisa dijadikan pewarna alami, obat dan jamu herbal yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Kunyit punya salah satu keunggulan yaitu bisa mengusir hama yang ada disekitar tanaman kunyit. Jadi jika anda bingung bagai mana caranya mengusir hama pada tanaman seperti terong, bawang dan lain-lain. Anda cukup tanamkan kunyit disekitar tanaman terong, bawang dan lainnya.

Karena itulah kenapa saya disini memilih untuk membuat pembahasan tentang cara menanam kunyit. Sebab punya manfaat yang banyak sekali selain untuk dirikita juga untuk tanaman yang ada disekitar kunyit.

Agar tidak penasaran kita langsung saja masuk ke topik pembahasan.

Panduan Cara Menanam Kunyit

cara menanam kunyit
kompasiana.com

Sebelum kita memasuki tahapan-tahapan menanam kunyit. Ada beberapa fakta yang harus kita ketahui agar nantinya tidak menjadi hambatan ataupun keluhan.

  1. Kunyit ini merupakan tanaman jenis tanaman tahunan, jadi jika anda ingin memanen anda harus menunggu antara 8-12 bulan, baru bisa dipanen tanaman kunyit ini.
  2. Ada baiknya menanam kunyit ini pada polybag, karena nanti akan lebih mudah dalam memanet kunyit ini.

Pemilihan dan Penyemaian Bibit Kunyit

pemilihan bibit kunyit
kabartani.com

Dalam pemilihan bibit yang berkualitas ada beberapa tips yang saya sarankan agar kunyit bisa bertumbuh dengan banyak cabang (tunas).

  1. Pastikan bibit mempunyai banyak tunas.
  2. Bibit yang dipakai berasal dari tanaman kunyit yang sudah berumur 8 bulan, karena semaikin tua bibit kunyit maka akan semakin banyak tunas yang tumbuh.

Pastikan juga bahwa jumlah bibit sesuai dengan polybag yang ada, karena satu polybag hanya bisa menampung satu bibit. Selanjutnya kita tinggal menyemai bibit kunyit.

Cara penyemaian bibit kunyit :

  • Siapkan rendaman air dengan larutan ZPT, kemudian rendam bibit kunyit selama 3 jam.
  • Pastikan anda meletakkan bibit kunyit ditempat lembap dan teduh yang bersuhu 25-27 cecius selama 1-1,5 bulan hingga kunyit tumbuh tunas.
  • Siram tanaman kunyit seperti biasa, dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

Baca Juga: Cara Menanam Daun Sirih

Pengolahan Tanah dan Media Tanam

pengolahan tanah
bibitbunga.com

Untuk tanah yang akan kita pakai adalah tanah yang gembur dan banyak cacing kecil di dalam tanah. Anda bisa membuat tanah dengan campuran kompos dan pupuk kandang. dengan perbandingan antara tanah dan pupuk 2:1.

Setelah kita mencampurkan tanah dengan pupuk, saatnya memasukkan tanah yang sudah dicampur kedalam polybag ataupun pot. Sebelum memasukkan media tanah ada baiknya anda menaruh batu ataupun genteng yang sudah di pecahkan ke dalam polybag ataupun pot tepatnya pada bagian bawah.

Ini Bertujuan agar bibit kunyit ketika disiram air tidak akan terbawa mengikuti keluarnya air.

Cara Menanaman Bibit Kunyit

cara menanam kunyit

Selanjutnya cara penanaman yang baik setelah bibit sudah disemai dan juga sudah tumbuh tunasnya. Ada beberapa langkah yang perlu kita perhatikan agar hasil bibit kunyi berlimpah, berikut ini cara penanaman nya :

  • Buatlah lubang lingkaran pada media tanam yang sudah berada di polybag dengan kedalaman 8 cm.
  • Masukkan masing-masing bibit kedalam lubang yang sudah disiapkan pada polybag.
  • Berikan tanah yang sudah dicampurkan pupuk kompos dan kandang, lalu tutup lubang tersebut.
  • Agar bibit tidak stress sirami sedikit pada bagian lubang tadi.

Baca Juga: Cara Menanam Jagung

Perawatan Tanaman Kunyit

perawatan tanaman kunyit
gardeners-perth.com

Walaupun tanaman kunyit memiliki kelebihan bisa mengusir hama, akan tetapi kita juga perlu merawatnya agar terhindar dari penyakit yang bisa menyebabkan kunyit menghasilkan produksi umbi yang sedikit. Berikut ini cara perawatan tanaman kunyit.

Pemupukan dan Pembubunan

Dalam Pemukukan kita biasa menggunakan pupuk kompos dan pupuk orgarnik lainnya. tujuan nya untuk menghindari dan menimalisir bahan kimia yang ada dalam tanah. Anda juga bisa mencampurkan nya dengan pupuk kandang agar lebih subur lagi.

Untuk pembubuhan kita biasa melakukan nya saat tanaman kunyit berumur 2 sampai 4 bulan. Cara pembubuhan juga cukup mudah yaitu dengan menimbun kembali tanah yang terbawa oleh air disekitar pot ataupun polybag.

Penyiangan dan Penyiraman

Penyiangan ini sangat penting sekali agar tanaman kunyit tidak terserang gulma ataupun hama, walaupun kunyit bisa mengusir hama pada tanaman lain. Akan tetapi tetap saja kita perlu menjaganya dari hama dan gulma. Caranya sangat mudah sekali untuk gulma anda bisa membersihkan tanaman yang tumbuh disekitar kunyit dengan mencabutinya.

Dan untuk pengairan, lakukanlah penyiraman setiap pagi hari dan sore hari. Jika dirasa tanah mulai merusut anda bisa melakukan pembubuhan kembali dengan menimbun tanah yang sudah dicampur pupuk.

Pemberian Pestisida dan Pemulsaan

Jika dirasa tanaman sudah mulai muncul hal-hal aneh seperti adanya hama, anda bisa melakukan penyemprotan pestisida. Selain menghindari hama, pestisida juga bisa mencegah adanya penyakit pada kunyit, asal penyemprotan ini dilakukan sesuai aturan.

Dan untuk pemulsaan saya menggunakan jerami atau rumput gajah, ini bertujuan untuk menghalau hama yang ingin merusak tanaman kunyit.

Baca Juga: Cara Menanam Bawang Merah

Mengenal Hama dan Penyakit Pada Kunyit

hama dan penyakit pada kunyit
petanihebat.com

Hama yang biasa menyerang kunyit adalah ulat penggerek akar, biasa nya jika hama ini menyerang akan muncul gejala seperti tunas daun yang layu dan semakin lama malah menjadi kering. Sampai akhirnya tanaman mengalami pembusukan, cara mengatasinya dengan menyemprotkan ataupun menaburkan insektisida.

Untuk Penyakit tanaman kulit biasanya yang muncul itu penyakit bakteri rimpang dan karat pada daun kunyit. Jika kulit akar tanaman menjadi keriput dan mengelupas itu artinya terkena bakteri rimpang, cara mengatasinya menyemprotkan fungsida dan jangan biarkan ada genangan air pada tanaman.

Dan jika daun berwarna coklat seperti karat, biasanya menyerang daun yang muda atau tanaman yang masih baru ditanam, ini bisa menyebabkan kematian pada tanaman. Penyakit ini dinamakan karat pada daun kunyit, cara mengatasinya dengan melakukan penyiangan agar kelembapan nya berkurang dan semprotkan insektisida.

Cara Mengatasi Gulma Pada Tanaman Kunyit

Gulma ini adalah tanaman yang biasa menggangu pertumbuhan kunyit, ini karena produksi makanan yang seharusnya di ambil oleh kunyit malah ambil oleh gulma. Jadi pertumbuhan kunyit akan melamban. Cara mengatasinya dengan mencabut tanaman yang menggangu tersebut sampai akarnya.

Cara Memanen Kunyit yang Baik

Langkah selanjutnya yaitu memanen, nah dalam memanen ini sama halnya dengan tanaman lain caranya. Mulai dari penyortiran dan penyucian kunyit dari tanah, pengeringan dengan dijemur selama 3 hari, dengan perhitungan 4 jam dalam sehari. Barulah kunyit siap di kemas dan dijual kepada pengulak ataupun konsumen pada pasar.

Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, karenan memang saya hanya mengambil refrensi dari beberapa artikel yang menurut saya bagus.

Jika anda masih bingung akan cara menanam kunyit ini, anda bisa langsung bertanya pada kolom komentar dibawah ini. Sekian terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka
cara menanam daun sirih
Selengkapnya

Cara Menanam Daun Sirih

Cara Menanam Daun Sirih – Indonesia adalah salah satu negara tropis yang sangat kaya akan tanaman obatnya. Salah…
Budidaya ikan nila
Selengkapnya

Budidaya Ikan Nila

Budidaya Ikan Nila -Siapa lagi yang tidak kenal dengan ikan nila? kita semua tahu akan jenis ikan air…
budidaya ikan hias
Selengkapnya

Budidaya Ikan Hias

Budidaya Ikan Hias – Kita semua pasti memiliki hobi masing-masing, tentunya setiap orang mempunyai hobi yang berdeda-beda. Bagi…