Fathi Muhammad Seorang santri yang tertarik dengan dunia jaringan komputer dan Internet marketing terutama di bidang SEO, sekarang menjadi penulis di Lintar Media.

7+ Contoh Teks Persuasif Pendidikan, Politik, Iklan

3 min read

contoh teks persuasif

Contoh Teks Persuasif – Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tek persuasif mulai dari pengertian, ciri-ciri, stuktur teks sampai contoh dari teks persuasif.

Oke langsung saja kita masuk ke pembahasan pertama.

Pengertian Teks Persuasif

Persuasif merupakan sebuah bahasa yang bisa diartikan mengajak, menyuruh atau membujuk. Jadi teks persuasif ini  merukan teks yang ditunjukkan untuk mengajak seseorang terhadap apa yang disampaikan oleh seseorang.

Oke kita lanjut ke ciri-ciri dari teks persuasif.

Ciri Ciri Teks Persuasif

Kita semua pasti sudah tau dong setiap pelajaran kalimat atau teks dalam bahasa indonesia pasti mempunyai ciri-ciri di dalamnya. Ciri-ciri ini bertujuan agar kita mudah mengidentifikasi kalimat/teks tersebut. Berikut ciri-ciri teks persuasif.

  1. Teks persuasif ini memiliki sifat ajakan dan juga bisa menjadi kalimat persuasif yang bersifat perintah, dan jika itu kalimat persuasif maka akan disertai tanda seru (!) pada akhir kalimat.
  2. Kalimat/teks persuasif ini biasa di gunakan pada iklan, promosi, himbauan, dan terkadang juga dipakai sebagai slogan yang bersifat mengajak.
  3. Kalimat/teks persuasif ini juga di tulis dengan bahasa yang mengajak seseorang terhadap objek tertentu, sehingga dibuat semenarik mungkin agar orang tersebut terpengaruh dan mudah dalam mengingatnya.

Syarat-syarat Penyusunan Teks Persuasif

  1. Pemilihan kata, dalam membuat teks persuasif yang harus kita perhatikan adalah dalam kata-kata. Maka dari itu dalam penulisan teks persuasif kita perlu memilah kata yang tepat tentunya juga menarik perhatian.
  2. Mengolah emosi pembaca, selain pemilihan kata kita juga harus bisa mengendalikan emosi dari pembaca, baik itu dalam meninggikan emosi maupun meredam emosi pembaca melalui tulisan yang kita buat.
  3. Memberikan bukti & fakta, ini juga salah satu dari 3 syarat dari teks persuasi yakni fakta/bukti untuk bisa memperkuat gagasan produk yang kalian buat dalam teks persuasif.

Struktur Teks Persuasif

Nah,  berikut ini struktur dalam teks persuasif.

  1. Pengenalan isu, ini berisi sebuah pengantar yang menjelaskan sebuah permasalahan sebagai dasar dari penulisan.
  2. Rangkaian argumen, dalam teks persuasi ini berisi fakta-fakta yang bisa memperkuat argumen dalam mengatasi permasalahan/isu di awal.
  3. Pernyataan ajakan, dalam teks persuasif ini biasanya memberikan arahan terhadap sesuatu dan juga memberikan argumen yang bisa memperkuat ajakan.
  4. Penegasan kembali sekaligus penutup.

Intinya untuk membuat teks persuasif setidaknya ada 3 alenia, yakni alinea pembuka, lalu alinea penjelas dan alinea penutup.

baca juga: contoh teks eksplanasi

Contoh Teks Persuasif

Waspada Berita Burung (Hoax)

Alinea Pembuka

Hoax atau berita burung sangat berbahaya bagi kehidupan masyarakat yang berbangsa dan bernegara seperti negara besar Indonesia yang memiliki adat ketimuran.

Alinea Penjelas

Sudah banyak contoh negara-negara timur tengah yang termakan isu hoax yang membenturkan antara agama dan berbangsa. dan tak kunjung selesai konflik-konflik itu terus berkepanjangan namun tidak satupun hal positif yang bisa di petik dari konflik itu. menang jadi abu sedangkan kalah jadi arang

Alinea Penutup

Karena dampak negatifnya amat besar, Waspadalah jangan mau Indonesia menjadi suriah berikutnya. hindari hoax dan jangan merasa benar sendiri, hargai lawan bicara atau seseorang yang berbeda pendapat. percayalah bahwa perang saudara tidak akan membuatmu nyaman seperti sekarang ini misalnya bebas sekolah, beribadah, bergaul dan lainya.

baca juga: contoh teks negosiasi

Contoh Teks Persuasif Pendidikan

Cara Mendidik Anak

Banyak dari para orang tua dan guru yang sering kali tidak sabar dalam mendidik peserta didiknya. Padahal, kita semua tahu dalam mendidik anak itu butuh kesabaran agar potensi yang dimiliki sang anak bisa berkembang.

Salah satu filsuf terkenal dari Yunani yakni Plato, pernah berkata bahwasanya “Pendidikan adalah proses yang panjang dan dijalani seumur hidup, mulai dari manusia ketika masih kecil hingga beranjak dewasa”.

Maka dari itu, sudah selayaknya para guru dan orang tua murid mendidik anaknya dengan sabar dengan orientasi sebagai proses. Agar anak bisa lebih berkembang dengan baik, dengan begitu potensi dari si anak pun dapat tumbuh dan berkembang secara alami.

Contoh Teks Persuasif Politik

Stop Golput

Kita semua tahu setiap warga negara indonesia yang sudah berusia diatas 17 tahun wajib mengikuti pemilihan umum. Undang-Undang no 23 Tahun 2003 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden pasal 7 menyatakan, bahwa warga Negara Republik Indonesia yang pada hari pemungutan suara sudah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau sudah/pernah kawin mempunyai hak pilih.

Jadi, untuk anda yang sudah mempunyai hak pilih, mari gunakan hak pilih kalian sebaik mungkin jangan sampai golput. Karena golput itu sangat tidak menguntungkan anda sama sekali, malah bisa merugikan negara.

Seperti yang pernah di katakan oleh seorang Pengamat Perencanaan Pembangunan Nasional Syahrial Loetan mengatakan “Mengabaikan hak pilih pada pemilu, menyebabkan dampak negatif pembangunan nasional”.

Jadijika anda ingin menjadi warga negara yang baik, maka gunakanlah hak pilih kalian dengan benar, jangan sampai kalian golput atau hak pilih kalian diwakilkan oleh orang lain.

baca juga: contoh teks deskripsi

Contoh Teks Persuasif Iklan

Milku

Mengkonsumsi susu adalah salah satu kebutuhan setiap individu seseorang. Sebab itu memiliki kandungan kalsium dan protein yang bisa memenuhi kebutuhan tulang dan gigi kita setiap harinya.

Milku memiliki semuanya, protein dan kalsium yang terkandung dalam milku akan sangat bermanfaat untuk tubuh anda. Ini karena susu yang didapatkan adalah susu murni langsung diperah dari peternakan sapi Newzeland.

Maka dari itu, ganti produk susu anda yang sebelumnya dengan milku dan dapatkan kandungan gizi yang lebih baik dari produk susu lain.

Contoh Kalimat Persuasif

Berkendaralah dengan baik agar selamat mencapai tujuan !

Dengarkanlah apa yang dikatakan oleh orang tua !

Janganlah tidur terlalu malam, karena itu tidak baik untuk kesehatan !

Berdoalah sebelum tidur agar tidur menjadi aman !

Ayo belajar dengan lebih giat lagi demi meraih masa depan !

Ayo dirikan sholat sebelum kita yang di sholatkan !

Janganlah terlambat berangkat ke sekolah !

Berdoalah sebelum tidur agar tidur menjadi nyaman !

Ayo bersihkan lingkungan karena lingkungan yang kotor adalah penyebab penyakit !

Jangan pernah mengeluh, karena masih banyak orang lain yang mendapat cobaan lebih berat dari anda !

Jagalah keselamatan anda dan keluarga anda dari DBD !

Pahamilah apa yang menjadi tugas dan kewajiban !

Rawatlah lingkungan seperti kita merawat diri kita sendiri !

Ayo tingkatkan iman dan taqwa agar kita selalu mendapat rahmat-Nya !

Ayo ajak teman dan keluarga untuk memberikan hak pilih yang benar !

Apalagi yang kamu tunggu, ayo bergabung dalam keluarga kami !

Fathi Muhammad Seorang santri yang tertarik dengan dunia jaringan komputer dan Internet marketing terutama di bidang SEO, sekarang menjadi penulis di Lintar Media.