Manfaat Buah Plum – Mungkin agak asing di telinga Anda para laki-laki dengan keberadaan buah plum. Karena memang buah ini kebanyakan populer di kalangan wanita yang sedang diet saja bahkan hampir sebagian masyarakan Indonesia tidak tahu apa itu buah plum.

Buah plum atau prem adalah jenis buah berbiji keras atau stone fruit. Buah plum juga dikategorikan sebagai makanan superfood yang banyak memiliki nutrisi bagi kesehatan tubuh.

Buah plum sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Eropa sejak ratusan tahun yang lalu. Selain itu juga sudah banyak petani Eropa yang menghasilkan budidaya dengan 40 jenis varietas yakni:

  • Plum Eropa (P. domestica) 14 varietas plum.
  • Plum Jepang (P. salicina) 18 varietas plum.
  • Plum ceri (P. cerasifera) 8 varietas plum.

Sebelum kita masuk ke bagian inti dari pembahasan, kita juga perlu tahu apa saja kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah plum ini.

Kandungan Nutrisi Buah Plum

kandungan nutrisi buah plum

Berikut kandungan nutrisi buah plum dengan berat 100gram:

Nutrisi/GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)46 (193 kJ)2%
Karbohidrat41.3 g
Air87.2 g
Protein0,7 g1%
Gula9,9 g
Serat1.4 g6%
Lemak0,3 g0%
Vitamin A345 IU7%
Vitamin C9.5 mg16%
Vitamin E (Alpha Tocopherol)0,3 mg1%
Vitamin K6,4 mcg8%
Vitamin B1 (Thiamine)0,1 mg2%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,1 mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,4 mg2%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,1 mg1%
Vitamin B60,1 mg1%
Vitamin B9 (Folat)5 mcg1%
Asam Lemak Omega-644 mg
Kolin1,9 mg
Kalsium6 mg1%
Zat Besi0.2 mg1%
Magnesium7 mg2%
Manganese0,1 mg3%
Fosfor16 mg2%
Potassium (Kalium)167 mg4%
Sodium0,1 mg0%
Seng (Zinc)0,1 mg1%

Manfaat Buah Plum Bagi Tubuh

manfaat buah plum bagi tubuh

1. Membantu menurunkan berat badan

Anda semua tentu sudah tahu dan pernah mendengar bahwa buah plum ini bisa menurunkan berat badan lebih tepatnya cocok untuk diet.

Ini karena buah plum termasuk buah yang memiliki banyak serat dan rendah kalori. Apalagi ditambah dengan sifat plum yang bisa memperlancar pengosongan usus, tentu hal ini bisa sangat membantu dalam proses penurunan berat badan Anda.

2. Mengatasi sembelit

Sembelit adalah salah satu kondisi dimana sistem pencernaan susah untuk mengeluarkan pembuanga atau BAB. Sembelit ini biasanya terjadi karena kurangnya asupan serat dan juga air pada tubuh.

Nah, buah plum sendiri kaya akan serat alami yang bisa membantu memadatkan feses dan juga melancarkan proses pembuangannya.

Oleh karena itu dengan Anda mengkonsumsi buah plum secara teratur, sistem pencernaan Anda akan menjadi sehat.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga

3. Menjaga kadar gula darah

Dilansir dari Healthline, buah plum merupakan buah yang memiliki tingkat indeks glikemik rendah. Itu artinya buah plum ini bisa membantu Anda dalam mengendalikan kadar gula sekaligus menurunkan risiko meningkatnya diabetes tipe 2.

Tidak cukup sampai disitu, buah plum ini juga bisa meningkatkan adinopektin, yakni hormon yang berperan khusus dalam mengatuk kadar gula.

4. Menjaga kesehatan jantung

Buah plum memiliki sumber mineral kalium yang terbilang cukup banyak. Kalium ini dipercaya dapat membantu mengontrol irama jantung, kontraksi otot jantung, impuls saraf, dan menjaga tekanan darah yang bisa menyebabkan stroke.

Salain kalium buah plum ini juga memiliki antioksidan sekaligus pewarna alami yakni zat antosianin. Zat ini dipercaya bisa tubuh dari radikal bebas yang berbahaya seperti sel kanker.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Dilansir dari National Institute sof Health, buah plum memiliki jenis serat tidak larut yang bernama asam propionat. Dalam ilmu medis serat ini pernah dibuktikan mempunyai sifat yang bisa menurunkan kolesterol.

Salah satunya dari penelitian hewan yang membuktikan bahwa asam propionat terbukti dapat menghambat HMG-CoA reduktase (enzim yang membantu dalam produksi kolesterol yang berasal dari hati).

6. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah plum lainnya yaitu dapat menyehatkan mata. Plum atau prem ini memiliki kandungan vitamin A atau beta karoten yang cukup banyak dan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Jadi jangan sungkan untuk mengkonsumsi buah plum ya.

7. Menjaga kesehatan tulang

Dilansir dari Healthline, buah plum mempunyai kandungan banyak kalsium dan fosfor yang dapat menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan fosfor dalam buah bit ini berperan dalam mencegah pengroposan tulang dan juga menormalkan kembali kondisi tulang.

Baca Juga: Manfaat Buah Delima

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain menyehatkan tulang, buah plum juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh loh. Ini karena buah plum mengandung fitonutrien dan antioksidan yang cukup tinggi.

Antioksidan yang terdapat dalam buah plum ini bernama fenol, fenol sendiri merupakan jenis antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas berbahaya seperti anion superoksida.

9. Menurunkan risiko kanker

Tidak cukup sampai disitu saja, buah plum ini ternyata juga mengandung pgmen anthocyanin, yang dipercaya dapat melindungi tubuh darisel radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Selain itu juga ada sebuat studi yang dilakukan oleh Texas A&M University of North Carolina menyebutkan bahwa dengan menkonsumsi buah plum kering dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus besar.

Ini bisa disimpulkan manfaat buah plum juga bisa membantu mengurangi resiko terkena kanker usus besar.

10. Menyehatkan kulit

Anda tentu sudah tahu tentang manfaat dari vitamin C dan juga beta karoten, yaitu bisa mencegah penuaan dini sekaligus menyehatkan kulit.

Buah plum sendiri memiliki banyak kandungan antioksidan, vitamin C, dan juga beta karoten. Hal ini sangat membantu sekali dalam menutrisi kulit dan juga mengilangkan tanda0tanda penuaan dini.

11. Membantu mengatasi anemia

Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan hemogoblin atau sel darah merah. Kondisi ini biasanya menyebabkan pusing, kulit pucat, dan juga kelelahan.

Untuk mengatasinya kita memerlukan asupan zat besi, dalam buah plum sendiri diketahui terdapat sekitar 4.5% asupan zat besi harian kita. Namun, tetap kita juga harus mendapatkan asupan nutrisi lainnya dalam membuat sel darah merah.

12. Mencegah osteoporosis

Manfaat buah plum yang terakhir yakni dapat mencegah osteoporosis karena kandungan kalsium dan juga boron dalam meningkatkan kekuatan tualng dan juga otot.

Ada sebuah studi gabungan yang terdiri dari Oklahoma State University dan Florida State University membuktikan bahwa buah plum kering dapat mencegah penurunan masa tulang pada wanita pascamenopause yang rentan terkena penyakit osteoporosis.

Baca Juga: Manfaat Buah Bit

Cara Megonsumsi Buah Plum

Sebetulnya plum ini termasuk buah yang bisa kita konsumsi secara langsung, tapi karena buah plum memiliki rasa asam bercampur manis sebagian orang lebih memilih buah plum yang sudah diolah. Ingin tahu seperti apa cara mengolah buah plum? Berikut ulasannya:

Jus buah plum

cara mengolah jus buah plum

Untuk membuat jus buah plum cukup mudah, kita hanya perlu menyiapkan:

  • 2-3 Buah plum yang sudah dipotong dipisahkan dari bijinya.
  • Es batu secukupnya.
  • Air dan mesin blender.

Cara mengolahnya cukup kita campurkan potongan buah plum dan es batu ke dalam blender, jangan lupa tambahkan air secukupnya, setelah itu langsung kita blender. Untuk Anda yang tidak suka rasa asam bisa tambahkan madu sebagai campurannya.

Smoothie plum

cara mengolah smooth buah plum

Bahan yang kita butuhkan untuk membuat smoothie plum:

  • 3 buah plum yang sudah dipotong.
  • 2 gelas susu segar.
  • 1/2 sdt kayu manis.
  • 1/4 gelas bluberry yang sudah dihaluskan.
  • Es batu secukupnya.

Untuk membuatnya sama seperti membuat jus, campur dan haluskan semua bahan-bahan kedalam blender, smoothie plum siap minum.

Plum Kering

manfaat buah plum kering

Untuk membuat plum kering kita memerlukan bahan-bahan seperti beberapa buah plum yang sudah matang bewarna coklat hitam, oven, aluminium foil, dan nampan. Berikut ini langkah-langkah dala membuat plum kering:

  • Potong sedikit buah plum untuk mengeluarkan bijinya.
  • Jejerkan buah plum pada loyang atau[un nampan yang sudah beralaskan aluminium foil.
  • Masukkan kedalam oven dan panaskan buah plum dengan suhu antara 175-200 fahrenheit, kalau bisa di titik paling rendah karena itu lebih baik.
  • Anda bisa mengelarkan buah plum dengan tingkat kekeringan yang Anda sukai, biasanya antara 2-6 jam.

Efek Samping Buah Plum

Menurut dokter gizi Dr. Christoper Andrian, M.Gizi, Sp. GK walaupun buah plum mampu menurunkan berat badan akan tetapi ia tidak bisa dijadikan patokan bahwa semua orang cocok jika berdiet dengan buah plum.

Bisa disimpulkan bahwa buah plum ini mungkin cocok untuk sebagian orang akan tetapi bagaimana dengan sebagin orang lainnya?

Contoh ‘diet plum’, buah plum ini menjanjikan penurunan berat badan. Namun apakah Anda tahu efek yang terjadi ?

Efek yang ditimbulkan jika diet dengan buah plum dapat mempercepat pengosongan usus sehingga meningkatan sirkulasi buang air besar, dimana dalam satu hari bisa BAB 2-3 kali.

Nah, jika ini terjadi dengan rentan waktu yang cukup lama bisa menyebabkan asupan micronutriens dan macronutriens tidak akan diserap oleh tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami defisiensi seperti kekurangan vitamin A, B, C, protein dan lain-lain.

Oleh karena itu walaupun tubuh mengalami penurunan berat badan akan tetapi ada efek samping juga yang ditimbulkan yaitu kurangnya asupan nutrisi, karena tadi tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan.

Jenis Buah Plum

Plum Eropa
VarietasVarietas Penyerbukan
Angelina BurdettPenyerbukan sendiri, Grand Duke, Jefferson, Presiden
Anna SpathPenyerbukan sendiri, Czar, Victoria
Cambridge GagePenyerbukan sendiri, Czar, Greengage, Presiden, Reine, Claude de Bavay, Victoria
Cole’s Golden GageCambridge Gage, D’Agen, Greengage, Presiden, Rein Claude de Bavay, Victoria
CzarPenyerbukan sendiri
D’AgenPenyerbukan sendiri
Grand DukeAngelina Burdett, Jefferson, Presiden
GreengageAngelina Burdet, Jefferson, Presiden
OpalPenyerbukan sendiri, Cambridge Gage, Czar, Victoria
JeffersonAngelina Burdett, Grand Duke, Presiden, Reine Cloude de Bavay
PresidenAngelina Burdett, D’Agen, Grand Duke, Jefferson Reine Cloude de
BavayPenyerbukan Sendiri
VictoriaPenyerbukan Sendiri
 Plum Jepang
VarietasVarietas Penyerbukan
Black AmberFriar, Queen Rosa, Santa Rosa
BurbankSanta Rosa, Sultan, Wickson
EldoradoSanta Rosa, Wickson
Elephant HeartRedheart, santa Rosa, Sultan Wickson
FriarQueen Rosa, Redheart, Santa Rosa
KelseyPenyerbukan sendiri
Late Santa RosaPenyerbukan sendiri, Elephant Heart, Wickson
MariposaElephant heart, Narrabeen, Redheart, Salad, Satsuma
NarrabeenElephant heart, Mariposa, Redheart, Salad, Santa rosa, Satsuma
Queen RosaFriari, Ruby Red, Santa Rosa, Satsuma
RedheartPenyerbukan sendiri, Elephant heart, Santa Rosa
Ruby RedQueen Rosa, Santa Rosa, Satsuma
SaladElephant heart, Mariposa, Naarabeen, redheart
Santa RosaPenyerbukan sendiri, Mariposa, Narrabeen Redheart, Ruby Red, Wickson
SatsumaPenyerbukan sendiri, Mariposa, Narrabeen, Queen Rosa, Ruby Red, Santa Rosa
ShiroNarabeen, Redheart, Santa Rosa
SultanPenyerbukan sendiri, Burbank, Elephant-Heart, Omega, Santa Rosa
WicksonSanta Rosa
Cherry Plum
VarietasVarietas Penyerbukan
BillingtonBlack Doris, Doris, Omega, Wilson’s Early
Black DorisBillington, Elephant Heart, Santa rosa, Wickson
DelightElephant Heart, Late Santa Rosa, Santa Rosa
DorisBilington, Mariposa, Santa Rosa
OmegaPenyerbukan sendiri, Bilington, Doris, Elephant Heart, Santa Rosa, Sultan
Purple KingOmega, Wilson’s Early
SpriteDelight, Santa Rosa
Wilson’s EarlyPenyerbukan sendiri, Billington, Black-Doris, Omega, Santa Rosa

Tanya Jawab Seputar Buah Plum

Benarkah buah plum untuk menurunkan berat badan?

Buah plum ini termasuk jenis buah yang kaya akan serat dan rendah kalori, maka dari itu banyak sekali para dokter yang menyarankan buah plum sebagai makanan tambahan saat sedang diet.

Bolehkah orang berpenyakit maag mengkonsumsi buah plum?

Tidak disarankan orang yang memiliki penyakit maag mengkonsumsi buah plum, ini karena buah plum memiliki efek yang menyebabkan sirkulasi BAB meningkat bisa 2-3 kali dalam sehari. Intinya buah plum ini tidak bisa diterapkan semua orang dan sebelum Anda mengkonsumsi buah plum sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu jika Anda memiliki riwayat penyakit.

Bolehkah ibu hamil mengkonsumsi buah plum?

Untuk ibu hamil, boleh-boleh saja asal sudah berkonsultasi ke orang yang lebih ahli. Karena buah plum ini sangat sedikit mengandung kalori, sedangkan kebutuhan asupan kalori dan nutrisi ibu hamil 2 kali lipat lebih banyak dari orang biasa. Sekedar saran sebaiknya dikonsumsi setelah melahirkan untuk menurunkan berat badan.

Seperti apa rasa dari buah plum?

Buah plum memiliki banyak jenis jadi tidak bisa disama ratakan rasa dari buah plum. Kalau di Negara indonesia buah plum kebanyakan rasanya asam, ada juga jenis buah plum yang memiliki rasa manis seperti jenis Eropa dan Jepang.

Demikian itu sedikit pembahasan mengenai manfaat buah plum, jangan lupa like dan share jika artikel ini bermanfaat.

Sumber referensi: Data kandungan gizi buah plum atau prem dikutip dari SELF Nutrition Data. Sedangkan data khasiat dan manfaat buah tin diambil dari National Center For Biotechnology Information

0 Shares:
4 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat buah semangka untuk darah rendah
Read More

Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka – Anda semua pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang mampu memberikan rasa manis…
manfaat masker alpukat dengan madu
Read More

Manfaat Masker Alpukat

Manfaat Masker Alpukat – Banyak sekali masyarakat yang belum mengetahui ternyata buah alpukat ini bisa dijadikan alternatif lain…
manfaat buah markisa
Read More

Manfaat Buah Markisa

Manfaat Buah Markisa – Hai sobat lintar, apakah kalian termasuk penggermar buah markisa? Buah yang memiliki cita rasa…