Manfaat Buah Bit

manfaat buah bit dalam melawan kanker

Manfaat Buah Bit – Mungkin sebagian dari Anda belum pernah mengenal atau pun mendengar tentang buah bit. Kerena memang buah ini baru populer di beberapa bulan terakhir.

Sebetulnya juga buah bit ini adalah tanaman yang berjenis umbi-umbian dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae, jadi bisa disimpulkan buah bit ini masih dalam kategori tamanam seperti wortel, kentang, lobak, dan sayuran berakar lainnya.

Buah bit pertama kali di konsumsi oleh masyarakat Afrika, bagian tanaman yang dikonsumsi awalnya hanya akar nya saja karena memiliki rasa manis dan juga untuk obat kesehatan.

Seiring berjalannya waktu daging dan daun dari tanaman bit ini juga ikut dikonsumsi oleh masyarakat.

Nah, barulah buah bit ini populer diwilayah Asia dan Eropa karena mulai banyak ilmuan yang meneliti akan khasiat dari tanaman buah bit ini. Dan juga banyak orang yang ikut serta membudidayakan tanaman buah bit.

Ingin tau apa saja kandungan nutrisi dan manfaat dalam buah bit? yuk, simak artikel berikut ini.

Kandungan Gizi Buah Bit

kandungan gizi buah bitSebelum memasuki pembahasan saya ingin sedikit memberi pengetahuan untuk Anda, tentang kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah bit. Berikut ini kandungan buah bit setiap 100 gramnya:

Nutrisi/GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)58,5 (245kj)3%
Karbohidrat13 g4%
Air119 g
Protein2,2 g4%
Gula9,2 g
Serat3,8 g15%
Lemak0,2 g0%
Vitamin A44,9 IU1%
Vitamin C6,7 mg11%
Vitamin D
Vitamin E (Alpha Tocopherol)0,1 mg0%
Vitamin K0,3 mcg0%
Vitamin B1 (Thiamine)0,067 mg3%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,1 mg4%
Vitamin B3 (Niacin)0,5 mg2%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,2 mg2%
Vitamin B60,1 mg5%
Vitamin B9 (Folat)148 mcg37%
Kolin8,2 mg
Betaine175 mg
Kalsium21,8 mg2%
Zat Besi1,1 mg6%
Magnesium31,3 mg8%
Manganese0,4 mg22%
Fosfor54,4 mg5%
Potassium (Kalium)442 mg13%
Sodium106 mg4%
Seng (Zinc)0,5 mg3%

Manfaat Buah Bit Bagi Tubuh

1. Meningkatkan kinerja fisik

Ada studi pada tahun 2012 yang menyatakan bahwa, jika Anda meminum jus buah bit saat berolahraga dapat meningkatkan produksi plasma darah dan juga membantu kinerja fisik seseorang.

Dalam studi ini para peneliti melakukan riset dengan para atlet sepeda yang mana mereka semua diminta untuk meminum 2 gelas jus buah bit setiap harinya.

Hasil dari riset tersebut, para atlet mampu memperpendek waktu 12 detik lebih cepat dengan jarak tempuh 10 km. Selain itu juga terbukti bahwa buh bit ini juga membuah para atlet tidak kekurangan oksigen saat berlatih.

2. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kandungan serat dan antioksidan dalam buah bit dapat memberikan efek baik bagi saluran pencernaan. Ini karena serat yang terdapat dalam buah bit mampu melunakkan tinja sehingga dapat melancarkan buang air besar atau BAB.

Jadi buah bit ini sangat cocok sekali untuk anda yang memiliki penyakit seperti susah buah air besar atau sembelit.

Selain itu juga sebuah studi menunjukkan bahwa buah bit ini juga bisa mencegah kerusakan pada dinding saluran pencernaan yang bisa menyebabkan infeksi pada usus dan juga wasir.

Baca Juga: Manfaat Buah Plum

3. Menurunkan tekanan darah

Nah, ada kabar baik juga nih untuk Anda yang memiliki penyakit hipertensi.

Karena, menurut Prof.Amrita Ahluwalia dari Barts and London School of Medicine mengatakan bahwa jika seseorang mengkonsumsi 500 ml jus buah bit atau setara 8 ons setiap harinya.

Maka dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik sehingga Anda juga terhindar dari penyakit jantung atau kardiovaskular.

Ini karena kandungan nitrat yang sangat dominan dalam buah bit bisa diubah oleh tubuh menjadi nitrit oksida dalam darah. Asam nitrat sendiri dipercaya mampu memperlebar dan mengendurkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa lebih stabil.

Penelitian ini juga pernah dilakukan di Peninsula Medical School.

4. Menyehatkan jantung

Selain menurunkan tekanan darah, buah bit ternyata juga bisa menyehatkan jantung.

Ada sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa mereka berhipotesis pigmen merah dalam buah bit merupakan betasianin dan antioksidan.

Kandungan betasianin dan antioksidan yang ada dalam buah bit ini berperan dalam mengatasi peradangan yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

5. Menjaga kesehatan hati

Salah satu faktor penyebab rusaknya organ hati karena pola hidup yang buruk, mengkonsumsi alkohol, dan paparan zat beracun yang dapat membuah kerja organ hati menjadi terbebani.

Untuk mengembalikan kesehatan hati kita perlu banyak sekali zat-zat alami seperti benaine yang terdapat dalam buah bit. Zat betaine ini juga dapat membersihkan racun dan timbunan lemak yang ada di organ hati.

6. Mengobati diabetes

Buah bit ternyata juga sangat baik bahkan disarankan oleh para dokter untuk mengkonsumsi buah bit bagi penderita diabetes.

Karena, kandungan antioksidan asam alpha-liponic dalam buah bit ini dipercaya mampu menurunkan kadar gula, meningkatkan sentivitas insulin, mencegah kerusakan sel dan juga membantu dalam penyembuhan sel saraf yang rusak bagi para penderita diabetes.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Ada sebuah studi pada tahun 2011 yang menemukan bahwa kandungan ekstak buah bit ini bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan kolesterol total dan trigliserida.

Para ilmuan sendiri percaya bahwa penurunan kolesterol setiap pasien yang mengkonsumsi buah bit disebabkan oleh kandungan fitonutri yang juga memiliki khasiat yang sama dengan kandungan flavonoid.

Baca Juga: Manfaat Buah Pepaya

8. Menurunkan risiko demensia (pikun)

Seiring bertambahnya usia, maka fungsi kognitif otak kita juga mengalami penurunan. Penyebab utama dari fungsi otak biasanya karena kurangnya pasokan oksigen dan juga aliran darah yang menuju ke otak.

Nah, buah bit ini memiliki kandungan nitrit yang mampu meningkatkan aliran darah dan juga pasokan oksigen pada bagian tubuh yang kekurangan oksigen.

Jadi, bisa dikatakan buah bit ini mampu mencegah sekaligus melawan gejala demensia atau pikun yang disebabkan kurangnya asupan oksigen dalam aliran darah yang mengarah ke otak.

9. Mencegah anemia

Ada tentu sudah tahu tentang penyakit anemia yang disebabkan karena kurangnya darah dalam tubuh. Nah, untuk mengatasi penyakit anemia atau kekurangan darah ini kita perlu yang namanya zat besi yang cukup tinggi.

Sebab zat besi inilah yang nantinya jadi zat utama dalam pembuatan darah dalam tubuh. Buah bit sendiri memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yang cukup dalam meregenerasi sel darah merah.

Jadi sangat dianjurkan mengkonsumsi buah dan sayuran yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi bagi Anda yang ingin mencegah ataupun mengobati anemia.

10. Menurunkan risiko kanker

Buah bit ini memiliki warna merah magenta yang dihasilkan dari zat betalain dan betasianin. Kedua zat ini merupakan antioksidan yang larut dalam air yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Sebuah studi pada tahun 2014 mengatakan, zat betalain ini memiliki khasiat dalam melawan risiko pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Karena para ilmuan percaya bahwa zat ini mempu menangkal radikal bebas sekaligus menghancurkan sel-sel buaruk dalam tubuh.

11. Mempunyai sifat antiradang

Peradangan adalah proses dimana respon alami dari tubuh dalam melawan sesuatu seperti sel-sel buruk, seperti bakteri, jamur, virus dan mikroorganisme asing yang berasal dari luar tubuh.

Namun, jika peradangan ini terlalu lama terjadi maka akan menyebabkan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh, seperti kerusakan pembuluh darah dan sel jaringan tubuh.

Nah, buah bit ini memiliki antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel jaringan sekaligus menekan peradangan pada tubuh.

Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil

manfaat buah bit untuk ibu hamil dan janin

Selain untuk tubuh, buah bit juga bermanfaat bagi ibu hamil dan juga janin asal tidak dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini manfaatnya:

1. Menurunkan risiko bayi prematur

Kelahiran prematur merupakan kelahiran yang terjadi sebelum minggu ke-37 atau lebih awal dari perkiraan bayi lahir.

Bayi yang lahir prematur cendrung mengalami gangguan kesehatan karena kondisi organ yang belum sempurna. Ada banyak hal penyebab bayi prematur mulai dari faktor kesehatan ibu, faktor kehamilan dan faktor yang melibatkan sang janin.

Nah salah satu cara untuk menghindari bayi prematur para dokter menyarankan mengkonsumsi buah yang kaya akan protein dan folat seperti buah bit ini.

2. Mencegah spina bifida pada janin

Spina bifida merupakan cacat lahir yang ditandai dengan terbentuknya celah atau defek pada tulang belakang dan saraf tulang belakang bayi.

Kelainan ini terjadi karena pembentukan saraf tulang belakang yang tidak sempurna pada saat bayi masih dalam kandungan.

Kelainan ini bisa karena faktor keturunan, kekurangan asam folat, diabetes, obesitas, dan obat-oabatan tertentu.

Buah bit ini memiliki kandungan folat yang cukup tinggi yang dapat membantu mencukupi kebutuhan folat harian ibu hamil.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga

Cara Mengkonsumsi Buah Bit

cara mengkonsumsi buah bit

Ada banyak cara untuk mengolah buah bit ini, mulai dari di buat menjadi jus, di buat eskrim, dan bisa juga dijadikan salad. Ingin tahu bagaimana cara mengolahnya? yuk, simak ulasan berikut ini:

Jus buah bit

Cara mengolah buah bit ini terbilang cukup mudah karena hanya dengan menggunakan campuran seadaanya saja. Yaitu:

  • 1-2 buah bit berukuran sedang.
  • 1 gelas air putih.
  • Es batu secukupnya.

Langkah pembuatan:

  • Bersihkan dengan air dan Kupas terlebih dahulu buah bit dari kulitnya.
  • Potong-potong buah bit lalu masukkan ke dalam blender.
  • Campurkan air putih dan es secukupnya kemudian blender hingga terlihat lembut lembut.
  • Saring jus buah bit dan siap untuk dikonsumsi.

Bagi Anda yang ingin menambahkan rasa pada jus buah bit bisa ditambahkan gula 1 sendok saja agar nutrisi jus buah bit dalam mencegah diabetes tidak hilang.

Salad buah bit dan tomat

salad bit dan tomat

Bagi Anda yang sedang melakukan diet dan ingin mendapatkan khasiat dari buah bit ini bisa mencoba dengan resep salad buah bit yang satu ini. Berikut ini bahan-bahan yang kita butuhkan.

  • 2 buah bit berukuran sedang.
  • 3 buah beefsteak tomato.
  • Lada.
  • 1 siung bawang merah.
  • 5 sdt Eksta VCO (Virgin Coconut Oil).
  • 2 sdt red wine vinegar.
  • 1 sdt daun oregano segar.
  • garam secukupnya.

Langkah pembuatan:

  1. Panaskan oven hingga 200°C.
  2. Panggang buah bit dengan gunakan loyang dan alumunium foil.
  3. Tata buah bit agar tidak menumpuk satu sama lain.
  4. Tuang 2 sdm minyak zaitun dan penyedap rasa secara merata.
  5. Tutup alumunium foil untuk memasak.
  6. Panggang buah bit selama 1 jam, lalu keluarkan buah bit dari oven.
  7. Dinginkan buah bit, lalu kupas kulitnya.
  8. Potong buah bit dan tomat dengan ukuran yang agak tebal (0.6 cm).
  9. Kocok 3 sdm minyak zaitun dan bahan-bahan lainnya untuk dijadikan saus.
  10. Siapkan piring lebar, lalu tata buah bit dan tomat selang-seling.
  11. Kemudian bumbui dengan garam dan lada.
  12. Tuang saus yang tadi dibuat di mangkuk kecil, tambahkan garnish dengan daun oregano.

Untuk resep eskrim bit bisa klik link ini.

Mungkin cukup sampai disini dulu artikel tentang manfaat buah bit, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membuka wawasan bagi Anda semua, terima kasih.

Sumber referensi: Data kandungan gizi buah bit (ubi bit merah) atau beetroot dikutip dari SELF Nutrition Data.

0 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka
manfaat daun bidara
Selengkapnya

Manfaat Daun Bidara

Manfaat Daun Bidara – Negara Indonesia ini memiliki ribuan jenis tumbuhan yang tersebar di berbagai daerah. Keanekaragaman hayati…
tanaman toga
Selengkapnya

Tanaman Obat Keluarga

Tanaman toga – Kita semua tau bahwa indonesia ini memiliki banyak ke aneka ragaman. Mulai dari hewan, tumbuhan,…
manfaat buah bidara
Selengkapnya

Khasiat Buah Bidara

Khasiat Buah Bidara – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu manfaat daun bidara, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang…