Manfaat Buah Zaitun –  Jika Anda seorang muslim tentu sudah tidak asing lagi dengan buah yang bernama zaitun, jenis buah surga yang banyak disebutkan dalam al quran dan hadist.

Buah zaitun merupakan buah tradisional yang ditemukan sejak 6000 tahun lalu di mediterania timur seperti di perbatasan Turki.

Buah zaitun sendiri dipercaya memiliki banyak khasiat dan juga sudah lama dijadikan bahan obat untuk menyembuhkan bebagai macam penyakit oleh bangsa Mesir kuno.

Buah Zaitun dalam Al Qur’an dan Hadist

Berikut ini beberapa surat dalam Al Qur’an dan Hadist yang menyebutkan tentang pohon dan buah zaitun:

Q.S At-Tin ayat 1-2

Q.S An-Nuur ayat 35

Q.S Al-An’am ayat 99

Hadist Nabi tentang Buah Zaitun

Kandungan Nutrisi Buah Zaitun

Sebelum kita memasuki inti pembahasan, izinkan saya untuk memberi sedikit informasi tentang kandungan gizi dalam buah zaitun. Berikut ini rincian kandungan buah zaitun per 100 gram:

Nutrisi/GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)115 (481 kJ)6%
Karbohidrat6,3 g2%
Air80 g
Protein0,8 g2%
Gula
Serat3.2 g13%
Lemak10,3 g16%
Vitamin A403 IU8%
Vitamin C0,9 mg1%
Vitamin E (Alpha Tocopherol)1,7 mg8%
Vitamin K1,4 mcg2%
Kolin10,3 mg
Kalsium88 mg9%
Zat Besi3.3 mg18%
Magnesium4 mg1%
Manganese0 mg1%
Fosfor3 mg0%
Potassium (Kalium)8 mg0%
Sodium872 mg36%
Seng (Zinc)0,2 mg1%

Manfaat Buah Zaitun Bagi Tubuh

manfaat buah zaitun bagi tubuh

1. Menjaga kesehatan kulit

Dalam dunia kedokteran tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya zat antioksidan dan juga vitamin E. Karena memang kedua zat ini cukup penting dalam menjaga kesehatan buuh kita dari radikal bebas sekaligus menjaga kesehatan kulit.

Dikutip dari Healthlinebuah zaitun ini kaya akan kandungan vitamin E dan juga antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas seperti sinar matahari.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Tidak cukup sampai disitu, ternyata buah zaitun ini juga memiliki khasiat yang sama dengan manfaat buah tin.

Ini karena zaitun mempunyai kandungan serat dan juga mineral seperti vitamin C yang dapat menurunkan resiko terkena kanker usus. Selain itu juga buah zaitun banyak memiliki kalori dan juga serat yang dapat mencegah terjadinya sembelit.

3. Meredakan nyeri pada radang sendi

Dilansir dari National Institutes of Health, buah zaitun ataupun minyak zaitun ini mengandung antioksidan yang bernama fenolik. Fenolik sendiri merupakan zat yang mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan rasa nyeri dari radang sendi.

4. Membantu mencukup cairan tubuh

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, ini tentu akan sangat membuat kita menjadi lemas. Nah kabarnya, zaitun ini memiliki kandungan mineral seperti vitamin C dan juga natrium.

Kedua kandungan zat ini sangat membantu dalam mencukupi kekurangan cairan dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung

Buah zaitun ini juga memiliki kandungan asam oleat yang dipercaya mampu menyehatkan jantung. Kandungan ini bermanfaat dalam mengatur kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah tinggi, dan juga melindungi kolesterol baik (LDL) dari oksidasi.

Selain itu juga kandungan antioksidan yang bernama hydroxytyrosol pada buah zaitun juga mampu melindungi jantung dari penyakit seperti stroke.

6. Menyehatkan dan memperbaiki penglihatan

Kita semua tentu tidak akan mau mengalami masalah mata seperti terkena rabun jauh ataupun rabun dekat. Nah, salah satu cara untuk mencegah dan juga mengobati rabun ini kita memerlukan zat yang bernama vitamin A atau beta karoten.

Buah zaitun sendiri mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi, tentu buah ini sangat cocok untuk menambah asupan nutrisi dalam mencegah mata rabun.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga

7. Menjaga kesehatan tulang

Buah zaitun juga memiliki kandungan kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang dari penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Perlu Anda ketahui ada sebuah fakta tentang penyakit osteoporosis, dimana negara-negara Mediterania yang rajin mengkonsumsi buah zaitun ini memiliki tingkatan terkena osteoporosis yang terendah dibandingkan negara-negara Eropa.

8. Menurunkan risiko kanker

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, kandungan asam oleat dan antioksidan dalam buah zaitun ini dapat menurunkan risiko terkena kanker.

Kedua zat tersebut berkerja dalam mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar, kanker payudara, dan juga kanker perut.

9. Menurunkan risiko diabetes

Diabetes ini sangat erat kaitannya dengan kadar gula darah, bauh zaitun sendiri seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa ia sangat kaya akan serat dan juga kandungan sodium.

kandungan sodium yang cukup tinggi dalam buah zaitun ini dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah, sehingga bisa menurunkan risiko terjadinya diabetes.

10. Membantu pembentukan sel darah merah

Manfaat buah zaitun yang terakhir yakni dapat membantu mengatasi kekurangan darah atau anemia. Ini karena zaitun memiliki kandungna zat besi yang diyakini dapat membantu proses pembentukan hemogoblin.

Baca Juga: Manfaat Buah Jeruk

Pertanyaan Seputar Buah Zaitun

Benarkah buah zaitun dapat menurunkan berat badan?

Dalam menurunkan berat badan dengan diet sangat erat kaitannya dengan zat kalori. Nah, buah zaitun ini memiliki kalori yang sangat banyak bahkan 2 kali lipat dibandingkan buah biasa. Karena itulah buah zaitun tidak bisa dimasukkan dalam diet anda.

Apa saja efek samping dari buah zaitun?

Umumnya buah zaitun ini tidak memiliki efek samping bagi tubuh, hanya saja buah plum ini mengandung zat garam seperti sodium yang cukup tinggi. Sehingga tidak disaran kan bagi Anda yang memiliki alergi ataupun pantangan terhadap zat tersebut.

Seperti apa cara terbaik dalam memakan buah zaitun?

Dalam mengkonsumsi buah zaitun banyak dokter yang menyarankan mengkonsumsinya secara langsung. Caranya sama seperti memakan daging buah kelapa yakni dengan dikerok daging buahnya.

Sumber referensi: Data kandungan gizi buah zaitun dikutip dari SELF Nutrition Data.

0 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat buah markisa
Read More

Manfaat Buah Markisa

Manfaat Buah Markisa – Hai sobat lintar, apakah kalian termasuk penggermar buah markisa? Buah yang memiliki cita rasa…
manfaat daun salam
Read More

Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam – Jika Anda sering mengamati masakan-masakan khas nusantara, tentunya daun salam ini hampir selalu ada…
manfaat buah cermai
Read More

Manfaat Buah Cermai

Manfaat Buah Cermai – Mungkin sebagian dari anda belum pernah mengenal tentang buah cermai, karena memang buah ini…
manfaat buah naga merah
Read More

Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga – Anda tentu sudah sering melihat buah naga yang banyak dijajakan ditukang buah, kedai, maupun…