Fathi Muhammad Seorang santri yang tertarik dengan dunia jaringan komputer dan Internet marketing terutama di bidang SEO, sekarang menjadi penulis di Lintar Media.

55+ Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Jasmani

5 min read

jahe merah

Manfaat Jahe Merah – Jahe merupakan tanaman herbal sekaligus tanaman bumbu dapur yang dipercaya bisa mengatasi rasa mual, pusing, batuk dan lainnya.

Perlu anda fahami Jahe atau bahasa ilmianya Zingiber officianale ini memiliki tiga jenis, yang paling sering di konsumsi oleh masyarakat umum. Yaitu, jahe gajah, jahe putih atau jahe emprit, dan jahe merah.

Nah, dari ketiga jenis tersebut hanya jahe merah yang sering dikonsumsi sebagai bahan baku dari obat. Sedangkan jahe putih dan jahe gajah umumnya digunakan sebagai rempah-rempah dan masakan dapur.

Kandungan Zat Jahe Merah

kandungan jahe merah
pixabay.com

Bagian tanaman jahe merah yang paling sering di gunakan untuk bahan baku obat adalah bagian rimpang. Dimana rimpang dari jahe merah ini mengandung senyawa alami yang baik untuk tubuh, Berikut ini kandungan jahe merah:

1. Minyak Atsiri

Senyawa ini memiliki ciri khas yaitu berwarna kuning dan kental. Sedangkan kadar kandungan minyak atsiri pada jahe merah antara 2,5%-2,7%. Perlu anda ketahui besanya kadar kandungan minyak atsiri di pengaruhi oleh umur tanaman.

2. Oleoresin

Senyawa ini merupakan senyawa yang memberikan rasa pahit pada jahe merah. Senyawa ini juga merupakan senyawa campuran antara minyak atsiri dan resin (gum).

3. Zingiberal dan zingiberen

Jika anda pernah merasakan sensai pedas pada saat mengkonsumsi jahe merah maka zat inilah yang menyebabkan rasa pedas tersebut. senyawa ini dipercaya oleh para ilmuan dapat menetralkan efek dari radikal bebas.

4. Gingerol

Senyawa ini merupakan senyawa yang paling besar kadar kandungan nya dalam jahe merah, selain itu senyawa ini juga yang memberikan rasa pedas. fungsi dari senyawa ini adalah mengatasi rasa mual dan pusing.

5. Shogaol

Senyawa ini meripakan hasil dari dehidrasi senyawa gingerol. Senyawa ini juga kaya akan anti oksidan dan vitamin, yang bisa mencegah penyakit kanker.

6. Phenol

Merupakan senyawa yang bisa dijadikan obat batuk, sakit tenggorokan, radang dan lainnya.

Sebetulnya masih banyak lagi senyawa yang terkandung pada jahe merah seperti : zingerone, lesitin, oleic acid, palmitic acid, asam amino, vitamin A, B, C dan protein.

Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh

Setelah kita mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam jahe, kini saat nya kita beberkan manfaat dari jahe merah. Yang menyebabkan para petani ingin membudidayakan jahe merah, Berikut ini ulasan dari amnfaat jahe merah.

1. Mengatasi Hipertensi

menurunkan tekanan darah tinggi
alodokter.com

Hipertensi atau yang biasa disebut tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang bisa di atasi dengan mengkonsumsi jahe merah.

Karena jahe merah ini memiliki fungsi yang dapat melepaskan hormone adrenalin yang dapat memicu besarnya pembuluh darah. Selain itu jahe merah juga memiliki sifat hipoglikemik yang bisa menurunkan tekanan darah.

2. Mengobati Rematik

mengatasi rematik
pixabay.com

Selain itu jahe merah juga bisa mengatasi nyeri sendi yang disebabkan oleh rematik. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya jahe merah ini memiliki kandungan senyawa aktif gingerol yang dapat membantu merawan peradangan pada sendi.

Baca Juga : Tanaman Obat Keluarga

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

menurunkan kadar gula darah
alodokter.com

Ada sebuah penelitian di iran yang memberikan jawaban bahwa jahe merah bisa menurunkan kadar gulan darah dan kadar HbA1c dalam darah.

Yang mana jika seorang pasien yang memiliki penyakit diabetes tipe 2, dengan meminum air dari jahe merah ini dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah.

4. Mencegah Penyakit Kanker Usus

mencegah kanker usus
okezone.com

Manfaat jahe merah berikutnya yaitu bisa dijadikan sebagai obat pencegah kanker usus. Ada sebuah penelitian di amerika yang menyebutkan bahwa jika sering mengkonsumsi jahe merah dapat menurunkan resiko terkena kanker usus.

5. Mengobati Alergi

mengobati alergi pada kulit
hellosehat.com

Jika anda memiliki alergi, maka saya sarankan anda untuk mengkonsumsi air seduhan dari jahe merah alami. Karena jahe sendiri bisa menghilangkan rasa gatal karena alergi dan juga bisa menyembuhkan elergi tersebut.

6. Menghangatkan Tenggorokan

mendinginkan tenggorokan
pexels.com

Jika anda sering merasakan sakit ataupun gatal pada tenggorokan anda, saya sarankan untuk mengkonsumsi air dari rebusan jahe merah. Karena jahe merah memiliki senyawa phenol yang dapat melegakan tenggorokan.

7. Mengatasi Lemak Berlebih

mengatasi lemak berlebih
pexels.com

Manfaat jahe merah Berikutnya yaitu mengatasi lemak berlebih. Karena jahe merupakan tanaman yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori.

Sebuah penelitian yang dilaksanakan di institute for Human Nutrition di Columbia University, menyimpulkan bahwa jika pasien sering meminum air rebusan jahe merah akan mudah mengalami rasa kenyang.

8. Mengatasi Mual dan Pusing

mengatasi mual dan pusing
hellosehat.com

Sebuah penelitian yang melibatkan jahe merah, pernah menyimpulkan bahwa jahe merah ini bisa dijadikan sebagai penenang ketika pusing dan mual.

Ada juga sebagian rumah sakit yang memberikan terapi jahe kepada pasian kemoterapi yang sering merasakan mual dan pusing.

9. Menyehatkan Sistem Pencernaan

menyehatkan sistem pencernaaan
pixabay.com

Selain manfaat diatas jahe merah juga bisa menyehatkan sistem pencernaan kita. Dimana jahe merah ini memiliki zat yang bisa merangsang keluarnya gas dari perut.

Selain itu jahe merah juga mengandung aseton yang bisa mencegah terjadinya iritasi pada bagian saluran pencernaan.

Baca Juga: khasiat buah bidara

10. Mengobati Migrain

mengatasi migrain
pixabay.com

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya jahe merah ini juga bisa mengatasi pusing atau sakit kepala akubat migrain. Karena ini sudah di dilakukan penelitian dari puluhan pasien yang mengalami migrain.

Mereka semua merasakan hasilnya, dimana jahe ini ternyata bisa mengurangi ketidaknyamanan akibat migrain.

baca juga: manfaat buah zuriat

11. Mengatasi Nyeri Otot

mengatasi nyeri otot
azkacollection.net

Selain itu jahe juga bisa mengatasi nyeri otot, ini dibuktikan pada sebuah penelitian pada tahun 2013 yang menyimpulkan bahwa jahe bisa menghilangkan rasa nyeri pada otot para atlet.

Dimana selama 6 minggu penelitian mereka mengkonsumsi jahe secara rutin, dan mengalami penurunan pada saat nyeri otot. Dari pada atlet yang tidak mengkonsumsi jahe.

12. Mengurangi Peradangan Tubuh

Peradangan tubuh biasa terjadi karena pola makan yang mempengaruhi kesehatan tubuh. Peradangan ini menyebabkan wajah membengkak dan kulit terasa panas kemerahan.

Untuk mengatasi peradangan dalam tubuh, adalah dengan mengkonsumsi jahe merah. Karena jahe merah ini memiliki sifat inflamasi, anti bakteri, dan antiviral.

13. Mengatasi Osteoarthritis

mengatasi osteoarthritis
alodokter.com

Osteoarthritis merupakan suatu kondisi dimana kondisi tersebut menyebabkan persendian dan tulang kita menjadi sakit, kaku, dan membengkak.

Sendi-sendi yang biasa terkena adalah lutut, pinggul, tanngan dan tulang punggung. Untuk mengatasi nya anda bisa mengkonsumsi ekstrak jahe merah.

14. Mencegah Penggumpalan Darah

mengatasi penggumpalan darah
pixabay.com

Penggumpalan darah ini biasa terjadi kepada orang yang memiliki berat badan berlebih, perokok, dan wanita hamil. Akibat dari penggumpalan ini bisa menyumbat peredaran darah yang nantinya akan menyebabkan stroek dan serangan jantung.

Untuk mengtasinya adalah dengan senyawa gingerol yang terdapat pada jahe.

Perbedaan Jahe Merah dengan Jahe Lainnya

perbedaan jahe merah
okezone.com

Untuk perbedaan nya sih sangat mudah, jika jahe putih dan jahe gajah sering dijadikan rempah-rempah bumbu dapur, sedangkan jahe merah lebih signifikan untuk dijadikan sebagai herbal atau obat.

Selain itu jahe merah juga memiliki kandungan minyak atsiri, gingerol, dan minyak atsiri yang lebih tinggi dibandingkan dengan jahe lainnya.

Minyak atsiri yang dimiliki jahe merah berkisar antara 2,5% – 2,7%, sedangkan jahe putih sebesar 1,5% – 3,3% dan jahe gajah hanya memiliki kandungan sekitar 0,83% – 1,7% minyak atsiri saja.

Jahe merah juga memiliki rasa yang pedas yang dihasilkan dari zat zingeron serta lebih banyak dari jahe putih dan jahe gajah.

Jadi jgan heran jika jahe merah ini jahe yang paling sering diolah untuk dijadikan bahan baku munyak jahe dan obat-obatan.

Cara Mengkonsumsi Jahe Merah

mengkonsumsi air jahe merah
pixabay.com

Untuk mengkonsumsinya saya memilih jahe merah yang segar, dimana nantinya jahe merah ini akan saya jadikan minuman.

Untuk cara membuat minuman dari jahe merah anda bisa menyimaknya dibawah ini :

  1. Pilih jahe merah yang masih fresh dan tidak ada sisa gulma.
  2. Parut jahe hingga menghasilkan 2 sendok teh jahe segar.
  3. Kemudian rebus parutan jahe dengan 4 gelas air sedang.
  4. Tunggu hingga parutan jahe dengan air meresap, sekitar 5-10 menit.
  5. Saring air jahe dengan penyaring, sehingga hanya tersisa airnya saja.
  6. Sajikan air rebusan jahe dengan keadaan hangat maupun dingin.

Jika anda masih kurang kuat dengan aroma dan rasa pedas yang dihasilkan jehe merah, anda bisa menambahkan madu agar terasa lebih manis.

Efek Samping Jahe Merah

efeksamping air jahe merah
tribunnews.com

Efek samping yang dihasilkan jahe merah sebenarnya tidak akan ada jika anda tidak meminumnya secara berlebihan. Jika anda meminum air jahe yang berlebihan akan menimbulkan rasa kembung disertai panas pada perut, perut mules dan bisa diare juga.

Jadi tidak dianjurkan mengkonsumsi parutan jahe merah lebih dari 4 gram perhari. Jika anda ingin membuat obat jahe merah dengan cara lain, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Sama pula untuk ibu hamil, sebaiknya dikonsultasikan dengan doter terlebih dahulu agar tidak terjadi resiko komplikasi pada kehamilan anda.

Fathi Muhammad Seorang santri yang tertarik dengan dunia jaringan komputer dan Internet marketing terutama di bidang SEO, sekarang menjadi penulis di Lintar Media.