7+ Contoh Teks Eksposisi / Paragraf Eksposisi Singkat

0
150
teks eksposisi

Contoh Teks Eksposisi – kali ini kami ingin sedikit membahas tentang pelajaran bahasa indonesia. Karena memang banyak permintaan dari beberapa audience yang menginginkan tentang pelajaran bahasa indonesia.

Salah satu pelajaran dari bahasa indonesia yang sering kali di bahas ataupun menjadi pekerjaan rumah untuk kita adalah teks exposisi. Yang mana teks exposisi ini merupakan salah satu dari sekian banyak jenis teks.

Nah dari berbagai jenis teks tersebut juga memiliki standar kaidah berupa struktur kalimat atau teks, ciri-ciri khusus, unsur kebahasaan dan jenis lain sebagainya.

Maka dari itu disini kami ingin membahas lebih detailnya lagi tentang teks exposisi. Yang lebih akurat dan terpercaya dari pada informasi dari website lain. Untuk itu mari sama-sama kita bahas agar anda lebih dalam lagi wawasan anda tentang teks exposisi ini.

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian teks eksposisi
pixabay.com

Teks eksposisi merupakan sebuah kalimat atau paragraf yang bisa di karang, yang mana didalamnya terdapat unsur informasi yang yang ada pada paragraf atau kalimat tersebut.

Tujuan dari informasi tersebut adalah untuk menjabarkan ataupun memberikan keterangan yang pasti dengan gaya penulisan yang singkat dan padat.

Eksposisi ini diambil dari kata serapan expose yang bisa diartikan dengan mudah difahami ketika diperlihatkan kepada para pembaca.

Di artikel lainnya juga disebutkan bahwa teks eksposisi ini adalah salah satu dari banyak macam yang digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan informasi dari latar belakang suatu kejadian kepada para pembaca dan penonton.

Jadi wajar saja jika para penyiar berita sering kali menggunakan teks exposisis ini, karenan memang yang dibutuhkan oleh para penonton adalah sumber informasi latar belakang dari suatu kejadian.

Lanjut ke tujuan dari teks eksposisi.

Tujuan Teks Eksposisi

tujuan teks eksposisi
pixabay.com

Setiap apa yang kita kerjakan pasti memiliki tujuan ataupun goal tertentu, begitupula dengan sebuah teks yang kita buat. Karena untuk apa kita berbuat sesuatu akan tetapi tidak ada goal nya, ibaratkan sebuah rumah yang tak berpenghuni.

Teks eksposisi ini di tunjukkan untuk memberikan sebuah informasi yang jelas dan akurat untuk para pembaca maupun penonton. Agar para pembaca ini memahami apa yang terjadi sebenarnya pada kejadian tersebut.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Ciri-ciri teks eksposisi

Seperti yang sudah saya sebutkan teks eksposisi ini sama halnya dengan teks lainnya yang memiliki ciri-ciri kusus agar para pelajar seperti kita ini bisa membedakan mana teks eksposisi dan mana yang bukan.

Berikut ciri-ciri yang lebih spesifik dari teks eksposisi :

  1. Gaya pemberitaan atau penyampaian teksnya lebih mudah difahami dan jelas dengan menggunakan kaidah bahasa yang baku.
  2. Gaya isi dari informasi tersebut kadang memiliki sebuah seruan atau ajakan kepada para pembaca dan penonton.
  3. Biasanya teks eksposisi ini memberikan sebuah informasi yang sudah dirangkum sedemikian rupa sehingga audience bisa menangkap apa inti dari infoemasi tersebut.
  4. Teks eksposisi ini lebih memiliki kaidah yang netral dan juga objektif terhadap suatu perkara atau kejadian.
  5. Memiliki data-data yang akurat dan terpercaya ketika sedang memberikan informasi terhadap pembaca.
  6. Memberikan sebuah fakta bukan membual, yang mana fakta ini di gunakan sebagai alat kontribusi dan konkritasi antar audience dengan si pembawa informasi.

Stuktur Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi
pixabay.com

Pembukaan Teks

Didalam struktur teks eksposisi umumnya di awali dengan sebuah pembukaan tentang sebuah informasi ataupun kejadian.

Dimana bagian ini kita akan di arahkan pada sudut pandang dari si penulis mengenai sebuah kejadian atau permasalahan yang sudah di rancang dengan matang.

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Tesis adalah sebuah isi ataupun inti dari permasalahan pada teks eksposisi yang mengandung berbagai pendapat dari narasumber yang lebih memahami dari topik yang sedang dibahas.

Nah untuk mengetahui kamimat ini merupakan struktur tesis, kita bisa menyimpulkan perkataan yang sering dibawakan oleh si pemberita yaitu “berdasarkan saksi mata” dan lain sebagainya yang masih berhubungan.

Argumentasi

Argumentasi merupakan struktur yang berbentuk bukti ataupun alasan yang menguatkan seuatu pendapat yang terdapat dalam tesis. Pada argumentasi ini biasa di praktekkan untuk menolak ataupun menyanggah sebuah pendapat.

Intinya argumentasi ini merupakan sebuah pernyataan umum dari hasil riset maupun penelitian para ahli atau saksi mata yang dapat dipercaya.

Penegasan Ulang Pendapat

Struktur ini merupakan sebuah kesimpulan dari seluruh pembukaan, tesis dan argumentasi. Dimana didalam nya menegaskan kembali sebuah tesis yang ada di teks eksposisi disertai dengan argumentasi yang ditunjang oleh fakta.

Kaidah Dalam Teks Eksposisi

Kaidah Teks Eksposisi

Kaidah atau unsur kebahasaan adalah bagian yang mengatur dan menyusub teks eksposisi. Dalan unsur kebahasaan ini terdiri dari 3 bagian, berikut ulasannya :

Pronomina

Pronomina adalah kata ganti orang yang bisa kita gunakan ketika ada pernyataan pendapat pribadi yang di usungkan. Pronomina ini trerbagi menjadi dua bagian, yaitu pronomina persona dan nonpersona :

  1. Pronomina Persona (kata ganti orang) berdasarkan tunggal dan jamak. Berikut ini beberapa contoh kata pronomina persona tunggal : Dia, Kamu, Anda, Ia, Aku, -mu,-nya, -ku, si-.  Sedangkan untuk persona jamaknya adalah Kita, kalian, Kami, Mereka dan lain sebagainya.
  2. Pronomina Nonpersona (kata ganti selain orang) adalah kata yang dibuat untuk menunjukkan dan menanyakan sesuatu. semisal : Sini, Ini, Sana, Itu. Untuk nonpersona pertanyaan yaitu : Mana, Kapan, Apa dan Siapa.

Konjungsi

Konjungsi atau kata penghubung juga sering sekali digunakan dalam teks eksposisi, yang mana dipergunakan untuk memperkuat argumentasi.

Banyak sekali kata konjungsi ini, mulai dari waktu tempat dan lainnya. Berikut beberapa jenis konjungsi beserta contohnya :

  1. Konjungsi perincian : merupakan, adalah, yaitu, ialah, yakni, antara lain, berikut.
  2. Konjungsi gabungan : dengan, serta, dan.
  3. Konjungsi Tujuan : supaya, agar, untuk itu.
  4. Konjungsi waktu : setelah, sebelum, sesudah, kemudian, lalu, lanjutan.
  5. Konjungsi pembatasan : kecuali, asal, selain.
  6. Konjungsi penegasan : apalagi, hanya, lagi pun, itu pun, bahkan.
  7. Konjungsi pilihan : atau, alias, maupun.
  8. Konjungsi persyaratan : jika, bila, kalu asalkan, bilamana, apabila.
  9. Konjungsi pertentangan : akan tetapi, tetapi, melainkan, namun, sedangkan.
  10. Konjungsi penjelas : bahwa.
  11. Konjungsi perbandingan : seperti, ibaratkan, serupa, bagai.
  12. Konjungsi penyimpulan : oleh karena itu, karena, oleh sebab itu, jadi, intinya, dengan demikian.

Kata Leksikal

Kata leksikal merupakan kata yang mengarah pada benda, baik itu yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Kata leksikan ini memiliki posisi pada setiap kalimat sebagai subjek.

Kata leksikal ini juga terbagi lagi menjadi empat bagian, berikut ini penjelasannya :

  1. Nomina : kata yang mengarah kepada benda baik itu bentuk maupun sifat benda dan bentuk benda itu sendiri juga bisa yang nampak maupun tak nampak.
  2. Verba : kata yang menyatakan suatu aktifitas baik itu gerakan maupun perbuatan.
  3. Adjektifa : sekumpulan kata yang memberikan penjelasan mengenai penggambaran sifat baik itu seseorang, binatang dan benda.
  4. Adverbia : kata yang memberikan dan memaparkan informasi secara detail, mulai dari keterangan tempat, suasana, waktu, benda dan lainnya.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

jenis-jenis teks eksposisi
pixabay.com

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya teks eksposisi ini selain memiliki ciri-ciri, ia juga memiliki jenis yang bisa kita bedakan. Berdasarkan jenis tersebut teks eksposisi terbagi menjadi 6 jenis, berikut ini pembahasannya :

  1. Teks eksposisi definisi merupakan sebuah paragraf yang berisi penjelasan mengenai objek yang memaparkan objek tersebut sehingga berbeda dengan objek lain.
  2. Teks eksposisi proses adalah teks eksposisi yang memaparkan segala sesuatu dengan menggunakan tahapan-tahapan ataupun langkang-langkah terhadap suatu objek. Biasanya teks eksposisi proses digunakan dalam menjelaskan langkah-langkah objek.
  3. Teks eksposisi ilustrasi merupakan sebuah teks yang berisi penjelasan ataupun penjabaran informasi tertentu dengan memberikan suatu gambaran yang cukup sederhana yang memiliki kesamaan terhadap sifat objek lain.
  4. Teks eksposisi laporan adalah sebuah kalimat atau pun paragraf yang memaparkan laporan dari suatu kejadian tertentu.
  5. Teks eksposisi perbandingan merupakan kalimat yang memberikan ide amupun gagasan utama dengan cara membandingkan dengan topik ataupun objek tertentu.
  6. Teks eksposisi pertentangan adalah sebuah paragraf ataupun kalimat yang berisi tentang sebuah pertentangan terhadap suatu topik tersebut.

Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi

Jika kita tadi sudah membahas berbagai macam hal yang menjadi landasan jalannya teks eksposisi. Saatnya kita ke pembahasan intinya yang sering kali menjadi hal yang dipertanyakan yaitu contoh dari teks eksposisi.

Sejujurnya banyak sekali contoh dari teks eksposisi ini, karena kita sendiripun bisa mengarangnya dengan landasan kaidah dari teks eksposisi. Berikut beberpa contoh teks eksposisi :

Contoh Teks Eksposisi Tentang Berita

Contoh teks eksposisis tentang berita
pixabay.com

Berita Tentang Tahanan Lapas yang Kabur.

Tesis

Diberitakan ada sekitar 10 tahanan kabur dari rumah tahanan (lapas) kelas IIIA Pekan Baru yang beralamat di Jalan Sialang Bungkuk, Sail, Tenayanraya pada hari Jum’at (1-3-2016) seusai shalat Jum’at.

Hal ini menunjukkan bahwa rumah tahanan yang berada di Pekan Baru tersebut dikelola dan dioprasikan dengan sistem kinerja yang buruk.

Argumentasi

Menurut Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, hingga pukul 15.00 ada sekitar 7 tahanan kabur yang berhasil di tangkap. Guntur mengungkapkan bahwa jumlah tahanan di Rutan tersebut sudah sangat melebihi kapasitas.

Hingga saat ini, pengendalian situasi dilakukan oleh Brimob Polda Riau yang dikerahkan ke rutan, sementara itu petugas gabungan reserse dan intelegen menyebar ke seluruh wilayah untuk mengejar tahanan kabur yang belum tertangkap.

TNI juga turut membantu dalam mengendalikan situasi di rutan dan pemadam kebakaran serta petugas penjara bersiaga untuk mencegah terjadinya bentrok susulan.

Warga sekitar membenarkan bahwa sebelum shalat Jum’at, suara ribut telah terdengar dari dalam rutan.
Suara semakin menjadi-jadi ketika shalat Jum’at berlangsung.

Salah seorang warga yang menjadi saksi mata, Ilham (45 tahun) mengatakan, “Ketika itu saya melihat beberapa tahanan keluar dari pintu, kemudian mereka lari menyebar kemana-mana.”

Pernyataan Ulang Pendapat

Kejadian ini sangat disayangkan mengingat para tahanan tersebut merupakan orang-orang yang suka  meresahkan masyarakat karena tingkah lakunya mulai dari pencopet, maling, hingga begal.

Jika pemerintah daerah Riau tidak membenahi sistem keamanan lapas, maka seiring dengan meningkatnya jumlah tahanan, maka kejadian seperti ini barangkali akan terjadi kembali.

Oleh karena itu diperlukan evaluasi kembali terhadap sisitem keamanan lapas.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan
pixabay.com

Penunjang Kesehatan Dalam Berolahraga.

Tesis

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk tubuh kita, jika kita sering melakukan olahraga maka tubuh akan terasa segar dan bugar.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang sebelum ia melakukan olahraga apakah organ seperti jantung, ginjal dan lainnya sudah stabil atau belum.

Argumentasi

Olahraga merupakan kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Macam-macam olahraga, yaitu : push up, shitup, berlari, angkat beban dan lain sebagainya.

Selain menyenangkan, olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan tubuh, terutama dalam mengeluarkan rancun dalam tubuh melewati keringat yang dihasilkan.

Olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, peningkatan metabolisme didalam tubuh berguna untuk menjaga agar terhindar dari penyakit kognitif, seperti : penurunan sistem kerja otak dan kepikunan.

Olahraga juga sangat disarankan untuk penderita tekanan darah tinggi, tekanan darah tersebut dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah, sehingga aliran darah tidak lancar.

Apabila penderita tekanan darah tinggi melakukan olahraga yang teratur, hal tersebut akan membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuhnya.

Kesehatan jantung juga akan terjaga apabila seseorang sering melakukan olahraga, namun perhatikan terlebih dahulu apakah jantung anda kuat untuk diajak olahraga atau tidak.

Sering kita temui, orang yang sedang berolahraga tiba-tiba pingsan, dan harus dilarikan ke rumah sakit, hal tersebut karena sebelumnya pasti ia memiliki riwayat penyakit jantung.

Ia akan terkena serangan jantung mendadak apabila tubuhnya tidak kuat untuk melakukan aktivitas yang menguras tenaga.

Apabila tubuh normal, berolahraga tentu akan memiliki banyak manfaat, bahkan olahraga juga harus dikerjakan oleh setiap orang, minimal satu kali dalam seminggu.

Hal tersebut akan membuat tubuh kita sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, karena olahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga orang yang sering berolahraga tubuhnya akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

Namun pastikan terlebih dahulu kondisi sebelum melaksanakan aktivitas menyehatkan ini, apabila tubuh kita tidak kuat untuk melakukan olahraga, bukan masalah mendapatkan kesehatan, tetapi hanya akan menambah penyakit pada tubuh.

Penegasan Ulang

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang, mulai dari akan membuat perasaan seseorang menjadi baik, menghindari berbagai penyakit, meningkatkan metabolisme, melancarkan peredaran darah, dan masih banyak lagi.

Meskipun memiliki banyak manfaat, tidak jarang kita jumpai orang yang berolahraga malah berakhir di kasur rumah sakit, hal tersebut karena mereka tidak memahami kondisi tubuhnya sendiri.

Orang yang berpenyakit jantung semisal, ia tidak akan kuat melakukan hal-hal yang memacu kerja dari jantungnya. Maka dari itu, sebelum olahraga pastikan kondisi anda normal dan mampu untuk berolahraga yang menguras tenaga.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum

Contoh teks eksposisi tentang hukum
pixabay.com

Diskriminasi Terhadap Perempuan

Tesis

Perempuan sangatlah rentan menjadi sasaran objek kejahatan.

Berdasarkan data yang dirilis oleh cnn, Indonesia termasuk negara yang paling tidak aman terhadap kaum hawa, rata-rata tiap hari hampir sering adanya laporan kejahatan terhadap perempuan di Indonesia.

Malah ada beberapa kasus yang cukup langka, yaitu pelaku berasal dari keluarga korban sendiri.

Kasus-kasus tersebut mengundang masukan dan pendapat dari pakar sosial terkait kesalahan struktur masyarakat Indonesia.

Isi

Walaupun negara kita menerapkan secara tegas undang-undang yang menjerat para pelaku tindakan kriminal, akan tetapi dalam penerapan hukuman tersebut dinilai belum membuat para pelaku merasa jera.

Beberapa pendapat dari pakar sosial memberikan kesimpulan bahwa adanya stereotype yang terjadi di masyarakat yang meningkatkan tindak kriminal pada perempuan.

Negara kita adalah Indonesia, yang mana pada konstruksi sosialnya menganut patriaki, dimana kedudukan lelaki dinilai lebih tinggi dibandingkan perempuan.

Sebenarnya pemerintah sudah menerapkan beberapa upaya dan pencegahan tindakan kriminal, mulai dari sosialisasi pemberdayaan wanita, menyediakan gerbong kereta khusus wanita, mengutamakan kebutuhan wanita di tempat umum dan lainnya.

Akan tetapi masih ada saja beberapa oknum yang melanggar peraturan tersebut.

Kesimpulan

Lantaran sistem sosial patriaki sudah turun temurun dan berlangsung lama di Indonesia, mau tidak mau wanita diharuskan menaati seluruh aturan sosial, yang mana condong terjadinya diskriminasi gender.

Selain itu, sistem tersebut juga mengarahkan wanita supaya selalu patuh dan takut kepada laki-laki.

Dengan begitu apabila ada wanita yang melawan, tetap saja masyarakat menganggap perlawanan tersebut tidak seharusnya dilakukan, terlebih wanita sudah dinilai memiliki watak lemah lembut dan taat.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

contoh teks eksposisi tentang ekonomi
pixabay.com

Perekonimoan Masyarakat.

Tesis

Pemerintah berniat menumbuhkan perekonomian masyarakat, salah satu hal yang dilakukan pemerintah adalah melakukan beberapa pembangunan fasilitas umum yang diprediksi akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Misalkan saja pembangunan pemerintah yang sangat kontroversial baru-baru ini, yaitu pembangunan bandara di Kulon Progo, Yogyakarta.

Pembangunan tersebut tentu saja sangat paradoks, apabila memang bandara tersebut di bangun dengan tujuan mensejahterakan masyarakat, tentu saja pemerintah tidak akan membiarkan Bandara dibangun diatas lahan milik warga sekitar.

Argumentasi

Pembangunan merupakan hal yang direncanakan oleh pemerintahan dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

Banyak sekali cara yang pemerintah lakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satunya melakukan pembangunan untuk melancarkan distribusi atau yang lain. Namun pembangunan yang dilakukan masyarakat seharusnya tetap memperhatikan banyak hal.

Karena banyak kasus yang terjadi, dalam pembangunan tersebut dilaksanakan tanpa mempertimbangkan hal yang bersifat urgent.

Baru-baru ini kasus yang sempat terjadi trending topic adalah pembangunan Bandara di Kulon Progo, Yogyakarta. Pemerintah berniat membangun bandara baru di Kulon Progo yang berada diatas tanah milik masyarakat.

Hal ini seketika menimbulkan reaksi penolakan dari masyarakat, karena lahan tersebut ialah lahan yang digunakan masyarakat untuk menyambung kelangsungan hidupnya.

Terkadang pemerintah mengabaikan hal tersebut, bukankah tujuan adanya pemerintah itu untuk mensejahterakan masyarakat ? Atau memang tujuan ini hanya sekedar janji palsu saja.

Demi kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi hanya digunakan sebagai dalih untuk mensukseskan proyek di belakang yang tidak diketahui banyak orang.

Bahkan hal ini tidak terjadi sekali, atau dua kali, melainkan berulang kali.

Banyak tempat di Indonesia seperti, reklamasi pantai untuk pembangunan jalan tol di Teluk Benoa (Bali), reklamasi pantai di pulau seribu, Pembangunan pabrik semen di pegunungan kendeng, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut merupakan beberapa contoh janji dari pemerintah terkait menumbuhkan ekonomi justru malah meminggirkan masyarakat sekitar.

Penegasan Ulang

Perintah melaksanakan berbagai macam pembangunan di masyarakat yang katanya bertujuan demi kesejahteraan masyarakat, namun pembangunan seringkali dilakukan tanpa mempertimbangkan banyak hal.

Bahkan masyarakatnya sendiri terkadang terabaikan, Pembangunan yang katanya untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat tersebut, bahkan menyingkirkan masyarakat dari tempat tinggalnya sendiri.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

contoh teks eksposisi tentang pendidikan
pixabay.com

Guru Honorer

Tesis

Salah satu kunci keberhasilan pendidikan adalah kinerja dari para pendidik sekaligus pengajar.

leh karena itulah selain daripada fasilitas pendidikan yang perlu ditingkatkan untuk membantu proses belajar mengajar.

Maka nasib para pendidik ini juga harus diperhatikan karena bagaimanapun juga mutu hidup atau jaminan hidup pengajar menjadi penentu mutu kinerja mereka dalam mengajar para siswa.

Sayangnya, hingga saat ini nasib ribuan guru honorer masih menyedihkan padahal mereka dituntut untuk bekerja sebagaimana yang dilakukan oleh guru tetap.

Argumentasi

Demonstrasi yang dilakukan oleh para guru honorer beberapa pekan lalu dibeberapa daerah menunjukkan bahwa pemerintah harus mengevaluasi sekali lagi kebijakan-kebijakan untuk pendidikan khususnya soal pengangkatan guru honorer yang telah bekerja bertahun-tahun dengan gaji yang jauh lebih buruk dari pendapatan seorang juru parkir.

Di beberapa daerah di Jawa Timur misalnya, para guru honorer SD hanya mendapatkan upah bulanan tak lebih dari 400 ribu rupiah saja.

Sementara, mereka melakukan pekerjaan penuh dari pagi hingga siang sebagaimana yang dilakukan oleh guru tetap.

Tentu saja para guru honorer ini bertahan karena masih berharap kelak mereka akan diangkat menjadi guru tetap alias pegawai negri yang mendapatkan gaji layak serta tunjangan untuk masa pensiun.

Harapan tersebut diperkuat dengan fakta bahwa banyak guru yang telah pensiun sementara pengangkatan guru baru tak kunjung dimulai.

Di beberapa sekolah, bahkan guru tetapnya berjumlah setengah dari yang semestinya dan setengahnya lagi diisi oleh para guru honorer.

Jika dilihat dari segi umur, banyak sekali guru tetap yang telah berumur lebih dari 50 tahun dan akan segera pensiun.

Tentu dengan gaji yang sangat rendah tersebut, seorang guru honorer tak akan sanggup untuk bertahan hidup bila ia hanya mengandalkan gajinya.

Apabila bertahan hidup saja susah, bagaimana seorang guru akan bersemangat untuk mengajar dan mendidik murid-muridnya? Tentu hal ini akan menjadi kendala dalam bidang pendidikan.

Namun yang lebih mengerikan adalah apabila para guru honorer ini menyerah dan memutuskan untuk mencari pekerjaan lain.

Akibatnya bisa fatal yakni dalam kurun waktu yang belum bisa ditentukan banyak sekolah akan kekurangan tenaga pengajar dan imbasnya adalah jam kosong di beberapa jenis mata pelajaran atau bahkan jam kosong di suatu kelas hingga seharian penuh.

Pernyataan Ulang Pendapat

Guru adalah salah satu unsur terpenting dalam dunia pendidikan.

Nasib guru menentukan nasib pendidikan karena bagaimanapun juga logika tak akan jalan tanpa adanya logistik.

Bila guru honorer tetap saja mendapatkan upah yang sangat rendah dan tidak sebanding dengan pengabdian dan jerih payah yang mereka lakukan, dalam waktu dekat akan muncul masalah besar dalam bidang pendidikan.

Oleh karena itulah sudah semestinya pemerintah mengantisipasi hal ini sebelum menjadi permasalahan yang serius.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

contoh teks eksposisi tentang lingkungan
pixabay.com

Pencemaran Lingkungan

Tesis

Lingkungan yang bersih merupakan salah satu syarat untuk menunjang kehidupan yang sehat, baik sehat secara rohani maupun jasmani.

Kebersihan lingkungan semestinya merupakan hal yang serius dan harus diterapkan dengan sungguh-sungguh.

Sayangnya masih banyak yang belum terbiasa untuk hidup bersih dan sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan sehingga pencemaran lingkungan masih terjadi di mana-mana.

Argumentasi

Setidaknya ada empat jenis pencemaran lingkungan yang sangat mengganggu kenyamanan, yakni pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran suara.

1. Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah umumnya terjadi karena banyak yang membuang sampah dan limbah sembarangan.

Namun demikian, ada hal lain yang menyebabkan terjadinya pencemaran tanah, yakni penggunaan pupuk kimia secara terus menerus yang berdampak pada ketidakstabilan struktur tanah.

Imbasnya, tanah tak hanya akan menjadi tandus dan gersang, namun juga rawan erosi serta longsor.

Sementara itu, pada kasus pembuangan sampah yang tidak semestinya akan membuat lingkungan menjadi kotor dan tak enak untuk dilihat.

Tidak hanya itu, sampah yang menumpuk atau berserakan dimana-mana juga akan mengundang berbagai jenis binatang pembawa penyakit seperti misalnya tikus, kecoa dan lalat.

Salah satu jenis sampah yang sangat berbahaya bagi tanah adalah sampah plastik karena plastik sangat sulit terurai dan bisa tersimpan selama bertahun-tahun di tanah dalam bentuk utuh susah terurai.

2. Pencemaran Air

Seperti halnya pencemaran tanah, pencemaran air diakibatkan dari kebiasaa buruk manusia membuang sampah sembarangan; sungai merupakan salah satu area untuk membuang sampah.

Sampah-sampah yang dibuang di sungai sebagian besar akan ikut terbawa arus dan akan menumpuk di hulu sungai atau area penyaringan dan bendungan, sementara sebagian lainnya akan mengendap di dasar sungai atau terdampar di pingir sungai.

Jenis sampah yang sangat berbahaya bagi sungai adalah sampah plastik dan limbah dari pabrik-pabrik yang mengalirkan limbahnya ke sungai. Selain itu ada pula yang namanya limbah kimia yang dihasilkan oleh pabrik tertentu.

Bila limbah kimia ini tidak diolah terlebih dahulu hingga netral, maka jika limbah ini dibuang di sungai atau di sumur limbah, bahan kimia tersebut akan mencemari air di sepanjang sungai atau daerah dekat sumur-sumur limbah tersebut.

Di kota besar yang padat penduduk seperti Jakarta misalnya, tumpukan sampah di sungai merupakan ancaman serius yang selalu menimbulkan masalah setiap kali musim hujan datang.

Sampah yang menumpuk di sungai akan menyumbat aliran sungai dan menyebabkan air meluap hingga ke pemukiman dan menggenang dalam kurun waktu tertentu.

3. Pencemaran Udara

Pencemaran udara terbanyak disebabkan oleh asap kendaraan bermotor dan asap industri pabrik.

Saat ini jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat dan terus menerus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Tentu jumlah polusi dari sisa pembakaran di mesin akan meningkat di udara.

Pencemaran udara ini kini telah menjadi ancaman global yang menyebabkan peningkatan suhu bumi atau pemanasan global.

Tentunya pemanasan global ini akan mengancam seluruh kehidupan makhluk hidup di bumi karena pemanasan global tak hanya akan mencairkan seluruh lapisan es di kutub utara dan kutub selatan namun juga akan menyebabkan terjadinya perubahan iklim.

Perubahan iklim ini tentu juga akan sangat berpengaruh diberbagai bidang terutama di bidang pertanian dan peternakan.

Selain itu, pencemaran udara ini sudah jelas akan mengganggu kesehatan.

Pastinya radikal bebas yang mencemari udara akan ikut terhirup masuk kedalam tubuh. Pada batas tertentu, tumpukan radikal bebas di dalam tubuh ini akan menimbulkan penyakit serius seperti misalnya kanker.

4. Pencemaran Suara

Pencemaran suara meskipun bisa dibilang sebagai pencemaran kategori ringan namun sangat mengganggu ketenangan.

Pencemaran suara merupakan munculnya berbagai suara bising dari berbagai sumber seperti suara mesin, klakson, dan lain sebagainya yang menghasilkan suara bising dan tidak menenangkan.

Pernyataan Ulang Pendapat

Pertambahan jumlah penduduk memiliki konsekuensi bertambahnya jumlah pencemaran lingkungan bila hal ini tidak menjadi kesadaran bersama.

Lingkungan merupakan masa depan bersama yang sama pentingnya dengan kepentingan pribadi.

Lingkungan yang rusak parah akan menyebabkan sulitnya bertahan hidup, sebaliknya, lingkungan bersih mempermudah kehidupan manusia.

Contoh Teks Eksposisis Tentang Perbandingan

Contoh Teks Eksposisi tentang perbandingan

Perbandingan Antara Desa dan Kota.

Desa merupakan wilayah pemukiman yang bisa dikatakan kurang populer sebagai tempat tinggal masyarakat. Desa dipandang sebagai tempat yang sangat keterbelakangan.

Hampir tidak ada fasilitas dan teknologi memadai yang yang dapat diakses masyarakat untuk memudahkan kegiatan. Keterbelakangan teknologi tersebut menjadikan masyarakat yang hidup di pedesaan terkesan kuno dan primitive.

Berbeda dengan daerah perkotaan. Semua fasilitas dan teknologi tersedia dan mudah diakses. Kegiatan manusia serba instant karena didukung oleh teknologi yang memadai.

Itu sebabnya banyak orang desa bermigrasi ke kota untuk menemukan kehidupan yang lebih baik. Selain itu perputaran uang dan ekonomi juga terjadi sebagian besar di perkotaan. Kendati demikian banyak pulamasyarakat kota yang jenuh dengan kota metropolitan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.