Manfaat Daun Bidara – Negara Indonesia ini memiliki ribuan jenis tumbuhan yang tersebar di berbagai daerah. Keanekaragaman hayati yang ada tersebut dapat di manfaatkan sebagai bahan baku obat tradisional maupun modern.

Salah satunya yakni pohon bidara, pohon bidara ini berasal dari timur tengah jazirah arab. Pohon bidara sendiri bisa tumbuh hingga 15 meter.

Pohon bidara juga dipercaya memiliki keistimewaan yang dahsyat karena sering muncul dalam hadist nabi dan juga dalam ayat al quran. Berikut penjelasannya.

Kedudukan Pohon Bidara dalam Al Qur’an

manfaat daun bidara yang dijelaskan pada al quran

Berikut ini dalil Al Quran yang menyebutkan tentang Daun Bidara :

Surat Saba’ ayat 16,

فَأَعْرَضُوا فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ الْعَرِمِ وَبَدَّلْنَاهُمْ بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَيْ أُكُلٍ خَمْطٍ وَأَثْلٍ وَشَيْءٍ مِنْ سِدْرٍ قَلِيلٍ

”Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon sidr (bidara).”(QS.34. Saba,16).

Surat Al- Waqiah ayat 28,

فِي سِدۡرٍ مَّخۡضُودٍ

“Berada di antara pohon bidara yang tak berduri.”(QS.56. Al- Waqiah, 28).

Surat An- Najm ayat 13-16,

وَلَقَدْ رَءَاهُ نَزْلَةً أُخْرَىٰ

“Dan demi sesungguhnya! (Nabi Muhammad) telah melihat (malaikat Jibril, dalam bentuk rupanya yang asal) sekali lagi.”(QS.53. An- Najm,13).

عِندَ سِدْرَةِ ٱلْمُنتَهَىٰ

“Di sisi “Sidratul-Muntaha”.(QS.53. An- Najm,14).

عِندَهَا جَنَّةُ ٱلْمَأْوَىٰٓ

“Yang di sisinya terletak Syurga “Jannatul-Makwa”.(QS.53. An- Najm,15).

إِذْ يَغْشَى ٱلسِّدْرَةَ مَا يَغْشَىٰ

“(Nabi Muhammad melihat jibril dalam bentuk rupanya yang asal pada kali ini ialah) semasa ” Sidratul Muntaha” itu diliputi oleh makhluk-makhluk dari alam-alam ghaib, yang tidak terhingga.”(QS.53. An- Najm,16).

Di dalam ayat 16 surat Saba’ menyimpulkan bahwa pohon bidara yang sedikit jumlahnya (sidrin qolil). Kemudian dalil kedua dalam surat Al-Waqiah ayat 28 menjelaskan tentang pohon bidara yang tak berduri (sidr makhdud).

Selanjutnya dalil yang ketiga dalam surat An-Najm ayat 13-16 menyebutkan bahwa Pohon bidara sebagai perbatasan akhir (sidratul muntaha). Dimana “sidratul muntaha” semasa itu di huni berbagai macam mahluk gaib.

Manfaat Daun Bidara

manfaat daun bidara

Sebelum kita memasuki kedalam pembahasan mengenai manfaat daun bidara, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu senyawa apa saja yang ada pada daun bidara. Berikut ini kandungannya :

  • Phenolic.
  • Flavonoid.
  • Asam triterpenic.
  • Polisakarida.
  • Saponin.

Memperlancar Haid

manfaat daun bidara pelancar haid

Banyak wanita yang seringkali mengeluh akan tidak lancar nya haid. Karena bagi wanita kelancaran haid adalah sebuah nikmat dari Allah.

Dimana jika haid pada wanita tidak lancar maka ada kemungkinan ia bisa terindikasi penyakit atau bisa jadi ada masalah dalam kandungan rahim sang wanita.

Daun bidara sendiri bisa menstabilkan hormon kewanitaan sehingga berdampak sangat baik sekali terhadap kelancaran siklus haid.

Cara mengolahnya sangat mudah, anda bisa siapkan 10-20 helai daun bidara, kemudian rebus selama 5-10 menit sampai air bewarna coklat seperti teh, kemudian di minum.

Sunnah Mandi dengan Air Daun Bidara

manfaat daun bidara untuk wanita haid

Banyak dari kaum hawa tidak tahu akan hal sunnah yang diajarkan nabi, sunnah ini adalah mandi setelah haid dengan menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara, sebagaimana hadist yang berbunyi :

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ أَسْمَاءَ سَأَلَتِ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ غُسْلِ الْمَحِيضِ فَقَالَ « تَأْخُذُ إِحْدَاكُنَّ مَاءَهَا وَسِدْرَتَهَا فَتَطَهَّرُ فَتُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ تَصُبُّ عَلَى رَأْسِهَا فَتَدْلُكُهُ دَلْكًا شَدِيدًا حَتَّى تَبْلُغَ شُئُونَ رَأْسِهَا ثُمَّ تَصُبُّ عَلَيْهَا الْمَاءَ. ثُمَّ تَأْخُذُ فِرْصَةً مُمَسَّكَةً فَتَطَهَّرُ بِهَا فَقَالَتْ أَسْمَاءُ وَكَيْفَ تَطَهَّرُ بِهَا فَقَالَ « سُبْحَانَ اللَّهِ تَطَهَّرِينَ بِهَا ». فَقَالَتْ عَائِشَةُ كَأَنَّهَا تُخْفِى ذَلِكَ تَتَبَّعِينَ أَثَرَ الدَّمِ

“Dari Aisyah: Sesungguhnya Asma’ binti Abi Syakl bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai tata cara mandi setelah selesai haid. Nabi bersabda, “Ambillah air dan daun bidara lalu bersucilah dengan wudu’ yang benar, kemudian siramkan air ke atas kepala sambil digosokkan secara benar hingga air sampai ke kulit kepala lalu siramkan air ke badan. Setelah itu ambillah sebagian lembaran kain yang sudah diberi minyak wangi (kasturi) kemudian gunakanlah untuk membersihkan tempat dimana keluarnya darah haid”. Asma’ bertanya, “Bagaimana cara membersihkannya?”. Jawaban Nabi, “Subhanallah, gunakanlah itu untuk membersihkannya”. Aisyah lantas memberikan penjelasan kepada Asma’, “Sapukanlah kain tersebut pada tempat keluarnya darah haid” [HR Muslim].”

Demikian itulah hadist yang membahas tentang tata cara mandi setelah haid dengan menggunakan air daun bidara.

Mengatasi Ejakulasi Dini

mengatasi ejakulasi dini

Ejakulasi dini merupakan sebuah kondisi dimana ketika seorang lelaki mencapai batas maksimal mengeluarkan sperma setelah berhubungan intim.

Situasi ini akan membuat anda stess bahkan bisa menjadi depresi yang berlebihan karena serasa sudah tidak bisa menghasilkan sperma lagi.

Salah satu penyebab psikolog ejakulasi dini adalah stress ataupun depresi. Sedangkan masalah fisiknya adalah gangguan prostat dan tiroid.

Saat ini sudah banyak obat untuk mengatasi ejakulasi dini, akan tetapi rata-rata obat tersebut terbuat dari bahan kimia, dimana akan menimbulkan efek samping.

Lalu kenapa gak pindah yang alami saja, contohnya daun bidara ini, sudah banyak yang menjual kapsul extra daun bidara, tinggal anda saja yang ingin sembuh atau tidak.

Memandikan Jenazah

untuk memandikan jenazah

Selain untuk mandi, daun bidara ini juga dianjurkan untuk digunakan ketika ingin memandikan jenazah. Sebagaimana hadist nabi yang berbunyi :

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

“Mandikanlah sambil mengguyurkan air yang telah dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus atau wewangian.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Mengatasi Gangguan Sihir dan Jin

mengobati gangguan jin dan sihir

Inilah salah satu keunggulan Daun Bidara dengan spesies daun lainnya. Daun ini bisa menyembuhkan maupun mengobati segala jenis gangguan dari Jin.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, mengenai dengan pengobatan kesurupan Jin atau sihir, saya tidak menjumpai dalilnya.

Akan tetapi, para ulama memahami bahwa kajian tentang pengobatan sihir ini masuk dalam pembahasan at-Tadawi (pengobatan), dan bukan kajian ibadah.

Karena itulah, selama kita tidak menggunakan fasilitas yang dilarang, dan terbukti bisa mengobati (mujarab), penggunaan media semacam ini diperbolehkan.

Seperti Perkataan Syaikh Abdul Aziz Ar-Rajihi ketika beliau ditanya masalah hukum menggunakan daun bidara untuk mengobati sihir. Dan inilah jawaban yang beliau sampaikan :

“Menghilangkan sihir dengan doa-doa yang disyariatkan atau dengan pengobatan yang mubah, hukumnya boleh. Dan daun bindara termasuk sesuatu yang mubah. Sehingga jika di sana ada manfaat, seperti untuk mengobati sihir atau yang lainnya, tidak masalah menggunakannya.”

Mengobati Luka Luar dan Luka Bakar

pengobatan luka luar

Selain digunakan sebagai penangkal ataupun penyembuh dari gangguan jin, daun bidara ini juga bisa mengobati luka luar, seperti luka bakar, luka memar ataupun luka goresan.

Seperti contoh di Negara Arab Saudi, daun ini di gunakan untuk menyembuhkah penyakit pada kulit, seperti bisul dan juga sebagai antiseptik untuk kulit.

Lalu di Negara Cina Daun Bidara ini digunakan untuk pemulihan saraf bagi seseorang yang baru melahirkan.

Cara menggunakan nya juga sederhana sekali, cukup dengan merebus ataupun menumbuk daun bidara kemudian tempelkan pada luka luar. Perlu anda ketahui air daun bidara ini juga bisa sebagai obat mata.

Mencegah Penyakit Diabetes

mengatasi diabetes

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit ini, kita semua tau akan ganasnya penyakit ini karena penyakit diabetes ini tidak pandang tua ataupun muda.

Maka dari itu kita semua lebih baik mencegah dari pada mengobati, karena diabetes ini jika di obati sangat sulit sekali kemungkinan nya untuk sembuh total.

Jika anda ataupun keluarga anda yang sudah terkena penyakit ini, anda bisa mencoba pengobatan dengan daun bidara ini.

Karena tidak ada salah nya untuk dicoba, siapa tau penyakit diabes anda bisa sembuh.

Cara nya cukup sama dengan yang diatas anda bisa merebus daun bidara kemudian diminum, dan jangan lupa ber-doa agar penyakit anda sembuh total.

Mencegah Tumor dan Kanker

mencegah kanker

Kita semua tidak ingin terkena salah satu penyakit ini, karena memang sangat merugikan bagi kehidupan kita dan keluarga kita.

Kenapa saya bilang seperti itu, karena kanker ini selain membutuhkan biaya pengobatan yang cukup besar, ia juga harus menjalani kemotrapi yang panjang. Dan itu pun tidak akan pernah sebuh total kecuali atas izin Allah.

Salah satu pengobatan alternatif untuk menyembuhkan ataupun mencegah adanya kanker adalah daun bidara ini.karena daun ini mengandung zat kimia yang benama resin, dimana zat ini salah satu zat yang melawan sel kanker.

Untuk pengolahannnya sama seperti diatas dengan merebus dan meminumnya, akan tetapi ada tambahan bahan yaitu dengan madu.

Jadi usahakan rutin untuk meminum campuran air daun bidara dengan madu yang alami tidak ada bahan kimia yang dicampurkan.

Mengobati Jerawat pada Wajah

menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyebab yang sering dikeluhkan para remaja, umumnya ya seperti saya ini.

Kita semua pasti tidak ingin anda jerawat di wajah kita apalagi jika jerawat itu sudah lama sekali bertengger diwajah, mungkin akan sulit untuk dihilangkan. Tentunya juga merusak penampilan kita.

Apa lagi ketika kita sedang berekpresi wajah, ketika wajah kita bergerak makan rasanya akan cenat-cenut sperti di cubit.

Tapi sekarang saya sudah tidak kawatir lagi karena sudah banyak bahan-bahan herbal yang bisa menyembuhkan jerawat, salah satunya adalah daun bidara ini.

Baca Juga: Manfaat Daun Bawang

Menghilangkan Depresi

cara menghilangkan depresi

Depresi merupakan penykit psikis yang menyebabkan perasaan sedih dan hilangnya akan mood terhadap sesuatu apapun itu.

Depresi juga akan mempengaruhi akan hilangnya perilaku, cara berfikir dan juga membuat anda melampiaskan emosi dan fisik.

Ini tentu anakan mempengruhi seluruh kegiatan anda yang biasa anda lakukan, seperti kerja, sulit untuk di nasehati, gelisah terhadap sesuatu yang tidak jelas.

Untuk mengobati depresi ini anda juga bisa menggunakan ramuan air daun bidara, dimana air ini juga mengandung zat yang bisa membuat saraf kita menjadi rileks.

Meningkatkan Nafsu Makan Anak

meningkatkan nafsu makan anak

Hilangnya nafsu makan akan membuat kita ataupun anak kita mudah terkena penyakit. Seperti mag, tifus dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan imun tubuh.

Dan jika anak kita menurun nafsu makan nya, nantinya kita juga yang akan kerepotan karena sistem imun anak tidak bekerja disebabkan kurang nya gizi.

Maka dari itu kita akan mencari solusi, bagaimana agar nafsu makan anak kita kembali seperti sebelumnya. Salah satu cara nya dengan meminum kapsul extra daun bidara.

Mencegah Kulit kering

mencegah kulit kering

Kulit yang kering adalah salah satu penyebab jelek nya penampilan kita, dimana kondisi ini akibit kekurangan cairan pada kulit luar.

Dan biasanya terjadi pada lengan, tangan dan kaki. Ada beberapa penyebab kulit kering seperti iritasi kulit, usia menua, pemakaian sabun yang berlebihan dan cuaca yang suka berubah-ubah.

Solusinya anda bisa lakukan banyak minum atau anda bisa mengoleskan daun bidara yang sudah di robek-robek pada bagian kulit yang kering.

Menyehatkan Lambung

menyehatkan lambung

Lambung adalah sebuah organ vital yang mana akan berdampak pada kesenjangan perut anda. Gejala nya seperti npada ulu hati dan merasakan panas dari tenggorokan.

Kita semua tau lambung ini adalah organ yang mengolah makanan agar bisa diserap oleh tubuh yang menjadikan tenaga untuk kita.

Nah, lambung ini lah yang menghasilkan asam lambung agar makanan mudah untuk dicerna, akan tetapi jika asalm lambung berlebihan ini menyebabkan penyakit.

Salah satu cara untuk mengobati asam lambung adalah meminum ramuan daun bidara, selain meredakan asam lambung, daun bidara ini juga dapat menyehatkan lambung kita loh.

mengatasi penyakit demam

Demam adalah salah satu metode tubuh untuk melawan penyakit yang ada, dimana suhu tubuh kita akan meningkat disebabkan virus flu ataupun bakteri, radang tenggorokan dan peradangan pada bagian kulit yang luka.

Untuk gejalanya sendiri yaitu kita merasakan tubuh kita panas ketika disentuh. Terkadang disertai dengan sakit kepala, kemudian kehilangan selera makan dan menggigil.

Perlu anda ketahui di dalam daun bidara ini juga memiliki antibiotik atau paracetamol yang bisa menurunkan hawa panas pada tubuh anda. Jadi jangan ragu untuk pengobatan daun bidara.

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

menurunkqan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis dengan tekanan di bagian arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung anda harus bekerja lebih keras lagi dari biasanya, dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Gejala tekanan darah sendiri seperti kepala sering tersa berat, pusing, sering pegal, sering mimisan dan sering merasa mual.

Jika anda seorang yang memiliki penyakit Hipertensi (HTN) atau tekanan darah tinggi, cobalah daun bidara ini karena di dalamnya terkandung zat flafonoid yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi anda.

Baca Juga: Manfaat Buah Zuriat untuk Program Hamil

Mengatasi Susah Buang Air Kecil

mengatasi buang air kecil

Perlu anda ketahui seiring usia anda bertambah, cepat atau lambat pasti akan mengalami gejala sulit untuk buang air kecil.

Jika pria sulit buang air kecil maka pria tersebut mengalami infeksi pada bagian prostat, yang membuat lasuran kecing menjadi tertekan dan membengkak.

Sedangkan wanita akan mengalami infeksi pada saluran kecing, yang mana pemicu tersebut membuat anda susah buang air kecil.

Untuk mengatasi hal tersebut jagalah kebersihan kemaluan anda setiap kali BAB ataupun BAK, karena jika masih tersisa urine di kantong kemih akan membuat saluran menjadi panas dan inveksi.

Mengobati Penyakit Kulit Bisul

mengobati bisul

Bisul adalah sebuah benjolan merah pada kulit yang terasa sangat sakit dan berisikan nanah. Benjolan merah inidisebabkan infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut ataupun bulu kulit.

Bagian tubuh yang sering terkena bisul yakni wajah, ketiak, leher, bahu, bokong dan paha. Ini disebabkan bagian tersebut merupakan bagian yang sering mengalami gesekan dan berkeringat.

Merawat Kulit Wajah dari Sinar UV

manfaat daun bidara untuk dijadikan masker wajah

Kulit wajah yang langsung terpapar dengan sinar UV, dapat menyebabkam kulit menjadi berminyak dan mudah mengerut. Selain itu jika wajah anda tidak memiliki perlindungan seperti sunblock, maka akan muncul bintik-bintik hitam disekitar wajah.

Untuk mengatasi itu semua, anda bisa menggunakan masker yang juga dicampurkan dengan daun bidara yang sudah di haluskan. Ini karena daun bidara juga bisa mengobati dan menjaga kulit anda agar tetap bersih dan sehat.

Mencegah Kerontokan Rambut

manfaat daun bidara mencegah kerontokan rambut

Rambut rontok bisa disebabkan karena kurangnya nutrisi untuk rambut, ini juga bisa terjadi jika kita memiliki kanker. Nah, untuk mencegah dan menguatkan rambut anda bisa menjadi daun bidara sebagai salah satu bahan conditioner untuk rambut anda.

Caranya sangat mudah sekali cukup ambil 10 atau bisa lebih helai daun bidara, kemudian anda bisa menghaluskan nya, lalu campurkan dengan satu liter susu sapi, setelah itu rebut daun bidara yang sudah tercampur dengan susu sapi, terakhir diam kan selama 2-3 hari.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

manfaat daun bidara untuk menjaga metabolisme tubuh

Jika anda seorang yang memiliki masalah terhadap sistem imun karena menurunnya stamina dalam tubuh anda. Atau anda yang memiliki jam kesibukkan yang cukup padat, saya sarankan untuk bisa mengkonsumsi herbal yang mengandung daun bidara.

Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

manfaat daun bidara mengatasi bau mulut
pixabay.com

Anda pasti pernah ngobrol dengan seseorang, kemudian orang tersebut mencium bau yang tak sedap dari mulut anda. Nah, bau mulut ini biasanya disebabkan karena adanya bakteri dalam mulut anda.

Untuk mengaatasinya anda bisa mencoba berkumur-kumur dengan air rebusan daun bidara, karena dalam kandungan daun tersebut terdapat anti-bakteri yang bisa menghilangkan baumulut yang disebabkan oleh bakteri.

Melancarkan Sirkulasi Darah

manfaat daun bidara melancarakan sirkulasi darah

Daun bidara memiliki kandungan vitamin c dan zat besi yang bisa membuat sel darah merah, Nah, mineral dan vitamin yang terkandung dalam daun bidara ini bisa untuk melancarakan sirkulasi darah kita.

jadi kita anda orang yang sering terasa kesemutan ataupun keram pada bagian tangan dan kaki cobalah mengkonsumsi herbal yang mengandung ekstra daun bidara.

Mengobati Wasir (Ambeien)

manfaat daun bidara mengatasi wasir

Wasir adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan pada lubang anus. Penyakit wasir ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun bidara karena dalam kandungannya terdapat zat yang bisa mengobati penyakit wasir bagian dalam.

Mencegah Penyakit Jantung

manfaat daun bidara mengobati penyakit jantung

Penyakit jantung ini biasanya terjadi karena adanya penumpukan kolesterol berupa plak yang menemper pada dinding pembuluh darah. Ini menyebabkan darah anda tersumbat sehingga jantung tidak bisa mendapatkan asupan.

Untuk mengatasinya anda juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi kapsul atau jenis herbal lainnya yang terdapat campuran ekstrak daun bidara. Ini karena daun bidara memiliki zat beta karoten yang bisa mengatasi kolesterol berlebih.

Mengatasi Keputihan

manfaat daun bidara mengatasi keputihan

Keputihan ini biasanya disebabkan karena inveksi pada bagian kelamin wanita yang terasa sangat gatal baik pada bagian luar maupun dalam alat kelamin wanita.

Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi suplement atau herbal yang mengandung daun bidara. Karena didalamnya terkandung zat antimikroba yang bisa menyembukan area kewanitaan yang ter-infeksi karena bakteri.

Manfaat daun bidara – Herbal TV
Apa pohon bidara bisa mengusir jin dan sihir?

Sangat bisa, karena pohon bidara ini merupakan pohon yang sangat dibenci oleh jin. Karena itulah daun dari pohon bidara sering dijadikan sebagai obat dalam meruqyah seseorang.

Apakah boleh meminum air rebusan daun bidara?

Sangat dianjurkan meminum air rebusan daun bidara, apalagi jika anda memiliki masalah gangguan jin. Untuk rasanya sendiri pahit seperti teh dengan aroma seperti cincau.

Bagaimana caranya mengolah daun bidara ?

Untuk mengolah daun bidara cukup mudah, ada 2 opsi yang bisa anda lakukan. Yang pertama, bisa merebus daun bidara untuk mengobati luka dalam dan yang kedua bisa ditumbuk/dihaluskan untuk mengobati luka luar.

Refrensi : verywellhealth

151 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat daun salam
Read More

Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam – Jika Anda sering mengamati masakan-masakan khas nusantara, tentunya daun salam ini hampir selalu ada…