Manfaat Buah Tin – Siapa yang tidak kenal dengan buah tin, apalagi jika Anda seorang muslim. Dalam ajaran islam pohon buah tin ini dianggap memiliki keistimewaan yaitu jenis buah “surga”.

Sebab buah tin ini sudah tidak diragukan lagi, karena memang keistimewaan buah ini sudah cukup jelas disebutkan dalam Al-Qur’an, surat At-Tin ayat 1-2 dan juga dalam hadist nabi.

Selain itu buah tin juga terdapat dalam hadist nabi yang diriwayatkan oleh Abu Darda RA.

Tin atau ara (Ficus carica L) merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Barat yang tersebar jauh mulai dari pantai balkan sampai Afganistan. Nama buah “Tin” ini diambil dari bahasa Arab, sedangkan dalam budaya barat dan eropa buah ini memiliki julukan yaitu Fig fruit.

Buah tin ini sudah sangat populer didunia, karena buah tin sudah terbukti memiliki banyak nutrisi dan segudang manfaat bagi tubuh kita. Nah, sebelum itu yuk, kita simak bersama-sama pembahasan seputar buah tin.

Kandungan Nutrisi Buah Tin

kandungan nutrisi buah tin

Dalam dunia kedokteran buah tin atau ara ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Nah, disini saya mau sedikit memberi informasi kandungan gizi dari buah tin dalam setiap 100 gramnya.

Nutrisi/GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)74 (310 kJ)4%
Karbohidrat19.2 g6%
Air79.1 g
Protein0,7 g1%
Gula16,3 g
Serat3 g12%
Lemak0,3 g0%
Vitamin A142 IU3%
Vitamin C2 mg3%
Vitamin E (Alpha Tocopherol)0,1 mg1%
Vitamin K4,7 mcg6%
Vitamin B1 (Thiamine)0,1 mg4%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,1 mg3%
Vitamin B3 (Niacin)0,4 mg2%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,3 mg3%
Vitamin B60,1 mg5%
Vitamin B9 (Folat)0,1 mg6%
Kolin4,7 mg
Kalsium35 mg4%
Zat Besi3 mg15%
Magnesium17 mg4%
Manganese0,1 mg6%
Fosfor14 mg1%
Potassium (Kalium)232 mg7%
Sodium1 mg0%
Seng (Zinc)0,2 mg1%

Manfaat Buah Tin Bagi Tubuh

manfaat buah tin bagi kesehatan tubuh

1. Menyehatkan sistem pencernaan

Buah tin merupakan salah satu jenis buah yang kadar serat dan mineral nya cukup tinggi. Apalagi jika buah tin dikonsumsi secara langsung bersama dengan kulitnya, tentu akan banyak sekali serat yang terkandung didalamnya.

Dalam ilmu kedokteran kandungan serat serta mineral dapat membantu memelihara sistem pencernaan, sehingga sistem pencernaan bisa bekerja dengan maksimal.

2. Baik untuk program diet

cocok untuk program diet

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cara diet tentu akan sangat susah sekali dalam menjalankannya. Sebab banyak sekali godaan ingin makan ini dan itu.

Sedangkan untuk melengkapi program diet sendiri kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, protein, dan rendah lemak seperti buah-buahan dan sayuran.

Buah tin merupakan jenis buah yang banyak mengandung mineral, lemak baik, dan kaya akan serat. Jadi sangat cocok sekali untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian ketika Anda sedang diet.

3. Mencegah hipertensi

mencegah hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi adalah sebuah kondisi dimana tekanan darah tubuh mencapai 130/80 mmHg atau bahkan lebih besar. Kondisi ini memaksa jantung untuk memompa darah menjadi lebih cepat ke seluruh tubuh.

Hal ini bisa menyebabkan stroke dan penyakit jantung. Ada beberapa faktor penyebab hipertensi yakni:

  • Jarang berolahraga.
  • Kebiasaan merokok dan meminum alkohol.
  • Lanjuit usia.
  • Keturunan.

Buah tin ini banyak mengandung kalium atau potassium. Yang mana kandungan ini telah terbukti dalam mengontrol tekanan darah sehingga dapat mencegah terjadinya hipertensi.

Baca Juga: Manfaat Buah Zaitun

4. Mencegah penyakit jantung

menyehatkan jantung

Penyakit jantung umumnya terjadi karena adanya masalah pada pembuluh darah. Yang sering menyebabkan seperti serangan jantung dan stroke.

Nah, untuk menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya penyakit jantung kita memerlukan zat antioksidan dan kalium.

Buah tin sendiri memiliki kandungan antioksidan fenolik dan juga kalium yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam mengaja kesehatan jantung.

Penelitian ini juga sudah di uji di Arab Saudi, tentang pengaruhnya zat antioksidan dan kalium dalam buah tin terhadap kesehatan jantung.

5. Mengobati anemia

manfaat buah tin dalam mencegah anemia

Anemia adalah sebuah kondisi dimana tubuh kekurangan seldarah merah yang mengandung hemogoblin untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan pasien menjadi letih dan kelelahan bahkan sampai pingsan.

Dilansir dari healthline, buah tin atau buah ara merupakan jenis buah yang banyak mengandung vitamin dan zat besi.

Kedua zat tersebut sangat erat ikatannya dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu juga kita dianjurkan untuk mengkonsumsi mankanan yang banyak mengandung vitamin C, B12, dan asam folat.

6. Mengendalikan diabetes

manfaat buah tin untuk mengendalikan diabetes

Kita semua tentu sudah tahu bahwa diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan, akan tetapi bisa kita kendalikan.

Maksud dari kendalikan disini yaitu mengontrol kadar gula. Nah, salah satu cara untuk mengendalikan diabetes ini yaitu dengan diet dan mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung serat.

Dilansir dari The American Diabetes Association, buah tin termusuk buah yang tinggi akan serat dan mineral. Sehingga sangat cocok sekali untuk menjadi buah diet yang membantu mengndalikan kadar gula darah.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga

7. Mencegah kanker

manfaat buah tin mencegah kanker

Selain itu manfaat buah tin juga bisa dijadikan sebagai pencegah terjadinya kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. Seperti kanker payudara, prostat, kulit dan juga kanker colon atau usus besar.

Antioksidan dalam buah tin ini bernama fenolik dan flavonoid. Jenis antioksidan ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker yang berasal dari radikal bebas.

8. Menurunkan kadar kolesterol

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya buah ara ini mampu mengatasi hipertensi karena kandungan seratnya.

Menurut para ahli kedokteran, buah tin ini memiliki zat serat larut yang bernama pektin. Zat ini mampu menurunkan kolesterol yang ada pada dalam tubuh.

Zat pektin ini bekerja dengan menyapu gumpalan kolesterol dalam tubuh. Kemudian membuangnya melalui sistem ekskresi seperti keringat, air seni, dan BAB.

9. Meningkatkan stamina dan vitalitas

manfaat buah tin meningkatkan vitalitas

Dalam budaya masyarakat Arab, buah tin ini dijadikan obat tradisional dalam memperbaiki masalah vitalitas dan stamina. Karena memang banyak sekali zat yang terkandung dalam buah ara ini.

Seperti serat, kalsium, magnesium, kalium, zat besi, antioksidan, vitamin, kolin, fosfor dan lain sebagainya. Nah, untuk opsi selain buah tin Anda juga bisa mengkonsumsi buah untuk meningkatkan stamina seperti pisang, alpukat, dan pepaya.

10. Menjaga kesehatan hati

manfaat buah tin menyehatkan hati

Kita sering kali dianjurkan oleh dokter untuk mengkonsumsi buah-buahan, terutama buah yang banyak mengandung antioksidan seperti pepaya, strawberry, anggur dan sebagainya.

Dikutip dariInternational Journal of PharmTech, buah tin atau ara ini memiliki sifat antioksidan yang mampu mempercepat pemulihan hati dari kerusakan dan menjaganya agar tetap berfungsi optimal.

11. Mencegah tumbuhnya tumor

Tumor adalah sebuah kondisi tumbuhnya sel jaringan yang berlebihan dan ditandai dengan munculnya benjolan. Atau bisa juga sel yang saharusnya mati masih tetap hidup sedangangkan pertumbuhan sel baru terus berjalan.

nah, tumor ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu tumor jinak dan tumor ganas.

Dilansir dari National Institutes of Health, buah tin memiliki kandungan phenol dan benzaldehide. Yang dipercaya mampu mencegah pertumbuhan virus, jamur, dan parasit yang menyebabkan munculnya tumor jinak.

Selain itu kandungan antioksidan dalam buah tin juga membantu mencegah pertumbuhan sel-sel jahat yang bisa menyebabkan tumor ganas.

Baca Juga: Manfaat Buah Delima

12. Mengatasi sembelit

manfaat buah tin mengatasi sembelit

Sembelit adalah kondisi dimana tingkat aktifitas dari usus menurun atau bisa dikatakan sulit untuk buang air besar. Umumnya kondisi ini disebabkan karena kekurangan mananan yang berserat dan air putih.

Nah, buah tin ini termasuk buah yang banyak mengandung serat dan juga mineral seperti vitamin A. E. dan K. Zat-zat inilah yang bisa mengatasi terjadinya sembelit, untuk menambah usupan serat lainnya anda juga bisa mengkonsumsi semangka, alphukat, buah naga, dan juga pisang.

13. Mengatasi wasir

manfaat buah tin mengatasi wasir

Wasir adalah sebuah kondisi di mana pembuluh darah mengalami pembengkakan. Umumnya pembengkakan pembuluh darah ini terjadi pada bagian rektum atau anus (bagian akhir usus besar sebelum anus).

Beberapa penyebab wasir diantaranya:

  • Terlalu sering duduk dalam waktu yang lama.
  • Mengenjan saat BAB.
  • Kurangnya asupan serat.
  • Terlalu sering mengangkat beban berat.
  • Berat badan berlebih (obesitas).
  • Sembelit kronis atau diare.

Untuk mengatasi wasir atau ambien ini kita tidak disarankan mengkonsumsi makanan yang rendah akan serat karena bisa menyebabkan sembelit yang berakhir pada wasir.

Selain itu kita juga dianjurkan untuk rutin minum air dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat.

14. Mengobati penyakit kusta

kusta atau lepra adalah kondisi infeksi kulit kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Bakteri ini menyebabkan infeksi yang menyerang saraf tepi dari kulit, saluran pernafasan atas, dan bisa juga menyerang organ tubuh lainnya.

Dikutip dari National Institutes of Health, buah tin memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Hal ini bisa membantu mengobati sekaligus mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae.

15. Menjaga dan mencegah penyakit tulang

Buah tin ini kaya akan kandungan kalsium dan juga fosfor yang sangat baik bagi perkembangan danjuga kesehatan tulang kita. Malah ada beberapa ahli gizi yang mengungkapkan bahwa kandungan fosfor dan kalsium dari buah tin lebih tinggi dibandingkan susu.

Manfaat Buah Tin Bagi Kulit

manfaat buah tin bagi kulit

1. Mengobati penyakit kulit

Selain bagi tubuh, ternyata buah tin ini juga baik untuk membantu mengobati penyakit kulit seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis.

Walaupun belum ada penelitian secara konklusif, akan tetapi sudah banyak bukti bahwa buah tin ini sebagai obat tradisional dalam mengatasi penyakit kulit.

Selain buah, kabarnya daun dari pohon tin juga bermanfaat untuk menghilangkan kutil loh.

Dilansir dari healthline, sebuah penelitian pada tahun 2007 terhadap bahan getah atau latex pohon tin (ara) ke sisi tubuh yang terdapat kutil. Hasil yang didapatkan dari 25 orang, kutil mengalami pembekuaan.

Walaupun khasiat getah pohon tin ini belum seampuh bahan lain dalam menghilangkan kutil akan tetapi getah atau latex dari buah tin ini sama sekali tidak memberikan efek samping.

2. Bisa dijadikan masker wajah

manfaat buah tin untuk kecantikan

Nah, buah tin ini ternyata juga bisa kita jadikan bahan alami masker wajah loh. Terutama buah tin yang masih muda karena kandungan mineral dan antioksidannya sangat tinggi.

Untuk membuat masker buah tin kita memerlukan bahan seperti buah tin muda, blender, yogurt dan air bersih.

Berikut cara membuat masker buah tin:

  1. Bersihkan buah tin dengan air bersih, kemudian potong-potong agar mudah dalam penghalusan.
  2. Tumbuk atau buah buah tin hingga halus.
  3. Untuk pelembab tambahan Anda bisa mencampurkan yogurt dengan buah tin yang sudah dihaluskan tadi.
  4. Oleskan campuran buah tin dan yogurt tadi pada wajah secara memutar.
  5. Tunggu hingga 10-15 menit.
  6. Setelah terasa sudah cukup kering, Anda bisa bilas dengan air hangat.

3. Nutrisi tambahan untuk kulit

Sudah saya jelaskan sebelumnya buah tin ini sangat akan kaya kandungan mineral dan antioksidannya seperti vitamin, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, fenolik, dan flavonoid.

Semua kandungan ini juga bisa menjadi nutrisi tambahan dalam menyeimbangkan nutrisi tubuh dengan kulit, sehingga kulit bisa tetap sehat dan terhindar dari sel radikal bebas.

Tanya Jawab Seputar Buah Tin

Bolehkan mengkonsumsi buah tin atau buah ara bersama dengan kulitnya?

Sangat dianjurkan sekali memakan buah tin atau ara ini bersama dengna kulitnya. Justru dengan mengkonsumsi buah tin bersama dengan kulitnya serat yang terkandung jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mengkonsumsi buahnya saja.

Bagaimana anjuran yang baik untuk mengkonsumsi buah tin?

Dalam mengkonsumsi buah tin para dokter banyak menganjurkan untuk mengkonsumsi saat buah masih segar atau tidak diolah menjadi masakan. karena, setiap proses pengolahan akan mengurangi kandungan zat gizi dan nutrisi yang ada dalam buah.

Benarkah buah tin dapat menyembuhkan diabetes?

Kata menyembuhkan ini sebetulnya kurang tepat, karena diabetes adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, akan tetapi bisa dikendalikan dengan diet. Nah, dalam diet sendiri kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang akan serat seperti buh tin.

Benarkah buah tin bisa meningkatkan vitalitas jika dikonsumsi secara rutin?

Benar sekali, buah ara ini kaya akan antioksidan. Antioksidan yang terkandung dalam buah tin atau ara ini juga sangat populer dalam memberikan vitalitas, memperbaiki sel yang rudak dan juga mencegah kanker.

Sumber referensi: Data kandungan gizi buah tin atau ara dikutip dari SELF Nutrition Data. Sedangkan data khasiat dan manfaat buah tin diambil dari National Center For Biotechnology Information

0 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat daun salam
Read More

Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam – Jika Anda sering mengamati masakan-masakan khas nusantara, tentunya daun salam ini hampir selalu ada…
manfaat buah naga merah
Read More

Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga – Anda tentu sudah sering melihat buah naga yang banyak dijajakan ditukang buah, kedai, maupun…