Komponen Komputer – Nah jika anda sudah membaca tentang pengertian komputer, kini saatnya anda memahami komponen apa saja sih yang ada pada komputer.

Banyak sekali komponen yang ada pada komputer, mulai dari komponen internal maupun external. Tentunya setiap komponen memiliki tugas masing-masing.

Dimana semua komponen ini bisa saling bekerja sama untuk melakukan tugasnya, mulaidari menginput data kemudian memproses data tersebut, hingga akhirnya menghasilkan sebuah informasi.

Agar tidak penasaran saya akan mengulas lebih lanjut tentang komponen-komponen komputer pada penjelasan dibawah ini, silahkan disimak.

Komponen-Komponen Komputer

Disini saya akan menampilkan beberapa, atau lebih tepatnya komponen utama dari komputer baik itu internal maupun external dan juga saya akan memberikan penjelasan tugas dari setiap komponen tersebut, oke kita mulai dari yang pertama.

1. Motherboard

komponen motherboard
anandtech.com

Motherboard adalah sebuah alat yang berbentuk papan, yang mana papan ini sudah dirancang dengan semestinya sehingga bisa dijadikan sebagai sirkuit untuk semua komponen yang ada pada komputer.

Intinya motherboard ini berfungsi sebagai papan ataupun wadah yang bisa menampung seluruh komponen utama agar bisa saling terhubung satu sama lain.

2. CPU / Processor

komponen processor
techreport.com

CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah chip yang terpasang rapih pada motherboard, tepatnya dibawah heatsink. CPU atau Processor ini biasa disebut dengan otak pintar dari komputer.

Bentuk dari processor ini persegi empat yang berbahan keramik yang sudah dirancang khusus dengan dilapisi silikon. sama yang seperti kita pakai sekarang ini model nya bermacam macam, ada intel, amd dan lainnya.

Kecepatan processor ini diukur dengan satuan gigahertz (GHz). Semakin besar ukuran gigahertz maka komputer anda pun juga semakin kencang, saat mengeksekusi data.

Cara untuk mengecek ukuran processor anda bisa menekan tombol windows + R, lalu ketikkan dxdiag.

3. Heatsink

komponen heatsink
primelec.com

Heatsink adalah sebuah alat yang membantu untuk meredakan suhu panas pada processor yang ada pada komputer anda. Heatsink ini termasuk perangkat internal yang dikategorikan keras, karena memang terbuat dari aluminium.

Jadi heatsink ini bekerja dalam memberikan suhu dingin untuk processor yang mudah panas dan membuang suhu panas yang ada di dalam nya. banyak sekali macam-macam maupun model heatsink ini, tetapi fungsinya tetap sama.

Baca Juga: Komunikasi Daring

4. RAM

komponen ram
digitaltrends.com

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah memory komputer yang digunakan untuk jangka pendek. Ram ini memiliki jenis yang berbeda-beda ada yang bermodel DDR3 dan ada juga yang bermodel DDR4, ini tergantung dari slot yang ada pada motherboard.

Dimana RAM ini berfungsi sebagai penyimpan data sementara ketika anda sedang menggunakan komputer, tanpa RAM anda tidak akan bisa menjalankan OS yang sudah anda install.

RAM ini biasa diukur dengan satuan gigahertz (GHz). Semakin tinggi RAM yang anda punya maka anda bisa mengeksekusi banyak program, entah itu word, game, browser dan  lainnya.

5. VGA Card (GPU)

komponen vga
tokopedia.com

VGA Card (Virtual Graphic Array) Merupakan alat yang difungsikan untuk menampilkan data informasi pada layar monitor. Biasanya setiap komputer sudah memiliki vga nya masing-masing karena ini memang komponen default dari pabrik.

Nah jika anda seorang yang suka akan design ataupun game, ada baiknya anda meng-upgrade VGA card anda. Karenan VGA ini akan berpengaruh terhadap tampilan yang ada pada monitor.

6. LAN Card (NIC)

komponen lan card
deskdecode.com

LAN / NIC (Network Interface Card) adalah sebuah alat yang difungsikan untuk menghubungkan ke jaringan komputer, khususnya area LAN (Local Area Network).

Setiap motherboard sudah memiliki slot PCI, dimana PCI ini akan dipasangin NIC card. Dan setiap NIC memiliki alamat masing-masing, alamat ini biasa disebut dengan MAC-Address.

Nantinya dari LAN card ini bisa di setting ip statik maupun dinamik. Tergantung dengan kondisi dari jaringan komputer lain, apakah menyediakan DHCP atau statik.

7. WLAN Card

komponen wlan card
amazon.com

WLAN Card (Wireless LAN Card) merupakan alat yang hampir sama fungsinya dengan LAN Card, hanya saja WLAN ini bersifat nirkabel (WiFi). Jadi dengan adanya WLAN ini kita lebih leluasa mendapatkan koneksi tanpa lewat kabel.

WLAN ini umumnya sudah terpasang pada laptop, berbentuk persegi panjang dengan dia meter sekitar 5×10 cm.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer

8. Sound Card

komponen sound card
amazon.com

Sound Card / Kartu Audio merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk memberikan informasi suara yang dihasilkan dari data komputer, baik itu lewat speaker ataupun headphone.

Anda juga bisa meningkatkan kualitas sound card anda, agar bisa menghasilkan suara yang lebih baik dan bagus.

9. CD / DVD-ROM

komponen cd rom
aliexpress.com

CD / DVD-ROM ini adalah sebuah komponen yang bertugas untuk membaca data dari optical drive. Ada beberapa jenis dari optical drive, berikut ini jenis-jenis optical drive :

  • CD-ROM (Compact Disk – Read Only Memory) : Hanya bisa digunakan untuk membaca data dari CD saja.
  • CD-RW (Compact Disk – Rewritable) : Bisa digunakan untuk membaca dan mertubah ataupun menulis data CD.
  • DVD ROM (Digital Video Disk – Read Only Memory) :  bisa digunakan untuk membaca data dari CD maupun DVD.
  • DVD RW (Digital Video Disk – Rewritable) : memiliki fungsi paling lengkap, yaitu bisa membaca CD ataupun DVD dan juga bisa menyalin data ataupun menyimpan di CD maupun DVD.

10. Power Supply

power supply
ryprotech.co.za

Power Supply adalah sebuah komponen atau alat yang ditugaskan untuk menyimpan tegangan listrik sementara jika keadaan listrik sedang padam.

Yang mana power supply ini akan mengirimkan tegangan listrik ke motherboard, hardisk, heatsink, monitor dan lain sebagainya. Power supply ini terbagi menjadi dua :

  1. Power Supply AT merupakan jenis power supply yang langsung terhubung dengan motherboard.
  2. Power Supply ATX adalah jenis power supply yang sama seperti nomer satu, akan tetapi ia terhubung lewat 20 pin kabel kecil.

11. Blutooth Adaptor

bluetooth usb
aliexpress.com

Bluetooth merupakan komponen yang digunakan untuk komunikasi jarak dekat. Perangkat priperal ini biasanya digunakan untuk keyboard dan mouse yang tidak disertai dengan kabel.

Jadi bluetooth ini termasuk alat yang bekerja tanpa kabel (nirkabel), dan umumnya bluetooth ini di modifikasi dengan port usb.

12. Hard Disk

hard disk
goharddrive.com

Hard Disk adalah komponen yang ditugaskan untuk menyimpan dan menyalin segala berkas yang ada pada komputer. Dimana hardisk ini merupakan memori jangka panjang, selama anda tidak memformatnya.

Hardisk ini cukup penting karena tanpa hardisk anda tidak akan bisa mengoprasikan komputer anda dengan baik.

13. SSD

komponen ssd
wikipedia.org

SSD (Solid State Drive) merupakan suatu perangkat yang funsinya hampir sama dengan hardisk, akakn tetapi ia lebih unggul karena memiliki serangkaian IC (Intergrated Circuit) sehingga memiliki kecepatan tingkat tinggi.

SSD ini biasanya diminati oleh kalangan orang keatas karena harganya yang lumayan mahal.

Biasanya SSD ini digunakan untuk orang yang suka bermain game dan yang memerlukan server dengan tingkat kecepatan tinggi.

14. Monitor atau Display

komponen monitor
amazon.com

Monitor merupakan perangkat keras output data, dimana monitor ini ditugaskan untuk menampilkan hasil dari pengolahan data yang ada dalam komputer.

Monitor ini cukup penting karena tanpa adanya monitor kita tidak bisa mengontrol apa yang ada dalam komputer, jadi istilahnya monitor adalah perantara utama yang hak paten.

Monitor juga memiliki jenis masing-masing mulai dari model awal sampai model yang sekarang ini, yaitu CRT (Cathide Ray Tube), LED (Light Emitting Diode), LCD (Liquid Crystal Display) dan Display Plasma.

15. Mouse

mouse
allegro.pl

Mouse adalah salah satu perangkat utama yang cukup penting, agar kita bisa berintraksi dengan data dari komputer. Mouse ini berfungsi sebagai pinter atau penunjuk suatu objek pada monitor.

16. Keyboard

komponen keyboard
kakaku.com

Keyboard merupakan komponen yang termasuk penting juga, karena ini berfungsi sebagai alat untuk memberikan sebuah informasi atau data dari luar.

Keyboard ini terdiri dari berbagai macam tombol yang diisyaratkan dengan huruf, angka dan simbol-simbol lainnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua, sekian terimakasih sampai berjumpa lagi pada artikel lainnya.

0 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
komunikasi daring
Read More

Komunikasi Daring

Komunikasi Daring – Kita semua adalah mahluk yang diciptakan oleh Allah yang memiliki kelebihan dari pada mahluk lainnya…
pengertian routing
Read More

Pengertian Routing

Pengertian Routing – Perkembangan era digital yang sudah sangat maju ini memberikan banyak sekali kemudahan untuk kita. Mulai…