20+ Contoh Teks Deskripsi Singkat & Paragraf (Definisi, Ciri-ciri, Struktur)

0
86
contoh teks deskripsi

Contoh Teks Deskripsi – Dalam pelajaran bahasa indonesia banyak sekali macam-macam teks, salah satunya yakni teks deskripsi.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang teks deskripsi mulai dari pengertian, ciri-ciri, jenis, struktur dan contoh dari teks deskripsi.

Yuk, langsung saja kita bahas bersama…

Pengertian Teks Deskripsi

Teks Deskripsi ini merupakan karangan yang bisa menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan dan pengalaman si penulis.

Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

Teks deskripsi adalah tulisan yang dapat menuliskan sebuah kisah dengan tujuan untuk mengajak para pembaca memahami, merasakan dan menikmati objek yang dibicarakan seperti suasana hati. (Tarigan: 1994).

Deskripsi juga bisa didefinisikan sebagai suatu wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang seakan-akan para pembaca melihat sendiri objek tersebut. (Keraf: 1995).

Tujuan Teks Deskripsi

Tujuan dibuatnya teks deskripsi yakni untuk memperoleh kesan yang sesuai dengan pengamatan, perasaan dan pengalaman penulis. Sehingga bisa memberikan gambaran seolah-olah pembaca yang melihat, merasakan dan mengalami peristiwanya sendiri.

Ciri Ciri Teks Deskripsi

  1. Teks deskripsi umumnya menggambarkan atau bisa juga melukiskan sesuatu melalui kata-kata.
  2. Dalam penggambaran tersebut teks deskripsi cendrung lebih detail sehingga bisa menciptakan kesan terhadap indra baik itu penglihatan dan perasaan.
  3. Teks deskripsi juga cendrung menjelaskan ciri-ciri mulai dari bentuk, warna, ukuran dan keadaan suatu objek.
  4. Teks deskripsi juga bisa membuat pembacanya seolah-olah bisa menyaksikan dan merasakan objek tersebut.

Struktur Teks Deskripsi

struktur teks deskripsi
pixabay.com

Untuk struktur teks deskripsi sendiri terbagi menjadi 3 bagian, berikut ini penjelasannya:

1. Identifikasi

Pada struktur pertama ini yang akan kita jelaskan adalah identitas dari si objek baik itu orang, benda dan lain sebagainya.

2. Klasifikasi

Kedua, yakni klasifikasi, dalam struktur ini kita harus melakukan penyusunan bahasa terhadap suatu objek yang dibahas berdasarkan dengan kaidah dan standar yang sudah ditetapkan. Ini diperuntukan agar teks menjadi lebih detail dan rinci.

3. Deskripsi

ketiga, yaitu mendeskripsikan baik itu berupa gambaran dan penjelasan tentang sebuah objek yang dituju. Dalam struktur deskripsi juga terbagi menjadi 3 pola yang berbeda.

Deskripsi Spasial

Deskripsi Spasial ini merupakan sebuah paragraf yang mana topiknya sendiri berupa ruang atau tempat. Paragraf ini mendeskripsikan suatu ruang atau tempat dengan jelas kepada para pembacanya.

Deksripsi Objektif

Objektif ini bermakna apa adanya atau bisa dikatakan sesuai kenyataan. Maka dari itu, paragraf ini menggambarkan suatu objek dengan sesuai kenyataan tanpa dibumbui opini atau kesan pribadi seseorang.

Deskripsi Subjektif

Deskripsi Subjektif ini berbeda dengan deskripsi objektif, paragraf ini menggambarkan suatu objek berdasarkan apa yang dirasakan dan dilihat oleh si penulis.

Jenis Teks Deskripsi

jenis teks deskripsi
pixabay.com

Teks deskripsi ternyata juga terbagi menjadi 2 jenis, yaitu teks deskripsi imajinatif dan teks deskripsi faktual.

1. Teks Deskripsi Imajinatif

Deskripsi Imajinatif ini merupakan paragraf yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa. Pelukisannya harus dilihat dari berbagai segi, agar ruang tersebut dapat tergambar dengan jelas.

2. Teks Deskripsi Faktual

Deskripsi faktual ini adalah paragraf yang menggambarkan suatu hal atau seseorang dengan mengungkapkan identitasnya secara apa adanya, sehingga pembaca mampu membayangkan keadaannya saat itu.

Semakin rinci penulisannya, semakin jelas pula dalam bayangan pembaca. Jika objek yang dilukiskan adalah seseorang, maka dapat dilakukan perincian terhadap aspek fisik maupun rohaninya.

Contoh Teks Deskripsi

1. Contoh Teks Deskripsi Keindahan Alam Indonesia

contoh teks deksripsi keindahan alam indonesia
pixabay.com

Indonesia adalah Negara dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Merauke. Keindahan alam Indonesia memang dinilai tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.

Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia mulai dari daratan hingga laut. Oleh sebab itu, tidak heran apabila banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam bumi pertiwi.

Selain keindahan alam yang disajikan ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui seperti flora dan fauna yang sangat langka dan eksotis.

Alam Indonesia yang paling tersohor di mata dunia adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai semakin berwarna.

Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga menjadi incaran para wisatawan untuk masuk ke dalamnya dan ikut menikmati kehidupan bawah laut di Indonesia.

Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia yang paling tersohor adalah Manado, Bali dan Raja Ampat.

Tidak hanya keindahan pantai, Indonesia juga merupakan negara dengan cangkupan hutan terbesar di Dunia. Oleh karena itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia sebab ⅓ hutan di Dunia terdapat di Indonesia.

Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi, sebab memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan terhipnotis.

Selain itu hewan dan tumbuhan endemik juga banyak yang menjadi buruan wisatawan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen tersebut.

2. Contoh Teks Deskripsi Tentang Ruang Angkasa

contoh teks deskripsi ruang angkasa
pixabay.com

Ruang angkasa adalah suatu ruang yang ditempati oleh planet-planet, bintang, tata surya, meteor, debu angkasa, radiasi benda-benda langit, lubang hitam dan berbagai bentuk galaksi.

Menurut para ilmuwan, ruang angkasa sebenarnya tidaklah kosong atau tidak ada apa-apa selain benda-benda langit. Ruang angkasa sebenarnya adalah energi yang belum mewujud atau disebut sebagai serat angkasa.

Berbagai perwujudan benda-benda langit yang kita lihat berasal dari serat angkasa ini. Suatu saat semua benda langit akan kembali menjadi serat tersebut. Getaran energi murni yang belum menjadi materi atau kita ketahui sebagai benda-benda langit sebenarnya adalah ruang angkasa itu sendiri.

Suatu saat nanti akan ada masa di mana benda-benda langit akan lebur dan lenyap atau sebenarnya kembali lagi menjadi ruang angkasa yang penuh dengan energi murni yang tidak terlihat oleh mata.

Baca Juga: Contoh Teks Anekdot

3. Contoh Teks Deskripsi Tentang Orang Jepang

contoh teks anekdot tentang orang jepang
pixabay.com

Jepang terkenal dengan penduduknya yang rajin bekerja dan menghargai segala sesuatu. Rata-rata tinggi badan orang Jepang adalah 165 cm ke atas untuk laki-laki dan 155 cm ke atas untuk para perempuan. Kulit orang Jepang sangat terkenal akan warna putih bersihnya dan kehalusannya.

Ditambah lagi, kebanyakan orang Jepang tidak memiliki bau badan yang menyengat atau tidak mudah mengalami bau badan.

Uniknya, selain mata mereka yang sipit dan rambutnya yang lurus halus, orang Jepang sangat menghargai segala sesuatu termasuk manusia, waktu, makanan, minuman, alam, peraturan dan perasaan.

Jepang terkenal akan penduduknya yang sangat menghargai waktu, cerdas, pekerja keras dan menghormati orang lain. Mereka berbicara dengan suara yang tidak kencang, cenderung tenang dan tidak suka bila ada orang lain yang berisik baik dalam perkataan maupun tingkah laku.

4. Contoh Teks Deskripsi Tentang Ruangan Sekolah

contoh teks anekdot ruangan sekolah
pixabay.com

Aku sangat senang belajar di pendidikan sekolah. Kelasku sangat nyaman dan bersih. Lantainya terbuat dari keramik putih yang dingin dan mudah dibersihkan.

Dindingnya dicat dengan warna kuning muda. Papan tulis putih dengan panjang 2 meter dan tinggi 1 meter selalu dibersihkan setelah pelajaran usai. Foto presiden dan wakil presiden Indonesia selalu menghiasi kelasku.

Tidak hanya itu, foto-foto para pahlawan dan pemandangan dari berbagai pulau di Indonesia ikut menghiasi dinding kelasku.

Meja dan kursinya terbuat dari kayu jati Belanda yang indah dan unik berjumlah 20 pasang. Di pojok kanan atas kelasku terdapat speaker yang digunakan saat ada pengumunan penting dari sekolah.

Pintu kelasku berjenis pintu geser. Meja guru berada di pojok kiri depan menghadap para murid. Dikelasku terdapat 1 AC yang dinginnya membuat suasana belajar menjadi nyaman.

5. Contoh Teks Deskripsi Tentang Makanan

contoh teks deskripsi tentang makanan
tempo.co

Gado-gado merupakan masakan khas Indonesia. Makanan yang memiliki banyak penggemar ini berbahan sayuran dan sambal kacang yang nikmat.

Dengan irisan buncis, kacang panjang, tempe, tahu, mentimun, kentang, telur rebus, taburan kerupuk merah dan siraman sambal kacang yang manis dan gurih membuat gado-gado menjadi makanan favorit bagi banyak orang di Indonesia.

Berbagai variasi gado-gado bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Terkadang, ada sebagian orang yang menambahkan nasi sebelum menyantap makanan yang juga digemari oleh orang manca negara ini.

Harga seporsi gado-gado sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan. Makanan rakyat yang bergizi ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Baca Juga: Contoh Teks Eksposisi

6. Contoh Teks Deskripsi Tentang Benua Afrika

contoh teks deskripsi tentang benua afrika
pixabay.com

Benua Afrika merupakan salah satu benua yang memiliki penduduk asli dengan ciri khasnya sendiri. Penduduk asli benua Afrika umumnya berkulit hitam atau coklat tua. Tinggi badan mereka cenderung di atas 175 cm.

Ciri khas orang-orang Afrika adalah jenis rambut mereka yang keriting dan berwarna hitam. Hidung mereka cenderung pendek namun besar. Bibir mereka cenderung tebal.

Penduduk Afrika rata-rata memiliki fisik yang kuat dan tahan terhadap cuaca panas. Sebenarnya, kulit hitam dan rambut keriting mereka tercipta karena proses evolusi yang panjang berkaitan dengan teriknya sinar matahari di benua ini.

Melanin (zat warna kulit) pada kulit mereka selama jutaan tahun mengalami perubahan warna dikarenakan sengatan sinar matahari yang terus-menerus. Umumnya, penduduk Afrika tergolong ramah dan baik hati.

7. Contoh Teks Deskripsi Kutub Utara

contoh teks deskripsi tentang kutub utara
pixabay.com

Bumi memiliki 2 kutub, yaitu kutub utara dan selatan. Terdapat lapisan es yang sangat tebal di kutub utara. Seluruh permukaan kutub utara diselimuti oleh es yang tebal. Tentu saja, wilayah ini sangatlah dingin. Meskipun demikian, ternyata masih ada manusia yang tinggal di sini.

Mereka disebut suku Eskimo. Suku ini memiliki rumah unik yang terbuat dari balok-balok es yang disebut dengan Iglo. Di kutub utara masih ada hewan yang bisa bertahan hidup dengan baik, yaitu pinguin, beruang kutub, anjing laut, singa laut dan paus.

Kutub utara juga sering diteliti oleh para ilmuwan karena di kutub utara pernah juga ditemukan mamot atau gajah purba yang membeku oleh es.

8. Contoh Teks Deskripsi Rumah

contoh teks deskripsi tentang rumah
pixabay.com

Ayah telah membeli rumah baru untuk kami. Rumahnya besar dan halaman depannya luas. Rumah kami yang baru memiliki 4 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang makan, 1 ruang keluarga, 1 ruang tamu dan teras.

Dindingnya dicat dengan warna biru cerah. Lantainya terbuat dari batu marmer. Gentengnya tebal dan berwarna coklat tanah. Setiap ruangan diberi lampu penerangan yang berwarna putih.

Ayah juga telah memasang AC di setiap kamar tidur dan ruang keluarga. Meja dan kursi di setiap ruang terbuat dari kayu mahoni. Rumah ini menghadap ke utara. Di halaman rumah terdapat 4 pohon mangga.

Di belakang rumah terdapat kolam renang yang lantai kolamnya berubin keramik berwarna biru. Rumah kami yang baru dikelilingi dengan tembok batu bata seperti zaman kerajaan kuno.

9. Contoh Teks Deskripsi Wilayah Indonesia

contoh teks deskripsi tentang wilayah indonesia
pixabay.com

Perkembangan pariwisata di Indonesia semakin baik. Berbagai wilayah di Indonesia mulai dibangkitkan sektor pariwisatanya. Di antara berbagai wilayah di Indonesia, Karanganyar merupakan salah satu yang menonjol sektor pariwisatanya.

Karanganyar sebenarnya adalah suatu kabupaten yang terletak di lereng dan kaki gunung Lawu atau juga ada yang menyebutnya gunung Mahendra.

Berbagai tempat wisata seperti candi, hutan konservasi, perbuktian, air terjun, kebun teh, rumah makan bernuansa alam pegunungan, tempat olah kebatinan, hotel-hotel dan jalur sepeda gunung semua ada di Karanganyar.

Penduduk asli Karanganyar juga ramah. Tentu saja, udara di wilayah Karanganyar sangat sejuk dan bersih.

10. Contoh Teks Deskripsi Tentang Mobil Listrik

contoh teks deskripsi mobil listrik
pixabay.com

Zaman dulu, manusia sering menggunakan kereta kuda untuk bepergian jauh. Namun sekarang, di zaman teknologi semakin maju, manusia menciptakan mobil listrik. Sebenarnya, sebelum menciptakan mobil listrik, manusia telah menciptakan mobil berbahan bakar fosil.

Polusi yang dihasilkan oleh mobil berbahan bakar fosil ini sangatlah besar. Maka dari itu, perusahaan pembuatan mobil kemudian menciptakan mobil listrik yang berbahan bakar listrik.

Mobil listrik keluaran tahun 2018 mampu menempuh jarak kurang lebih 500 km hanya dengan sekali pengisian daya baterai. Waktu yang dibutuhkan untuk sekali mengisi daya adalah 45 menit.

Di Amerika, sudah dibangun banyak stasiun pengisian daya listrik untuk mobil listrik bermerk Tesla. Mobil listrik cenderung canggih dan menciptakan 0% polusi. Suara yang dihasilkan pun terdengar hampir tidak terdengar mengingat mobil listrik tidak memiliki knalpot.

11. Contoh Teks Deskripsi Festival

contoh teks deskripsi tentang festival
pixabay.com

Di kota Solo terdapat suatu festival tahunan yang disebut Sekaten. Festival ini terjadi di bulan di mana nabi Muhamad (nabi bagi umat Islam) dilahirkan. Sekaten digelar di alun-alun keraton Solo. Banyak pedagang beramai-ramai memeriahkan festival ini.

Makanan khas Solo, minuman, warung makan, arena bermain, rumah hantu, pedagang pernak-pernik, pedagang tembikar, senjata tajam, pakaian, mainan dan obat-obatan unik bisa pengunjung temukan di sini.

Biasanya, pengunjung baru banyak berdatangan di saat matahari telah terbenam. Perlu anda ketahui hari Sabtu dan Minggu adalah waktu yang paling digemari para pengunjung untuk menikmati kemeriahan festival Sekatenan.

12. Contoh Teks Deskripsi Olahraga

contoh teks deskripsi olahraga
pexels.com

Kesehatan adalah sesuatu yang tidak ternilai harganya. Dari dulu banyak orang yang sadar akan pentingnya berolah raga. Biasanya, di setiap kota terdapat gedung olahraga yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk berolah raga.

Di kota Solo terdapat gedung olah raga yang biasa disebut dengan GOR Manahan. Di tempat ini, masyarakat khususnya kota Solo sekitar berolah raga.

Di sini terdapat lapangan sepak bola, arena lari, tempat senam, pohon-pohon rindang, arena panjat dinding, arena beladiri, arena bulu tangkis, arena tenis dan arena papan luncur.

Harga karcis masuk juga sangat terjangkau. Parkiran aman dan dijaga oleh petugas. Di tempat ini sering diadakan pertandingan-pertandingan olah raga.

13. Contoh Teks Deskripsi Pasar Tradisional

contoh teks deskripsi pasar tradisional
pixabay.com

Sebelum super market atau pasar modern ada, masyarakat Indonesia telah mengenal pasar tradisional. Di tempat ini, para pembeli boleh menawar harga setiap barang yang dijual.

Barang-barang yang dijual disini mulai dari sembako, ikan, daging sapi, ayam, babi sampai pakaian dijual di sini.

Namun, sebagian besar pasar tradisional bau, jorok, tidak nyaman untuk dikunjungi dan kotor. Seiring berjalannya waktu, perbaikan demi perbaikan pasar tradisional terus dilakukan, misalnya dengan penataan ulang, renovasi dan penegasan peraturan demi menjaga kebersihan.

Hal ini dilakukan mengingat persaingan dengan pasar modern yang lebih bersih dan tertata terus meningkat.

14. Contoh Teks Deskripsi Tentang Pasar

contoh teks deskripsi tentang pasar
pixabay.com

Pasar modern dapat ditemui di banyak tempat. Suasana yang nyaman, sejuk, bersih dan terang membuat pelanggan betah berlama-lama berbelanja di pasar modern.

Di pasar ini, pembeli tidak bisa menawar harga barang yang dijual. Semua barang kebutuhan sehari-hari manusia dijual di sini. Biasanya, barang-barang yang dijual di pasar modern memiliki kualitas yang tinggi.

Maka dari itu, harga barang di pasar modern cenderung lebih mahal daripada di pasar tradisional. Keamanan di pasar modern pun lebih terjamin. Biasanya pasar modern memiliki jam buka yang lebih panjang dibandingkan dengan pasar tradisional.

15. Contoh Teks Deskripsi Tentang Pesawat Siluman

contoh teks deskripsi tentang pesawat
tempo.co

Para ilmuwan sudah berhasil menciptakan pesawat terbang yang bisa mengambang dan melaju dengan kecepatan Mach 15 atau 15 kali kecepatan suara (1 kecepatan suara sama dengan 4.992 km/jam).

Pesawat yang memiliki nama TR3B ini merupakan pesawat tempur dan sekaligus pesawat mata-mata. Pesawat ini tidak menggunakan bahan bakar fosil untuk bisa terbang. TR3B memakai medan elektromagnetik baik untuk terbang ataupun untuk melaju.

Dikarenakan tidak memiliki lubang pembakaran maka pesawat ini tidak menimbulkan suara sama sekali saat terbang ataupun melayang.

Udara di sekitar pesawat akan berubah menjadi ion dikarenakan persinggungan dengan energi elektromagnetik yang sangat kuat di seluruh permukaan pesawat. Tidak jarang TR3B tampak bercahaya dikarenakan proses ionisasi udara di permukaan pesawat.

Pesawat ini mampu memanipulasi sinyal yang ditangkap oleh RADAR musuh sehingga musuh tidak mengira bahwa ada serangan yang datang.

Senjata yang digunakan adalah sejenis plasma dengan kepadatan energi yang sangat tinggi yang sanggup menghancurkan gedung pencakar langit dalam sekejap.

16. Contoh Teks Deskripsi Tentang Kereta Api

contoh teks deskripsi tentang kereta api
article.wn.com

Maglev Train atau kereta magnet adalah sejenis kereta api yang bisa mengambang dan melaju dengan tenaga magnet. Maglev Train lebih tepat disebut kereta magnet daripada kereta api magnet karena tidak menggunakan api sama sekali. Kereta magnet sama sekali tidak menyentuh rel saat melaju. Bahan bakar fosil juga absen di sini.

Laju kereta magnet sanggup mencapai angka 800 km/jam. Dikarenakan gesekannya yang 0% maka penumpang di dalam kereta magnet tidak merasakan adanya hentakan sama sekali. Kerata magnet melaju dengan sangat halus.

Kereta jenis ini dikembangkan pada awalnya di negara Jepang dan Jerman. Rahasia kereta magnet yang bisa mengambang adalah penggunaan kombinasi pemasangan magnet yang disesuaikan posisi kutub-kutubnya sehingga kerata bisa mengambang.

Adapun laju kereta magnet bisa dilakukan karena pemberian arus listrik yang sangat kuat yang diarahkan ke depan. Arus listrik yang dialirkan ke dalam sebuah benda berjenis konduktor akan membuat benda tersebut bergerak maju sesuai dengan arah laju elektron.

17. Contoh Teks Deskripsi Rumah Sederhana

contoh teks deskripsi rumah sederhana
pixabay.com

Rumah Andi terletak di depan rumahku, yang mana di halaman rumahnya terdapat pohon mangga yang membuat suasana terasa segar. Bunga-bunga indah menghiasi depan rumah Andi.

Dinding rumah Andi berwarna putih dengan pintu dan jendela yang berwarna hijau. Serta lantai keramik yang berwarna putih bersih membuat rumah Andi sangat enak dipandang.

18. Contoh Teks Deskripsi Orang

Di sudut dekat pintu duduk seorang laki-laki. Namanya Dindin. Dia memakai celana pendek dan baju kaos yang telah sobek-sobek, yang melukiskan kemelaratan dan kemiskinan yang sehari- hari dideritanya.

Pada dadanya yang bidang dan berisi, lengannya yang kukuh penuh urat dapat dilihat betapa berat pekerjaan sehari-harinya. Air mukanya yang keruh, pipinya yang susut, dan matanya yang cekung menyatakan bahwa jalan hidup yang telah ditempuhnya penuh rintangan dan duri.

****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.