Pengertian Komputer

pengertian komputer

Pengertian Komputer – Apa kabar semua para audience terima kasih untuk kesekian kalinya anda mengunjungi website saya. Kali ini saya ingin sedikit membahas tentang sebuah istilah dari komputer.

Banyak dari kita lupa akan hakikat sebenarnya dari alat yang sering kita gunakan di zaman era digital ini. Kenapa bisa seperti itu ? ini lah perbedaan zaman dulu dengan zaman yang sekarang.

Zaman dulu setiap orang ketika menemukan hal baru pasti mereka akan menguak informasinya lebih dalam. berbeda dengan zaman sekarang yang hanya penikmat produk saja, yang malas untuk mencari informasi.

Maka dari itu saya ingin merubah mindset anda agar tidak mengikuti mindset orang zaman sekarang yang hanya sebagai penikmat saja.

Padahal jika anda bisa menggali informasi lebih dalam lagi dari produk digital yang sedang anda gunakan. Tentunya jika anda memiliki kendala seperti error dan trouble anda bisa menyelesaikan nya dengan sendiri tanpa bantuan tukang service.

Sekarang coba anda simak penjelasan yang sudah saya rangkum dibawah ini dengan penuh perhatian, Insya Allah anda tidak akan rugi.

Pengertian Komputer

pengertian komputer
pixabay.com

Pengertian komputer secara bahasa adalah sebuah alat yang digunakan untuk menerima sebuah perintah ataupun intruksi dari sebuah data yang sudah terkumpul, dengan melakukan penghitungan operasi aritmatika dan logika secara otomatis.

Nah dari operasi ini lah beberapa komponen yang ada dalam komputer ini bisa bekerja sama. Berdasarkan rentetan intruksi atau program yang dimasukkan kedalam sebuah sistem operasi.

Dimana dari sistem operasi itulah seluruh komponen bisa bekerja sama sehingga dapat menghasilkan sebuah informasi berdasarkan program dan data yang sudah ada.

Intinya komputer ini adalah alat yang digunakan untuk mengolah beberapa data dengan prosedur didalamnyasehingga menciptakan sebuah jaringan komputer .

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

pengertian komputer menurut para ahli
pixabay.com

Banyak sekali argumen-argumen dari pakar dan ahli dalam bidang komputer mulai dari seorang yang ahli dalam membuah sistem sampai yang ahli dalam perancangan sistem yang dibuat.

Disini saya mengambil sebagian dari sekian banyak pakar dari bidang komputer dari lokal maupun luar negri, silahkan simak baik-baik :

Seorang ilmuan yang bernama Robert H. Blissmer menuliskan teori-teori pada bukunya yang judul Instructor’s Manual to Accompany Computer Annual. Dalam buku tersebut ia berpendapat bahwa komputer adalah salah satu alat yang bisa menerima dan mampu melakukan tugas mulai dari menerima data input, memproses data input, menyimpan data-data input hasil dari pengolahan dan memberikan sebuah output dengan bentuk informasi.
Donald H. Sanders adalah seorang pengarang dari buku yang berjudul Computer Today memberikan penyataan bahwa komputer adalah sebuah sistem yang berbasis elektronik yang bisa memanipulasi data dengan cepat dan tepat dengan susunan yang rapih. Dengan begitu seluruh data yang dihasilkan / output bisa diawasi dengan langkah-langkah atauppun program yang sudah disetting dalam memori.
John J. Longkutoy seorang pakar lokal dalam ilmu komputer yang membuat sebuah karangan buku berjudul Pengenalan Komputer. Ia berpendapat bahwa komputer adalah sebuah alat pengolahan data yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan, akan tetapi perlu penganganan dari seorang yang ahli dalam komputer.

baca juga: komunikasi daring

Fungsi Komputer

fungsi komputer
pixabay.com

Sama seperti yang sudah saya rangkum tadi, intinya komputer ini berfungsi sebagai alat bantu untuk kita agar lebih mudah dalam memproses data yang banyak dan rumit.

Ini hanya menurut pendapat saya saja, jika anda tanyakan pada orang lain pastilah jawaban mereka berbeda-beda. Tetapi tetap saja komputer ini sebagai alat bantu untuk kita.

Baik itu dalam pekerjaan, pendataan dan untuk kegiatan lainnya yang bisa dibantu dengan komputer. Perlu anda ketahui komputer ini sebenarnya hanya memiliki 4 faktor dengan tugas masing-masing.

Lalu apa itu 4 faktor utama dari komputer, silahkan anda duduk manis dan baca ini dengan santai agar anda bisa memahaminya dengan baik :

Input

Input adalah sebuah awal dari proses komputer menerima data ataupun informasi dari berbagai sumber diluar. Kemudian akan dikirimkan ke tahapan processing.

Dari sini kita bisa membuat contoh seperti anda menggunakan keyboard, mouse ataupun segala peralatan lain yang berasal dari luar komputer.

Processing

Processing ini berfungsi sebagai alat yang membuat dan melakukan proses pada sebuah data yang berasal dari input.

Jadi alat ini akan menerima data dari input kemudian ia akan mencocokkan dengan data dari memori, yang mana nantinya akan menghasilkan sebuah informasi baru. Dan dari informasi tersebut akan dikirimkan kepada output.

Output

Nah dari sebuah data yang telah diproses tadi maka akan menghasilkan informasi yang mana informasi ini akan di eksekusi oleh output ke perangkat lainnya.

Contoh perangkat dari output seperti printer, speaker, layar monitor dan lainnya. dimana perangkat tersebut akan memberikan output dari komputer untuk bisa digunakan dengan perangkat lain.

Storage

Storage ini adalah sebuah alat ataupun tempat diamana ia yang menyiman data dan informasi yang digunakan. Dalam penyimpanan data ini juga dibagi menjadi 2 kategori data.

Pertama data yang memang disimpan pada memori utama komputer, data ini adalah data-data perintah maupun intruksi yang tadi sudah sampai kepada output.

Kedua data dari si pengguna, data ini biasa disebut dengan sebutan program ataupun software, yang bisa membantu kita dalam mengerjakan sebuah hal dalam komputer.

baca juga: perintah dasar linux

Komponen-Komponen Komputer

komponen komponen komputer
trustedreviews.com

Setelah tadi kita sudah memahabi bagaimana sebuah komputer itu bisa berfungsi dengan baik, saat nya kita pindah ke materi komponen dari komputer.

Banyak sekali komponen maupun perangkat yang terdapat dalam sebuah komputer. Intinya yang saya fahami betuh hanya perangkat-perangkat utama.

Dimana perangkat utama tersebut berpengaruh besar dalam sebuah komputer. Perangkat tersebut terdiri dari CPU, processor, RAM, harddisk dan lain sebagainya yang terdapat dalam komputer anda.

Dan untuk komponen-komponen tambahan nya seperti scanner, modem, printer dan lain sebagainya, saya sudah membahas lebih dalam dan anda bisa melihatnya.

baca juga: komponen komputer

Mungkin cukup sekian untuk materi pada hari ini, semoga dari artikel ini anda bisa mendapatkan informasi yang anda cari. Jangan lupa ikuti perkembangan website ini agar anda bisa mendapatkat informasi terbaik dari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.