Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian jaringan komputer

Pengertian Jaringan Komputer – Pada era digital yang sangat maju pesat, kita sering kali lupa bagaimana bisa seluruh perangkat di dunia ini bisa saling terhubung. Baik itu antar daerah, kota, provinsi, pulau hingga antar negara.

Maka dari itu pada pembahasan kali ini saya ingin membuat pemahaman tentang jaringan komputer lebih detail lagi.

Mulai dari pengertian jaringan komputer, fungsi dari jaringan komputer dan jenis-jenis jaringan komputer. Oke kita langsung masuk ke pembahasan nya saja.

Pengertian Jaringan Komputer

pengertian jaringan komputer
udemy.com

Jaringan Komputer merupakan suatu metode dimana terdapat dua bahkan lebih dari komputer yang terhubung antar satu sama lain, melalui media komunikasi.

Sehingga bisa saling bertukar data dengan komputer lain. Dimana tujuan dibuatnya jaringan komputer ini agar memudahkan setiap penggunanya dalam berkomunikasi.

Semisal jika kita ingin berkomunikasi lewat handphone maka di butuhkan yang namanya kartu sim. Yang mana kartu sim ini sudah terintegrasi dengan jaringan tower dari penyedia layanan komunikasi (ISP).

Sama hal nya dengan komputer, agar komputer kita ini bisa terhubung dengan dunia maya yang luas (internet). Maka dibutuhkan suatu koneksi yang sudah terhubung dengan seluruh jaringan yang ada di dunia ini.

Berikut ulasan beberapa pakar yang ber-argumen tentang definisi jaringan komputer :

Menurut Szymon Machajewski seorang pakar komputer dalam bukunya yang berjudul Introduction to computing, ia mengatakan “Jaringan komputer adalah beberapa perangkat komputer yang saling terkoneksi secara bersamaan satu dengan yang lainnya. Dimana bertujuan untuk saling berbagi resources data. Salah satu resource data tersebut adalah internet”.
Andrew S. Tanenbaum dalam bukunya Computer Network, mendefinisikan jaringan komputer merupakan sekumpulan dari perangkat keras maupun lunak di dalam suatu sistem yang memiliki aturan tertentu dalam mengatur seluruh user yang ada dalam melakukan komunikasi.

baca juga: pengertian routing

Manfaat Jaringan Komputer

manfaat jaringan komputer
geklaw.com

Jaringan memiliki banyak sekali manfaat, dimana seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, yaitu memudahkan kita dalam berkomunikasi baik itu jarak dekat maupun jarak jauh seperti berbeda negara.

Selain mudah dalam berkomunikasi, jaringan komputer juga memudahkan kita dalam melakukan tranfer file ataupun dokumen yang sudah berbentuk softcopy.

Dan yang paling terpenting adalah memudahkan kita dalam mendapatkan informasi ataupun berita yang ada di negara maupun seluruh dunia ini dengan cepat dan akurat.

Baca Juga: Komunikasi Daring

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

jenis jaringan komputer
computers.swanfallstech.com

Didalam dunia jaringan komputer ini terbagi menjadi dua bagian, yang pertama bagian server dan yang kedua adalah client. Dimana client dan server ini saling berhubungan satu sama lain, sehingga menciptakan sebuah tatanan khusus dalam dunia maya.

Berikut penjelasan jenis jaringan komputer yang sudah saya rangkum :

Jaringan Peer-to-Peer

Peer to peer adalah sebuah kondisi dimana setiap host yang ada pada jaringan bisa menjadi server dan juga client secara bersamaan, peer to peer ini sering digunakan untuk skala kecil dalam jaringan.

Semisal jika anda ingin berbagi resource data ataupun file dengan orang yang ada di kantor anda anda cukup hubungkan komputer anda ke jaringan yang mencangkup seluruh komputer yang ada dikantor anda.

Jaringan Server dan Client

Jaringan Server dan Client adalah sebuah metode dimana hanya terdapat satu ataupun dua layanan yang dikhususkan untuk menjadi server. Dan dari server itu sendiri akan memberikan layanan resouce data untuk si client dengan aturan tersendiri.

Layanan server client ini biasa digunakan untuk jaringan lokal maupun public. seperti anda memiliki sebuah situs, dimana situs tersebut memberikan informasi dan berita yang mana dibutuhkan orang banyak.

Nah dari situlah client mengakses situs yang terdapat dari server yang anda buat. biar anda lebih memahami sistem dari jaringan komputer ini anda bisa langsung menyimak jenis jaringan berdasarkan jangkauan dibawah ini.

Baca Juga: Komponen Komputer

Jaringan LAN

LAN (Local Area Network) merupakan salah satu dari jenis jaringan yang mencangkup satu rumah ataupun gedung. Jaringan ini sangat sering dipakai karenan memang sangat mudah untuk dibuat akan tetapi hanya untuk jangkauan terdakat saja ya.

Jaringan MAN

MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan lanjutan dari lan yang bisa mencangkup antar gedung maupun kota. Jaringan ini biasa digunakan dengan menggunakan fiber optic ataupun dengan parabola yang biasa terpasang pada tower-tower disekitar anda.

Jaringan WAN

WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan yang bisa mencangkup antar pulau maupun antar negara. Seperti negara kita yang menganbil data resource internet dari negara singapura, lalu dari singapura langsung menuju jangkauan yang lebih luas antar benua.

Jaringan ini biasa menggunakan satelit atau dengan kabel fiber optic dalam menghubungkan suatu negara dengan negara lainnya.

Demikian itulah beberapa penjelasan secara umum yang perlu kita ketahui dalam mengenal jaringan komputer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua, sekian dan terimakasih telah mengunjungi website saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.