Fathi Muhammad Seorang santri yang tertarik dengan dunia jaringan komputer dan Internet marketing terutama di bidang SEO, sekarang menjadi penulis di Lintar Media.

Contoh Paragraf Deduktif dan Induktif

contoh paragraf deduktif induktif

Contoh Paragraf Deduktif Induktif – Apa anda pernah merasa bingung tentang apa yang di sampaikan dalam tulisan yang sedang anda baca? Atau anda masih bingung dengan gagasan apa yang di sampaikan pada sebuah paragraf ?

Maka solusinya adalah memperhatikan paragraf deduktif dan induktif. Sebelum kita masuk ke pembahasan kita akan sedikit membahas tetang jenis paragraf terlebih dahulu.

Jenis-jenis Paragraf

Jenis Paragraf Berdasarkan Fungsi

  1. Paragraf Pembuka.
  2. Paragraf Isi.
  3. Paragraf Penutup.
  4. Paragraf Penghubung.

Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Gagasan Utamanya

  1. Deduktif.
  2. Induktif.
  3. Ineratif.
  4. Campuran.

Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya

  • Paragraf Eksposisi.
  • Paragraf Deskripsi.
  • Paragraf Persuasif.
  • Paragraf Argumentasi.
  • Paragraf Narasi.

Nah, tadi itu sedikit rincian tentang jenis paragraf. Disini kita hanya akan belajar tentang jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utama, yakni paragraf deduktif dan induktif.

baca juga: contoh teks persuasif

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif merupakan sebuah paragraf yang berisi kalimat atau  gagasan utama, biasanya gagasan ini terdapat di awal paragraf. Dimana gagasan utama ini berisi tentang pernyataan umum.

Kemudian diikuti dengan penjelasan-penjelasan khusus, seperti bukti, contoh,sincian dan sebagainya. Jadi jika diperhatikan pola dari kalimatnya yakni dari umum ke khusus.

Ciri-ciri Paragraf Deduktif

  1. Paragraf deduktif biasanya berada di posisi awal kalimat ataupun awal paragraf.
  2. Mempunyai pola pernyataan umum dan khusus, (maksud pola disini adalah kalimat yang berisi pernyataan umum lalu diikuti dengan penjelasan-penjelasan khusus)

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan 1

Tikus merupakan salah satu jenis hama yang paling mengganggu dan meresahkan para petani. Karena banyak sawah dan ladang yang setiap tahunnya terancam gagal panen karena tikus yang sering memakan padi.

Tak hanya padi saja yang menjadi sasaran tikus, singkong pun tak luput dari sasarannya. Terkadang juga hewan ternak seperti ayam dan bebek juga menjadi sasaran tikus.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kebersihan 2

Sala satu cara untuk mencegah penyakit yakni dengan menjaga kebersihan.  Karena saat ini sudah mulai banyak penyakit seperti gatal-gatal dan lain sebagainya.

Oleh karena itu kita perlu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kita. Kita b isa memulainya dari diri kita sendiri dengan menjaga kebersihan pada tubuh kita. Apalagi akhir-akhir ini banyak yang mulai terkena penyakit seperti gatal-gatal yang disebabkan karena tidak menjaga kebersihan tubuh.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sekolah 3

Menumbuhkan pola pikir ilmiah sudah dimulai sejak siswa berada ditingkatan SD (sekolah dasar). Untuk menanamkan pola pikir ilmiah ketika sisa berada di tingkatan SD kita bisa mengajaknya keluar dan mencatat jenis tubuhan apa saja yang ada disekitar sekolah.

Lalu, ketika siswa sudah berada ditingkatan SMP (sekolah menengah pertama), kita bisa mengajaknya untuk meneliti ataupun bisa juga mengunjungi sebuah museum sekaligus membuat penelitian kecil seperti membuat eksperimen rocket air.

Dan pada saat siswa sudah berada dibangku SMA (sekolah menengah atas), kita perlu memberikan pengajaran agar siswa bisa fokus dengan berfikir secara ilmiah seperti memberikan arahan pengerjaan tugas ataupun pelatihan agar bisa berkembang tanpa harus menjadi mahasiswa.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Teknologi

Di era digital yang semakin canggih ini smartphone / handphone merupakan barang yang cukup penting untuk berkomunikasi antar individu. Kita semua juga tahu banyak semali orang yang sudah menggunakan handphone sebagai media komunikasi.

baca juga: contoh teks eksplanasi

Pengertian Paragraf Induktif

Jika tadi paragraf deduktif merupakan paragraf yang menampilkan gagasan di awal. Maka paragraf induktif adalah paragraf yang menampilkan pejelasan secara khusus terlebih dahulu, barulah kemudian memberikan kesimpulan umum.

Jadi bisa diartikan bahwa paragraf induktif merupakan paragraf yang meletakkan gagasan umumnya di akhir kalimat, dengan pola penjelasan khusus ke pernyataan umum.

Ciri-ciri paragraf Induktif

  1. Biasanya letak kalimat utama ataupn gagasan utama berada di akhir paragraf.
  2. Paragraf diawali dengan penjelasan/uraian yang bersifat khusus, lalu diakhiri dengan pernyataan umum.
  3. Paragraf induktif ini selalu diakhiri dengan kesimpulan.

Jenis Paragraf Induktif

Nah, dalam paragraf induktif juga ada 3 jenis berikut rinciannya :

  1. Jenis pola generilasi, adalah sebuah pola dimana paragraf yang bersifat peristiwa khusus menjadi sebuah paragraf ataupun kalimat yang lebih umum. Dimana pola ini menghasilkan sebuah kesimpulan seperti sebab akibat.
  2. Jenis pola analogi, merupakan pola dimana sang penulis harus bisa membandingkan antara dua buah objek. Dengan syarat dua buah objek ini harus memiliki kesamaan sifat. Untuk jenis pola ini harus berdasarkan fakta agar bisa memperjelas kesimpulan.
  3. Jenis pola hubungan kausal, adalah jenis paragraf induktif yang dituliskan berdasarkan fakta yang terjadi baik itu di lapagan maupun non-lapangan. Jenis pola ini juga harus menggunakan sebab akibat seperti pola generilasi.

Contoh Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Induktif Tentang Lingkungan 1

Belakangan ini banyak para komunitas pecinta lingkungan yang memanfaatkan sampah, mereka menjadikan limbah botol plastik dan lainnya menjadi berbagai kerajinan. Mereka melakukan nya karena prihatin dengan masalah sampah yang tak ada ujungnya.

Selain itu mereka para pecinta lingkungan juga membuat inisiatif untuk menjadikan limbah sampah diolah untuk dijadikan pupuk organik yang bisa dijual untuk para petani. Ini juga bertujuan untuk menjadikan limbah sebagai ladang bisnis.

Dibalik ini masalah sampah yang tak ada akhirnya, ternyata limbah sampah ini juga bisa bermanfaat bagi manusia.

baca juga: contoh teks anekdot

Contoh Paragraf Induktif Tentang Kesehatan 2

Jika anda seseorang yang memiliki lingkaran hitam yang terdapat di bwah mata (kantung mata) bisa jadi merupakan sebuah pertanda bahwa kurangnya kesehatan pada mata anda.

Seseorang akan mudah lelah dan bosan ketika sedang membaca ataupun fokus terhadap satu objek. Jika ini dilakukan terus menerus maka akan menyebabkan kerusakan mata seperti minus dan lain sebagainya.

Semua gegala ini menandakan bahwa kurangnya mata untuk beristirahat dan juga kurangnya kita mengkonsumsi air putih.

Contoh Paragraf Induktif Tentang Menjaga Pola Makan 3

Kita semua yang hidup di dunia ini tentunya menginginkan badannya selalu sehat, karena kita tahu bahwa sehat itu sangat penting dan mahal. Tidak sedikit orang yang kaya raya namun tidak bisa merasakan kebahagiaan memiliki tubuh yang sehat.

Salah satu faktor yang bisa membuat datangnya penyakit adalah pola makan yang salah. Seseorang yang tidak bisa menjaga pola makannya bisa kita pastikan ia badannya akan mudah terkena penyakit.

Selain itu kita juga tahu banyak orang yang terlihat selalu sehat dan bugar badannya, karena ia selalu menjaga pola makannya. Karena itulah pola mkan adalah salah satu faktor terpenting agar kita semua bisa selalu sehat jika menjaganya.

Fathi Muhammad Seorang santri yang tertarik dengan dunia jaringan komputer dan Internet marketing terutama di bidang SEO, sekarang menjadi penulis di Lintar Media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.