Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah kedondong
www.fruit.realisticcoloringpages.com

Manfaat Buah Kedondong – Siapa yang tidak kenal buah kedondong, salah satu jenis buah yang sering dijadikan rujak dan manisa. Terutama unuk ibu-ibu yang suka ngidam manisa seperti rujak.

Buah kedondong ini adalah tanaman yang mudah dibudidayakan karena tanaman buah ini medah beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan berjenis tanaman toga. Jika anda masih penasaran dengan buah kedondong, silahkan simak artikel dibawah ini.

Apa Itu Buah Kedondong ?

Buah kedondong adalah jenis buah yang digolongkan kedalam suku mangga-manggaan. Kedondong sendiri umumnya berasal dari daerah yang beriklim tropis terutama di asia tenggara, seperti indonesia, filipina, malaysia dll.

ciri-ciri buah kedondong
tokopedia.com

Ciri-ciri Tanaman Buah Kedondong

  • Pohon Kedondong biasanya memiliki tinggi sekitar 10-15 m.
  • Tanaman ini memiliki batang yang bercabang, dengan spesifikasi warna hijau ketika masih muda, dan berwarna putih kehijauan ketika sudah tua.
  • Daun dari pohon ini berbentuk seperti daun mangga akan tetapi lebih kecil, memiliki tulang daun yang menyirip dan memiliki panjang antar 6-10 cm.
  • Buah kedondong sendiri memiliki ciri buah yang bulat dan agak memanjang, dengan warna hijau ketika masih muda dan berwarna hijau kekuningan ketika sudah tua.
  • Buah kedondong juga memiliki ciri khas rasa yaitu asam yang sangat cocok untuk di jadikan manisan.

Kandungan Buah Kedondong

Buah kedondong sendiri memiliki kandungan senyawa alami seperti :

  1. Karbohidrat.
  2. Kalsium.
  3. Vitamin A.
  4. Vitamin C.
  5. Kalium dan fosfor.
  6. Vitamin B2.
  7. Zat Besi.
  8. Protein.
  9. Sukrosa.

Manfaat Buah Kedondong

1. Menjaga Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata
pixabay.com

Vitamin A yang terkandung dalam senyawa alami buah kedondong ini bisa menjaga kesehatan mata anda dari penyakit mata. Agar anda bisa rutin mengkonsumsi buah kedondong anda bisa mengkonsumsinya dengan dijadikan manisan rujak.

2. Mengobati Batuk

mengatasi batuk
okezone.com

Batuk adalah suatu refleks yang terjadi secara alami, tujuan dari batuk sendiri untuk melindungi paru-paru dan membersihkan saluran tenggorokan. Biasanya batuk ini bisa disertai dengan gejala-gejala penyakit seperti radang tenggorokan, mual, demam.

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mengkonsumsi buah kedondong dan jahe merah, dengan cara sederhana. Yaitu dengan mengupas kemudian memotong buah lalu dicuci hingga bersih.

Kemudian masukkan ke dalam blender setelah itu pisahkan antara sari buah kedondong dari ampasnya. kemudian minum sari buah tersebut hingga batuk anda mereda.

3. Mengatasi Penyakit Diare

mengatasi gangguan sistem pencernaan
pixabay.com

khasiat buah kedondong selanjutnya yaitu mengatasi penyakit diare. Penyakit diare ini umumnya disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat.

Nah, didalam buah kedondong ini terdapat kandungan alami yang bisa mengatasi diare yaitu kandungan anti bakteri. Ini dikarenan kan buah kedondong memiliki rasa asam.

4. Mengatasi Penyakit Anemia

mengatasi anemia
fergon.com

Anemia atau kekurangan darah juga bisa diatasi dengan memakan buah kedondong. karena buah kedondong ini memiliki banyak kandungan zat besi yang membantu dalam memproduksi sel darah merah pada tubuh anda.

5. Mencegah Penuaan Dini

mencegah penuaan dini
dream.co.id

Sealin itu buah kedondong ini juga bisa mencegah penuaan dini dengan kandungan alami didalamnya yaitu vitamin C. Vitamin ini selain cocok untuk obat sariawan, dia juga bisa sebagai obat pencegahan penuaan dini.

Baca Juga: Manfaat Buah Zuriat

6. Mencegah Penyakit Jantung

mencegah penyakit jantung
idntimes.com

Selain itu buah kedondong juga bisa mencegah adanya penyakit jantung. Ini didasari oleh kandungan alami buah kedondong yaitu kalium.

Perlu anda fahami setiap harinya kita membutuhkan kalium untuk mempekerjakan si jantung, sehingga jika jantung kurang asupan energi maka jantung akan membuat dirinya sakit dan infeksi.

7. Menyehatkan Sistem Pencernaan

menyehatkan sistem pencernaan
pixabay.com

Manfaat buah kedondong selanjutnya ialah melancarkan sistem pencernaaan. Dimana kedondong memiliki kandungan asam yang membantu dalam pembentukan cairan asam lambung secara alami.

*Catatan bagi anda yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak disarankan untuk memakan buah kedondong ini. Karena ini akan berbahaya jika lambung anda bisa banya memproduksi cairan asam lambung.

8. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

meningkatkan stamina tubuh
pixabay.com

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya buah kedondong ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang membantu dalam mengatasi penyakit seperti sariawan, bibir pecah-pecah dll.

Rasa asam yang terdapat dalam buah kedondong juga memberikan efek pada orang yang memakannya menjadi lebih segar dan tidak kantuk.

9. Mengobati Luka Pada Kulit

mengobati luka luar
merdeka.com

Kandungan vitamin C pada kedondong selain bisa mencegah penuaan dini dan memberikan sistem kekebalan tubuh, ternyata vitamin C dalam buah kedondong ini juga bisa membantu dalam percepatan regenerasi sel.

Maka dari itu jika anda memiliki luka pada kulit baik itu luka bakar maupun infeksi. Cobalah mengkonsumsi buah kedondong tak lupa juga dmengoleskan getah buah kedondong pada are kulut anda yang terluka.

10. Menyehatkan Gigi dan Tulang

menyehatkan gigi dan tulang
pixabay.com

Manfaat terakhir dari buah kedondong ialah menjaga kesehatan tulang dan gigi anda. Ini disebabkan senyawa alami kalsium yang terkandung dalam buah kedondong.

Hal ini sudah dibuktikan oleh para ilmuan yang meneliti akan kadar kalsium yang terkandung dalam buah kedondong, ternyata cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium kita sehari-hari.

baca juga: manfaat daun bawang

Cara Membuat Manisan Kedondong

Bagi anda pecinta rujak, tentunya kedondong ini sangat cocok sekali untuk dijadikan manisan, baik itu manisan kedondong basah ataupun manisan kedondong pedas. Biar anda tidak penasaran cara pembuatannya, yuk simak artikel berikut ini :

Manisan Kedondong Basah

manisan kedondong basah
cookpad.com

Bahan-Bahan :

  • 1/4 kg buah kedondong.
  • 100-200 gram gula pasir.
  • 2 sendok teh air kapur sirih.
  • 1 sendok teh untuk garam.
  • 1 sendok teh untuk pewarna makanan (hanya opsi saja).

Cara Pembuatannya :

  1. kUpas bagian kulit buah kedondong, lalu potong hinga menjadi ukuran yang cocok untuk cemilan, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Selanjutnya campurkan air dengan kapur sirih, kemudian rendam buah kedondong selama 1 jam. Setelah itu angkat dan tiriskan buah.
  3. Cuci kembali buah kedondong yang tadi ditiriskan.
  4. Kemudian buatlah air rebusan, dengan mencampurkar gula, garam dan kalau bisa dengan pewarna makanan. lalu aduk air rebusan sampai gula menjadi larut.
  5. Lalu masukkan buah kedondong, rebus dengan air gula tadi yang masih mendidih, kemudian dimkan sampai air dan buah menjadi dingin.
  6. Terakhir manisan kedondong siap untuk dimakan ataupun disimpan di kulkas agar lebih dingin.

Manisan Kedondong Pedas

manisan kedondong pedas
bp-guide.id

Bahan-bahan :

  • 1 kg buah kedondong yang sudah di kupas dan dipotong perbagian sesuai selera anda.
  • 200 gram gula merah.
  • 250 gram gula pasir.
  • 2 liter air bersih.

Bahan yang perlu di haluskan :

  • 5 buah cabe rawit merah agak besar yang sudah dipisahkan bijinya.
  • 6 buah cabe rawit merah.
  • 1 sendok makan garam.
  • 1/2 sendok teh terasi.
  • 1 siung bawang putih.

*Agar lebih mudah menghaluskannya anda bisa menggunakan blender.

Cara Pembuatannya :

  1. Campurkan 2 liter air dengan gula merah, gula pasir, dan bumbu pedas yang sudah dihaluskan.
  2. Masukkan kedalam wadah ataupun panci, kemudian rebus hingga mendidih dan air gula menjadi larut.
  3. Tunggu hingga air menjadi agak dingin, kemudian masukkan buah dan air campuran tadi ke dalam toples, lalu tutup tople dan masukkan kedalam kulkas selama 1 malam.
  4. Manisan buah kedondong pedas sipa disajikan.

Efek Samping Buah Kedondong

Penyakit Asam Lambung

Seperti yang dudah saya katakan sebelumnya, bauh kedondong ini memiliki rasa yang asam yang bisa menimbulkan reaksi pada lambung untuk memproduksi asam lambung. Sehingga jika anda memiliki penyakit asam lambung ini sangat berbahaya untuk kesehatan lambung anda.

Berlebihan Mengkonsumsi Buah Kedondong

Hati-hati jika anda terlalu banyak memakan buah kedondong, apalagi jika yang makan adalah ibu hamil. Ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan, karena jika anda berlebihan dalam mengkonsumsi buah kedondong makan akan menyebabkan asam yang tinggi pada lambung, dan akan membuat perut anda terasa sangat panas.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka
manfaat daun bidara
Selengkapnya

Manfaat Daun Bidara

Manfaat Daun Bidara – Negara Indonesia ini memiliki ribuan jenis tumbuhan yang tersebar di berbagai daerah. Keanekaragaman hayati…
tanaman toga
Selengkapnya

Tanaman Obat Keluarga

Tanaman toga – Kita semua tau bahwa indonesia ini memiliki banyak ke aneka ragaman. Mulai dari hewan, tumbuhan,…
manfaat buah bidara
Selengkapnya

Khasiat Buah Bidara

Khasiat Buah Bidara – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu manfaat daun bidara, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang…