Cara Menanam Lada

cara menanam lada

Cara Menanam Lada – Lada atau yang lebih dikenal dengan merica tentu sudah tidak asing bagi kita. Dimana lada atau merica ini adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sangat terkenal baik dalam negri maupun luar negri.

Tanaman rempah ini banyak sekali dikembangkan khususnya di indonesia.

Yang mana lada atau merica ini selalu digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Mulai dari masakan, minuman serta obat-obatan yang kaya akan manfaat.

Manfaat dari lada antara lain ialah membantu sistem pernafasan, menjaga kesehatan kulit, menurunkan resiko penyakit kanker, menyehatkan sistem pencernaan, menurunkan berat badan dan masih banyak lagi manfaat dari lada.

Bagaimana apa anda tertarik untuk menanam lada dirumah anda ?

Kalau saya sih tentunya tertarik, karena menjaga kesehatan itu lebih penting dari pada mongobati. Maka dari itu saya ingin membagikan secara gratis kepada para visitor saya tentang cara mudah menanam lada.

Sebelum kita memasuki ke inti pembahasan, seperti biasa ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan kita siapkan sebelum menanam lada. Agar kualitas lada tidak jelek akan tetapi unggul dari yang lain.

Persiapan Penanaman Lada

persiapan penanaman lada

Dimana ada sebuah tujuan pasti harus ada persiapan untuk menuju tujuan tersebut. Saat ini saya akan membahas persipan apa saja yang harus dilakukan sebelum masuk kedalam topik pembahasan.

Ketinggian Tempat

Agar tanaman lada bisa bertumbuh dengan baik dan subur ada baiknya memilih tempat yang tidak gersang dan tentunya harus berada pada ketinggian 1-500m dari dasar permukaan laut.

Jika anda memilih lokasi yang lebih tinggi dari ini kemungkinan lada tidak akan tumbuh dengan sempurna atau bisa jadi saat panen hasil nya akan sedikit.

Iklim Tempat

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap tanaman ini adalah iklim. Dalam permasalahan ini kita harus menjari tempat budidaya atau penanaman yang jauh dari polusi.

Karena jika tumbuhan masih berukuran kecil akan mati jika tidak dalam keadaan yang lembab. Dan nanti saya juga akan memberikan cara untuk menanam stek bibit lada ini lewat polybag yang ditutup dengan plastik.

Untuk kelembapan nya tanaman ini suka pada suhu kelembapan antara 200 – 300 C. dan lebih di tekankan untuk daerah yang intensitas curah hujan nya bagus, seperti di desa ataupun bukit.

Tanah

Untuk jenis tanah, tanaman lada sebenarnya tidak banyak memilih tanah, maksudnya ia cocok dengan segala tanah yang digunakan untuk bercocok tanam.

Seperti tanah yang mengandung andisol, alfisol, vertisol dan oxisol, yang paling terpenting adalah tanah yang banyak mengandung zat hara seperti cacing-cacingan dengan pengairan air yang baik.

Disarankan menggunakan tanah liat berpasir.

Cara Menanam Lada yang Baik

Pada pembahasan diatas kita sudah mempelajari beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasuki materi penanaman. Seperti pemilihan tanah dan pemilihat tempat dalam iklim dan ketinggian yang pas.

Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah pemilihan bibit yang bermutu agar tanaman lada cepat berbuah, produksinya banyak dan berumur panjang.

Baca Juga: Cara Menanam jagung

Pemilihan Bibit Lada Unggulan

pemilihan bibit lada

Salah satu cara untuk memiliki bibit yang bermutu adalah dengan melakukan penanaman bibit dengan teknik stek pendek satu ruas dengan daun tunggal.

Kenapa saya memilih stek pendek ?

Karena keuntungan menggunakan teknik stek pendek ini dapat menghemat lahan dan bahan-bahan tanaman seperti pupuk dll.

Juga bisa menekan angka kematian tanaman pada kebun serta mempermudah kita dalam pengangkutan tanaman.

Seperti apa ciri-ciri bibit lada unggulan ?

  • Pertama, jika bibit unggulan itu dipindah dari suatu tempat ke tempat lain dan ia masih bertahan atau masih hidup, itu artinya bibit itu bagus.
  • Kedua, proses pertumbuhannya yang cepat, anda bisa membedakan sendiri mana pertumbuhan bibit yang lebih cepat apakah dengan stek pendek atau yang lainnya.
  • Ketiga, tumbuhan stek berasal dari indukan pohon yang sehat, bebas dari hama dan penyakit.
  • Keempat, bahan stek berasal dari sulur yang panjat atau yang tumbuh keatas dan sudah melekat dengan pohon sandaran.

Perlu digaris bawahi untuk sulur pohon yang dijadikan bahan stek adalah tanaman yang tidak terlalu tua dan sudah berkayu. karena bahan stek yang terlalu tua akan membuat pertumbuhan bibit yang lambat.

Jika Sudah mendapatkan bibit yang bagus, pastikan anda rendam bibit stek dengan larutan gula. Dengan perbandingan 1 sendok gula 5 liter air dan diamkan selama 1 jam.

Baca Juga: Cara Menanam Bawang Merah

Penanaman Stek Bibit Lada di Polybag

penanaman bibit lada pada polybag

Saatnya mempersiapkan lahan tanah yang akan ditanam bibit lada dalam jangka waktu pertumbuhan yang lama.

Dalam pemilihan lahan ini anda bisa memilih lahan kosong yang ada pada rumah anda. Dan saya menyaran kan untuk menggunakan polybag.

Sebelum melakukan penanaman, kita siapkan paranet atau naungan khusus dari pelapah kelapa ataupun bambu. Lalu tempatkan polybag dibawah paranet tersebut.

Untuk intensitas cahaya nya standar yaitu 50-70 %, kemudian susun polybag dengan cara berjajar.

Ada hal yang harus kita perhatikan sebelum polybag diberikan tanaman yaitu membiarkan polybag sampai tumbuh rumput-rumput halus.

Dimana hal ini bertujuan racun pada polybag sudah berkurang. dan sebelum bibit stek ditanam rumput halus pada polybag perlu dibersihkan. Kemudian lakukan penyiraman agar mudah dalam penanaman.

Baca Juga: Cara Menanam Daun Sirih

Penyungkupan

cara menanam lada dengan penyungkupan

Dan yang terakhir anda tinggal menanam bibit stek dan sungkup paranet dengan plastik transparan dengan tinggi 1 meter.

Penyungkupan ini berfungsi untuk memperoleh kelembapan yang tinggi dengan suhu yang rendah, dimana hal ini akan merangsang pertumbuhan stek.

Lakukan penyungkupan ini hingga tanaman stek berdaun dua ruas ataupun tiga ruas, kemudian langkah selanjutnya adalah mengikat bibit stek dengan bambu.

Karena jika tanaman lada ini tidak di ikat ataupun ditempel pada benda seperti bambu maka sifat sulurnya akan berubah menjadi sulur cacing atau menjalar dibawah.

Jika sudah berumur 3-4 bulan stek akan menjadi bibit lada, yang mana saat itu stek telah memiliki daun sekitar 7-8 helai. Barulah bibit lada hasil sungkupan ini bisa langsung ditanam pada lahan terbuka.

Persiapan Penanaman Lada

persiapan penanaman lada

Biar gak kelamaan pembahasan nya kita langsung masuk ke persiapan yang dilakukan saat ingin penanam Tanaman Lada. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan :

  • Siapkan tiang ataupun kayu sebagai penompang sulur agar tidak jatuh, dengan mengarah keatas, anda bisa menggunakan bambu ataupun batang pohon.
  • Tanamkan setiap tiang atau kayu penyangga dengan jarak masing-masing 1,5m.
  • Buatlah lubang sebesar 40×40 cm dengan ke dalaman 10 cm pada samping tiang untuk menanam bibit lada.
  • Siapkan juga ilalang atau rumput gajah untuk dijadikan naungan bibit agar tidak rusak saat terkena hujan.
  • Buat pengairan seperti selokan kecil untuk mencegah adanya banjir ketika hujan deras.

Cara Menanam Lada Pada Lahan Terbuka

Jika semua persiapan sudah selesai, saat nya memasuki sesi penanaman lada. Untuk penanaman ini ada beberapa tips yang perlu anda garis bawahi diantaranya :

  • Tanaman stek lada yang sudah siap anda bisa langsung membuka polybag secara perlahan kemudian tanamkan pada lubang yang tadi sudah dibuat disamping tiang.
  • Miringkan tanaman sampai menyetuh tiang, agar nantinya tiang tersebut menjadi sulur nya yang bertumbuh keatas.
  • Lalu tutup kembali lubang yang sudah anda buat dengan campuran pupuk kandang ataupun pupuk kompos.
  • Terakhir ikatkan ilalang atau rumput gajah pada atas tanaman lada, ini bertujuan agar ketika hujan deras tanaman ini tidak rusak.
  • Berikan beberapa gayung air tepat diatas ilalang, agar tanaman lada tidak stress ketika sesudah pemindahan tadi.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan kepada anda, semoga yang sedikit ini bisa membantu anda dalam memecahkan masalah. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung memberikan komentar pada kolom dibawah ini, insya Allah akan saya jawab sebisa mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.