Fathi Muhammad Seorang santri yang tertarik dengan dunia jaringan komputer dan Internet marketing terutama di bidang SEO, sekarang menjadi penulis di Lintar Media.

11+ Jenis Ikan Nila Unggulan Untuk Dibudidayakan

4 min read

jenis ikan nila

Jenis Ikan Nila – Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang budidaya ikan nila. Kali ini saya ingin sedikit berbagi infomasi tentang jenis ikan nila apa saja yang bisa kita budidayakan.

Mas saya minta jenis ikan nila yang cepat produksinya donk ! permintaan ini adalah salah satu dari sekian banyak permintaan konsumen yang sering dikeluhkan ataupun minta saran kepada kita.

Disini saya kan mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Sebetulnya semua jenis ikan nila bisa saja tumbuh cebat dengan produksi yang banyak. Hanya saja cara kita membudidayakan nya yang salah.

Salah satu kesalahan kita dalam membudidayakan ikan nila adalah tidak memisahkan antara ikan jantan dan betina. kenapa saya berpendapat seperti itu, karena memang faktanya seperti itu.

Jenis ikan nila betina dan jantan jika disatukan maka pertumbuhan nya akan terpotong dengan perkawinan. Yang mana ketika ikan nila ini sedang dalam fase perkawinan ia tidak ingin makan.

Karena itulah pertumbuhannya terpotong, saran saya jika anda ingin membudidayakan ikan nila dengan hasil yang berlimpah anda harus memisahkan antara jantan dan betina.

“Baca Juga: Cara Budidaya Ikan NIla

Dan anda juga bisa membuat indukan sendiri yang mana bukan untuk dijadikan ikan yang di jual atau anda berikan ke konsumen. jadi jantan sendiri, betina sendiri dan indukan sendiri.

Dan yang paling terpenting lagi adalah mengetahui jenis-jenis ikan nila, baik itu yang dijadikan hiasan ataupun yang di budidayakan. Berikut ini Jenis-jenis ikan nila yang harus anda ketahui.

Jenis Ikan Nila yang Harus Anda Ketahui

jenis-jenis ikan nila

Dalam penjabaran jenis ikan nila ini lumayan banyak karena memang sebenar nya ikan nila awal nya hanya ada beberapa jenis saja, akan tetapi para ilmuan maupun pusat riset perikanan tertarik melakukan penelitian ikan nila.

Maka ini lah yang terjadi, ikan nila semakin banyak jenisnya dimana dikawinkan silang dengan ikan jenis lain nya yang bergenetik unik.

Dari situlah saya dapet ide untuk membuat artikel tentang jenis ikan nila. Karena memang ikan nila ini paling banyak dibudidayakan di indonesia.

Kita langsung masuk ke topik pembahasan saja. Berikut ini Jenis ikan nila yang paling banyak dibudidayakan.

Ikan Nila Anjani

Jenis ikan nila Anjani

Jenis ikan ini di kembangkan oleh Balai Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar (BPBIAT). Dan penamaan nila anjani ini dari Andalan Jejaring Nila Indonesia.

Ikan ini kebanyakan dibudidayakan oleh orang-orang dari NTB, karena mempunyai keunggulan seperti :

  • Pertumbuhan ikan yang cepat.
  • Ikan ini tumbuh dengan tekstur daging yang tebal.
  • Mempunyai kekebalan tubuh dari bakteri Streptococcus iniae.

Ikan Nila BEST

jenis ikan nila best

Jenis ikan nila BEST (Bogor Enhanced Strain Tilapia) merupakan ikan hasil dari pengembangan generasi ke enam dari nila GIFT, dengan dikawin silangkan oleh 3 strain nila.

Yaitu dengan nila loka, nila tempeh, dan nila gift generasi ke tiga. ada beberapa kelebihan atau keunggulan nila BEST ini diantaranya :

  • Tingkat rasio kematian pada bibit rendah, dimana jenis nila BEST ini memiliki survival rate yaitu 90%.
  • Memiliki pertahanan tubuh yang baik terhadap penyakit.
  • Ukuran benih lebih besar dibandingkan jenis lain.

“Baca Juga: Jenis Ikan Air Tawar

Ikan Nila GIFT Biasa

jenis ikan nila gift

Ikan ini adalah ikan yang cocok untuk dibudidayakan, karena rasa dading nya yang gurih dan juga ikan ini termasuk golongan yang cepat akan pertumbuhannya.

Jadi bagi anda yang ingin usaha ikan nila, salah satu saran dari saya adalah membudidayakan ikan GIFT biasa ini.

Ikan Nila GIFT Merah

jenis ikan nila gift merah

GIFT adalah singkatan dari Genetic Improvement of Farmed Tilapia. Ikan ini merupakan hasil dari persilangan antar 8 varietas nilai dari 8 negara berbeda, yaitu :

  • Singapore.
  • Kenya.
  • Tailand.
  • Mesir.
  • Taiwan.
  • Ghana.
  • Israe.
  • Senegal.

Keunggulan Ikan GIFT Merah dari jenis lain :

  • Memiliki sistim kekebalan terhadap penyakit.
  • Lebih suka dengan kadar air yang salinitasnya agak tinggi atau bisa dibilang kadar garamnya tinggi.

Ikan Nila Merah Nifi

Ikan ini umumnya dipanggil dengan sebutan nila merah atau NIFI (National Inland Fish Institute). ikan ini adalah hasil dari perkawinan silang antara jantan lokal dengan betina luar negri.

Ikan ini biasa dijadikan sebagai ikan hias karena memang ukurannya yang kecil akan tetapi memiliki warna yang menarik.

Baca Juga: Jenis Ikan Koi

Ikan Nila GESIT

ikan nila gesit

Nah, ini salah satu ikan pilihan saya. GESIT (Genetically Supermale Indonesia Tilapia) ikan ini berasal dari rekayasa genetika dari nila GIFT generasi ketiga yang dikembangkan oleh IPB, BBPBAT dan BPPT pda tahun 2006.

Keunggulan ikan nila Gesit ini ketika kita kawinkan dengan ikan nila jenis betin, maka kemungkinan prduksi ikan yang dihasilkan adalah 98% berkelamin jantan.

Diamana jenis kelamin jantan ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dibandingkan jenis kelamin betina. Dan sekali bertelur ikan ini bisa memproduksi antara 1500-3200 benih.

Ikan Nila Jatimbulan

ikan nila jatimbulan

Ikan ini adalah salah satu jenis ikan nila unggulan yang banyak dibudidayakan di indonesia, dimana ia dapat tumbuh cepat dengan ukuran yang jumbo. Penamaan jatimbulan sendiri adalah Jawa Timur Umbulan.

Berikut ini beberapa Keunggulan nila jatimbulan :

  • Memiliki sifat pertumbuhan cepat dengan bobot yang besar alias jumbo, dimana jenis nila ini dapat tumbuh hingga 30cm.
  • Jenis nila ini dapat bertahan hidup di payau dan air tawar.
  • Mempunyai tingkat survival life atau kelangsungan hidup yang tinggi sebesar 85%.
  • Mempunyai kekebalan tubuh terhadap bakteri Aeromonas hydrophylia.

Ikan Nila Larasati

jenis ikan nila larasati

Jenis nila larasati ini adalah jenis ikan yang dikembangkan dari nila merah, tempat pengembangan nya di klaten jawa timur. ikan ini merupakan hasil perkawinan silang antara nila pandu jantan dengan nila kunti betina.

Ikan ini punya daya tahan hidup 90%, jadi ikan ini mudah untuk dibudidayakan dengan berbagai macam media seperti air yang deras, air tenang, air payau ataupun kolam air buatan.

Ikan Nila Srikandi

jenis ikan nila srikandi

Jenis nila Srikandi (Salinity Resistant Improvement Tilapian from Sukamandi) dikembangkan oleh BPPI Sukamandi dari perkawinanan silang antara nila nirwana hitam betina dengan nirwana biru jantan.

Menurut penelitian ikan ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu :

  • Pertumbuhan yang lebih cepat.
  • protein lebih tinggi sebesar 17,6% dari pada nila lokal.
  • Rasio makanan rendah karena jenis ikan yang suka makanan alami dari tambak.
  • Pertahanan tubuh terhadap air dengan kadar garam yg tinggi.

Ikan Nila Citralanda

jenis ikan nila citralanda

Ikan ini berasal dari Negara Thailand, ia memiliki tubuh yang sangat menarik, dimana tubuhnya berwarna merah terang dengan sirip panjang.  ikan ini juga memiliki keunggulan seperti ikan Gesit, dimana memproduksi jenis ikan jantan yang lumayan banyak.

Selain itu dia juga punya keunggulan ketika berumur 4 bulan dengan perawatan ikan yang baik ia bisa berbobot 400 gram dimana sudah layak untuk dijadikan konsumsi.

“Baca Juga: Cara Budidaya Ikan KOI

Ikan Nila Nirwana

jenis ikan nila nirwana

Jenis nila nirwana merupakan hasil dari perkawinan silang antara nila GIFT betina dengan GESIT jantan. ikan ini pertama kali dirilis ke masyarakat umum pada tahun 2006, dengan berbagai keunggulan.

Perlu anda ketahui ikan ini juga punya versi masing masing loh. jadi dia sudah dikembangkan oleh para ilmuan ataupun pusat riset genetik dengan 3 kali pengembangan. Yang menghasilkan 3 generasi.

Jenis ini juga sering digunakan sebagai usaha budidaya, karena jenis nila nirwana ini dapat tumbuh 30% lebih cepat dari ikan yang sejenis dengan nya.

Dan waktu untuk penen nya pun cukup cepat antara 2-3 bulan ikan ini sudah siap menjadi ikan yang layak konsumsi. Karena itulah bayak sekali yang membudidayakan ikan ini.

Demikian beberapa jenis ikan nila pilihan yang bisa anda bidudayakan dengan keunggulan nya masing-masing. Semoga yang sedikit ini bisa menambah wawasan anda, sampai bertemu kembali pada artikel selanjutnya.

Fathi Muhammad Seorang santri yang tertarik dengan dunia jaringan komputer dan Internet marketing terutama di bidang SEO, sekarang menjadi penulis di Lintar Media.

One Reply to “11+ Jenis Ikan Nila Unggulan Untuk Dibudidayakan”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.