55+ Tanaman Obat Keluarga [TOGA]

0
487
tanaman toga

Tanaman toga – Kita semua tau bahwa indonesia ini memiliki banyak ke aneka ragaman. Mulai dari hewan, tumbuhan, pulau dan lain sebagainya.

Kita juga tau mengapa bisa banyak keaneka ragaman tumbuhan dan hewan di indonesia ini karena memang indonesia adalah negara tropis. Negara yang persis berada di garis katulistiwa.

Salah satu keunggulan indonesia adalah tanaman obatnya, karena pada hakikatnya negara yang beriklim tropis itu adalah negara yang banyak sekali ditumbuhi berbagai macam tanaman obat,

Pengertian Tanaman TOGA

Pengertian tanaman toga
pixabay.com

Perlu kita ketahui bersama bahwa tanaman obat ini sudah di kenal sejak zaman mesir kuno sampai zaman milenial seperti saat ini. Penggunaanya pun telah menyebar dari daratan Cina, Eropa, sampai Asia, tidak terkecuali Indonesia.

Akan tetapi di zaman sekarang kebanyakan orang lebih memilih obat-obatan kimia, karena proses penyembuhannya yang cepat. Padahal didalam obat kimia tersebut terdapat zat-zat yang tidak boleh kita konsumsi.

Akan tetapi ada juga sebagian orang yang lebih memilih obat herbal,  atau bahasa gaulnya tanaman obat keluarga (toga).

Lalu apa yang dimaksud dengan tanaman toga ?

Toga atau tanaman obat keluarga adalah jenis-jenis tanaman yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit tergantung dengan manfaat dan khasiat tanaman itu sendiri.

Jika kita tela’ah lebih dalam lagi, arti kata “obat” bisa bermakna sesuatu yang bisa menyembuhkan baik itu jasmani maupun rohani. Salah satu tanaman yang sering jadi rujukannya sebagai penyembuhan rohani adalah tanaman bidara.

Tanaman bidara ini selain bisa dijadikan tanaman hias dia juga bisa di jadikan obat penyembuhan dari rukyah. Karena memang tanaman ini sudah di sampaikan dalam al-qur’an maupun hadist nabi. Bahwa tanaman ini bisa mengobati gangguan makhluk halus atau jin.

Untuk pembahasan lebih lanjutnya tentang tanaman ini akan saya perdalam lagi, akan tetapi bukan di artikel ini. Biar tidak kebanyakan bicara mari kita simak baik-baik jenis-jenis tanaman toga.

Jenis-jenis Tanaman Toga

Dalam pembahasan kali ini saya akan mengulas 35 lebih tanaman obat yang bisa menjadi rujukan untuk anda yang masih penasaran, apakah informasi / data ini valid atau tidak. Berikut ini jenis-jenis tanaman obat.

1.  Asam Jawa (Tamarindus indica L.)

tanaman obat asam jawa
pixabay.com

Asam jawa adalah salah satu jenis tumbuhan yang daging buah, kulit biji dan daunnya dijadikan sebagai obat. Daging dari buah asam jawa ini rasanya asam manis.

Asam jawa juga dikenal karena memiliki sifat farmokologis yang bisa dijadikan sebagai antiseptik, penghilang rasa nyeri, menurunkan panas pada tubuh, penambah nafsu makan dan lainnya.

Kandungan & Manfaat Asam Jawa

Daging dari buah asam jawa ini memiliki berbagai macam kandungan, mulai dari serine, vitamin B3, peptin, proline, gula invert, leusin, beta alanin, geranial, citric acid, phenylalanine, dan pipecolic acid.

Sedangkan kulit cangkangnya memiliki kandungan zat tanin dan untuk daunnya mengandung iovitexin, stexin, dan isoorientin.

Secara ilmiah asam jawa berkhasiat sebagai penyembuh penyakit gangguan pencernaaan, batuk, bisul, sariawan, luka exim, penurun berat badan, luka lebam, rambut rontok, karang gigi dan radang payudara.

*Perlu diingat asam jawa tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan meyusui.

2. Temulawak (Curcuma Zanthorrhiza)

tanaman obat temulawak toga
pixabay.com

Temulawak adalah jenis tanaman obat asli indonesia yang kebanyakan tumpuh di daerah tropis. Dalam ilmiah bagian tanaman temulawak yang sering digunakan adalah rimpangnya.

Karena rimpang temulawak ini mengandung banyak sekali kurkumin, zat tepung dan minyak atsiri. Adapun khasiat dari tanaman obat temulawak yaitu bisa mengobati penyakit jerawat, anemia, menambah nafsu makan, sebagai antioksidan, sebagai antimikroba dan mencegak kanker.

Untuk cara pengolahannya sendiri cukup mudah anda bisa langsung mengiris nya kemudian antara satu sama lain ditumbung sesingga bisa direbus. Setelah direbus anda bisa menambahkan agar rasanya manis dengan gula dan madu.

3. Seledri (Apium graveolens)

tanaman toga seledri
pixabay.com

Seledri adalah jenis tanaman yang biasa dijadikan sebagai penyedap makanan dan juga dijadikan tanaman obat. Karena seledri ini mengandung banyak vitamin dan mineral.

Salah satu nya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, mineral, dan zat besi. Seledri ini dipercaya bisa mengobati penyakit darah tinggi, mencegah penyakit kanker, penambah nafsu makan, dan obat reumatik.

4. Daun Kelor (Moringa oleifera)

tanaman daun kelorrr
pixabay.com

Daun kelor adalah jenis tanman yang sangat populer di khalayak umum. Ini karena daun kelor memiliki berbagai macam manfaat, berikut manfaat dari daun kelor :

  1. Mengobati luka luar(memar, bengkak).
  2. Mengatasi kekurangan vitamin A, B1, B2.
  3. Menurunkan panas (demam).
  4. Menjaga metabolisme tubuh.
  5. Menjaga kesehatan ginjal.
  6. Menurunkan tekanan darah dan kolestrol.

Untuk cara pemakaiannya sama seperti tanaman obat lainnya, daun kelor bisa anda haluskan kemudian direbus dan diminum.

5. Kumis Kucing (Orthosiphon stamineus)

tanaman kumis kucing
mitalom.com

Kumis kucing merupakan tanaman obat yang paling banyak diambil daunnya sebagai obat dasar dari peluruh batu ginjal, dimana daun kumis kucing ini memiliki sifat diuretik yang bisa membersihkan saluran kencing.

Selain obat peluruh batu ginjal, daun kumis kucing juga bisa dijadikan obat asam urat, diabetes, hipertensi(tekanan darah tinggi), dan lain sebagainya.

6. Balsem (Myroxilon balsanum Harms.)

Tanaman Balsem
pixabay.com

Tanaman balsem ini merupakan tamanan yang lumayan terkenal, dimana tanaman ini sering dijadikan obat herbal. Bagian yang sering diambil dari tanaman ini adalah getahnya.

Dimana getah dari tanaman ini mempunyai efek zat farmakologis yang bisa dijaadikan antiseptik. Berikut ini kandungan lain dari tanaman balsem :

  • Mengandung zat flavonoid.
  • Mengandung saponin.
  • Mengandung polifenol.
  • Mengandung minyak atsiri 50-60% dari getah.
  • Selain dijadikan antiseptik tanaman balsem ini juga bisa mengobati diare, luka luar dan mengatasi tenggorokan yang serak.

7. Bengkuang (Pachyrrhizus erosus URB.)

tanaman bengkuang
pixabay.com

Bengkuang merupakan sebuah tanaman obat sekaligus tanaman yang bisa dijadikan sebagai perawatan kulit. Bagian tanman bengkuang yang sering dijadikan obat adalah daun dan umbi nya.

Dimana bengkuang ini memiliki khasiat bisa mengobati penyakit diabetes mellitus, sariawan, eksim, wasir, beri-beri, obat sakit perut dan mengobati sekaliggus menghaluskan kulit.

kandungan yang terdapat  pada tanman bengkuang ini antarain ialah zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, rotenon, saponin, flavonoid, dan pachyrhizon.

8. Adas (Foeniculum vulgare mill.)

tanaman obat adas
mitalom.com

Tanaman adas adalah tanaman yang memiliki buah seperti biji gabah.  buah nya ini memiliki rasa manis dan pedas yang berbau aromatik yang bisa  menghangatkan. Bagian dari tanaman ini yang paling sering dijadikan obat adalah daun, akar dan buahnya.

Manfaat tanaman antara lain ialah mengobati influenza, menjaga daya tahan tubuh, mengatasi ejakulasi dini, merangsang keringat, merangsang ereksi, anastesi, antikholinesterase, mencegah kemandulan, dan memperkuat daya hidup sperma.

9. Alpukat (Persea americana Mill.)

tanaman obat alpukat
pixabay.com

Alpukat merupakan salah satu jenis buah sekaligus tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat, walaupun buahnya memiliki rasa pahit dan kelat. Bagian tanaman alpukat yang sering digunakan sebagai obat adalah daun, buah, dan bijinya.

Buah alpukat memiliki kandungan vitamin A, vitamin B2, vitamin B2, protein, sesqueterpenes, dan lemak jenuh. Manfaat yang dihasilkan dari buah alpukat ini adalah mencegah diabetes, darah tinggi, mengobati kencing batu, sariawan, nyeri pada lambung, kencing manis, dan nyeri pada syaraf.

10. Anggrung (Trema orientalis BI.)

Tanaman obat Anggrung
manfaat.co.id

Anggrung merupakan tanaman yang memiliki efek farmakologis pada daunnya. Dimana efek farmakologis ini bisa dijadikan sebagi anti spasmodik dan anti diare.

Kandungan dalam tanaman anggrung, antara lain ialah flavanoid, polifenol dan saponin. Selain bisa menjadi anti septik dan anti diare, tanaman anggrung ini juga bisa dijadikan obat batuk, masuk angin, disentri dan nyeri pada perut.

Cara Pengolahan

Untuk mengolah tanaman anggrung ini sama seperti tanaman obat lainnya, yaitu dengan memetik daun, kemudian bersihkan daun, dan rebus daun tersebut dengan 2-3 gelas air.

11. Ciplukan (Physalis peruviana)

tanaman ciplukan
manfaat.co.id

Ciplukan adalah tanaman liar yang sering tumbuh di lahan kebun maupun pertanian. Terkadang tanaman ini dinggap gulma, karena bisa mengganggu tanaman lain.

Tapi siapa sangka tanaman ini ternyata punya khasiat yang sangat banyak, Berikut ini khasiat tanaman obat ciplukan :

  1. Sebagai obat penetral racun (detoxifies).
  2. Meredakan sakit batuk.
  3. Sebagai jenis obat analgetik (demam, nyeri karena infeksi).
  4. Sebagai obat diuretik (kelebihan garam).
  5. Mengobati penykit kencing manis.
  6. Mengobati penyakit diabetes miletus.
  7. Sebagai zat yang mengaktigkan kelenjar pada tubuh.

Cara Pengolahan

Dalam pengolahanya seluruh bagian dari tanaman ciplukan ini bisa kita pakai sebagai obat. Untuk walan cukup gunakan daun dan akar saja, pertama cabut daun dan akar, lalu bersihkan sampai tidak ada sisa tanah, selanjutnya biarkan hingga agak layu, dan terakhir anda bisa merebus dengan 3 gelas air hingga mendidih, lalu disaring.

*diminum 1 kali dalam sehari.

12. Daun Dewa (Gynura procumbens)

tanaman obat daun dewa
tokopedia.com

Daun dewa merupakan tanaman yang sangat popoler yang bisa menyembuhkan penyakit kutil. selain mengatasi kutil daun dewa juga bisa mengobati demam, penetral racun, batuk darah, infeksi pada krongkongan, pembengkakan pada payudara, dan masih banyak lagi.

Cara Pengolahan

Untuk pemakaian nya bisa dengan direbut dan juga ditumbuk, pertama untuk yang ditumbuk anda bisa mengambil beberpa helai dari daun 3-5 daun. Kemudian tumbuk hingga daun menjadi halus, selanjutnya tempelkan pada bagian kulit yang sakit dan dibalut sehingga menempel dengan kulit.

Sedangkan cara merebusnya anda bisa menggunakan batang dari daun dewa dan meminum air rebusannya 1 hari sekali, ini dipercaya dapat mengatasi batuk darah, penetral racun dll.

13. Jambu Biji (Psidium guajava)

tanaman obat jambu biji
pexels.com

Jambu biji merupakan buah yang sudah sangat populer akan khasiat dan manfaatnya. Buahnya ini memiliki rasa yang manis dan berkhasiat sebagai antioksidan dari kandungan betakarotennya.

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, jambu biji ini juga mengandung zat besi, kalsium, asam amino, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan fosfor yang tinggi. Zat ini semua bisa menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit, mencegah kanker, mengatasi radikal bebas, dan menurunkan kadar kolesterol.

Perlu anda ketahui, daun dari jambu biji ini juga bisa dijadikan obat mulai dari obat antidiare, peluruh haid, menghentikan pendarahan, anti radang, dan pembersih kulit.

14. Kunyit (Curcuma domestica)

tanaman obet kunyit
pixabay.com

Kunyit merupakan tanaman obat yang sering digunakan juga sebagai bumbu dapur. Dalam kandunganya kunyit memiliki berbagai macam zat yang bisa mengobati penyakit.

Berikut ini kandungan dalam tanaman kunyit, minyak atsiri, kurkuminoid, protein, vitamin C, sari pati, dan mineral. Salah satu penyakit yang bisa diobati dengan tanaman kunyit yaitu sakit rematik, sakit kuning, sakit kulit, sakit maag dan sakit limpa.

15. Lengkuas (Alpinia galanga)

tanaman obat lengkuas
manfaat.co.id

Tanaman lengkuas ini bisa dijadikan obat herbal yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Yang mana lengkua ini memiliki zat Rhizoma yang bisa dijadikan sebagai anti bakteri, antiprotozoa, anti kulat, dan mengeluarkan sisa dahak.

Selain itu batang dari lengkuas ini juga bisa dijadikan obat diare, mencegah penyakit tumor, mencegah penyakit kanker, mengobati luka bakar, mengatasi ketombe dan meringankan penyakit asma.

16. Mengkudu (Morinda citrifolia)

tanaman obat buah mengkudu
pixabay.com

Siapa yang tidak tahu buah mengkudu atau buah noni ini, ya bauh ini merupakan salah satu dari jenis dan spesies dalam keluarga kopi. Buah ini memiliki rasa yang tidak enak (sepet) dan berbau yang lumayan tajam. Tapi siapa sangka di balik kekurang tersebut buah ini juga memiliki kelebihan loh.

Salah satu kelebbihan buah ini adalah bisa mengobati penyakit demam, mengatasi penyakit arthritis, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi seriko stroke, menurunkan kolestrol, menurunkan gula darah dan lainnnya.

17. Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius)

tanaman obat pandan wangi
manfaat.co.id

Pandan wangi atau yang biasa disebut daun pandan merupakan tanaman yang sulit di pisahkan dari masyarakan umum terkhusus rakyat indonesia. Karena tanaman ini umumnya mudah untuk ditanami pada kebum rumah. Selain itu daun pandan ini juga memiliki aroma yang sangat harum yang bisa memikat rasa lapar.

Perlu diketahui bahwa tanaman daun pandan ini selain dijadikan komponen pelengkap masakan, ia juga memiliki khasiat dan manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan tubuh kita.

Salahsatu manfaat daun panda antara lain ialah :

  • Mengurangi resikoterjadinya penyakit kanker.
  • Membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
  • Mengatasi penyakit rematik.
  • Menetralkan rancun dalam tubuh.

18. Ekor Kucing (Acalypha hispida Burm. F)

tanaman obat ekor kucing
pixabay.com

Tanaman obat herbal ekor kucing adalah tanaman hias sekaligus obat yang berasal dari hindia barat.  Jika anda perhatikan tanaman ini memiliki ciri khas yang berbeda dari tanaman lain.  Ini karena tanaman ekor kucing di golongkan sebagai tanaman hias.

Disamping itu tanaman ini juga bisa dijadikan obat herbal. Salah satu khasiat dan manfaat dari ekor kucing adalah mengobati mimisan, mengatasi penyakit cacingan, mengobati luka bakar, mengobati penyakit vitiligo, dan mengobati luka yang mengalami pendarahan.

*Bagian tanaman ekor kucing yang dijadikan obat hanya daunnya saja.

19. Kemuning (Murraya paniculata)

tanaman obat kemuning
pixabay.com

Tanaman obat daun kemuning adalaha salah satu jenis tanaman obat yang memiliki bau yang khas yang berasal dari bunganya. Selain memiliki wangi yang khas ternyata daun dari tanaman kemangi ini sudah sangat dikenal oaleh masyarakat untuk dijadikan obat tradisional.

Khasiat dari daun kemuning ini antara lain ialah :

  1. Mengobati peradangan dalam tubuh.
  2. Mengobati penyakit batu ginjal.
  3. Mengobati penyakit eksim.
  4. Mengatasi keputihan pada wanita.
  5. Sebagai obat anti penuwaan dini.
  6. Sebagai pelancar haid.
  7. Mengobati infeksi pada saluran kencing.
  8. Menurunkan kadar kolesterol.

Untuk cara penggunaan nya pun cukup mudah anda bisa menghaluskan nya dengan ditumbuk ataupun dengan membuat air rebusan dari tanaman daun kemuning ini.

20. Waru (Hibiscus tiliaceus)

tanaman obat waru
manfaat.co.id

Waru merupakan jenis tanaman kapas yang hampir mirim dengan tanaman kembang sepatu. Tanaman daun waru ini dipercaya oleh masyarakat sebagai obat tradisional yang sangat mujarap.

Selain dijadikan tanaman obat, waru juga bisa dijadikan tanaman hias karenan memiliki daun yang cukup menarik perhatian. Perlu anda ketahui ada beberapa khasiat yang dihasilkan oleh daun waru, berikut ini manfaatnya :

  1. Mengobati penyakit amandel.
  2. Mengatasi peradangan pada usus.
  3. Mengobati penyakit muntah darah.
  4. Mengobati bisulan.
  5. Mengobati penyakit TBC.

Untuk penngolahan tanaman waru anda bisa melakukan penghalusan dan juga membuat rebusan air dari daun waru. Caranya cukup mudah, ambil beberapa helai dari daun waru kemudian rebuskan dengan 2-3 gelas hingga mendidih, selanjutnya anda bisa meminum rebusan dari air daun waru.

21. Daun Sirih (Piper betle)

tanaman obat daun sirih
manfaat.co.id

Siapa yang tidak kenal dengan daun sirih, selain dijadikan sebagai pembersih gigi, ternyata daun sirih juga memiliki manfaat yang jarang sekali kita ketahui. Perlu anda ketahui daunsirih memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. berikut kandungan daun sirih :

  1. Vitamin A: 2-2,9 mg per 100 gram daun sirih.
  2. Vitamin B1: 14-70 mcg per 100 gram daun sirih.
  3. Vitamin B2: 2-30 mcg per 100 gram daun sirih.
  4. Protein: 3 gram dari 100 gram daun sirih.
  5. Sodium: 1-4 gram dari 100 gram daun sirih.
  6. Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg per 100 gram daun sirih.
  7. Iodin: 3,4 mcg dari 100 gram daun sirih.

Berikut manfaat dan khasiat yang dimiliki oleh daun sirih :

  1. Mengobati batuk.
  2. Mempercepat penyembuahan pada luka bakar.
  3. Penangkal penyakit kanker.
  4. Menurunkan kadar gula darah.
  5. Menjaga kesehatan mulut dan gigi.
  6. Menurunkan kadar kolesterol.
  7. Mengobati mimisan pada hidung.

22. Andong (Cordyline fruticosalia)

tanaman obat andong
pixabay.com

Tanaman obat andong adalah salah satu jenis tumbuhan yang digolongkan sebagai monokotil. Yang mana tumbuhan ini sering sekali dijadikan tanaman hias oleh masyarakat.

Disamping itu tanaman ini ternyata juga memiliki manfaat yang manjur dalam dunia kesehatan. Salah satu khasiat dan manfaatnya ialah :

  1. Mengobati penyakit batuk darah.
  2. Mengobati penyakit diare.
  3. Mengobati peradangan pada gusi.
  4. Mengobati luka akibat sengatan binatang.
  5. Mengatasi penyakit wasir.

Cara Pengolahan

Untuk pengolahan nya seperti biasa dengan membuat air rebusan dari beberapa helai daun andong, lalu saring dan minum air rebusan tersebut. Bisa juga dengan menghaluskan daun kemudian di tempelkan pada area luka ataupun memar pada kulit.

23. Akar Wangi (Chrysopogon zizanioides)

tanaman obat akar wangi
manfaat.co.id

Akar wangi merupakan tanaman yang seluruh tanamannya berbentuk seperti rumput dan salah satu ciri khasnya terdapat di akarnya wang memiliki aroma wangi. Tanaman ini berasal dari negara india.

Orang-orang dahulu sering menggunakan akar wangi sebagai parfum. Tapi siapa sangka ternyata setelah diteliti akar wangi ini memiliki kandungan yang berkhasiat mengobati beberapa penyakit salah satunya ialah:

  • Mengobati demam.
  • Mengatasi penyakit rematik.
  • Mengatasi bau mulut.
  • Mongobati batu ginjal.
  • Mengatasi pegal linu.
  • Mengatasi bengkak.

Untuk cara pengolahan nya sih cukup mudah seperti direbus, disaring, kemudian diminum air rebusan dari akar wangi tersebut. Atau bisa juga dengan ditumbuk kemudian oleskan kebagian luka luar yang pegal ataupun yang bengkak.

24. Bakung (Crinum asiaticum L.)

tanaman obat bakung
pixabay.com

Tanaman bakung adalah jenis tanaman obat sekaligus tanaman hias. Dimana daun bakung sendiri memiliki manfaat dan khasiat yang ampuh pengatasi beberapa penyakit.

Untuk mendapatkan daun bakung sendiri terbilang cukup mudah, karena sekarang sudah banyak pasar-pasar tradisional yang menjualnya sebagai bahan masakan.

Berikut ini manfaat dan khasiat dari tanaman obat bakung :

  1. Mengobati penyakit kolesterol.
  2. Mencegah penyakit rematik.
  3. Mengobati sakit borok.
  4. Mengobati penyakit pinggang.
  5. Mengatasi luka dan memar.
  6. Menetralisir detox(racun) pada tubuh.

25. Bangle (Zingiber montanum)

tanaman obat bangle
mintalom.com

Bangle merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki umbi yang sama seperti tanaman jahe. Akan tetapi banyak dari masyarakat indonesia yang tidak tahu akan keberadaan tanaman ini.

Karena tanaman ini hanya popoler di negara luar seperti thailand dan kamboja. Perlu anda ketahui tanaman ini juga memiliki banyak manfaat dan khasiat. Salah satu nya ialah:

  1. Mengobati demam.
  2. Mengobati penyakit kuning.
  3. Mengobati rematik.
  4. Mengobati penyakit cacingan.
  5. Mengobati masuk angin.

Untuk cara pengolahan seperti masuk angin anda bisa menggunakan nya dengan mencampurkan minyak dengan bangle yang sudah dihaluskan dengan mesin parut. Kemudian usapkan ke bagian yang menurut anda masuk angin seperti perut dan punggung.

26. Bayam Duri (Amaranthus spinosus L.)

tanaman obat bayam duri
hellosehat.com

Bayam duri adalah tanaman yang masih satu keluarga dengan tanaman bayam, hanya saja tanaman ini sering sekali dilupakan, bahkan tidak dianggap karena terlihat seperti tanaman pengganggu.

Padahal jika diteliti lebih dalam tanaman ini memiliki manfaat dan khasiat yang tidak kalah dengan tanaman bayam lainnya. Dimana tanmaan ini memiliki kandungan seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin K, zat besi, tannin dan masih banyak lagi.

Sedangkan manfaat nya bisa menyembuhkan bebagai macam penyakit, salah satunya ialah :

  • Mengobati penyakit kencing manis.
  • Mengobati penyakit disentri.
  • Mengobati penyakit TBC.
  • Mengatasi wasir.
  • Mengobati penyakit eksim.
  • Melancarkan ASI ibu.

27. Bidara Upas (Merremia mammosa)

tanaman obat bidara upas
daunbidara.com

Bidara upas merupakan sebuah sebutan dari istilah bidara arab, daun bidara ini sudah terbukti dengan manfaat dan khasiatnya seperti menyembuhkan penyakit gangguan jin dll.

Berikut ini manfaat dan khasiat dari daun bidara :

  1. Mengatasi gangguan jin.
  2. Melancarkan haid.
  3. Mencegah penyakit diabetes.
  4. Menyehatkan pencernaan lambung.
  5. Mencegah penyakit kanker dan tumor.
  6. Mengobati luka luar.

Untuk cara pengolahannya anda bisa memetik beberapa helai kemudian campurkan daun dengan air rebusan tunggu hingga warna air berubah. Kemudian anda bisa meminumnya ataupun menyemprotkan kebagian luka ataupun yang terkena gangguan jin.

28. Jahe Merah (Zingiber officinale)

tanaman obat jahe merah
hellosehat.com

Jahe merah merupakan salah satu dari berbagai jenis jahe yang sering sekali digunakan, baik itu bumbu dapur, maupun obat. Untuk jahe merah sendiri memiliki rasa yang pedas sehingga bisa menghangatkan badan.

Berikut ini manfaat dari jahe merah segar :

  • Mengatasi gejala demam dan flu.
  • Mengobati penyakit rematik.
  • Mengatasi radang pada tenggorokan.
  • Mengurangi rasa mual dan muntah akibat mabuk saat di perjalanan.
  • Melancarkan sistem pencernaan dalam perut.

Untuk cara penggunaan nya sama seperti tanaman lainnya. anda bisa menghaluskan jahe merah dengan menggunakan mesin parut (blender). Kemudian di seduh dengan air hangat agar bisa menghangatkan badan.

29. Binahong (Anredera cordifolia)

tanaman obat binahong
pixabay.com

Binahong adalah jenis tanaman herbal yang sudah dikenal sejak lama dan di pergunakan oleh orang-orang jepanga dan korea sebagai obat. Walaupun terkadang naman ini sering disebut benalu karena suka hidup ditanaman lain.

Tanaman ini sangat berfungsi untuk penyembuhan luka jahitan setelah operasi bedah. Selain menyembuhkan luka ada beberapa khasiat lainnya yang terkandung dalam tanmaan binahong, salah satunya ialah:

  • Obat penyembuhan penyakit diabetes.
  • Mengatasi maag.
  • Mengobati jerawat pada wajah.
  • Menurunkan kadar kolesterol.
  • Mencegah penyakit kanker.
  • Menetralisir racun dalam tubuh.
  • Mengobati asam urat.

Untuk cara pengolahannya cukup dengan merebus beberapa helai daun binahong dengan tiga gelas air. Kemudian saring air rebusan daun sehingga hanya tersisa daunnya saja.

30. Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi)

tanaman obat belimbing wuluh
pixabay.com

Belimbing wuluh atau yang lebih dikenal dengan sebutan belumbing sayur adalah tanaman yang sering dijadikan bumbu dapur dan juga dijadikan sebagai rujak.

Tapi dibalik itu semua ternyata belimbing wuluh ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh kita, diantaranya yaitu vitamin C, vitamin B, fosfor, zat besi, dan anti oksidan.

Untuk manfaat nya sendiri belimbing wuluh dipercaya dapat mengobati :

  1. Meredakan batuk.
  2. Sakit pada gigi.
  3. Menyembuhkan linu karena penyakit rematik.
  4. Menyembuhkan penyakit gondok.

31. Cempaka Kuning (Michelia campaca L.)

tanaman obat cempaka kuning
pixabay.com

Tanaman obat cempaka kuning adalah jenis tanaman cempaka yang mana daun dan bunganya sering dijadikan obat herbal. Sekilas daun cempaka kuning juga bisa digolongkan sebagai tanaman hias.

Agar anda tidak penasaran manfaat dan khasiat apa saja yang terkandung dalam tanaman cempaka kuning, Berikut ini rinciannya :

  1. Mengobati penyakit sinusitis (penyumbatan kelenjar pada hidung).
  2. Mongobati penyakit migraine.
  3. Obat untuk keputihan pada wanita.
  4. Mengobati radang tenggorokan.
  5. Mongobati batuk.

32. Cengkeh (Syzygium aromaticum)

tanaman obat cengkeh
pixabay.com

Cengkeh merupakan tangkai bunga yang berasal dari tanaman cengkeh. Kita semua sudah tau bangwa cengkeh sejak dahulu kala sudah dijadikan sebagai tanaman rempah-rempah dan juga obat.

Cengkeh ini juga sudah diuji dengan sebuah penelitian yang pernah dipublikasikan pada journal of dentistry, dimana cengkeh ini bisa menjadi obat pengganti rasa sakit pada gigi.

Selain itu cengkeh juga dipercaya dapat mengobati :

  1. Mengobati tukak pada lambung.
  2. Mencegah ejakulasi dini pada pria.
  3. Meredakan rasa nyeri.
  4. Menyehatkan hati.

*untuk berjaga-jaga cengkeng sendiri juga memiliki efek samping seperti iritasi pada kulit, memiliki reaksi alergi. Jadi tanaman cengkeh ini tidak disarankan untuk anak-anak.

33. Ceremai (Phyllanthus acidus)

tanaman obat cermai
pixabay.com

Ceremai merupakan jenis tanaman yang mana buahnya sering dijadikan manisan, sama halnya seperti mangga muda. Selain dijadikan manisan tanaman ceremai ini juga bisa dijadikan obat. Mulai dari daun, buah, batang buah, akar tanaman, dan kulit buah.

Kandungan dari kulit batang ceremai sendiri terdiri dari tanin, flavonoida, polifenol, dan saponin. Lalu untuk akarnya mengandung zat samak, asam halus, saponin dan toksik. Untuk buanya sendiri mengandung vitamin C.

Manfaat dan khasiat tanaman ceremai:

  1. Mengobati penyakit asma.
  2. Mencegah penyakit kanker.
  3. Mengatasi sembelit.
  4. Melangsingkan tubuh terkhusus wanita.

34. Delima (Punica granatum L.)

tanaman obat delima
pixabay.com

Delima adalah salah satu dari berbagai jenis buah yang paling berkhasiat dan sudah terbukti akan penelitiannya. Sama halnya seperti buah stroberi buah delima juga kaya akan vitamin C dan oksidan yang baik untuk tubuh.

Berikut ini rincian dari manfaat dan khasiat buah delima:

  1. Menurunkan resiko penyakit alzheimer.
  2. Mencegah penyakit kanker.
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh.
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  5. Meredakan nyeri pada arthritis dan persendian.

35. Rosella (Hibiscus sabdariffa)

tanaman obat rosella
pixabay.com

Bunga rosella adalah jenis bunga yang paling sering dibudidayakan oleh para petani terutama petani yang menargetkan pasar kesehatan (medis). Selain di pergunakan sebagai obat, bunga rosella juga bisa dijadikan teh.

Yang mana teh dari bunga rosella ini memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik. Karena bunga rosella itu sendiri mengandung zat fruid acid. Berikut ini manfaat bunga rosella antara lain ialah :

  1. Mengobati luka/iritasi pada lambung.
  2. Menyembuhkan demam.
  3. Mencegah penyakit jantung.
  4. Mengencerkan dahak pada tenggorokan.
  5. Mengatasi penyakit hipertensi.
  6. Mengobati penyakit kanker.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa ikuti blog kami untuk mendapatkan informasi-informasi penting lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.