Fathi Muhammad Seorang santri yang tertarik dengan dunia jaringan komputer dan Internet marketing terutama di bidang SEO, sekarang menjadi penulis di Lintar Media.

Manfaat Masker Kopi

manfaat masker kopi untuk kecantikan dan kesehatan wajah

Manfaat Masker Kopi – Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak diminati masyakarat Indonesia maupun mancanegara. Saking enaknya, sebagian besar pecinta kopi bahkan tak akan melewatkan pagi hari mereka tanpa meminum secangkir kopi.

Kabarnya kopi juga termasuk salah satu bahan masker yang tak kalah kandungan manfaatnya dengan madu dan tomat.

Yang mana, kopi mengandung berbagai macam senyawa seperti senyawa fenolik, tannin, kafein dst, yang bisa memberikan manfaat yang cukup signifikan untuk kulit.

Sebelumnya disini saya akan memberikan sedikit disclaimer, pada postingan ini saya memang benar-benar riset tentang masalah kopi. Jadi jika anda masih meragukan silahkan cari refrensi lain.

Manfaat Masker Kopi

Sebelum kita memasuki pembahasan ada baiknya untuk mengenal kandungan kopi terlebih dahulu agar anda lebih percaya bahwa kopi ini memang benar-benar aman untuk dijadikan masker. Berikut ini kandungan kopi:

  • Kafein.
  • Fenolik.
  • Tannin.
  • Quinic acid.
  • Ethyphenol.
  • Niacin.
  • Dicaffeoylquinic acid.
  • Flavonoid dan polifenol.

1. Mengurangi Inflamasi (Peradangan)/Jerawat

Kopi robusta mengandung senyawa fenolik yang berperan aktif dalam mengurangi inflamasi (peradangan) dengan cara mengurangi efek histamine, bradikinin, dan lekotrien.

Yang akhirnya mengurangi efek peningkatan permeabilitas kapiler selama fase inflamasi sehingga mencegah keluarnya makromolekul dari mikrosirkulasi dan mengurangi pembengkakan (edema).

Berikut cara pembuatan masker untuk mengurangi jerawat pada wajah yaitu:

  1. Sebelum menggunakan masker, bersihkan wajah dengan facial wash atau milk cleanser.
  2. Campurkan kefir dari susu kambing dengan bubuk kopi dan bubuk teh dengan proporsi 5% lalu, aduk sampai bertekstur pasta.
  3. Oleskan masker merata keseluruh wajah.
  4. Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

Bubuk kopi juga dapat menghilangkan bekas hitam jerawat yaitu dengan mencampurkan bubuk kopi dengan minyak bayi (baby oil) kemudian, oleskan pada wajah dan pijat perlahan. Lakukan secara teratur.

Bubuk kopi juga dapat berguna untuk mencegah kulit melepuh karena terkena percikan api atau air panas yaitu dengan cara menempelkan bubuk kopi pada bagian kulit yang terkena air panas secara merata dan diamkan selama 15 menit.

2. Melindungi dari Paparan Radikal Bebas

Kulit buah kopi mengandung senyawa tannin yang berguna sebagai anti bakteri dan senyawa polifenol yang dikenal kemampuannya sebagai antioksidan.

Dimana, antioksidan ini merupakan senyawa yang memiliki kemampuan untuk melindungi sel kulit dari efek berbahaya radikal bebas.

Cara pembuatan masker tersebut yaitu dengan mencampurkan 2 ½ gram kulit buah kopi dengan 7 ½ gram oatmeal serta air sampai campuran bertekstur seperti pasta dan siap digunakan.

Baca Juga: Manfaat Masker Spirulina

3. Mengangkat Sel Kulit Mati dan Mencerahkan Kulit

Perlu anda ketahui bahwa biji kopi yang telah dihaluskan (digiling) mengandung butiran yang sangat baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan melembabkan kulit.

Jadi, bubuk kopi ini bisa dijadikan scrub yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga muncul kulit muda yang lebih cerah dan halus.

Berikut cara pembuatan masker untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit yaitu:

  1. Mencampurkan bubuk kopi dengan putih telur.
  2. Balurkan ke wajah dan diamkan selama ±15 menit.
  3. Bilas wajah dengan air bersih dan gunakan sabun wajah untuk menghilangkan bau masker tersebut.

4. Menjaga Kelembapan Kulit Wajah

Kandungan flavonoid dan polifenol di dalam kopi dipercaya dapat menjaga kelembapan kulit wajah. Selain kopi madu juga memiliki senyawa flavonoid yang bisa melembabkan sekaligus menjaga elastisitas kulit wajah anda.

Berikut cara pembuatan masker untuk melembabkan kulit yaitu:

  1. Campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun.
  2. Oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama ±15 menit atau sampai masker mengering.
  3. Bilas dengan air bersih dan sabun wajah.
  4. Lakukan secara rutin minimal 2x seminggu.

5. Menghaluskan Kulit Wajah

Jika anda pernah mencoba eksperimen (scrub) bubuk kopi yang digosokkan ke bagian tubuh dan mengeluarkan minyak, ini bisa kita simpulkan bahwa manfaat masker kopi bisa menghaluskan wajah dan kulit tubuh.

Berikut cara pembuatan masker kopi untuk wajah:

  1. Bersihkan kulit wajah terlebih dahulu.
  2. Campurkan bubuk kopi dan madu secukupnya sampai bertekstur pasta.
  3. Oleskan masker kopi ke seluruh wajah secara merata dan diamkan selama 20-30 menit.
  4. Angkat atau lepaskan masker dengan menggunakan spons basah.
  5. Setelah bersih, berikan toner pada wajah yang berguna membuat kulit terasa bersih dan segar.

Cara pembuatan lulur kopi untuk tubuh:

  1. Oleskan bubuk kopi yang telah dicampur air dan sedikit madu secara merata ke seluruh tubuh.
  2. Gosokkan lulur ke seluruh tubuh.
  3. Setelah merata, keringkan selama 10-15 menit.
  4. Bersihkan lulur dengan cara membilas atau mandi langsung dengan air hangat.

Baca Juga: Manfaat Masker Teh Hijau (Green Tea)

6. Bisa Menghilangkan Selulit

Kopi mengandung senyawa kafein yang dapat menghilangkan guratan di paha atau selulit pada kulit.

Yang mana, kandungan kafein ini bisa mempercepat pembakaran lemak dan mengurangi pembengkakan.

Sehingga, dapat membantu membuat daerah berselulit tampak lebih halus dalam waktu 7 menit menurut Dr. Paul Lazar, Profesor dermatologi klinis dari Northwestern University Medical School.

Caranya pembuatan maskernya yaitu dengan mencampurkan ½ gelas air dan ¼ gelas bubuk kopi dengan gula palem (brown sugar). Setelah tercampur, gosok ke daerah berselulit dengan gerakan memutar, lalu bersihkan dengan air.

Cara lainnya yaitu dengan mencampurkan biji kopi yang telah ditumbuk halus dengan minyak zaitun atau madu. Kemudian, oleskan pada bagian kulit yang berselulit dan diamkan selama 10 menit lalu, bilas dengan air hangat.

Cara lainnya untuk menghilangkan selulit yaitu dengan mencampurkan ampas kopi dengan sabun cair/body lotion kemudian, balurkan ke tubuh lalu, pijat-pijat sebentar dan diamkan selama beberapa menit kemudian bilas. Lakukan setiap hari.

7. Mengatasi Dermatitis atau Eksim

Kandungan pada ampas kopi (endapan bubuk kopi) yang biasanya dibuang setelah kopi habis dikonsumsi dapat berguna untuk meredakan dermatitis atau eksim.

Yang mana, kandungan bubuk kopi tersebut dapat berguna untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit yang meradang dan bersisik untuk menghilangkan rasa gatal.

Cara penggunaan yaitu dengan menyiapkan ampas kopi bekas seduhan yang masih basah. Kemudian, gosokkan ampas kopi tersebut ke bagian tubuh yang terkena eksim seperti tangan dan sebagainya.

Baca Juga: Manfaat Masker Susu

Efek Samping Masker Kopi

Untuk efek samping sendiri masker kopi cendrung jarang sekali, kalau pun ada mungkin karena riwayat kulit si pengguna yang memiliki masalah.

Salah satu efek samping yang disebabkan karena penolakan kulit terhadap masker wajah yakni adanya peradangan kulit (kulit terasa panas) dan muncul bintik kemerahan.

Jika sudah seperti ini harus dihentikan pemakaian masker dan segera konsultasikan dengan dokter. Tapi ini sangat jarang terjadi, jadi anda tidak perlu cemas akan efek samping dari masker kopi.

Demikian arktikel tentang manfaat masker kopi, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Video Cara Membuat Masker Kopi

Sumber:

Maruti, Rina. 2017. Jangan Jadi Muslimah Dekil Tips Perawatan Mudah dari Ujung Rambut hingga Kaki. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Redaksi Health Secret. 2012. Khasiat Bombastis Kopi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rohmah, Firli Ainur. 2016. Pengaruh Proporsi Buah Kopi dan Oatmeal Terhadap Hasil Jadi Masker Tradisional Untuk Perawatan Kulit Wajah. e- Journal. Vol. 5. No. 3.

Sitompul, Astrid, dkk. 2016. Perbedaan Hasil Pengurangan Jerawat Pada Kulit Wajah Menggunakan Masker Kefir Susu Kambing. Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional. Vol. 2. No. 2.

Surtiningsih. 2005. Cantik dengan Bahan Alami Cara Mudah, Murah dan Alami Untuk Mempercantik Kulit. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Fathi Muhammad Seorang santri yang tertarik dengan dunia jaringan komputer dan Internet marketing terutama di bidang SEO, sekarang menjadi penulis di Lintar Media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.