Khasiat Buah Bidara

manfaat buah bidara

Khasiat Buah Bidara – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu manfaat daun bidara, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang khasiat buah bidara yang sering kali dilontarkan oleh para konsumen.

Sedikit informasi tentang buah bidara, saat ini buah bidara sudah mulai di perjual belikan dan dikonsumsi oleh masyarakat indonesia karena memiliki rasa yang enak.

Disamping lezat ketika dikonsumsi, buah bidara ini juga sangat banyak akan manfaat maupun khasiat yang terkandung didalamnya.

Jadi jangan heran jika saat ini banyak sekali masyarakat yang memulai bisnis budidaya daun bidara, karena disamping daun nya yang bermanfaat ternyata buahnya pun juga memiliki manfaat tersendiri.

Oke biar anda tidak penasaran akan khasiat buah bidara ini, mari kita simak bersama-sama pembahasan dibawah ini.

Khasiat Buah Bidara

khasiat buah bidara
tanamanmart.com

Sebelum kita memasuki pembahasan manfaat dan khasiat dari biah bidara ini, saya ingin sedikit mengulas tentang kandungan apa saja yang ada pada buah bidara ini. Berikut ini adalah kandungan yang terdapat pada buah bidara :

  • Vitamin A dan vitamin C.
  • Karbohidrat.
  • Protein.
  • Fosfor.
  • Zat Besi.
  • Kalsium.
  • Niacin.
  • Beta Karoten.
  • Mineral.
  • Dan masih banyak lagi.

Lanjut ke pembahasan intinya, dibawah ini adalah manfaat dan khasiat buah bidara yang bisa anda dapatkan secara cuma-cuma.

Malancarkan Sirkulasi Darah

melancarkan sirkulasi darah
aab-edu.net

Buah Bidara memiliki kandungan Zat Besi dan vitamin yang dapat membuat sel darah merah, dimana vitamin dan mineral yang ada pada daun bidara ini dapat melancarkan sirkulasi darah anda.

Jadi bagi anda yang sering sekali mengalami kesemutan pada kaki ataupun tangan, saya sarankan untuk sering mengkonsumsi buah bidara ini.

Menyehatkan Tulang dan Gigi

menyehatkan tulang dan gigi
tribunnews.com

Selain menyehatkan sistem sirkulasi darah, buah bidara ini juga bisa menyehatkan tulang dan gig anda loh. Yang mana buah bidara ini memiliki kandungan yang bagus untuk tulang dan gigi seperti kalsium, fosfor, kalium dan mineral lainnya.

Jadi buah ini sangat baik untuk pertumbuah anak anda yang masih berumur 5 tahun, sering-seringlah mengkonsumsi buah bidara ini.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

menyehatkan sistem pencernaan
hellosehat.com

Salah satu khasiat dari buah bidara juga bisa dijadikan pelancar sistem pencernaan anda juga loh. Karena dalam buah bidara ini terkandung serat-serat yang baik untuk melancarkan usus anda.

Nah, jika anda memiliki masalah dengan sistem pencernaan pada perut yang susah akan buang air besar. Salah satu solusinya adalah memakan buah bidara ini.

Mengatasi Sakit Maag

mengatasi sakit maag
kompas.com

Anda memiliki maag pada perut, buah bidara inilah solusinya, dimana buah ini bisa mengatasi rasa nyeri dan kembung yang ditimbulkan oleh maag.

Perlu anda ketahui zat dari buah bidara yang bekerja pada lambung anda ini adalah senyawa yang dapat mengurangi asam lambung. Jadi buatlah jadwal rutinan setiap anda telat makan untuk mengkonsumsi buah bidara ini ya.

Menyehatkan Jantung

menyehatkan jantung
tribunnews.com

Nah jika anda rutin mengkonsumsi buah bidara ini, itu artinya anda sudah bisa mencegah penyakit serangan jantung.

Kenapa saya bilang seperti itu, karena buah bidara ini memiliki zat beta karoten yang dapat menurunkan resiko serangan jantung. Dimana beta karoten akan mengurangi kolestrol jahat yang dapat menyebabkan serangan jantung.

baca juga: manfaat daun bidara

Mengatasi Penyakit Kanker

mengatasi penyakit kanker
pixabay.com

Selain menyehatkan jantung anda, buah bidara juga bisa mengatasi pencegahan terjadinya kanker usus besar, kanker payudara dan juga kanker paru-paru.

Yang mana jika anda sering mengkonsumsi buah bidara yang memiliki kandungan karotenoid dan antioksidan yang cukup besar, ini bisa melawan sel kanker yang ada pada tubuh anda.

Mengobati Penyakit Asma

mengatasi asma
europapress.es

Jika anda memiliki penyakit asma, saya merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah bidara ini, karena buah bidara memiliki zat beta karoten yang bisa meningkatkan kapasitas udara dalam paru-paru anda.

Cara mengkonsumsinya juga sangat mudah hanya perlu mencari buah bidara yang sudah matang dan bisa langsung anda makan.

Mencegah Penyakit Pikun

mencegah kepikunan
bincangsyariah.com

Banyak dari kita yang suka lupa akan menaruh sesuatu, padahal hal itu baru saja kita lakukan, akan tetapi dalam sekejap kita lupa menaruh barang tersebut.

Disini saya ingin memberikan tips untuk memakan buah bidara ini, dimana buah bidara dapat meningkatkan kinerja otak kita. jadi jika anda yang sering mengalami pikun sesaat itu biasanya terjadi karena kurang nya asupan gizi untuk otak.

baca juga: manfaat buah zuriat

Mengobati Penyakit Diabetes

mengatasi diabetes
pixabay.com

Didalam bauh bidara terdapat kandungan yang bernama glikemik yang sangat cocok untuk anda yang memiliki penyakit diabetes.

Dimana glikemik ini berkerja menurunkan kadar gula dalam darah anda, yang bisa menyebabkan diabetes.

Mengatasi Asam Lambung

mengatasi asam lambung
metrotvnews.com

Jika anda mengalami masalah pada lambung anda, terkhusus karena masalah asal lambung anda yang suka naik, buah bidara ini lah solusinya.

Buah bidara ini memiliki kandungan yang dapat mengurangi tingkat keasaman pada lambung anda. Asam lambung ini biasanya terjadi ketika zat asam yang ada pada lambung meningkat, hingga menyebabkan kembung dan perih sampai tenggorokan.

Mencegah Penyakit Osteoporosis

mencegah osteoporosis
odtmag.com

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana tulang mulai menjadi keropos dan menyerang persendian sehingga sulit untuk bangun. Ini terjadi karena asupan gizi kalsium yang kurang, sehingga sel-sel pada tulang rapuh.

Untuk mencehgah pengeroposan tulang sejak dini, salah satunya dengan mengkonsumsi buah bidara yang memiliki kandungan berupa kalsium, kalium, fosfor dan vitamin.

baca juga: manfaat jahe merah

Mengatasi Jerawat Pada Wajah

mengatasai jerawat pada wajah
meetdoctor.com

Jerawat adalah penyakit yang biasa muncul pada setiap orang, laki-laki maupun wanita yang sedang puber. Ini tentu sangat mengganggu penampilan wajah kita, salah satu solusi untuk menghilangkan jerawat adalah dengan daun bidara ini.

Dimana daun bidara terdapat zat anti bakteri yang bisa melawan jamur maupun kuman hingga ujung pangkalnya. Caranya sangat mudah andabisa menumbuk daun bidara dan buah bidara kemudian dioleskan di wajah anda.

Bisa Dijadikan Masker Wajah

bisa dijadikan masker wajah
okebandung.com

Disamping bisa mengatasi jerawat buah bidara ini juga bisa kita jadikan masker untuk wajah. Dimana kandungan pada buah bidara dapat mengencangkan kulit, menghaluskan dan menghilangkan flek hitam pada wajah.

Tentu kita semua ingin menjadi terlihat cantik dan ganteng saat dihadapan seseorang.

Mengatasi Radikal Bebas

mengatasi radikal bebas
koran-jakarta.com

Di indonesia radikal bebeas memang sudah merajarela bahkan sekarang sampai perdesaan pun sudah mulai banyak dibangun pabrik-pabrik yang menyebabkan pengotoran udara.

Bagi anda yang ingin menetralisir racun yang anda hirup pada paru-paru anda bisa menjadikan buah bidara ini sebagai manisan.

Caranya cukup mudah siapkan garam dan gula saja lalu tinggal potong-potong buah bidara yang masih muda, kemudian anda bisa langsung mengkonsumsinya.

Meningkatkan Kinerja Otak

meningkatkan kinerja otak
apakabardunia.com

Buah bidara memiliki kandungan mineral dan zat yang cukup banyak, sehingga dapat dijadikan salah satu asupan ataupun nutrisi yang cocok untuk meningkatkan kinerja otak.

Jika anda salah satu yang orang yang suka pikun ataupun lambat saat befikir, kemungkinan besarnya adalah anda kurang asupan nutrisi untuk otak, solusinya banyak makan buah-buahan seperti buah bidara ini.

Menyembuhkan Luka Luar

mengobati luka luar
merdeka.com

Selain bisa dijadikan masker wajah dan obat jerawat, buah bidara ini juga bisa mengatasi luka luar pada kulit anda.

Yang  mana buah ini memiliki kandungan inflamasi yang mampu membuat luka menjadi cepat kering dan bisa langsung di gantikan dengan sel-sel kuliat yang baru, atau bisa dibilang regenerasi sel kulit.

Mengatasi Keputihan Pada Perempuan

mengatasi keputihan
futuready.com

Buah bidara diklaim juga bida mengatasi masalah keputihan pada wanita, dimana ia memiliki kandungan yang bisa membunuh zat mikroba, kuman dan bakteri yang ada pada alat reproduksi wanita.

Caranya sangat mudah anda bisa mengkonsumsi buah bidara ini dengan dijadikan manisan dan juga bisa anda tumbuk dengan batang dari buah bidara kemudian campurkan dengan air, lalu gunakanlah sebagai cebok pada alat kelamin.

Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk anda dan kita semua. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

5 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka
manfaat daun bidara
Selengkapnya

Manfaat Daun Bidara

Manfaat Daun Bidara – Negara Indonesia ini memiliki ribuan jenis tumbuhan yang tersebar di berbagai daerah. Keanekaragaman hayati…
tanaman toga
Selengkapnya

Tanaman Obat Keluarga

Tanaman toga – Kita semua tau bahwa indonesia ini memiliki banyak ke aneka ragaman. Mulai dari hewan, tumbuhan,…