Manfaat Buah Pepaya

manfaat buah pepaya untuk masalah sistem pencernaan

Manfaat Buah Pepaya – Pepaya atau sebutan ilmiahnya Carica Papaya adalah buah yang berasal dari meksiko selatan, buah ini banyak dibudidayakan di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia, Brazil, India dan Nigeria.

Buah pepaya ini kaya akan serat dan dipercaya mampu mengatasi masalah  pencernaan seperti buang air besar (BAB) dan sembelit.

Selain itu, pepaya juga bisa menjadi buah yang dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, ingin tahu manfaat lain dari buah pepaya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Kandungan Gizi Buah Pepaya

Berikut ini sedikit informasi tentang kandungan apa saja yang terdapat pada buah pepaya di setiap 100 gram nya.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Air88 g
Kalori59 kcal
Karbohidrat10,82 g
Protein1 g
Serat1,7 g
Gula7,82 g
Lemak0,26 g
Vitamin A47 µg6%
Vitamin B1 (Thiamine)0,023 mg2%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,027 mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,357 mg2%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,191 mg4%
Vitamin B9 (Folat)38 µg10%
Vitamin C62 mg75%
Vitamin D0 µg
Vitamin E0,3 mg2%
Vitamin K2,6 µg2%
Kalsium20 mg2%
Fosfor10 mg1%
Zat Besi0,25 mg2%
Magnesium21 mg6%
Potassium (Kalium)182 mg4%
Seng (Zinc)0,08 mg1%
Sodium8 mg1%

Manfaat Buah Pepaya 

Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu bahwa buah pepaya ini mampu melancarkan sistem pencernaan, namun apakah Anda tahu manfaat lain dari buah pepaya selain itu?

Berikut ini segudang manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Antioksidan, vitamin A, C, dan E yang terdapat dalam pepaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit seperti flu, batuk, pusing dan lain sebagainya.

Selain meningkatkan sistem imun, kandungan vitamin dan mineral yang ada pada pepaya juga bisa membantu memulihkan kesehatan tubuh kita setelah sakit.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Buah pepaya mengandung air dan serat yang bisa dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita, karena itulah buah ini mampu melancarkan siklus buang air besar (BAB).

Tidak hanya itu saja, buah pepaya ini juga memiliki enzim papain yang berguna dalam mencerna protein dalam makanan.

Sebuah studi juga mengatakan bahwa jika rutin mengkonsumsi pepaya maka dapat mencegah sembelit.

3. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet sangat cocok untuk mengkonsumsi buah buahan yang kaya akan serat dan mengandung sedikit kalori seperti buah pepaya ini.

Selain itu pepaya juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak berlebih, jadi Anda tidak perlu takut berat badan naik jika mengkonsumsi buah pepaya.

4. Menjaga kesehatan jantung

Pepaya memiliki zat antioksidan yang kegunaannya sama seperti buah tomat, yakni likopen. Kandungan vitamin C dan likopen yang terdapat dalam buah pepaya mampu menyehatkan fungsi jantung.

Selain itu juga antioksidan dalam buah pepaya ini mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga, tubuh dapat terhidar dari penyakit kardiovaskuler, seperti stroke, kolesterol dan lain sebagainya.

Baca Juga: Manfaat Buah Semangka

5. Menyehatkan tulang

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin K seperti buah stroberi, alpukat, plum dan pepaya.

Vitamin K ini berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh yang nantinya diperuntukan dalam memperkuat tulang, sehingga tulang dapat terhindar dari penyakit osteoporosis.

6. Menjaga kesehatan Mata

Banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa buah pepaya ini kaya akan vitamin A, padahal jika dibandingkan dengan buah lain pepaya jauh lebih banyak khasiatnya.

Vitamin A yang terdapat dalam buah pepaya ini mampu memberikan kelembapan mata, sehingga kornea mata selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya.

7. Sebagai antipenuaan pada kulit

Tidak hanya menyehatkan mata, kabarnya buah pepaya ini mengandung banyak nutrisi yang mampu menjaga kesehatan kulit sehingga menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Seperti enzim papain yang dapat melembutkan dan merevitalisasi kulit bagian dalam maupun luar. Lalu ada juga vitamin A dan C yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen, Sehingga kulit bisa terhindar dari yang namanya keriput dan bintik hitam.

8. Menjaga kesehatan rambut dan kuku

Buah pepaya kaya akan vitamin dan mineral sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikan perawatan rambut dan juga kuku. Vitamin yang terdapat dalam pepaya dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kelembapannya.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga

9. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas adalah sebuah sebutan dari sel-sel rusak dari luar tubuh yang dapat penyakit kronis seperti penuaan dini, gangguan pernafasan, stroke dan lainnya.

Untuk mengatasinya kita memerlukan zat antioksidan seperti yang ada pada buah pepaya. Perpaduan vitamin C dan likopen dalam pepaya mampu melawan sel-sel radikal bebas yang menyebabkan penyakit kronis.

10. Mengurangi risiko kanker

Lagi-lagi zat antiokstidan likopen yang ada pada buah pepaya ini berguna sekali dalam menurunkan risiko terjadinya kanker. Ternyata juga tidak hanya buahnya saja daun dari pohon pepaya juga memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah dan melawan kanker seperti kanker paru-paru, payudaya, usus besar dan lainnya.

11. Baik untuk penderita diabetes

Diabetes adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan hormon yang memproduksi insulin dalam tubuh. Hal ini membuat tidak dapat mengolah glukosa dalam darah, sehingga kadar gula dalam darah menjadi tinggi.

Nah, nah pepaya ini memiliki kandungan kadar gula yang tidak terlalu banyak sehingga bagus untuk Anda yang memiliki penyakit diabetes tanpa harus memikirkan kandungan gula dan nutrisi dari buah lainnya.

12. Mengatasi peradangan berlebih

Inflamasi atau peradangan merupakan mekanisme alami tubuh dalam melawan dan melindungi diri dari mikroorganisme asing, seperti virus, bakteri dan jamur.

Peradangan ini biasanya terjadi ketika ada bagian tubuh yang terluka, terkena racun ataupun bakteri. Peradangan ini juga bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi jika terjadi terlalu lama.

Nah, untuk mengatasinya kita bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah pepaya ini. Pepaya sendiri juga memiliki zak kolin yang sudah terbukti bisa mengurangi peradangan berlebih.

Baca Juga: Manfaat Buah Bit

Video Membuat Jus Pepaya

Masak.TV
Apa buah pepaya dapat menurunkan resiko wasir?

Buah-buahan yang kaya akan serat seperti pepaya, pir, jeruk dan sebagainya, mampu melancarkan buang air besar (BAB), sehingga resiko terjadinya wasir bisa menurun.

Apakah buah pepaya baik untuk ibu hamil?

Antara boleh dan tidak boleh, untuk ibu hamil diperbolehkan mengkonsumsi buah pepaya yang sudah matang karena kandungannya baik sekali untuk perkembangan janin, seperti kolin, serat, kalium, folat, vitamin A, B, C dan betakaroten.

Tidak boleh untuk ibu hamil jika mengkonsumsi buah pepaya yang masih mentah. Karena pepaya mentah mengandung latek dan papain yang dapat menyebabkan keguguran janin.

Referensi : healthline

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka
manfaat daun bidara
Selengkapnya

Manfaat Daun Bidara

Manfaat Daun Bidara – Negara Indonesia ini memiliki ribuan jenis tumbuhan yang tersebar di berbagai daerah. Keanekaragaman hayati…
tanaman toga
Selengkapnya

Tanaman Obat Keluarga

Tanaman toga – Kita semua tau bahwa indonesia ini memiliki banyak ke aneka ragaman. Mulai dari hewan, tumbuhan,…
manfaat buah bidara
Selengkapnya

Khasiat Buah Bidara

Khasiat Buah Bidara – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu manfaat daun bidara, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang…