Manfaat Buah Semangka

manfaat buah semangka untuk darah rendah

Manfaat Buah Semangka – Anda semua pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang mampu memberikan rasa manis dan dapat menyegarkan tubuh Anda.

Yakni buah yang dikenal di inggris dengan sebutan watermelon atau bahasa ilmiahnya citrullus lanatus.

Semangka adalah tumbuhan berambat yang berasal dari benua Afrika tepatnya di bagian Selatan, Buah ini juga dikategorikan sebagai keluarga timun-timunan seperti buah melon, labu dan mentimun.

Kabarnya semangka ini memiliki banyak sekali manfaat selainmenyegarkan tubuh, Anda semua ingin tahu apa saja manfaat buah semangka ini? Simak ulasan berikut ini.

Kandungan Nutrisi Buah Semangka

Buah semangka ini termasuk buah yang memiliki kadar air yang cukup tinggi sama seperti buah pir. Dalam buah semangka ini juga tergandung berbagai macam vitamin, mineral, elektrolit dan senyawa lainnya yang dapat memberikan kesehatan tubuh manusia.

Berikut kandungan gizi dalam setiap 100gram daging buah semangka:

Nutrisi/GiziKandunganAKG%
Karbohidrat7,6 g
Kalori/Energi30 Kkal
Kolesterol0g
Protein0,6 g
Serat makanan0,4 g
Gula6,2 g
Lemak total0,15 g
Folat3 mcg
Vitamin A28 µg3%
Vitamin B1 (Thiamine)0,03 mg3%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,02 mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,18 mg1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,221 mg4%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,045 mg3%
Vitamin B9 (Folat)3 µg1%
Vitamin B120 µg
Vitamin C8,1 mg9%
Vitamin D0 µg
Vitamin E0,05 mg0%
Vitamin K0,1 µg0%
Cholin4,1 mg1%
Zat Besi0,24 mg3%
Kalsium7 mg1%
Mangan0,038 mg1,5%
Seng (Zinc)0,1 mg0%
Magnesium10 mg3%
Potassium (Kalium)112 mg2%
Fosfor11 mg2%
Sodium1 mg0%
Tembaga (Copper)0,04 mg5%
Selenium0,4 µg1%
Manganese0,0 4mg2%
Lycophene4532 mcg

Manfaat Buah Semangka

Setelah kita memahami kandungan apa saja yang terdapat dalam buah semangka, kita juga harus mengetahui manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari setiap kandungan buah semangka.

1. Mencegah dehidrasi tubuh

Buah semangka merupakan buah yang tinggi akan kadar airnya. Karena itulah semangka ini sangat disukai di negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia ini.

90% air yang terkandung dalam buah semangka ini memiliki banyak sekali mineral yang dapat menghindari terjadinya dehidrasi seseorang.

2. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung bisa dengan mengkonsumsi buah-bahan dan sayur-sayuran yang mengandung banyak senyawa likopen seperti semangka dan juga tomat.

Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa semangka ini 2 kali lebih banyak mengandung senyawa likopen dari pada tomat.

Likopen ini berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

3. Mengatasi peradangan tubuh yang terlalu lama

Peradangan atau inflamasi merupakan kondisi dimana tubuh menunjukkan sistem imun nya. Inflamasi ini bekerja dengan melepaskan seldarah putih dan senyawa lain ke dalam darah untuk melindungi sel dan jaringan tubuh yang terluka ataupun terancam.

Peradangan yang jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan banyak sekali kerugian, contoh peradangan tulang jika dibiarkan bisa menyebab kan tulang menjadi keropos, lalu peradangan kulit bisa menyebabkan penuaan dini.

Nah, untuk menghindari peradangan tersebut bisa dengan mengkonsumsi buah yang mengandung senyawa likopen dan vitamin C, seperti buah semangka, tomat dll.

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Semangka memiliki kandungan air dan juga serat yang cukup tinggi, yang mana kandungan ini cocok untuk menjadi sumber makanan yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Karena kandungan air, serat dan mineral yang ada pada buah semangka ini bisa melancarkan sistem pencernaan sehingga bisa menghindari terjadinya sembelit.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga

5. Menjaga kesehatan mata

Lagi-lagi dengan adanya kandungan likopen dan juga vitamin A dalam buah semangka mampu memegang peran yang bisa menurunkan risiko gangguan penglihatan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C bisa dikategorikan sebagai antioksidan yang akan merangsang tubuh untuk menghasilkan antibodi dalam melawan berbagai macam infeksi baik itu virus maupun bakteri yang ada disekitar.

7. Menyehatkan ginjal

Kandungan potasium yang terdapat dalam buah semangka ini mampu membersihkan endapan racun yang ada dalam ginjal.

Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan dan air yang tinggi dalam buah semangka ini juga bisa mengurangi konsentrasi asam urat yang menyebabkan batu ginjal, sehingga ginjal akan mudah bekerja dalam menyaring racun yang ada pada tubuh kita.

8. Menjaga tekanan darah agar tetap stabil

Kandungan asam amino citrulline yang terdapat dalam buah semangka jika dikonsumsi secara teratur bisa berubah menjadi asam amino arginine yang mampu menjaga kestabilan tekanan darah.

Tak hanya menjaga kestabilan saja, semangka juga memiliki senyawa magnesium dan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi penyebab penyakit serangan jantung, stroke, pembekuan darah dan lain-lain.

9. Baik untuk ibu hamil

Apapun buahnya baik itu alpukat, tomat, pepaya, pisang ataupun semangka yang memiliki kandungan asam folat sangat cocok untuk ibu yang sedang hamil.

Sebab ibu hamil butuh banyak sekali senyawa asam folat yang bisa mencegah terjadinya janin cacat ataupun terlahir prematur.

Jadi tidak perlu kawatir jika ada rumor bahwa semangka ini tidak baik untuk ibu hamil. Karena faktanya semangka ini memiliki asam folat yang baik sekali untuk pertumbuhan janin.

10. Menurunkan risiko kanker

Selain menjaga kesehatan jantung ternyata kandungan likopen yang ada pada semangka ini mampu memberikan perlindungan sekaligus melawan sel kanker, terutama kanker rahim dan prostat.

Karena likopen ini termasuk dalam senyawa antioksidan yang sangat ampuh dalam mengatasi efek buruk dari radikal bebas.

11. Menjaga kesehatan kulit

Sumber vitamin C yang terdapat dalam kandungan semangka ini berperan penting dalam pembentukan kolagen dan pembentukan jaringan pada kulit.

Anda semua pasti sudah tahu bahwa kolagen ini merupakan protein yang bisa menjaga kulit kita agar tetap kenyal dan elastis.

Vitamin C yang terkandung dalam buah semangka ini juga bisa menjadi antioksidan dalam melawan sel-sel radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Baca Juga: Manfaat Buah Pir

12. Meringankan kekakuan otot

Bagian kulit dalam dan daging buah semangka juga memiliki senyawa asam amino citrulline yang mampu mengatasi kekakuan dan ketegangan pada otot.

Ada sebuah penelitian terhadap para Atlet yang mengkonsumsi jus buah semangka mampu mengurangi rasa nyeri pada otot dan juga bisa meningkatkan kinerja otot saat berolahraga.

13. Membantu mengatasi heatstroke

Heatstroke adalah sebuah kondisi suhu tubuh yang bisa mencapai suhu 40°C bahkan lebih. Hal ini bisa disebabkan karena melakukan aktivitar fisik yang berlebihan ataupun bisa juga karena terkena paparan sinar matahari.

Kondisi ini bisa menyebabkan pingsan, mimisan bahkan bisa menimbulkan komplikasi yang dapat merusak otak.

Disarankan untuk banyak minum air putih dan memakan buah yang mengandung air seperti semangka ini. Anda bisa juga berpindah tempat yang lebih teduh, jika merasakan tanda-tanda seperti pusing dan mual.

14. Menurunkan risiko kolesterol

Buah semangka ini kaya akan senyawa seperti vitamin C, likopen, karotenoid, dan kalium yang ampuh sekali dalam mengatasi masalah jantung seperti kolesterol ini.

Kandungan likopen yang tendapat dalam buah semangka mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga menaikkan kadar kolesterol baik, sehingga peredaran darah menjadi terkontrol.

15. Mencegah asma kambuh

Lagi-lagi kandungan likopen yang terdapat dalam buah semangka ini juga bisa mencegah datangnya asma. Ini dibuktikan dari sebuah penelitian bahwa mengkonsumsi senyawa likopen sebanyak 45mg per hari mampu menurunkan aktivitas kekebalan tubuh yang bisa memicu terjadinya asma.

Selain itu likopen yang terkandung dalam bauh semangka in juga bisa memelihara fungsi dari paru-paru para penderita asma.

Baca Juga: Manfaat Buah Pepaya

Video Tips Mengkonsumsi Buah Semangka

Pagi Pagi NET.
Apa efek samping yang ditimbulkan jika mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan?

Jika Anda mengkonsumsi buah semangka berlebihan maka akan menimbulkan masalah pencernaan. Sebab kandungan fruktosa yang terdapat dalam buah semangka dapat merubah bakteri yang ada di dalam usus besar menjadi gas yang menyebabkan perut menjadi kembung.

Apakah buah semangka berbahaya bila dikonsumsi penderita diabetes?

Buah semangka tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes, sebab kandungan gula dan air yang cukup tinggi dalam buah semangka dapat menaikkan kadar gula darah penderita diabetes.

Apakah benar buah semangka lebih baik dari pada buah tomat?

Betul sekali, buah semangka ini mengandung likopen 2 kali lebih banyak dari pada buah tomat, sehingga persentase keberhasilan dalam mencegah penyakit seperti kanker dan jantung jauh lebih ampuh dibandingkan buah tomat.

Apa bisa buah semangka ini menurunkan berat badan?

Ini sama sekali tidak benar, walaupun buah semangka ini kaya akan air dan gula akan tetapi serat yang terkandung buah semangka ini sangat sedikit. Maka dari itu tidak disarankan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.

Apa benar buah semangka ini dapat meningkatkan vitalitas pria?

Kandungan citrulline yang ada pada buah semangka memang bisa meningkatkan vitalitas pria akan tetapi butuh sekitar 8 kg buah semangka untuk bisa memberikan efek terhadap senyawa citrulline dalam meningkatkan vitalitas tersebut

Apa perbedaan dari semangka kuning dengan semangka merah?

Buah semangka kuning cendrung lebihbanyak memiliki kandungan protein yang tinggi, sedangkan semangka merah cendrung lebih banyak mengandung likopen dan antioksidan yang baik sekali untuk kulit dalam mengatasi paparan sinar matahari dan radikal bebas.

Itulah beberapa informasi tentang manfaat buah semangka yang bagus sekali untuk kesehatan tubuh dan kulit kita.

Refrensi : Authority Nutrition

0 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat buah anggur
Selengkapnya

Manfaat Buah Anggur

Manfaat Buah Anggur – Anda tentu sudah sangat familiar dengan buah yang satu ini, yakni anggur merupakan buah…
manfaat buah bidara
Selengkapnya

Khasiat Buah Bidara

Khasiat Buah Bidara – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu manfaat daun bidara, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang…
manfaat buah kiwi
Selengkapnya

Manfaat Buah Kiwi

Manfaat Buah Kiwi – Siapa yang tidak kenal buah kiwi, salah satu buah yang memiliki rasa manis sekaligus…
manfaat buah bit dalam melawan kanker
Selengkapnya

Manfaat Buah Bit

Manfaat Buah Bit – Mungkin sebagian dari Anda belum pernah mengenal atau pun mendengar tentang buah bit. Kerena…