Manfaat Buah Naga

manfaat buah naga merah

Manfaat Buah Naga – Anda tentu sudah sering melihat buah naga yang banyak dijajakan ditukang buah, kedai, maupun pasar swalayan. Kabarnya buah naga ini kaya akan nutrisi yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan kulit kita.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan, mari kita berkenalan dengan buah yang sering dijadikan makanan penutup ini.

Buah naga atau pitaya ini berasal dari Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika tengah. Buah ini banyak dibudidayakan di Negara yang memiliki Iklim tropis dan sub tropis yakni Negara-negara Asia seperti Vietnam, Indonesia, Taiwan, Filipina dan Malaysia.

Nah, apakah anda sudah tahu jenis-jenis buah naga? jika belum coba simak artikel berikut ini.

Jenis Buah Naga

jenis buah naga merah, putih dan kuning

Buah naga ini termasuk tanaman keluarga dari kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus, ia juga memiliki 4 jenis yang bisa dibedakan berdasarkan ciri fisik seperti kulit dan warna dagingnya. Berikut ini beberapa jenis buah naga berdasarkan cirinya:

Buah naga merah

Buah naga merah atau Hylocereus polyrhizus memiliki ciri fisik kulit yang bewarna merah muda dengan daging yang bewarna merah gelap, jenis buah ini paling banyak mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

Buah naga merah muda

Buah naga merah muda atau Hylocereus costaricensis mempunyai ciri fisik kulit yang bewarna merah muda dan juga memiliki daging yang bewarna merah cerah keunguan.

Buah naga putih

Buah naga putih atau Hylocereus undatus memiliki ciri fisik yang sama dengan kulit merah muda dan daging yang bewarna putih, jenis buah naga dengan daging putih ini cocok sekali untuk dijadikan salad dan es buah.

Buah naga kuning

Buah naga kuning  atau Selenicereus megalanthus mempunyai ciri fisik kulit yang bewarna kuning dengan dagin buah yang bewarna putih, buah ini sangat jarang ditemui di indonesia karena buah ini memerlukan kondisi iklim tertentu untuk dibudidayakan.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

kandungan gizi buah naga

Jika tadi kita sudah mengenal beberapa jenis buah naga, kini saatnya kita juga perlu mengetahui kandungan nutrisi apa saja sih yang ada pada setiap 100 gram buah naga? Berikut ulasannya.

Nutrisi/GiziKandungan
Karbohidrat12,38 g
Air87 g
Serat3 g
Gula9,61 g
Lemak0,4 g
Protein0,78 g
Fosfor87 mg
Kalsium134,5 mg
Kalium192 mg
sodium2 mg
Zat besi0,65 mg
Kalori51 kkal
Magnesium11mg
Vitamin B1 (Thiamine)0,04 mg
Vitamin B3 (Niasin)0,16 mg
Vitamin B12 (Ribolavin)0,05 mg
Vitamin C9,4 mg
Vitamin E4,1 mg

Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh

manfaat buah naga bagi tubuh

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menerapkan pola hidup yang sehat merupakan cara terbaik dalam menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Ada berbagai cara dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh mulai dari mengkonsumsi buah dan sayuran, rutin berolahraga, menghindari stress, istirahat yang cukup, menghindari rokok dan minuman beralkohol.

Salah satu cara diatas tadi kita bisa mengaplikasikan yang paling termudah dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Buah naga ini termasuk buah yang kaya akan vitamin B, C dan E.

Yang mana vitamin tersebut sangat direkomendasikan oleh para dokter, sebab mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih optimal.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Selain itu juga buah naga kaya akan serat yang dapat membantu membersihkan sekaligus melancarkan proses penyerapan sari makanan, sehingga sistem pencernaan menjadi sehat dan terhindar dari penyakit seperti sembelit.

Selain buah naga Anda juga bisa mengkonsumsi buah pepaya, alpukat dan semangka yang dipercaya bisa melancarkan buang air besar (BAB).

3. Membantu menurunkan berat badan

Apa kalian sudah tahu bahwa buah naga ini bisa menjadi asupan makan ketika sedang melakukan program diet? Buah naga kaya akan kandungan nutrisi dan protein akan tetapi sangat rendah lemak.

Kandungan protein dan serat yang terdapat dalam buah naga ini mampu mencukupi kebutuhan nutrisi hari kita. Selain itu juga buah naga ini rendah akan lemak yang cocok sekali untuk program diet, sehingga anda tidak perlu khawatir jika berat badan anda naik.

Baca Juga: Manfaat Buah Plum

4. Membantu pembentukan sel darah merah (Hemogoblin)

Hemogoblin atau sel darah merah adalah bagian dari tubuh yang sangat banyak berperan dalam mengangkut oksigen dan menyebarkannya ke seluruh organ yang ada dalam tubuh.

Nah, dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh ini membutuhkan nutrisi seperti vitamin B12 (riboflavin) dan zat besi seperti yang ada dalam kandungan buah naga ini, dengan ini anda juga bisa terhindar dari penyakit anemia.

5. Menjaga kesehatan hati (liver)

Dilansir dari healthline, buah naga ini memiliki enzim dan protein yang dapat membersihkan hati dari racun sekaligus menjaga fungsi dari hati ini.

Dalam menjaga kesehatan hati atau liver ini kita juga perlu usaha mulai dari mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan, lalu rutin berolah raga, menjauhi rokok dan lain sebagainya. Jadi tidak serta merta beranggapan hanya dengan rutin memakan buah naga bisa menjaga kesehatan hati.

6. Mencegah penyakit jantung (Kardiovaskular)

Kardiovaskular atau kardiovaskuler adalah sebutan dari penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit ini sering menyebabkan serangan jantung dan juga stroke.

Dikutip dari data World Health Organization, penyakit kardiovaskular menyebabkan 17,6 juta kematian setiap tahunnya. Nah, untuk mengatasinya kita perlu menerapkan hidup sehat seperti mengkonsumsi buah yang mengandung banyak serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Salah satunya dengan mengkonsumsi rutin buah naga yang kaya akan serat ini. Untuk mencegahnya kita juga harus membatasi makanan berlemak, berhenti merokok dan rutin berolahraga.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa buah naga ini bisa mencegah penyakit kardiovaskular seperti kolesterol. Dimana buah naga ini memiliki kandungan vitamin B3 yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain itu serat yang terkandung dalam buah naga ini dapat membawa plak-plak kolesterol yang menempel pada arteri darah yang bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

8. Membantu mencegah diabetes

Tahukah Anda bahwa buah naga ini memiliki rasa manis akan tetapi kecil kandungan gulanya ini karena kandungan glukosanya. Nah, kandungan glukosa ini sama sekali tidak akan mempengaruhi jika dikonsumsi penderita diabetes.

Tak hanya itu saja, buah naga ini juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah anda, sebab serat dan mineral dari buah naga ini dapat memperlarut kandungan gula berlebih.

9. Menurunkan risiko kanker

Anda semua tentu sudah tau penyakit kanker bukan, penyakit ini adalah penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang. Sebab persentasi kematian jika terkena penyakit ini sangat tinggi.

Dalam mencegah penyakit ini kita bisa mencari sumber zat antioksidan yang dapat mencegah sekaligus membantu melawan kanker.

Salah satunya dengan mengkonsumsi buah naga, dimana buah ini memiliki antioksidan bernama phytoalbumin yang dapat mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Buah Bit

10.  Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Selain mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker, buah naga juga kaya akan kandungan kalsium, zat besi, fosfor dan mineral lainnya yang bisa menyehatkan pertumbuhan tulang dan gigi kita.

Jadi sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang tinggi dan gigi yang sehat saat masa pertumbuhan tubuh antara umur 1-20 tahun.

Manfaat Buah Naga Bagi Kulit dan Wajah

manfaat buah naga bagi kesehatan kulit dan wajah

1. Membantu proses penyembuhan jerawat

Jerawat merupakan penyakit umum yang biasanya terdapat di bagian wajah, punggung dan leher yang terjadi karena adanya sumbatan pori-pori, bakteri, dan minyak berlebih.

Penyumbatan tersebut menyebabkan peradangan yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil (terkadang berisi nanah) yang berada diatas kulit.

Untuk mengatasi jerawat tersebut kita membutuhkan sumber antibiotik atau bisa juga dengan pelembab yang dapat mengurangi minyak berlebih seperti dengan masker buah naga.

2. Menghaluskan dan melembabkan kulit

Selain biasa dijadikan masker bauh naga ini buga cocok untuk dijadikan lulur, nutrisi vitamin B3 dan vitamin C yang terdapat dalam buah naga mampu membuat kulit menjadi lembab dan halus.

Untuk mengolah buah naga menjadi lulur bisa dihaluskan dengan memasukkan buah naga yang telah dibersihkan ke dalam blender, selanjutnya saring ampas dari hasil blender tadi.

Lalu oleskan sari buah naga ke bagian kulit tangan, kaki, dan wajah yang sekiranya bisa di oleskan lulur buah naga, Kemudian tunggu 10-15 menit sampai lulur sudah mulai mengeras, kemudian bilas dengan air biasa. 

3. Melindungi kulit dari radikal bebas

Buah naga ini termasuk buah yang memiliki antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C, vitamin E, dan fitokimia. Yang mana antioksidan ini mampu meningkatkan sistem inmunitas tubuh, sehingga kulit bisa terhindar dari sel jahat radikal bebas.

Tidak hanya itu saja, vitamin C yang terdapat dalam buah naga juga bisa mengurangi peradangan yang disebabkan sengatan sinar UV dari matahari, untuk caranya bisa dengan membuat lulur yang tadi sudah saya bahas.

Baca Juga: Manfaat Buah Tin

4. Mencegah penuaan dini

Ada beberapa kebiasaan yang bisa mempercepat penuaan dini terhadap kulit, salah satunya yakni terlalu sering terkena sinar matahari tanpa pelindung, kurangnya tidur, merokok, dan pola makan yang buruk.

Bauh naga memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin C, E, dan juga beta karoten yang mampu merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen yang dapat membantu menguragi penuaan dini seperti kulit keriput dan terlihat kusam.

5. Membantu pemulihan regenerasi kulit

Regenerasi kulit merupakan sebuah kondisi dimana ada pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru, hal ini ditandai dengan adanya pengelupasan pada kulit, untuk memulihkan keadaan ini kita perlu melakukan perawatan.

Mulai dari menggunakan pelembab, pembersih wajah yang tidak memiliki scrub, dan pola hidup sehat seperti berolahraga, minum air putih secara teratur, dan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C.

Kandungan nutrisi dan mineral yang terdapat dalam buah naga juga bisa membantu dalam pemulihan regenerasi kulit, dimana vitamin C yang ada pada buah naga ini mampu merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen yang dapat menghasilkan sel kulit baru.

Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

manfaat buah naga bagi ibu hamil

1. Sumber energi untuk ibu hamil

Ibu hamil tentu sangat membutuhkan asupan energi tambahan dalam menjalani kegiatan sehari-hati, tidak lain karena semua makanan dan asupan nutrisi terbagi dengan janin yang ada dalam perut.

Untuk mendapakan asupan karbohidrat bagi ibu hamil dibutuhkan sekitar 9 hingga 11 porsi makanan seperti nasi, roti, sereal, sayur dan buah-buahan yang mengandung karbohidrat setiap harinya.

Nah, dengan buah naga Anda bisa mendapatkan sumber kabohidrat alami sekitar 11 gram karbohidrat atau 62 kalori per-takaran. Nah, untuk ibu hamil membutuhkan sekitar 2200 sampai 2500 kalori setiap harinya.

2. Mengurangi risiko janin prematur dan keguguran

Manfaat buah naga selanjutnya yaitu bisa menurunkan risiko janin yang lahir prematur. Vitamin C yang terdapat dalam buah naga ini sangat baik sekali untuk kesehatan ibu hamil dan juga janinnya.

Sebab janin sangat membutuhkan vitamin C dan zat besi dalam melindungi sekaligus menjaga kesehatan sel janin, dan juga membantu proses pembentukan tulang , otot, pembuluh darah dan kulit janin.

3. Mencegah kekurangan darah (Anemia)

Penting sekali untuk ibu hamil mendapat asupan zat besi dan vitamin B12 dalam mencegah kekurangan darah atau anemia. Selain itu juga zat besi ini sangat penting sekali untuk pertumbuhan si janin.

Normalnya ibu hamil itu membutuhkan sekitar 27 mg zat besi per-hari, untuk mencukupi asupan harian zat besi Anda bisa dengan mengkonsumsi buah naga, dimana 1 buah naga bisa menyuplai setidaknya 10 persen dari kebutuhan harian zat besi pada bu hamil.

Perlu Anda ketahui jika ibu hamil kekurangan zat besi dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan juga berbobot rendah.

Baca Juga: Manfaat Buah Pir

4. Sumber antioksidan bagi ibu hamil

Buah naga ini kaya akan antioksidan seperti betalain, hydroxycinnamates dan juga flavonoid. Antioksidan ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil dalam menjaga tubuh dari radikal bebas, meningkatkan sistem imun dan juga membantu perkembangan otak janin.

Selain buah naga Anda juga bisa mendapatkan asupan antioksidan dari buah lainnya seperti pir, apel, anggur, tomat, dan brokoli.

5. Mencegah sembelit bagi ibu hamil

Serat yang terkandung dalam buah naga ternyata juga bisa mencegah terjadinya sembelit dan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh ibu hamil loh.

Buah naga ini mengandung 3 gram serat per 100 gram, sedangkan wanita atau ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi serat sebanyak 25 hingga 35 gram per harinya, ini sama saya 10 persen dari kebutuhan serat.

Nah, untuk mencukupi serat tambahan lainnya Anda juga bisa mengkonsumsi makanan seperti roti, sereal dan gandum.

Manfaat Buah Naga Bagi Bayi

manfaat buah naga bagi bayi

1. Sumber antioksidan bagi bayi

Bayi pada dasarnya kurang akan sistem kekebalan tubuh, sehingga menyebabkan bayi mudah terkena penyakit. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh tersebut dibutuhkan yang namanya zat antioksidan.

Nah, buah naga ini mengandung antioksidan mulai dari vitamin C, flavonoid, fenol dan lain sebagainya. Antioksidan juga membantu sel-sel jahat radikal bebas yang ada dalam tubuh bayi.

2. Membantu menguatkan tulang bayi

Kita semua tahu bahwa tulang bayi itu masih dalam proses pertumbuhan, sehingga masih sangat lemah. Untuk menguatkan tulang bayi ini kita membutuhkan zat besi, kalsium dan fosfor.

Zat-zat ini akan membantu pertumbuhan sekaligus menguatkan tulang bayi sehingga, senyawa ini akan selalu kita butuhkan sampai si bayi beranjak dewasa.

3. Sumber serat bagi bayi

Bayi membutuhkan serat yang cukup, jadi gak cuma ASi dan bubur saja yang dapat membantu pertumbuhan bayi. Serat dan nutrisi yang terdapat dalam buah naga juga sangat baik sekali untuk sistem pencernaan bayi.

Untuk takaran bayi cukup 100 gram buah naga yang telah dihaluskan, karena jika terlalu banyak justru malah bisa menyebabkan bayi susah buang air.

4. Menyehatkan jantung dan ginjal

Buah naga juga mempunyai antioksidan likopen yang dapat menyehatkan jantung bayi. Selain itu buah naga ini juga memiliki efek detoksifikasi yang bisa membantu membersihkan sistem pencernaan bayi dari bahan kimia.

Nah, dengan adanya efek detoksifikasi ini sistem saluran kemih seperti ginjal mampu berfungsi dengan baik dan terhindar dari efek racun yang masuk.

5. Sumber zat besi bagi bayi

Zat besi pada buah naga juga sangat banyak sekali, zat ini mampu menjadi sumber utama bagi bayi dalam mencegah kekurangan darah atau anemia dan juga membantu dalam proses pertumbuhan rambut pada bayi.

Disarankan menggunakan daging buah naga yang sudah dihaluskan dengan blender ataupun sendok, karena sistem pencernaan bayi masih sangat lemah dibandingkan orang dewasa.

Video Mengolah Buah Naga

Tanya Jawab Seputar Buah Naga

Hal apa saja yang perlu diwaspadai dalam mengkonsumsi buah naga?

1. Walaupun buah naga memiliki banyak nutrisi dan manfaat, akan tetapi ia juga banyak mengandung kalori, jadi alangkah baiknya mengkonsumsi buahnaga secukupnya yakni 1-2 buah perhari dengan berat kurang lebih 400gram.
2. Tidak perlu mengkonsumsi kulitnya, karena jika Anda mengkonsumsi kulit dari buah naga justru malah akan menimbulkan diare.

Apa buah naga dapat meningkatkan nafsu makan?

Buah naga ini sangat cocok untuk dijadikan nutrisi dalam meningkatkan nafsu makan, karena gizi yang terkandung dalam buah naga sangat banyak sekali, Anda bisa mengolah buah naga menjadi salad dan juga es buah.

Lebih baik mana buah naga merah, putih atau kuning?

Dari 3 jenis buah naga yang paling banyak mengandung antioksidan yaitu buah naga berkulit kuning. Akan tetapi buah naga kuning ini harganya lumayan mahal dan sangat susah dibudidayakan di Indonesia karena buah ini memerlukan kondisi tertentu untuk membudidayakan nya.
Jadi disarankan mengkonsumsi buah naga merah karena dia lebih banyak nutrisi dibaningkan buah naga putih dan juga mudah untuk ditemui.

Benarkah buah naga dapat mencegah diabetes?

Walaupun buah naga ini tidak terlalu manis dan kaya akan nutrisi antioksidan, vitamin B, C, dan E yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Buah naga juga dapat membantu metabolisme tubuh dalam mengontrol kadar gula darah. Akan tetapi diabetes ini adalah penyakit yang kompleks jadi anda juga harus menjaga pola hidup sehat, mulai dari berolahraga, mengkonsumsi sayuran dan lain sebagainya.

Benarkah buah naga dapat mencegah jerawat jika dioleskan?

Ini sebetulnya hanya sebuah mitos, karena memang sampai sekarang belum ada penelitian yang menyatakan bahwa bauh naga mampu menjadi obat utama dalam mencegah dan mengobati jerawat walaupun kandungan nutrisi dari buah naga ini sangat banyak. Akan tetapi tetap bisa buah naga ini dijadikan alat bantu dalam proses penyembuhan jerawat karena buah ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Benarkah buah naga dapat menyehatkan rambut jika dioleskan?

Walaupun buah naga ini kaya akan nutrisi dan oksidan, lebih baik buah nga ini dikonsumsi dari pada dioleskan untuk rambut karena akan membuat rambut menjadi lengket. Justru lebih baik dikonsumsi karena selain bisa menutrisi rambut, buah naga juga bisa menjaga kesehatan kulit jantung, liver dan lainnya.

Nama Lain Buah Naga di Berbagai Negara

NegaraNama Buah Naga
ChinaZunlongguo
KolombiaPatahaya roja/blanca, Flor de calis, Pitajaya
InggrisDragon fruit, Strawberry pear, Red pitahaya, Red pitaya, Belle of the night, Night blooming cereus, Conderella plant, Queen of the night
JermanEchte stachelbrin, Distelbrin
PerancisPithaya rouge, Cierge-lezard, Pitaya, Poire de chardon, Belle de nuit
HawaiiPapipi pua, Panani o ka, Paniniokapunahou
MeksikoPitajava, Junco, Flor de calis, tasajo, Pithaya roja
IsraelPitaya
Puerto RikoPitajava, Junco tapatio, Junco, Orijona, Flor de caliz, Reina de la noche
VenezuelaPithaya roja, Pitajava, Flor de calis
PortugalCardo-ananas, Cato-barse
SpanyolCak-wob, Chaca, Flor de caliz, Pitahaya, Junco tapatio, Tuna, Nopa, Pitahaya orejona, Pitjaya, Zacamb, Reina de la noche
VietnamThanh long, Dragon fruit
SwediaDistelbirn, Dachenfr skogskatus, Rud pitahaya, Echtestachelbrin
Sri LangkaDragon fruit

Demikian artikel tentang buah naga semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda, jangan lupa share ke teman-teman Anda, sampai jumpa.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka
manfaat daun bidara
Selengkapnya

Manfaat Daun Bidara

Manfaat Daun Bidara – Negara Indonesia ini memiliki ribuan jenis tumbuhan yang tersebar di berbagai daerah. Keanekaragaman hayati…
tanaman toga
Selengkapnya

Tanaman Obat Keluarga

Tanaman toga – Kita semua tau bahwa indonesia ini memiliki banyak ke aneka ragaman. Mulai dari hewan, tumbuhan,…
manfaat buah bidara
Selengkapnya

Khasiat Buah Bidara

Khasiat Buah Bidara – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu manfaat daun bidara, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang…