Penyebab dan Solusi untuk Haid Tidak Teratur

penyebab haid tidak lancar

Penyebab Haid Tidak Lancar – Bagi Anda, terutama kaum perempuan pasti khawatir jika haid tidak teratur. Apalagi jika tidak datang bulan dalam waktu yang cukup lama atau berbeda dari yang biasanya.

Biasanya sudah berpikir bahwa ada masalah dengan tubuh kita atau bahkan ada hal yang buruk terjadi pada tubuh kita. Memang terlambat haid atau haid yang tidak teratur rasanya membuat hidup menjadi tidak nyaman.

Ada juga ketakutan jika tidak akan mudah mengalami kehamilan jika haid tidak teratur. Jika Anda merasa takut dengan keadaaan tersebut, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui apakah terlambat haid yang Anda alami sudah termasuk berbahaya atau wajar.

Karena siklus menstruasi tiap orang berbeda-beda. Umumnya siklus menstruasi terjadi 28 hari, namun ada juga yang mengalami 25-35 hari.

Jika siklus haid kurang dari 24 hari atau bahkan lebih dari 35 hari maka Anda harus mewaspadainya jika haid Anda sudah tidak lancar.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai siklus haid Anda yang tidak teratur. Haid tidak teratur bisa disebabkan oleh banyak hal. Terutama jika Anda sudah berumah tangga, maka banyak sekali pemicunya.

Hal ini karena wanita yang sudah bersuami akan mengalami perubahan pada hormone dan lain lain. Ada berbagai penyebab mengapa haid Anda tidak teratur, berikut penjelasan mengenai menstruasi tidak teratur serta solusinya.

Penyebab Haid Tidak Lancar

Haid Tidak Lancar Setelah Menikah

Haid tidak teratur biasanya dialami oleh ibu rumah tangga. Setelah menikah, ada banyak sekali perubahan yang terjadi pada tubuh terutama pada hormone.

Salah satu pemicu haid menjadi tidak teratur adalah stress. Semakin banyak stress yang akan dialami saat menikah dan semakin tinggi stress yang dirasakan maka semakin besar dampaknya pada tubuh.

Selain itu dengan menikah, pola hidup Anda mungkin jadi berubah dan berbeda dengan sebelum menikah. Mulai dari harus bangun lebih pagi dan membersihkan rumah, mencuci, menyapu, dan lainnya.

Belum lagi jika wanita karir yang bekerja dan mengurus anak. Menyesuaikan diri dengan kebiasaan ini dapat mengganggu keseimbangan hormone. Tubuh yang kelelahan dapat mengganggu aktivitas hormone dan siklus menstruasi.

Sebelum menikah mungkin banyak perempuan yang memperhatikan penampilan agar terlihat menarik di mata pria. Namun setelah menikah tak banyak wanita yang bisa memperhatikan penampilan, bahkan cenderung mengabaikan kenaikan berat badan.

Badan yang gemuk akan menghasilkan estrogen yang cukup banyak sehingga siklus haid tidak teratur.

Kemudian yang terakhir adalah penggunaan alat KB. Penggunaan alat kb jelas sangat mempengaruhi hormone tubuh. Penggunaan kb juga akan mempengaruhi siklus menstruasi.

Butuh waktu sekitar 3 hingga 6 bulan agar siklus menstruasi bisa berjalan kembali seperti semula. Jangan lupa untuk mengonsultasikan penggunaan kb dengan dokter agar memahami alat mana yang paling tepat untuk Anda.

Disebabkan Pasca Melahirkan

Menstruasi tidak teratur juga bisa terjadi seusai melahirkan. Hal ini adalah sesuatu yang normal bagi ibu, karena saat melahirkan hormone yang dihasilkan berbeda dengan saat tidak mengandung, belum lagi ibu hamil juga wajib menyusui bayi.

Saat menyusui, hormone prolactin menjadi tinggi dan hormone estrogen menurun. Karena itu siklus menstruasi belum lancar dan teratur.

Bisa juga siklus haid tidak teratur karena adanya infeksi jamur, bakteri atau virus pada organ reproduksi. Infeksi ini akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

lebih parah lagi bisa saja terjadi peradangan pada organ reproduksi. Jika terjadi hal yang tidak nyaman dalam tubuh, Anda bisa langsung menuju dokter kandungan untuk mengetahui lebih lanjut.

Bisa juga terjadi tumor pada saluran reproduksi, jika merasakan sakit pada organ reproduksi tidak ada salahnya langsung memeriksakan ke dokter. Jika mengetahui ada tumor lebih cepat, maka penanganannya juga semakin cepat agar penyakit segera teratasi.

Gangguan tiroid dan diabetes juga bisa memicu haid tidak teratur. Gangguan tiroid mengkibatkan produksi hormone tiroid menjadi berlebihan dan mengganggu siklus haid. Diabetes juga mempengaruhi kadar gula dalam darah dan mempengaruhi siklus menstruasi.

Menstruasi Tidak Teratur Setelah Keguguran

Keguguran atau kegagalan mempertahankan perkembangan janin akan mempengaruhi siklus menstruasi. Hal ini karena terjadi perubahan kondisi pada tubuh mulai dari keadaan hamil menjadi tidak hamil dalam waktu yang cepat.

Terdapat beberapa hal menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur setelah Anda mengalami keguguran.

Haid tidak teratur setelah keguguran bisa disebabkan karena adanya sisa jaringan dalam Rahim yang masih tertinggal dan perlu dibersihkan atau di koret.

Apalagi jika umur kehamilan sudah cukup besar seperti 10 minggu, maka butuh waktu yang cukup lama untuk mengeluarkan jaringan plasenta dan janin dari Rahim dan membersihkan Rahim.

Selain itu, bisa pula terjadi gangguan pada Rahim, saat keguguran biasanya terjadi pendarahan. Jika pendarahannya cukup parah bisa jadi terjadi gangguan dalam Rahim.

Jangan lupa memeriksakan Rahim Anda setelah mengalami keguguran, untuk melihat kesiapan Rahim sebelum menerima kandungan baru dan melihat apakah ada gangguan di Rahim.

Haid yang tidak teratur juga bisa terjadi karena sebelumnya haid Anda memang tidak teratur sebelum hamil. Misalnya setelah keuguguran menjadi lebih sedikit atau lebih sering haid.

Sebaiknya periksakan kandungan ke dokter kandungan jika haid Anda tidak teratur.

Solusi Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Ada banyak sekali solusi untuk menangani haid tidak teratur. Apalagi telat datang bulan dalam waktu berbulan-bulan. Anda tentu akan panik dan khawatir, maka hal yang paling baik adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan agar mengetahui apa ada masalah dengan Rahim Anda.

Bisa juga mengonsumsi makanan yang kandungannya baik untuk kesehatan organ pencernaan.

Salah satu cara sederhana yang bisa Anda coba jika Anda tidak mau ke dokter adalah mengonsumsi bunga saffron. Saffron mungkin masih terdengar asing di telinga Anda, namun khasiatnya sangat banyak.

Saffron yang berasal dari putik bunga saffron adalah rempah dan herbal yang terkenal, terutama di daerah timur tengah dan biasa digunakan untuk bumbu masakan juga bahan dasar obat-obatan.

Selain aromanya yang manis seperti vanilla, rasa yang dihasilkan bunga saffron sangat khas dan rasanya agak pahit. Bunga saffron ini juga memiliki manfaat mengatasi haid tidak teratur. Selain itu saffron juga mengandung relaksan yang berfungsi sebagai penenang alami.

Herbal saffron dianjurkan untuk mencegah depresi, mengobati sakit kepala baik itu karena stress atau migrain. Selain itu saffron berkhasiat untuk mengatur gula darah, mencegah diabetes.

Anda bisa merebus saffron kering dan mengonsumsinya 3 kali sehari sampai haid Anda lancar. Pastikan juga bunga saffron kering yang Anda beli saffron asli, karena bunga saffron ini harganya cukup mahal.

Jangan sampai Anda membeli bunga saffron yang palsu. Anda juga bisa mengonsumsinya dalam makanan karena cita rasa yang dihasilkan bunga saffron khas dan cocok untuk makanan.

Itulah beberapa penyebab haid tidak lancar. Jika haid Anda tidak lancar, konsultasikan kondisi Anda ke dokter kandungan untuk mendapatkan informasi yang tepat dan penanganan terbaik bagi Anda. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari haid tidak teratur.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
manfaat buah bidara
Selengkapnya

Khasiat Buah Bidara

Khasiat Buah Bidara – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu manfaat daun bidara, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang…
manfaat masker susu untuk kecantikan dan kesehatan wajah
Selengkapnya

Manfaat Masker Susu

Manfaat Masker Susu – Anda semua pasti sudah sering sekali mendengar tentang keberadaan masker susu, akan tetapi anda…
manfaat buah sawo
Selengkapnya

Manfaat Buah Sawo

Manfaat Buah Sawo – Teruntuk masyarakat Indonesia, mungkin sudah sangat familiar dengan buah yang satu ini. Buah yang…