11+ Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh

0
148
manfaat daun bawang

Manfaat Daun Bawang – Bawang adalah salah satu tumbuhan yang banyak digunakan sebagai bumbu utama dapur. Siapa sangka ternyata dari daun bawang itu sendiri juga punya manfaat loh selain dijadikan bahan pelengkap ataupun penyedap rasa makanan.

Sama seperti yang telah di bahas pada sebuah website yang bernama magforwomen.com, dimana daun bawang ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh loh. Seperti menyehatkan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan rambut dan masih banyak lagi manfaat daun bawang bagi tubuh kita ini.

Maka dari itu disini saya akan sedikit membahas tentang manfaat dan kandungan apa sajasih yang ada apa daun bawang yang bisa menyehatkan tubuh kita. Berikut ini pembahasan sepeutar manfaat daun bawang dan kandungan didalam nya.

Manfaat Daun Bawang Bagi Tubuh

manfaat daun bawang
pixabay.com

Nah, dalam pembahasan ini saya akan membahas tentang kandungan apa saja yang ada pada daun bawang ini hingga bisa menyebabkan berbagai macam kesehatan bagi tubuh dan juga bisa mencegah adanya penyakit yang ingin menghampiri. Mari kita simak baik-baik, Berikut ini manfaat daun bawang yang sudah saya rangkum dari beberapa artikel tentang kesehatan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam daun bawang terkandung zat antioksidan, dimana zat ini sangat bagus untuk menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Dan  dia juga mempunyai kandungan zat allicin yang memperkuat sistem imunitas dari serangan virus berbahaya, dimana cara kerja zat ini dalam membuat imunitas sama dengan senyawa belerang.

Mencegah Penyakit Anemia

Selain menjaga sistem kekebalan tubuh, daun bawang juga memiliki keunggulan dalam kandungan zat besi nya. Yang mana zat besi ini berguna untuk memproduksi sel darah yang ada pada tubuh anda. Nah, jika anda salah satu orang yang mengidap penyakit anebia, ada baik nya anda mencoba pengobatan daun bawang ini.

Menjaga Kesehatan Jantung

Daun bawang juga memiliki kandungan senyawa yang bernama cycloalliin, nah senyawa ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda miliki. Dan senyawa ini juga berfungsi sebagai senyawa yang mengencerkan sel darah dan juga bisa mengurangi resiko penyakit aterosklerosis.

Menjaga Kadar Gula Darah

Jika anda seorang yang memiliki kadar gula darah yang cukup tinggi pada tubuh anda, ada baik nya anda mencoba pengobatan herbal dengan daun bawang ini. Karena didalam daun bawang ini terdapat kandungan yang bernama phyto-kimia, dimana zat ini bisa menjaga tingkatan kadar gula darah anda.

Mengurangi Resiko Stres

JIka anda seorang yang susah akan tidur malam ataupun siang, saya menyarankan anda untuk rutin mengkonsumsi daun bawang ini. Karena daun bawang bisa membuat tidur anda menjadi berkualias yang baik, dan ini bisa mengurangi tingkat ke stessan anda dalam kegiatan sehari-hari ataupun dalam kerjaan anda.

Menjaga Kesehatan Mata

Disamping mengurangi tingkatan stres, daun bawang juga bisa menjaga kesehatan mata kita loh. Pasal nya dalam daun bawang ini juga terkandung yang namanya vitamin A, Dimana setiap batang dari daun bawang ini mengandung 2,7% vitamin A yang baik untuk kesehatan mata anda.

Menjaga Kesehatan Tulang

Anda suka mengeluhkan sakit pada tulang anda, atau anda suka merasa pegal-pegal saat berjalan. Nah, salah satu solusi untuk menjaga kesehatan tulang anda adalah daun bawang ini, daun bawang memiliki zat atau senyawa kalsium yang baik untuk kesehtan tulang. Jadi jangan sungkan-sungkan makan daun bawang ya.

Mencegah Penyakit Diabetes

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, daun bawang ini bisa menjaga kadar gula darah anda dan biasanya jika kadar gula dalam diri anda terlalu berlebihan maka akan menyebabkan penyakit diabetes ini. Karena itulah adanya daun bawang ini kita bisa mencegah penyakit diabetes.

Dimana zat phyto-kimia yang terbagi menjadi dua yaitu allium dan alil disulfida mempunyai sifat anti terhadap penyakit diabetes. Zat ini juga membantu tubuh dalam mencegah degradasi insulin dan juga bisa meningkatkan metabolisme glukosa pada tubuh.

Mengatasi Penyakit Cacingan

JIkan anak anda ataupun keluarga anda terkana penyakit cacing tidak ada salahnya mencoba pengobatang dengan daun bawang ini,  jika anda ketahui didalam kandungan daun bawang terdapat asam amino yang mengandung sifat belerang anti-parasit. Dimana sifat tersebut mancangkup antibakteri, antiseptik dan antijamur. Jadi ini sangat cocok untuk obat herbal dalam mengatasi cacing pada usus anda maupun keluarga.

Mengatasi Infeksi Dalam Tubuh

Sama seperti yang sudah saya katakan tadi, daun bawang memiliki zat senyawa belerang anti-parasit, dimana zat ini bisa dijadikan antiseptik untuk bagian dalam tubuh anda yang terluka. Jadi sering-seringlah makan daun bawang ya, caranya sangat mudah anda bisa merebus daun bawang dengan dicampurkan semisal makanan bakso dan lain-lain.

Membantu Perkembangan Janin

Jika anda memiliki istri yang sedang mengandung janin dari calon anak anda, maka saya sarankan untuk bisa menambah asupan gizi untuk janin yang ada pada istri anda. Salah satunya untuk menambahkan gizi untuk janin adalah dengan mengkonsumsi daun bawang ini. Yang mana daun bawang ini mengandung zat asam folat yang membantu untuk perkembangan janin dalam kandungan istri anda.

Cara Mengolah Daun Bawang

cara mengolah daun bawang
pixabay.com

Banyak sekali cara mengolah daun bawang ini menjadi makanan ataupun celiman untuk kita, cara nya sangat mudah sekali ada yang dengan ditumis kemudian direbus dan juga digoreng.  Jadi sesuai selera kita saja, kalau saya sih sukanya jika daun bawang ini digoreng. Dan kali ini saya akan memberikan caranya mengolah daun bawang untuk bisa menjadi makanan yang siap saji, silahkan disimak.

Cemilan Daun Bawang Goreng

mengolah daun bawang goreng
fastingtable.com

Dalam mengolah daun bawang goreng ini sangat lah mudah, kita hanya perlu menyiapkan daun bawang yang sudah dipotong-potong sesuai ukuran yang anda inginkan, saran sih sama seperti yang digambar.

Kemudian siapkan adonan tepung yang sudah anda bumbui dengan garam, gula dan merica agar terasa seperti rumput laut goreng. setelah itu anda bisa langsung mencampurkan daun bawang yang sudah dipotong tadi dengan adonan tepung. Selanjutnya anda bisa langsung menggorengnya dan saran penyajian daun bawang goreng ini lebih enak jika di campurkan dengan saus tomat dan mayones.

Sup Daun Bawang

mengolah sup daun bawang
idahopotato.com

Selain dijadikan cemilan kita juga bisa menjadikan daun bawang ini menjadi sup loh, caranya sangat mudah sekali siapkan adonan sup yang bisa anda dapatkan pada toko ataupun supermarket terdekat dirimah anda. Dan sesuaikan dengan kesukaan makanan anda, semisal sup rasa ayam.

Kemudian kita tinggal menyiapkan air, garam, gula dan daun bawang yang sudah dipotong-potong. Kemudian masukkan seluruh bahan-bahan tadi kelama blender dan tak lupa masukkan juga adonan sup yang sudah anda buat tadi. Selanjutnya tinggal anda sajikan dengan roti ataupun dengan kentang goreng, selamat mencoba.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan, jika da kesalahan dalam kata ataupun penuturan mohon dimaklumi, semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dalam memahami manfaat dari daun bawang dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Sumber : idntimes.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.