Contoh Laporan PKL

Contoh laporan pkl

Contoh Laporan PKL – Bagi anda yang sih duduk dibangku SMK atau anda yang kuliah. Lalu mendapatkan tugas untuk melakukan PKL atau yang biasa disebut praktek kerja industri (prakerin). Pasti di akhir masa PKL (Praktek Kerja Lapangan) anda akan di desak untuk membuat laporan kegiatan.

Diamana laporan tersebut berisi tentang seluruh kegiatan apa saja yang anda lakukan semasa berada di tempat praktek kerja.

Akan tetapi anda masih bingung bagaimana caranya membuat laporan praktek kerja. Maka dari itu saya ingin memberikan anda sedikit masukkan tentang cara membuat laporan praktek kerja.

Kenapa begitu ?.. ini karena seluruh hasil laporan PKL kita harus memiliki kerangka yang tersusun dengan rapih berdasarkan dengan kaidah laporan ilmiah. Mulai dari penyusunan kata, huruf, format tulisan dan batasan ukuran halaman yang sesuai dengan aturan kaidah ilmiah yang berlaku.

Lalu, tujuanya apa sih, dibuatnya laporan PKL ?.. Nah ini yang sering kita remehkan, jika anda mengetahui tujuan dibuatnya laporan pkl ini, pasti anda akan membuat nya dengan penuh perhatian.

Karena dalam dunia pendidikan hasil laporan dari PKL (Praktek Kerja Lapangan) sangatlah penting untuk hasil ilmiah dalam lapangan. Dimana laporan tersebut akan digunakan untuk membuat inovasi baru dan pengetahuan antara ilmu lapangan dengan ilmu pengetahuan saja.

Biar tidak berlama-lama, kita simak saja apa saja sih yang diperlukan dalam pembuatan laporan PKL (Praktek Kerja Indrustri), berikut ulasan nya.

Kaidah Pembuatan Laporan PKL

Didalam kaidah ini terdapat 7 tahapan dalam pembuatan laporan PKL, mulai dari cover, daftar isi, lembar pengesahan, kata pengantar, isi, daftar pustaka dan lampiran. Untuk mempersingkat waktu, langsung saja saya bahas.

1. Cover

kKita semua tau apa maksud dari cover adalah sebuah halaman depan dari setiap laporan baik itu skripsi maupun laporan PKL. Yang berisi tentang judul, logo sekolah atau universitas, biodata penulis, tahun penulisan laporan itu dibuat.

 

2. Daftar Isi

Daftar isi merupakan seluruh gambaran tentang apa saja isi laporan, dengan diurutkan berdasarkan nomor halaman agar mempermudah para pembaca dalam memahami seluruh isi laporan tersebut. Berikut apa saja yang ada dalam daftar isi :

1). BAB 1 Pendahuluan

Didalam bab pendahuluan ini berisikan latarbelakang, dasar hukum, maksud dan tujuan dibuatnya laporan dan metode pengumpulan seruluh data. Untuk lebih jelasnya simak list di bawah ini :

  • Latar Belakang : berdasarkan latar belakang perusahaan yaitu tempat dan jenis perusahaan dimana anda PKL (Praktek Kerja Lapangan).
  • Dasar Hukum : berisikan UU yang di pakai sebagai dasar dalam kegiatan kerja / oprasional di perusahaan.
  • Maksud dan Tujuan : berisikan penjelasan maksud dan tujuan anda dalam melaksanakan kegiatan PKL (Praktek Kerja Industri).
  • Metode Pengumpulan Data : disini anda mengisi data di mana tempat PKL (Praktek Kerja Lapangan) dan data lainnya yang sudah dijinkan oleh perusahan.

2). BAB 2 Gambaran Umum Perusahaan dan Instansi

Biasanya ini berisikan gambaran / asal-usul berdirinya perusahaan secara umum dan instansi / jabatan apa yang anda tempati di perusahaan tersebut. Berikut penjelasannya :

  • Asal-usul Perusahaan : berisikan sejarang mulai dan lahirnya perusahaan disertai dengan visi dan misi dari perusahaan.
  • Struktur Jabatan Instansi : untuk opsi ini sifatnya flexible saja jika diperbolehkan ya tidak apa-apa. Opsi ini berisikan tentang struktur organisasi perusahaan mulai dari direktur utama, kepala divisi, karyawan dll.

3). BAB 3 Laporan Kegiatan

Bab ini berisikan laporan kegiatan apa saja yang anda lakukan setiap harinya di perusahaan ini. Dengan dua cakupan yaitu pelaksanaan kegiatan dan hasil kegiatan :

  • Pelaksanaan kegiatan : berisikan tigas maupun kegiatan PKL anda mulai dari awal sampai anda keluar dari perusahaan.
  • Hasil Kegiatan : berisikan rincian hasil apa saja yang anda dapatkan mulai dari ilmu materi maupun lapangan, saat anda di tempat PKL (Praktek Kerja Industri).

4). BAB 4 Penutup

Nah disini anda cukup isikan kesimpulan dan saran, berikut rinciannya :

  • Kesimpulan : di opsi ini anda harus memasukkan kesimpulan anda saat menjalani kegiatan pada tempat PKL (Praktek Kerja Lapangan), Mulai dari BAB1-3.
  • Saran : opsi ini berisikan saran dari anda untuk sekolah tempat anda belajar dan perusahaan tempat anda PKL agar kedepan nya bisa lebih baik lagi.

3. Lembar Pengesahan

Lembar pengesahan merupakan bagian di luar laporan PKL yang ditunjukan untuk memberikan penjelasan antara rekomendasi dan laporan yang di buat. Untuk proses pembuatan lembar pengesahan haruslah mencantumkan nama pihak di luar pembuat seperi pembimbing PKL.

4. Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan sebuah tulisan yang mengungkapkan beberapa kalimat ataupun paragraf yang ditulis oleh anda mengenai laporan ataupun karya ilmiah yang sedang anda buat.

5. Isi Laporan

Isi laporan merupakan sebuah bagian penting dimana didalamnya terdapat dari inti pembahasan laporan PKL anda, isi ini juga akan memiliki banyak sub-pembahasan seperti BAB kedua akan tetapi lebih terperinci.

6. Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan tulisan yang tertata rapih di akhir sebuah laporan ataupun karya ilmiah yang berisikan nama penulis, judul tulisan, penerbit tulisan, identitas penerbit dan tahun terbit dari berbagai sumber.

7. Lampiran

Lampiran adalah tulisan tambahan yang dilampirkan pada laporan PKL. Lampiran ini bisa berupa teks seperti penulisan riwayat hidup, beserta dengan gambar dan pembahasan pada sebuah laporan.

Contoh Laporan PKL

Perlu diketahui sebelumnya disini kami hanya ingin memberikan bantuan saja kepada anda yang sedang membuat laporan PKL. Akan tetapi saya hanya memberikan jenis contoh laporan pkl / prakerin yang paling banyak dicari.

Walaupun masih banyak jenis laporan PKL seperti laporan pkl, mahasiswa, smk, otomotif, multimedia, akuntansi, administrasi dan lain sebagainya. Biar gak lama-lama langsung anda simak saja contoh laporan PKL dibawah ini :

Untuk Contoh File PDF, anda bisa klik disini.

Mohon maaf jika kami hanya memberikan gambaran dari slide share, karena contoh laporan ini tidak boleh di publikasikan dengan sembarangan. Sekali lagi mohon maaf, semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk anda.

1 Shares:
3 comments
  1. Mantap besok saya mw pkl tp sekarang lg msh cuti karena sakit…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka
contoh teks deskripsi
Selengkapnya

Contoh Teks Deskripsi Singkat

Contoh Teks Deskripsi – Dalam pelajaran bahasa indonesia banyak sekali macam-macam teks, salah satunya yakni teks deskripsi. Nah,…