Manfaat Buah Pir

manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh dalam melawan kanker

Manfaat Buah Pir – Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? pir atau bahasa ilmiahnya pyrus adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak sekali kadar air .

Pir ini juga merupakan buah yang sangat digemari masyarakat karena bisa memberikan sensasi kesegaran saat dikonsumsi.

Nah, dibalik kesegaran buah pir, apakah Anda semua tahu manfaat apa saja yang terdapat dalam buah pir?

Sebelum itu mari kita sama-sama menyimak kandungan yang terdapat dalam buah pir.

Kandungan Buah Pir

Buah pir memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak terutama pada kandungan air yang bisa membersihkan sisa makanan yang menempel pada sistem pencernaan.

Berikut ini kandungan gizi dari buah pir dengan perhitungan setiap 100gram-nya:

Nutrisi/GiziKandunganAKG%
Karbohidrat15,23g11%
Air84g84%
Kalori (Energi)57kcal (239 kJ)3%
Protein0,36g<1%
Serat3,1g8%
Gula9,75g
Lemak0,14g0.5%
Vitamin A25IU1%
Vitamin C4,3mg5%
Vitamin E0,12mg1%
Vitamin K4,4µg4%
Vitamin B1 (Thiamine)0,012mg1%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,026mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,161mg1%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,049mg1%
Vitamin B60,029mg2%
Vitamin B9 (Folat)7µg2%
Zat Besi0,18mg1%
Kalsium9mg1%
Magnesium7mg2%
Fosfor12mg2%
Manganese0,048mg2%
Sodium1mg0%
Potassium (Kalium)116m2g7%
Seng (Zinc)0,1mg1%
Carotene-ß12µg
Lutein-zeaxanthin45µg
Crypto-xanthin-ß2µg

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat atau khasiat dari buah pir yang bisa Anda peroleh jika rutin mengonsumsinya:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebelumnya kita sudah tau bahwa buah pir ini memiliki kandungan vitamin C yang menjadi salah satu senyawa antioksidan yang sangat memberikan pengaruh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu saja manfaat vitamin C yang terkandung dalam buah pir ini juga bisa meningkatkan aksil sel darah putih sehingga kita bisa terhindar dari flu, batuk dan radang.

Banyak juga senyawa anti-inflamasi yang terkandung dalam buah pir yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit menular.

2. Melawan radikal bebas

Radikal bebas merupakan sebuah sebutan dari sel-sel rusak yang dapat menyebabkan penyakit tertentu dalam tubuh.

Biasanya sel-sel ini berasal dari udara, seperti polusi udara, radiasi x-ray, rokok, minuman keras, makanan atau minuman yang terkontaminasi racun dan pestisida.

Untuk mengatasi sel dari radikal bebas ini dibutuhkan senyawa antioksidan yang cukup untuk tubuh.

Banyak ilmuan yang mmengatakan bahwa nutrisi yang ada disekitar kulit buah pir ini kaya akan senyawa antioksidan yang bisa mengatasi masalah radikal bebas.

3. Menghilangkan Dehidrasi

Buah pir ini mengandung air sebanyak 84% yang memiliki berbagai macam senyawa yang bisa menghilangkan dehidrasi atau rasa haus yang tinggi.

Buah pir juga merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi dinegara korea karena disana buah ini dijadikan minuman jus yang bisa mengatasi dehidrasi.

4. Menurunkan berat badan

Buah pir juga sangat cocok untuk anda yang memiliki program menurunkan berat badan berlebih atau diet.

Sebab buah pir ini kaya akan serat dan rendah kalori yang bisa memberikan rasa kenyang sehingga bisa menahan anda untuk mengkonsumsi makanan berat.

Jadi cocok sekali untuk anda yang sedang diet tanpa perlu khawatir dengan urusan perut.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Serat yang terkandung dalam kulit dan buah pir ini dapat memenuhi 20% dari kebutuhan harian serat dalam tubuh.

Selain itu buah pir yang kaya akan serat dan air ini juga bisa membersihkan sisa kotoran dan racun dari sistempencernaan seperti usus dan lambung. Jadi buah pir ini sebagai alat detoksifikasi dalam sistem pencernaan.

6. Dapat mencegah sembelit

Sembelit atau susah buang air besar adalah salah satu penyakit yang biasanya terjadi karena pengaruh gaya hidup, seperti pola makan yang salah dan kurangnya berolahraga.

Untuk menangani masalah sembelit ini bisa dengan minum air putih yang cukup dan perbanyak makan buah-buahan yang kaya kan serat seperti buah pir, pepaya, melon dst.

7. Sebagai detoksifikasi pencernaan

Detoksifikasi adalah sebuah cara untuk menguluarkan racun dari tubuh. Ada beberapa cara untuk melakukan detoksifikasi yakni dengan berpuasa dan berolahraga sekaligus mengkonsumsi sayur dan buah buahan yang mengandung kadar air yang tinggi.

Salah satu khasiat dari buah pir yaitu sebagai detoksifikasi alami, dimana kandungan air dari buah pir ini membersihkan dan menyirami racun yang ada pada sistem pencernaan.

8. Menjaga kesehatan tulang

Anda semua pasti sudah tahu tentang vitamin K yang bisa menjaga kesehatan tulang dari penyakit osteoporosis. Nah, air dari buah pir ini bisa menjaga kestabilan ph tulang sekaligus memberikan asupan vitamin K.

Untuk memaksimalkan kesehatan tulang tidak hanya dengan buah pir saja, Anda juga bisa mengkonsumsi buah dan sayuran lain yang mengandung kalsium.

9. Menurunkan risiko kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak ditakuti oleh masyarakan, karena memang angka kematiannya lumayan tinggi jika seseorang terkena kanker.

Karena itu banyak para dokter menyarankan untuk mengkonsumsi buah pir, Sesab serat yang tinggi dalam buah pir dapat mengikat sel-sel karsinogenik dan membuangnya dari tubuh sehingga Anda terhindar dari kanker usus besar.

Buah pir juga bisa menurunkan 34% risiko kanker payudara pada wanita setelah menopause jika anda mengkonsumsi rutin 1 buah pir setiap harinya.

10. Menjaga kesehatan jantung

Serat yang terkandung dalam air dari buah pir sudah terbukti bida menurunkan kadar kolesterol. Ini berdasarkan tinjaua dari 67 penelitian terhadap uji coba yang terkontrol terpisah.

Dalam tinjauan tersebut terdapat fakta bahwa terjadi peningkatan 10gram per hari dari asupan serat dan antioksidan buah pir yang bisa menurunkan kolesterol penyebab penyakit jantung.

11. Mengontrol penyakit diabetes

Sebagian dari kita terkadang tidak mengetahui manfaat dari buah-buahan yang mengandung gula tersendiri. Padahal gula yang terdapat dalam buah-buahan dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh kita.

Salah satunya yakni buah pir yang jika dikonsumsi secara teratur bisa meningkatkan sensitifitas insulin yang mampu mencegah penyait diabetes.

12. Mengatasi penyakit kardiovaskuler

Kardiovaskuler adalah sebuah kondisi dimana adanya pernyempitan ataupun penyumbatan pembuluh darah yang bisa menyebab kan serangan jantung dan stroke.

Ini disebabkan oleh plak-plak yang menempel dalam arteri darah sehingga menyumbat aliran darah ke jantung yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Nah, buah pir ini dapat mengatasi kolesterol yang bisa menyebabkan plak dalam arteri darah. Selain itu buah pir juga kaya akan anti-oksidan yang bisa mencegah peradangan pembuluh darah penyebab stroke.

Video Pembuatan Jus Pir

Source: Wonderfood NET.
Apa benar memakan buah pir lebih baik dengan kulitnya?

Sangat benar, karena sebagian besar gizi yang ada pada buah pir terkandung pada kulitnya. Sebab kulit buah pir mengandung akan antioksidan, serat, vitamin, dan mineral.

Benarkah buah pir tidak baik dikonsumsi untuk bayi?

Memang benar buah pir sangat baik dikonsumsi untuk bayi akan tetapi tidak dengan memberikan kulitnya. Karena, kebutuhan serat untuk bayi lebih rendah dari pada orang dewasa, selain itu juga proses pencernaan bayi belum semaksimal dengan orang dewasa.

Jadi boleh saja memberikan buah pir untuk bayi akan tetapi tidak dengan kulitnya, karena bayi masih sulit mencerna serat dari kulit pir.

Apakah buah pir dapat mengurangi keinginan mengkonsumsi makanan berat?

Buah pir adalah salah satu jenis buah yang bisa memberikan rasa kenyang karena kandungan seratnya yang tinggi. Makanan apapun juga salain buah pir yang mengandung serat juga bisa mengurangi keinginan mengkonsumsi makanan berat.

Diantara buah pir dan apel mana yang lebih baik?

Sedikit perbedaan dalam kandungan serat dan kalori dari buah pir dengan buah apel. Jadi kalau buah pir memiliki kandungan serat sebesar 3,1gram sedangkan buah apel hanya 2,4gram per-100gram.

Begitupula dengan kalorinya, bauh pir memiliki 57kcal sedangkan buah apel hanya memiliki 52kcal saja per-100gram buah.

Refrensi: Data-data kandungan nutrisi dan gizi buah pir dikutip dari USDA Food and Nutrition.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka
manfaat daun bidara
Selengkapnya

Manfaat Daun Bidara

Manfaat Daun Bidara – Negara Indonesia ini memiliki ribuan jenis tumbuhan yang tersebar di berbagai daerah. Keanekaragaman hayati…
tanaman toga
Selengkapnya

Tanaman Obat Keluarga

Tanaman toga – Kita semua tau bahwa indonesia ini memiliki banyak ke aneka ragaman. Mulai dari hewan, tumbuhan,…
manfaat buah bidara
Selengkapnya

Khasiat Buah Bidara

Khasiat Buah Bidara – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu manfaat daun bidara, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang…