Kabel Straight dan Crossover – Hai sobat lintar, tahukan kalian dalam berkomunikasi tentu dibutuhkan yang namanya media transmisi.

Contoh gampangnya jika kalian ingin berkomunikasi dengan orang yang berbeda lokasi seperti diluar pulau ataupun di luar negri dengan menggunakan media seperti handphone ataupun komputer.

Sedangkan, untuk menghubungkan alat ini dibutuhkan yang namanya transmisi jaringan. Salah satu contohnya bisa dengan menggunakan media kabel, wireless, radio, dan lain sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang media kabel yang masih biasa digunakan untuk local area network atau bisa disebut LAN.

Sebelum itu kita bahas dulu nih tentang jenis media kabel yang paling populer.

Kabel Twisted Pair

Kabel twisted-pair merupakan jenis kabel yang biasa digunakan sebagai media trasmisi untuk telepon dan juga jaringan Ethernet seperti modem.

Kabel twisted-pair ini juga memiliki ciri khas dengan warna yang berpasangan dan juga membentuk lilitan sebagai perlindungan agar tidak terjadi ‘crosstalk’ atau gangguan yang terjadi karena pasangan kabel yang saling berdekatan.

Tidak cukup sampai disitu, kabel twisted-pair juga memiliki 2 jenis yakni unshielded twisted pair (UTP) dan shielded twisted pair (STP).

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

jenis Kabel UTP
netacad.com

Kabel UTP adalah jenis kabel twisted-pair yang terdiri dari 4 pasang kawat, dimana masing masing kawatnya dilapisi bahan isolasi. Kabel UTP ini termasuk jenis kabel untuk jaringan indoor, karena hanya dilapisi 1 bagian saja.

Selain itu untuk menghubungkan komputer ke sebuah LAN (Local Area Network) kabel ini membutuhkan konektor Jack 45 atau yang sering disebut dengan RJ-45.

Kekuatan dari kabel UTP ini mampu memberikan transfer kecepatan bandwith up to 1 Gbps dengan jarak maximum 100 meter.

Kabel STP (Shielded Twisted Pair)

jenis Kabel STP
netacad.com

Seperti dari namanya yakni shielded twisted pair (STP) yang berarti jenis kabel ini hanya berbeda pada perlindungan kabelnya. Dimana kabel STP ini memiliki perlidungan kawat berupa foil logam dan juga serabut logam yang bertujuan dalam menghindari gangguan electric noise.

Jenis kabel inilah yang biasanya digunakan untuk area outdoor seperti kabel yang menuju Access Point yang berada di tower. Sebab lapisan perlindungan dari kabel STP ini dua kali lipat dibandingkan kabel UTP.

Tahukah kalian bahwa setiap kawat yang terdapat dalam kabel twisted pair ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Karena itulah kita tidak boleh salah dalam mengcrimping kabel.

Dalam standart pengkabelan sendiri terdapat 2 jenis yaitu straight (EIA/TIA 568B) dan juga crossover (EIA/TIA 568A), berikut ini penjelasannya.

Susunan Kabel Straight atau EIA/TIA 568B

susunan urutan kabel straight

Strandart penyusunan kabel straight (EIA/TIA 568B) diawali dengan kawat kabel yang bewarna putih orange, berikut urutan kabel straight:

  1. Putih Orange.
  2. Orange.
  3. Putih Hijau.
  4. Biru.
  5. Putih Biru.
  6. Hijau.
  7. Putih Coklat.
  8. Coklat.

Fungsi Kabel Straight

Umumnya kabel straight ini digunakan untuk menghubungkan dua device berbeda saja, berikut ini fungsi dalam penggunaan kabel straight:

  • Menghubungkan Komputer dengan Switch atau Hub.
  • Menghubungkan Komputer dengan Router.
  • Menghubungkan Switch dengan Router.
  • Menghubungkan Hub dengan Router.
  • Menghubungkan Router dengan Access Point.
  • Menghubugnkan Switch dengan Access Point.
  • Menghubungkan Modem dengan Switch.

Susunan Kabel Crossover atau EIA/TIA 568A

susunan urutan kabel crossover

Untuk standart penyusunan kabel crossover hanya berbeda pada satu sisi saja. Semisal susunan pertama straight atau standart EIA/TIA 568B, maka susunan keduanya adalah crossover atau standart EIA/TIA 568A yang dimulai dari urutan putih hijau seperti gambar diatas.

Agar lebih jelas, berikut ini susunan kabel crossover:

  1. Putih Hijau.
  2. Hijau.
  3. Putih orange.
  4. Biru
  5. Putih Biru.
  6. Orange.
  7. Putih Coklat.
  8. Coklat.

Fungsi Kabel Crossover

Berbeda dengan kabel straight, fungsi dari kabel crossover ini untuk menghubungkan dua device yang sama. Contoh penggunaan:

  • Menghubungkan Komputer dengan Komputer.
  • Menghubungkan Hub dengan Hub.
  • Menghubungkan Switch dengan Switch.
  • Menghubungkan Router dengan Router.

Cara Membuat Kabel Straight dan Crossover

cara membuat kabel straight dan crossover
packetlife.net

Buah kalian yang masih bingung cara membuat kabel straight dan cross bisa simak step-step berikut ini. Sebelum itu kita persiapkan dulu nih bahan dan alat apa saja yang kita butuhkan.

Berikut ini alat-alat yang kita butuhkan dalam membuat kabel straight dan crossover:

  • Kabel UTP atau STP.
  • Konektor RJ-45 atau Jack 45.
  • Crimping Tool atau tang krimping.
  • Kabel Tester.
  • Cutter (opsional).
alat untuk membuat kabel straight dan crossover
lintar.net

Berikut ini langkah-langkah dalam membuat model kabel straight ataupun crossover:

  1. Kupas kulit kabel UTP/STP yang berada diujung kabel, kira-kira 2-3 cm.
  2. Setelah kulit kabel sudah dikupas, luruskan lilitan dari kawat kabel sekaligus urutkan warna standart baik itu kabel straight ataupun kabel crossover yang ingin kalian buat.
  3. Selanjutnya, potong ujung kawat kabel menggunakan pisau dari tang krimping atau crimping tool dengan catatan seluruh ujung kabel harus lurus dan sejajar semua potongannya potongannya.
  4. Pastikan kembali urutan kabelnya sudah sesuai standart dan sejajar, lalu ambil konektor RJ-45 dan masukkan secara perlahan sesuai urutan sampai ujung dari konektor RJ-45.
  5. Usahakan kulit kabel UTP/STP sedikit masuk agar tidak mudah lepas saat di press.
  6. Selanjutnya press ujung kabel konektor RJ-45 dengan lubang konektor yang terdapat di krimping tool, pastikan saat press atau menjepit konektor ada suara kecil seperti ‘clek’.
  7. Jika sudah lakukan kembali pada ujung kabel UTP lainnya.
  8. Terakhir kita tes dengan menggunakan kabel tester, cara nya cukup mudah yakni masukkan ujung kabel yang sudah terpasang konektor RJ-45 kedalam ujung kabel seperti gambar dibawah ini.

testing kabel straight dan crossover dengan kabel tester

Terakhir pastikan kembali lampu dari kabel tester menyala secara berurutan. Jika anda masih bingung cara membuat kabel straight ataupun crossover bisa melihat video tutorial berikut ini.

Demikian itu tadi sekitas penjelasan dan tutorial membuat kabel straight sekaligus crossover. Jangan lupa share dan komen positif jika artikel ini bermanfaat, agar teman kalian yang lain bisa belajar juga.

Pertanyaan yang sering keluar?

Apa saja susunan urutan kabel straight?

Untuk susunan kabel straight dimulai dari warna putih orange, berikut susunannya:
1. Putih Orange.
2. Orange.
3. Putih Hijau.
4. Biru.
5. Putih Biru.
6. Hijau.
7. Putih Coklat.
8. Coklat.

Apa saja susunan urutan kabel crossover?

Untuk susunan kabel cross ujung kabel bagian pertama sama seperti straight, sedangkan ujung kabel yang keduanya dimulai dari warna putih hijau, berikut sususnannya:
1. Putih Hijau.
2. Hijau.
3. Putih orange.
4. Biru
5. Putih Biru.
6. Orange.
7. Putih Coklat.
8. Coklat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel paling Disukai
perintah dasar linux
Read More

Perintah Dasar Linux

Pertintah Dasar Linux – Kembali lagi di website lintar, kali ini saya ingin berbagi tentang penggunaan perintah dasar…
pengertian komputer
Read More

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer – Apa kabar sovat lintar terima kasih untuk kesekian kalinya anda mengunjungi website saya. Kali ini…
komunikasi daring
Read More

Komunikasi Daring

Komunikasi Daring – Kita semua adalah mahluk yang diciptakan oleh Allah yang memiliki kelebihan dari pada mahluk lainnya…